Bisnis Gula Jawa Makin Manis dengan Mesin Gula Kelapa

mesin gula kelapa

Industri gula kelapa di Indonesia sudah berjalan cukup lama. Sayangnya, kebanyakan industri rumahan ini masih berjalan apa adanya, baik produksi maupun pemasarannya. Padahal, industri ini memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Keberadaan mesin gula kelapa tentunya akan sangat membantu upaya peningkatan produksi gula kelapa.

Mengenal Mesin Gula Kelapa

Mesin gula kelapa merupakan sebuah alat untuk mengolah nira kelapa hingga menjadi produk akhir berupa gula kelapa. Nira kelapa atau disebut juga sari kelapa adalah cairan manis yang diperoleh dari proses penyadapan atau penderesan kelapa. Untuk mendapatkan kualitas nira yang baik, biasanya proses penyadapan dilakukan di pagi dan sore hari.

mesin gula kelapa

Sebelum dimasak, nira harus disaring terlebih dahulu untuk memisahkan cairan dari kotoran yang terbawa selama proses penyadapan. Biasanya, untuk proses penyaringan ini digunakan saringan dengan ukuran (mesh) lebih dari 80. Setelah disaring, barulah nira dimasukkan ke dalam wajan besar untuk dimasak.

Proses pemasakan merupakan tahap inti dari pembuatan gula kelapa. Proses ini harus dilakukan dengan cermat serta membutuhkan waktu lama dan tenaga yang cukup besar. Gula harus dimasak dengan panas tinggi, yaitu lebih dari 140 derajat Celcius, hingga menghasilkan karamel kental yang siap dicetak. Selama pemasakan, cairan harus terus diaduk dengan cepat tanpa henti.

Setelah karamel terbentuk, berwarna kemerahan dan bertekstur sangat kental, cairan gula kelapa kemudian dituangkan ke dalam cetakan. Pada umumnya, gula kelapa membutuhkan waktu sekitar 10 menit sampai mengeras. Setelah itu, gula kelapa atau gula jawa ini bisa dikeluarkan dari cetakan dan siap untuk dijual.

Untuk menyimpan gula kelapa, di antara gula-gula yang sudah dicetak tersebut diletakkan daun pisang yang sudah kering, kemudian disimpan di dalam keranjang bambu yang dialasi daun jati kering atau daun pisang. Cara lain untuk menyimpan gula kelapa adalah diletakkan di dalam peti kayu berlapis plastik. Dengan cara ini, gula kelapa bisa bertahan hingga 1 bulan lamanya.

Dengan proses yang demikian, bisa dibayangkan jika pemasakan dilakukan secara manual. Pasti sangat menguras waktu dan tenaga. Namun, dengan adanya mesin pembuat gula kelapa, proses tersebut dapat dilakukan dengan jauh lebih mudah. Mesin ini membuat proses pemasakan menjadi lebih praktis, hemat waktu dan tenaga, serta memberikan hasil yang lebih baik.

mesin gula kelapa

Mesin ini terdiri dari tiga bagian utama, yaitu wajan, kompor, dan pengaduk, yang dirancang dengan khusus sehingga ketiganya menyatu dalam satu mesin yang praktis. Wajan berfungsi untuk menampung cairan nira yang akan dimasak, kompor atau tungku untuk memanaskan wajan, dan pengaduk akan bergerak selama dan beberapa saat setelah proses pemanasan selesai.

Baca juga  Cara Menggiling Daging Sapi

Keunggulan Mesin Gula Kelapa

Mesin gula kelapa adalah peralatan yang wajib dimiliki oleh para pengusaha gula kelapa agar bisa bertahan di tengah persaingan industri ini. Banyak keuntungan yang bisa didapat dengan menggunakan mesin ini, karena alat yang satu ini memiliki banyak keunggulan, yaitu:

1. Keunggulan dari Segi Bentuk Fisik Alat

Komponen-komponen mesin gula kelapa dibuat dari bahan berkualitas dengan desain yang sederhana. Beberapa keunggulan mesin ini adalah:

