Markobar – Sejarah, Perjalanan, Peluang Usaha, dan Sebuah Kilas Sukses

Anda pasti putra sulung presiden Indonesia Joko Widodo, Yup, ia adalah Gibran Rakabuming Raka.  Gibran yang merupakan putra tertua dari Jokowi ini ternyata mengikuti jejak ayahnya dalam berwirausaha dan terbukti berhasil mendirikan 2 perusahan kuliner besar, yaitu Chilli Pari dan Markobar atau Martabak Kota Barat.

Markobar sendiri adalah sebuah perusahaan kuliner yang menawarkan produk martabak premium yang dirintis oleh Gibran sejak tahun 2015 lalu. Kesuksesan dari Martabak Kota Barat tentu saja tidak perlu dipertanyakan lagi, lalu apakah anda penasaran bagaimana kisah Gibran Rakabuming dalam usahanya untuk membuat bisnis kuliner ini sukses? Mari kita lihat pembahasannya di bawah ini.

Sebelum mengetahui kisah sukses perintis usaha Markobar ini, ada baiknya untuk kita mengetahui siapa itu Gibran Rakabuming Raka.

Gibran Rakabuming Raka

Dia adalah seorang putra sulung dari presiden Indonesia, Joko Widodo. Dia lulus kuliah pada tahun 2010 dari University of Technology Sydney, di negara Australia. Pria yang biasa dipanggil  dengan nama akrabnya Gibran ini kembali ke solo setelah lulus, dan langsung memulai bisnis usaha kuliner.

Langkah pertamanya dalam bisnis kuliner ini pun dipilih karena sebelum menjadi seorang presiden, ayahnya adalah seorang pengusaha juga, tepatnya pengusaha mebel dan furniture. Sementara itu Gibran lebih memilih usaha kuliner dan merintis catering Chilli Pari dan selanjutnya merambak ke bisnis makanan manis yaitu Markobar atau martabak Kota Barat.

Dengan rendah hati, pria yang sejatinya ini adalah seorang putra dari pemimpin negara ini tidak mau memanfaatkan kekuatan politik yang dimiliki ayahnya, atau setidaknya meneruskan bisnis mebel yang sudah dimiliki oleh ayahnya. Beliau malah lebih memilih membentuk jalannya sendiri dengan mendirikan perusahaan di bidang bisnis usaha kuliner.

Permulaan Tercetusnya Ide Markobar

Putra sulung Jokowi kelahiran tahun 1987 memulai usaha Markobarnya pada tahun 2010 silam. Gibran sendiri adalah seseorang yang terkenal karena memiliki jiwa pengusaha yang rajin dan juga tegas dalam menjalan bisnisnya. Bahkan, karena sifat yang dimilikinya ini, ia tidak mau menggunakan nama ayahnya yang sedang menjabat sebagai orang nomor 1 di negara Indonesia ini untuk memperlancar usaha yang dimilikinya ini.

Padahal orang tua dari Gibran sendiri menginkan anak mereka untuk terjun ke dalam bidang bisnis properti, namun karena melihat potensi besar dalam bidang bisnis kuliner tepatnya di kota Solo, akhirnya Gibran memutuskan dan memantapkan diri untuk memilih bidang bisnis yang satu ini.

Adapun bisnis kuliner yang pertama kali dirintisnya adalah sebuah bisnis catering yang diberi nama Chilli Pari. Dalam urusan modal untuk kebutuhan membuka usahanya ini pun Gibran tidak mau mengandalkan pinjaman dana dari orang tuanya, melainkan ia lebih memilih meminjam uang dari bank untuk keperluan modal usaha cateringnya. Bahkan setelah bisnis catering yang dimilikinya ini sudah berkembang dan bisa dibilang sukses, ia tetap merasa tidak puas dan berniat untuk mengembangkan lagi usahanya tersebut ke bidang kuliner yang lain.

Ia pun menemukan ide untuk membuat bisnis kuliner makanan manis dan akhirnya membuka usaha martabak dengan berbagai topping yang didapat dari berbagai bahan premium, dan akhirnya bisnisnya ini pun diberi nama Martabak Kota Barat atau biasa disingkat dengan nama Markobar.

