Mesin Daur Ulang Plastik | Harga Alat Daur Ulang Limbah | Ramesia

Saat ini, limbah plastik menjadi permasalahan yang cukup menarik perhatian masyarakat Indonesia. Setiap tahun, ada berjuta-juta ton sampah plastik yang tidak terkelola dengan baik. Hal ini tentu saja menjadi masalah yang harus segera ditangani, sehingga mesin daur ulang plastik sangat dibutuhkan. Penggunaan kantong plastik tentu saja tidak bisa dihindari. Untuk berbelanja di swalayan saja, Anda membutuhkan kantong plstik untuk menampung semua barang. Selain itu, plstik juga masih banyak digunakan untuk mengemas makanan dan minuman. 

Seiring dengan adanya masalah sampah yang menumpuk, ide daur ulang plastik pun muncul. Selain bisa mengurangi sampah plastik, proses yang satu ini juga bisa dijadikan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi, harga bahan baku plastik cukup mahal.Untuk menjalankan bisnis pengelolaan sampah plstik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, Anda harus menyediakan alat daur ulang. Kedua, pastikan Anda sudah bekerja sama dengan penyuplai khusus sampah plastik agar bisnis bisa berlangsung dalam jangka panjang.

Mesin Daur Ulang Plastik Keuntungan Mesin Daur Ulang Plastik Alat industri yang satu ini memiliki berbagai model dan tipe yang masing-masing memiliki keunggulan. Namun, secara umum mesin daur ulang ini memiliki keunggulan tersendiri khususnya untuk usaha pengolahan sampah, yaitu:

  1. Investasi Lebih Hemat Harga dari alat daur ulang limbah plastic umumnya cukup terjangkau. Harga yang bersahabat tentu sangat cocok untuk usaha kecil menengah, khususnya untuk bisnis pengolahan sampah plastik.
  2. Cocok untuk Berbagai Jenis Limbah Plastik Mesin daur ulang Andaro telah dilengkapi dengan pisau kualitas terbaik. Hasilnya, alat ini menjadi multifungsi, yaitu mampu mencacah berbagai jenis plastic seperti botol oli, botol minuman, dan sejenisnya. 
  3. Tersedia dalam Berbagai Pilihan Kapasitas Kapasitas untuk menampung sampah plastic tersedia dalam berbagai jenis output. Anda dapat menyesuaikan kapasitas output mesin sesuai dengan kebutuhan pengolahan limbah plastic.

Proses Pengolahan Limbah Plastik Untuk proses pengolahan limbah plastik, ada beberapa tahap yang harus dilewati, yaitu:

  1.  Pengumpulan Plastic Pada tahap ini, sampah-sampah plastik dikumpulkan, baik itu berasal dari penyuplai maupun pemulung botol. 
  2.  Pencucian Plastic Saat sudah terkumpul, cuci semua plastic hingga tidak ada lagi kotoran yang menempel. Sebaiknya, pisahkan plstik sesuai dengan jenisnya, misalnya, jenis botol, kemasan makanan, dan lain sebagainya.
  3. Proses Daur Ulang Plastik-plastik yang sudah siap diproses kemudian dimasukkan ke dalam alat daur ulang plastic. Pisahkan jenis-jenis plastic sesuai dengan kelompoknya agar hasil lebih berkualitas.
  4. Pencucian Kembali Setelah daur ulang selesai, cuci kembali plastik-plastik yang sudah selesai diproses. Proses pencucian kembali sebaiknya menggunakan mesin pencuci khusus cacahan plastic.
  5. Penirisan dan Pengeringan Proses penirisan umumnya menggunakan mesin khusus peniris plstik. Adapun, model rotary drying dan sejenisnya digunakan untuk proses pengeringan.
  6. Pressing dan Packaging Setelah kelima proses tersebut selesai, lakukan tahap pressing dan packaging. Proses terakhir ini penting dilakukan agar menghemat biaya pengiriman.

Perawatan Mesin   Mesin daur ulang khusus plastic umumnya terdapat dua jenis, yaitu mesin diesel dan motor listrik. Perawatan untuk kedua jenis alat tersebut berbeda. Perbedaannya, yaitu sebagai berikut:

  1. Mesin Diesel Diesel merupakan mesin yang digerakan menggunakan bahan bakar solar yang memerlukan perawatan mesin secara optimal.  Rangkaian perawatannya, yaitu mengganti oli secara berkala, memeriksa busi dan sistem pengapiannya, memberikan grease pada bagian yang berputar, memeriksa karburator apakah ada sumbatan atau tidak, dan lain-lain.
  2. Motor Listrik Mesin daur ulang plastic yang menggunakan listrik tentu tidak membutuhkan bahan bakar. Maka, wajar bila perawatannya relatif lebih mudah ketimbang mesin diesel.

Beberapa perawatan yang perlu Anda lakukan antara lain; mengecek bagian-bagian kabel, hingga memeriksa bagian tools yang mengeluarkan bunyi. Jika terdapat masalah pada bagian-bagian tersebut, segera bawa ke tempat servis resminya. Itulah ulasan singkat mengenai mesin daur ulang plastik. Pastikan Anda memilih mesin yang tepat agar usaha bisa berjalan dengan lancar. Serunya lagi, bisnis ini membuat Anda juga ikut andil dalam mengurangi sampah plstik dan mengambil peran merawat lingkungan.

daftar harga mesin daur ulang plastik/pencacah plastik

Model MPC-050
Dimensions 90 × 80 × 115 cm
Kapasitas 50 kg / jam
Power Diesel 8 HP
Cutting size 10 mm
Bahan plat mild steel
Model MPC-100
Dimensions 100 × 100 × 125 cm
Kapasitas 100 kg / jam
Power Diesel 12 HP
Cutting size 10 mm
Bahan plat mild steel
Model MPC-200
Dimensions 110 × 100 × 135 cm
Kapasitas 200 kg / jam
Power Diesel 16 HP
Cutting size 10 mm
Bahan plat mild steel
Model MPC-300
Dimensions 120×100×140 cm
Kapasitas 300 kg / jam
Power Diesel 24 HP
Cutting size 10 mm
Bahan plat mild steel
Model MPC-400
Dimensions 130 × 100 × 145 cm
Kapasitas 500 kg / jam
Power Diesel 30 HP
Cutting size 10 mm
Bahan plat mild steel

Our Valuable Customer

RAMESIA CUSTOMER LOGO