  • Mudah dioperasikan karena tidak membutuhkan keterampilan khusus.
  • Memiliki desain yang kompak dan bahan yang ringan, sehingga mudah dibawa ke mana-mana.
  • Rangka mesin dibuat dari besi siku yang kokoh dan mampu menahan beban dari cairan nira dan menahan gerakan mesin pengaduk, khususnya ketika cairan mulai mengental.
  • Wajan terbuat dari bahan stainless steel (baja antikarat) yang bersifat food grade, sehingga aman saat terjadi kontak dengan cairan nira, sekalipun dalam kondisi panas tinggi.
  • Pengaduk terbuat dari kayu berbentuk garpu, sehingga pembentukan rambut gula atau proses kristalisasi bisa berjalan dengan lebih cepat dan merata.
  • Penggunaan sumber tenaga untuk mengoperasikan mesin dapat dipilih sesuai kondisi, bisa dengan tenaga listrik maupun menggunakan bahan bakar bensin yang sama hematnya.
  • Mudah dirawat.
  • Kapasitas besar.

mesin gula kelapa

2. Keunggulan dari Segi Fungsi Alat

Mesin gula kelapa dirancang untuk mempermudah pekerjaan pembuatan gula kelapa. Dilihat dari segi fungsinya, alat yang satu ini memiliki keunggulan berupa:

  • Sudah terbukti kualitasnya karena sudah teruji oleh para perajin gula kelapa atau gula jawa di Yogyakarta.
  • Memperbaiki kualitas gula kelapa yang dihasilkan.
  • Meningkatkan produktivitas karena bisa menghasilkan gula kelapa dalam jumlah banyak dan waktu yang lebih singkat.
  • Menghemat biaya, waktu, dan tenaga.

Cara Menggunakan Mesin Gula Kelapa

Tidak perlu bingung untuk menggunakan mesin gula kelapa, karena alat ini sangat mudah dioperasikan. Alat ini akan bekerja hanya dengan menghubungkannya dengan sumber tenaga yang digunakan, kemudian dinyalakan. Lalu, matikan alat setelah selesai digunakan.

Untuk membuat gula kelapa menggunakan mesin ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan cairan nira yang akan digunakan sebagai bahan baku pembuatan gula kelapa.
  • Tuangkan nira ke dalam wajan sesuai dengan kapasitas wajan.
  • Nyalakan kompor atau tungku pemanas.
  • Hidupkan pengaduk atau penggerak pada mesin.
  • Biarkan mesin bekerja memanaskan sambil mengaduk cairan nira di dalam wajan, hingga didapatkan karamel yang kental dan lengket.
  • Matikan tungku, tetapi biarkan pengaduk tetap bergerak.
  • Matikan pengaduk jika sudah didapatkan rambut-rambut gula kelapa, yang merupakan hasil proses kristalisasi gula kelapa.
  • Gula kelapa sudah siap dicetak dengan tempurung kelapa atau cetakan lain dan siap dipasarkan.
Baca juga  Peluang Bisnis Daging Sapi di Tangerang

mesin gula kelapa

Model dan Spesifikasi Mesin Gula Kelapa

Mesin gula kelapa dibuat dengan model yang sederhana, minimalis, dan kompak. Mesin ini terdiri dari kerangka besi yang dilengkapi tiga dudukan, yaitu: dudukan tungku di bagian paling bawah, dudukan wajan di bagian tengah, dan dudukan alat pengaduk di bagian yang paling tinggi. Karena tidak memiliki banyak detail, mesin ini sangat mudah dibersihkan.

Dari segi kapasitas, ada dua jenis mesin gula kelapa, yaitu mesin berkapasitas 35kg/jam dan 50kg/jam, dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Dimensi: 80x60x80 cm
  • Material: rangka mesin terbuat dari besi siku, wajan menggunakan material stainless steel, sedangkan pengaduknya terbuat dari kayu berbentuk garpu.
  • Energi penggerak: motor listrik (electromotor) dengan daya ¾ – 1 HP (Horse Power) atau mesin bensin (gasoline engine) dengan daya 5,5 HP.
  • Teganan listrik: 220V dengan frekuensi 50 atau 60 Hz.
  • Pemanas: tungku api berbahan bakar gas.

Usaha gula kelapa merupakan salah satu ladang bisnis yang menarik. Pasar gula kelapa sangat luas, karena merupakan bahan baku yang bisa digunakan dalam pembuatan berbagai jenis makanan, bahkan juga minuman. Pohon kelapa sebagai penghasil bahan baku untuk membuat gula kelapa juga sangat mudah ditemukan, sehingga tidak sulit mendapatkan bahan baku.

mesin gula kelapa

Namun, selain keterbatasan produksi, industri gula kelapa juga menghadapi kendala dalam pemasaran. Selama ini, para perajin gula kelapa menjualnya kepada para tengkulak dengan harga rendah. Penggunaan mesin gula kelapa akan meningkatkan kualitas produk, sehingga para perajin bisa menaikkan harga jual, yang otomatis juga meningkatkan keuntungan yang diperoleh.

  Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares