Manfaat Susu Kedelai Setelah Olahraga

Manfaat susu kedelai sangat familiar di Indonesia sebagai salah satu minuman yang begitu menyegarkan dan baik untuk kesehatan. Susu kedelai adalah salah satu olahan biji kedelai yang sangat gampang ditemui di manapun. Selain mempunyai rasa yang enak dan disukai banyak orang, susu kedelai mempunyai manfaat yang cukup penting untuk tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan jika wanita yang meminum susu kedelai tiap hari mempunyai risiko pengeroposan tulang 56% lebih rendah dibandingkan dengan perempuan yang tidak minum susu kedelai. Selain itu, minuman ini mampu meringankan gejala menopause. Kedelai juga disebut-sebut dapat membantu fungsi kognitif perempuan yang berusia di bawah 65 tahun.

Manfaat susu kedelai setelah olahraga yang lain tidak bisa lepas dari kandungan yang ada dalam kedelai. Nutrisi susu kedelai ada pada kandungan kedelai meliputi protein, karbohidrat, lisin, vitamin E dan K, fiber, dan asam lemak essensialnya. Lisin adalah jenis asam amino yang banyak terkandung pada susu kedelai. Berikut ini sebagian kandungan susu kedelai yang baik bagi kesehatan.

Protein
Susu kedelai mempunyai protein yang hampir sama banyaknya dengan protein susu sapi, namun dengan kalori yang lebih rendah. Susu kedelai adalah sumber protein yang sangat kompleks yang dibutuhkan bagi tubuh. Kedelai terkandung sembilan asam amino esensial. Tubuh akan mengubah asam amino menjadi protein yang baru, menjadi antibodi yang penting bagi fungsi sistem kekebalan tubuh. Kandungan protein yang memegang peranan pada jaringan, dan enzim yang bagus untuk sel-sel dalam tubuh menghasilkan energi. Setiap gelas susu kedelai tanpa gula terdapat 7 gram kandungan protein.

Mineral dan Vitamin
Susu kedelai kaya kandungan mineral dan vitamin lain yang dibutuhkan untuk kesehatan manusia. Vitamin B12 membantu menghasilkan sel darah merah sehingga mengatasi gejala anemia. Sumber vitamin B12 antara lain telur dan produk susu. Akan tetapi, bagi para vegetarian juga mereka yang alergi pada susu sapi, minum susu kedelai adalah solusi melengkapi kebutuhan vitamin B12. Sedang vitamin D membantu untuk kesehatan tulang. Banyak susu kedelai yang diedarkan sudah ditambahkan vitamin D.

Lemak, Magnesium dan Kalsium serta Zat Besi
Kedelai tinggi kandungan asam lemak seperti omega-3 yang mampu meminimalisir kadar kolestrol jahat, sehingga meminimalkan risiko penyakit jantung koroner dan serangan jantung. Magnesium dan kalsium yang terkandung dalam kedelai diduga bisa menanggulangi sakit kepala sebelah, mengontrol kadar gula darah, dan meminimalkan gejala pra-menstruasi. Susu kedelai juga mempunyai kandungan zinc yang berperan untuk sistem antibodi.

Manfaat susu kedelai setelah olahraga cukup efektif dalam bermacam-macam masalah kesehatan. Protein, vitamin dan mineral dapat menolong berbagai permasalahan diantaranya:
Mengatasi osteoporosis
Mengontrol kolestrol dalam darah
Kesehatan Jantung (kardiovaskular)
Mengendalikan tekanan darah tinggi
Mengurangi risiko diabetes

Manfaat Susu Kedelai Sebagai Pengganti Susu Sapi
Pencernaan yang tidak begitu sehat dapat diatasi dengan menukar susu sapi dengan susu kedelai. Bagi balita yang alergi pada susu sapi, sangat dianjurkan agar menggantinya dengan protein susu kedelai.

Sedangkan untuk anak yang mengidap penyakit autisme, protein yang terkandung pada susu sapi juga olahannya seperti keju mengandung glutein dan kasein yang akan mengganggu kerja otak, yang jika dibiarkan akan bisa menambah parah autisme. Maka dari itu konsumsi susu sapi pun harus ditukar dengan susu kedelai, untuk dapat memelihara kinerja otaknya.

Manfaat Susu Kedelai yang Lain
Manfaat susu kedelai lainnya ialah bagi yang sedang menjalankan diet bisa memanfaatkan susu kedelai untuk pemenuhan gizi ketika diet. Minuman ini merupakan minuman yang mempunyai protein tinggi namun rendah lemak. Sehingga tak perlu takut gemuk dalam meminumnya. Penelitian lain mengatakan bahwa mengkonsumsi sebanyak 10 mg kedelai setiap hari bisa menurunkan risiko kanker payudara sebesar 25 persen. Ini karena kedelai mempunyai kandungan antioksidan yakni zat genistein yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker jika dikonsumsi dalam jumlah yang pas.

Tidak diragukan kedelai berperan baik untuk kesehatan kita. Cobalah untuk konsumsi susu kedelai dan rasakan manfaatnya. Sebetulnya kedelai seperti makanan yang lain, tidak ada masalah asal dikonsumsi sesuai kadarnya.

Minum susu kedelai dengan jumlah yang pas dapat memberi manfaat bagi tubuh. Akan tetapi, mengkonsumsi kedelai dalam bentuk apa pun perlu didampingi dengan bahan makanan baik yang lain, seperti buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan utuh, dan makanan mengandung protein lainnya. Karena manusia perlu asupan beragam jenis makanan. Maka selain meminum susu kedelai untuk mendapatkan manfaatnya, tak lupa juga untuk konsumsi berbagai jenis lain agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru