Mesin Mixer Besar

Mesin Mixer Besar

Mesin mixer besar atau sering juga disebut mesin mixer vertikal merek Andaro adalah alat untuk mencampurkan bahan kering menjadi adonan yang homogen. Umumnya, alat ini digunakan untuk mencampur adonan pakan ternak, tepung pelet, kompos, dan bahan pertanian lainnya. Mesin ini berbentuk silinder vertikal atau silo pengaduk yang mampu bekerja hingga kapasitas produksi sebesar satu ton. Akan tetapi, ada juga pilihan mesin lain yang memiliki kapasitas yang lebih rendah. Mesin ini sangat cocok bagi Anda yang menekuni industri pembuatan pakan ternak ataupun pemilik peternakan itu sendiri. Seperti yang Anda ketahui bahwasanya biaya yang perlu dikeluarkan untuk membiayai pakan ternak lumayan besar. Alangkah baiknya jika Anda bisa memproduksi pakan sendiri sekaligus memasarkannya. Ada dua keuntungan yang bisa didapatkan sekaligus.

Peluang bisnis untuk menjadi produsen pakan ternak secara khusus juga cukup besar. Hal yang harus Anda lakukan sebelum benar-benar terjun ke dalam bisnis ini adalah melakukan survei lingkungan. Hal-hal yang harus diperhatikan, antara lain pakan ternak apa yang paling dibutuhkan di lingkungan sekitar. Setelah mengetahui apa yang paling dibutuhkan oleh masyarakat di tempat Anda tinggal, selanjutnya adalah menyiapkan alat dan bahan pembuatan pakan ternak. Umumnya, bahan untuk membuat pakan cukup mudah untuk didapat. Bahan tersebut harus mengandung sumber protein, seperti bungkil kedelai, bungkil kelapa, tepung darah, dan tepung keong. Bahan pakan ternak juga harus mengandung sumber energy, seperti molasses dan beberapa jenis serealia. Terakhir, sebagai sumber vitamin dan mineral di dalam pakan ternak, Anda bisa menggunakan kapur, premix, dan beberapa mineral lainnya. Sebagai tambahan, pada pakan ternak broiler, biasanya ada herbal sebagai pengganti antibiotik growth promotor dan bahan untuk mencegah penyakit. Sehingga, ternak yang dihasilkan tidak membawa residu antibiotik pada manusia.

Mesin Mixer Besar

Kelebihan Mesin, Mesin mixer besar merek Andaro terbuat dari bahan plat mild steel atau plat besi baja setebal sepuluh milimeter, sehingga terkesan kokoh dan tahan lama. Alat ini mampu mengolah bahan baku dengan kapasitas yang besar dan dalam waktu yang singkat. Meski terkesan tangguh, cara mengoperasikan alat ini amatlah mudah. Proses pengadukan bahan baku kering dipastikan merata karena memiliki sistem sirkulasi yang menggunakan screw vertikal. Hasil produksi higienis dan aman untuk dikonsumsi ternak, sehingga bisa langsung dikemas dan dipasarkan. Dengan menggunakan alat ini, biaya operasional bisnis Anda menjadi efektif dan efisien. 

Cara Penggunaan, Pertama-tama, Anda perlu menyiapkan bahan baku yang akan dicampur menggunakan alat ini. Setelah siap, nyalakan alat dengan menekan tombol power. Setelah itu, masukkan bahan baku kering ke dalam saluran input. Selanjutnya, bahan baku ini akan disirkulasikan ke dalam sistem screw vertikal sehingga tercampur dengan bahan lainnya sampai berbentuk adonan homogen. Setelah proses pengadukan selesai, bahan baku akan keluar melalui sistem output pada mesin dan dapat langsung dikemas.

Tips Perawatan Mesin Mixer Besar, Perawatan mesin adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan. Nilai ketahanan sebuah alat sebagian besar tergantung dari perawatan yang dilakukan. Pola perawatan alat mixer besar ini lumayan gampang. Namun, sebaiknya Anda tetap membaca buku petunjuk manual terlebih dahulu. Dengan pengetahuan yang utuh, maka Anda dapat mengoperasikan alat secara baik dan benar. Selain itu, karena alat ini menggunakan listrik sebagai sumber daya penggeraknya, sebaiknya Anda juga menyediakan tegangan dan daya listrik sesuai dengan kebutuhan alat. Sumber listrik yang tidak sesuai akan membuat komponen mesin lebih cepat rusak. Kebersihan menjadi poin penting bagi pengusaha pakan ternak. Pakan yang bersih tentunya juga dihasilkan oleh mesin yang bersih pula. Oleh karena itu, lakukan pembersihan mesin setelah digunakan agar hasil pengadukan tetap higienis.

Tempat penyimpanan mesin juga menjadi faktor penentu ketahanan mesin. Anda sebaiknya menyediakan tempat yang kering, sejuk, dan aman dari segala gangguan hewan, seperti tikus. Walaupun mesin ini memang memiliki harga yang tidak murah, produk yang dihasilkan sebanding dengan  harga yang dipatok. Selain itu, keuntungan dari usaha serta mesin yang tahan lama menjadi salah satu investasi jangka panjang untuk bisnis Anda. By Pabrik Mesin Pertanian Andaro.

Pelanggan Kami

Customer Ramesia