Awalnya, bisnis yang dimiliki oleh Gibran ini dirintis di kota Solo pada tahun 2015 lalu. Namun karena bisnis Markobar ini sudah berkembang dengan sangat pesat, kita jadi bisa menemui dan menikmati Martabak premium ini di kota kota besar di Indonesia seperti di kota Jakarta, Semarang, dan juga ada di Yogyakarta.

Dalam menjalani dan mengurus bisnis Markobar ini, Gibran tidaklah sendirian melainkan mendapat bantuan dari rekan kerja atau mitranya. Untuk urusan dapur seperti bahan dan alat alat, Gibran mempercayakan hal ini kepada mitra rekan kerjanya. Sementara itu Gibran bertugas untuk menjalankan pemasaran dan membawa bisnis martabak premiumnya ini ke kota kota besar yang ada di Indonesia, bahkan Gibran juga memiliki rencana untuk mebuat usahanya ini go international dengan membuka cabang Markobar ke luar negeri, tepatnya ke negara Filipina di kota Manila.

Kesuksesan Bisnis Usaha Kuliner Markobar

Gibran yang saat ini sedang menjabat sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia atau biasa disingkat dengan APBJI di kota Solo ini berpendapat bahwa usaha martabak premium yang dimilikinya ini masih memiliki banyak potensi dan masih bisa dikembangkan lagi kedepannya dan mungkin saja bisa menemukan inovasi baru dalam membuat martabak manis.

Jika berbicara mengenai pendapatan yang bisa Gibran dapatkan dari bisnis martabak premiumnya ini, kita bisa memperkirakannya sendiri. Dalam sehari, rata rata martabak markobar bisa terjual dari 150 loyang sampai dengan 200 loyang. Dan harga yang dibanderol untuk 1 loyang martabak premium ini adalah sekitar Rp 45.000 untuk 1 topping, dan jika ingin merasakan sensasi makan martabak dengan berbagai topping premium tepatnya ada 8 topping, maka anda harus merogoh kocek hingga Rp 90.000. Menurut Gibran sendiri, harga yang ditawarkan ini sudah cukup terjangkau dan bisa dinikmati oleh pasar yang cukup luas.

Dalam membuka cabang baru, Gibran selalu memiliki target yang harus dicapai. Target yang dimaksud adalah, modal yang digunakan untuk diinvestasikan di dalam cabang yang baru dibuka itu harus bisa kembali dalam waktu kurang dari atau maksimal selama 3 bulan. Selain target tersebut, Gibran juga memiliki rencana untuk membuka 2 cabang atau gerai baru setiap 2 bulan sekali. Hal ini ia lakukan agar perusahaannya ini tetap berkembang agar ia bisa melakukan langkah lebih lanjut.

Tidak Menghiraukan Cemoohan Orang Lain

Gibran Rakabuming Raka yang memiliki usaha martabak premium dengan berbagai macam topping yang tentunya berasal dari bahan bahan premiun ini bahkan sempat menghebohkan dunia maya Indonesia. Bahkan, usaha martabak premium yang dimilikinya ini pernah mendapat cemoohan atau pernah di bully oleh salah satu pengguna twitter Indonesia. Pengguna twitter tersebut mencemooh usaha martabak dengan menganggap usaha yang dimiliki oleh Gibran ini adalah usaha yang kampungan.

Nurun ke anaknya pinjam dana bank Rp 1 miliar cuma buat jualan martabak, kampungan,” Tulis pengguna twitter yang sekarang ini akunnya sudah berstatus non aktif tersebut. Namun dengan jiwa pengusahanya yang sangat kuat ini, Gibran menghiraukan cemoohan tersebut dan tidak terlalu di ambil pusing karena toh, lebih banyak orang yang suka dengan martabaknya dari pada orang yang tidak suka.

Yang tidak kalah membuat heboh adalah tweet yang ditulis oleh adik kandung dari Gibran, Kaesang Pangarep yang menanggapi tweet tersebut dengan kalimat “Gapapa, yang penting dari jualan martabak bisa untuk bayar sekolah di Singapore. Saya hepi, Markobar juga hepi.”. Sepertinya biaya sekolah Kaesang di Singapore ini dibiayai oleh kakaknya dan tentu saja berasal dari keuntungan yang didapatkan dari bisnis martabak premium yang dimilikinya.

Sebenarnya Kaesang tidak terlalu mengambil hati tweet hate yang ditujukan untuk perusahaan martabak milik kakaknya itu, malahan ia bisa memanfaatkan momen ini untuk mempromosikan Markobar dan uniknya lagi ia mempromosikannya dengan sedikit bumbu bumbu sarkastik di dalam tweetnya.

Tentu saja tweet ini membuat banyak orang jadi penasaran dengan Markobar milik Gibran Rakabuming Raka ini.

Langkah Selanjutnya Gibran Dalam Mengembangkan Markobar

Melihat usaha martabak premiumnya semakin berkembang setiap harinya, Gibran memiliki rencana untuk mengembangkan usahanya ini dengan cara membuka gerai baru di beberapa kota seperti kota Bali, Bandung, Manado, dan juga beberapa kedai baru di Kota Jakarta. Selain itu juga pada tahun 2016 kemarin Gibran juga sempat membuka usaha baru di bidang kafe atau kedai kopi yang ia beri nama CS Cofee Shop yang sekarang ini sudah memiliki beberapa cabang gerai di kota Solo, Semarang, dan kota Yogyakarta.

Selain itu juga Gibran memiliki beberapa usaha lain yang tentu saja masih berada di bidang kuliner, diantaranya adalah Ceker Ayam Bakar dan seolah tidak pernah puas akan usaha yang dimilikinya ini, Gibran memiliki rencana untuk membuka usaha lain dalam waktu dekat ini. Usaha yang dimaksud adalah Pasta Buntel.

Gibran sendiri mengungkapkan bahwa seluruh usaha yang ia jalani ini bukan seluruhnya milik dirinya, melainkan ia jalankan bersama dengan beberapa rekan atau mitra kerja, dan Gibran sendiri lebih banyak berperan di dalam urusan pemasaran produk tersebut.

Meskipun sudah memiliki banyak usaha di bidang kuliner, Gibran berpendapat bahwa kemungkinan untuk membuka usaha baru tidak pernah tertutup, Ia mengatakan mungkin saja akan membuka usaha baru jika peluang dan prospek masa depan yang dimiliki oleh bisnis tersebut terlihat cerah.

Bagi anda yang ingin memulai sebuah usaha, tampaknya harus melihat dan mejadikan Gibran sebagai panutan. Kerja keras, ketekunan, serta semangat yang dimiliki oleh putra sulung Presiden Joko Widodo ini sangat patut untuk diacung jempol.

Namun, dalam membuka sebuah perusahaan yang menyediakan produk atau jasa pasti kita akan menemukan beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada pada produk tersebut. Markobar pun juga demikian, terdapat kelebihan dan kekurangan yang bisa kita jadikan sebagai pelajaran dan kita manfaatkan dalam membuat produk kita sendiri. Berikut ini adalah kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh Markobar.

Kekurangan dan Kelebihan Markobar

Hal pertama yang akan kita bahas adalah kekurangan yang dimiliki oleh produk martabak premium yang dimiliki oleh Gibran ini.

Kekurangan

Rasa Yang Tidak Sebanding Dengan Waktu Menunggu Yang Lama

Jika anda ingin mencoba merasakan martabak premium yang satu ini, hal pertama yang harus anda persiapkan adalah kesabaran yang tinggi. Karena waktu menunggu saat anda memesan martabak hingga anda mendapatkan martabak yang anda pesan bisa mencapai 1 jam kurang atau bahkan bisa lebih.

Harga 1 Loyang Martabak 8 Topping Terlampau Mahal

Untuk menikmati 1 loyang martabak premium dengan 8 topping berbahan dasar premium lengkap, anda harus merogoh kocek hingga Rp 100.000. Menurut saya harga ini terlalu mahal, oleh karena itu saya menyarankan untuk anda tidak mengkonsumsi martabak ini seorang diri, karena bisa saja tidak habis dan tentu saja anda akan mengeluarkan uang lebih banyak jika dibandingkan dengan makan martabak ini beramai ramai bersama teman.

Jangan Terlalu Berharap

Layaknya menonton sebuah film yang diadaptasi dari buku best seller, sebaiknya anda tidak terlalu berharap banyak ketika ingin membeli martakab Markobar ini. Jangan berharap rasa yang dimiliki oleh martabak ini bisa membawa anda ke dalam tingkatan rasa lebih lanjut dan tidak bisa anda capai lagi selain dengan memakan martabak ini, jangan. Karena anda hanya akan dikecewakan dengan rasa martabak yang hanya sedikit lebih baik dari martabak lain.

Setelah kita berbicara tentang kekurangan yang dimiliki oleh markobar ini, ada baiknya kita juga membicarakan tentang kelebihan yang dimiliki oleh martabak ini.

Kelebihan

Rasa

Jika dibandingkan dengan martabak bangka atau martabak lain yang biasa kita temui di sekitaran rumah kita ini, Markobar tentu saja memiliki rasa yang lebih baik. Hal ini tentu saja dikarenakan bahan bahan dasar pembuatan martabak ini yang bisa dibilang termasuk ke dalam martabak premium.

Tidak Terlalu Berminyak

Karena menggunakan mentega premium, maka ketika kita memegang dan memasukan martabak ini ke dalam mulut kita, maka di tangan kita ini tidak akan meninggalkan bekas minyak yang terlalu banyak, tidak seperti martabak manis pada umumnya.

Kebersihan, Kecepatan, dan Kerapian Yang Terjaga

Beberapa waktu lalu teman saya sempat mengintip area dapur Markobar ketika akan melaksanakan ibadah solat. Staff yang bertugas untuk menyiapkan martabak ini semuanya menggunakan pakaian dan peratalatan yang bersih.

Selain itu juga semua alat masak dan alat makan yang baru selesai digunakan juga langsung dicuci dengan air mengalir, hal ini tentu saja membuat kebersihan dari martabak premium yang satu ini sangat terjaga dan terjamin.

Nah, Bagaimana? Setelah mengetahui sejarah dan perjalanan Markobar? Lalu setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki ini apakah anda berminat untuk terjun ke dunia bisnis kuliner yang satu ini? Jika anda berminat, anda bisa loh membuka gerai martabak premium yang satu ini dengan sistem franchise.

Franchise Markobar

Jika anda ingin ikut bergabung denga Gibran Rakabuming Raka dalam menjalani bisnis martabak premium ini, sekarang ini sudah bisa. Berkat skema franchise yang dimilikinya ini banyak sekali orang yang berminat untuk memiliki gerai Markobar, lalu apa saja syaratnya?

Syarat yang diminta oleh Gibran pun tidak terlalu sulit, yaitu hanya menyiapkan lahan pribadi dengan luas tempat tergantung dari keinginan si calon pemilik gerai tersebut. “Syaratnya tentu tempat sendiri, menyiapkan lahan juga,” Ungkapnya.

Seperti paket franchise pada umumnya, Markobar tidak hanya menyiapkan bahan bahan martabaknya. Gibran juga akan memberikan pelatihan kepada para karyawan yang akan bekerja di gerai Markobar tersebut.Tentu kami menyiapkan bahan-bahan baku dan pelatihan untuk karwayan mereka,” Tegas putra sulung Jokowi itu.

Gibran menyebutkan bahwa harga franchise dari martabak premium ini sendiri adalah 300 juta rupiah, dan dengan jangka waktu selama 2 tahun. Gibran juga menambahkan bahwa kerja sama bisa dilanjutkan jika para mitra kerjanya itu bisa berkomitmen untuk terus mengembangkan usaha kuliner martabak premium ini.

Jadi, apakah anda tertarik untuk bergabung dan memulai bisnis martabak premium Markobar ini bersama dengan putra sulung presiden Jokowi ini? Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda, dan terima kasih.

Untuk Mendapatkan Penawaran Menarik dan Keterangan Lebih Lengkap Mengenai MESIN TERBARU KAMI, Hubungi Kami SEGERA di Line Telphone :

Cabang Jakarta : phone-icon  021.2287.4619  | whatsapp_app_store 0812.8899.9470

Cabang Depok : phone-icon  021.7720.7228  | whatsapp_app_store 0812.8886.6514

Cabang Bandung : phone-icon  022.4283.0044  | whatsapp_app_store 0812.1400.1856

Cabang Surabaya : phone-icon  031.9992.7667  | whatsapp_app_store 0812.3370.6950

Service Center & Pusat Perbaikan Mesin : 0813.8111.0325

Garansi Service 3 Tahun & Spare Part 6 Bulan.

Pelanggan Kami

Customer Ramesia