Mesin Pengolah Kompos | Harga Alat Pembuat Kompos Terbaru | Ramesia

Sesuai dengan namanya, Mesin Pengolah Kompos adalah alat yang akan membantu Anda melakukan proses pembuatan sampah menjadi pupuk organik. Mesin untuk melakukan pengolahan sampah memiliki jenis yang beragam. Mulai dari mesin pencacah sampah, Mesin Pengolah Kompos untuk proses pengadukan, mesin pengayakan untuk proses pengayakan, dan mesin granulator pupuk yang berfungsi untuk membentuk pupuk organik menjadi bentuk butiran. Kemudahan yang ditawarkan oleh mesin pengolah kompos membuat industri pupuk organik semakin diminati. Apalagi, bahan baku pembuatan pupuk kompos sangat mudah dicari di lingkungan sekitar.

Indonesia merupakan negara penghasil sampah makanan terbanyak kedua di seluruh dunia. Dengan jumlah sampah organik sebanyak itu, bayangkan saja berapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh Anda sebagai pengusaha? Bisnis di bidang pengolahan sampah memang terlihat menggiurkan. Akan tetapi, untuk memulai bisnis seperti ini, tentunya dibutuhkan pengetahuan tentang cara membuat kompos dengan benar, efektif, dan efisien, serta pemasaran tepat sasaran. Dengan rangkaian mesin kompos dari Andaro, Anda bisa mendapatkan kedua hal tersebut dan memiliki peluang untuk menjadi sukses dari sektor pupuk organik.

Mesin Pengolah Kompos

Cara Membuat Kompos dan Mesin Pengolahnya, Pupuk organik adalah salah satu material yang paling dicari di sektor pertanian. Apalagi, seiring dengan naiknya gaya hidup sehat, tren pertanian organik juga terus meningkat. Pupuk organik dipercaya membuat tanaman menjadi lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu, pupuk organik dapat memperbaiki ekosistem tanah sehingga dapat meningkatkan kesuburan dengan cara yang ramah lingkungan. Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk membuat pupuk hijau dan beberapa mesin pengolah pupuk yang dapat mempermudah prosesnya.

  • Pemilahan Sampah, Di dalam proses ini, sampah yang berwujud nonorganic, seperti plastik logam dan lainnya, harus disingkirkan. Pupuk pupuk tidak akan dapat terbentuk dengan baik jika ada campuran sampah nonorganik di dalamnya. Oleh karena itu, adanya mesin conveyor sampah akan sangat membantu proses ini dengan cara yang sangat praktis.
  • Pencacahan, Proses pencacahan dilakukan untuk mempermudah terjadinya pembusukan saat proses pengomposan sampah. Dimensi sampah dengan ukuran yang kecil memudahkan mikroorganisme menguraikannya ke bentuk yang lebih sederhana. Dengan ukuran yang lebih kecil pula, proses pengomposan dapat selesai dengan waktu yang lebih cepat. Proses pencacahan ini bisa dibantu oleh mesin pencacah sampah dari merek Andaro. Kapasitas produksi yang besar, cara penggunaan yang mudah, dan mesin yang tahan lama membuat Anda dapat menghemat berbagai faktor produksi dan meningkatkan keuntungan.
  • Penyusunan Bahan Pembentuk Pupuk Kompos, Penyusunan bahan untuk membentuk pupuk pupuk memiliki teori yang cukup beragam. Akan tetapi, pada umumnya kompos disusun oleh sampah organik sebanyak 70%, tanah 15%, dan bahan tambahan lainnya, seperti gabah, dedak, atau kotoran ternak. 
  • Pengadukan Kompos, Proses pengadukan pupuk sangat penting untuk dilakukan. Proses pengadukan ini memiliki tujuan untuk meratakan proses pembusukan pada pupuk, meratakan panas, memasukkan udara, memberi dan meratakan air, serta membantu proses pengomposan menjadi lebih cepat. Pengadukan ini dilakukan dengan cara mengambil lapisan bawah pada tumpukan lalu memindahkannya ke bagian atas. Pada proses pengadukan ini bisa dibantu oleh mesin mixer kompos. Dengan bantuan mesin ini, proses pengadukan akan berjalan lebih mudah dan praktis. 
  • Penyiraman Kompos, Untuk membantu proses pembusukan, tumpukan sampah organik ini harus dijaga kelembapannya. Proses penyiraman dilakukan jika tumpukan terasa terlampau kering. Penyiraman menggunakan air tajin atau air bekas cucian beras membawa dampak yang lebih baik pada proses pembusukan karena mengandung glukosa. 
  • Proses Pematangan Kompos, Proses pematangan pupuk sangat tergantung dari bahan penyusun, cuaca, dan cara pengolahan yang Anda lakukan. Proses pengomposan menggunakan aktivator membutuhkan waktu yang jauh lebih singkat daripada yang tidak. Ciri-ciri kompos yang sudah matang adalah volume yang berkurang, mulai berwarna kehitaman, dan permukaan tumpukan mulai terlihat lapuk. Jika pupuk hijau Anda sudah menunjukkan ciri-ciri seperti itu, berarti sudah siap untuk melakukan pemanenan.
  • Penyaringan dan Granulasi Pupuk Kompos, Proses penyaringan pada pupuk kompos dilakukan untuk memisahkan bagian yang belum mengalami pengomposan dengan yang sudah matang secara sempurna. Proses penyaringan dapat dilakukan dengan mesin pengayak pupuk dari Andaro. Mesin pengayak ini memiliki banyak varian dengan kapasitas produksi yang berbeda. Anda dapat memilihnya berdasarkan kebutuhan masing-masing. Setelah diayak, sebaiknya kompos juga diproses lebih lanjut menggunakan mesin granulasi kompos. Mesin ini memiliki manfaat membentuk tampilan kompos menjadi butiran-butiran, sehingga memiliki nilai jual yang lebih tinggi. By Pabrik Alat Mesin Pertanian Andaro.

daftar harga mesin pengolah kompos

Model & Tipe MSCX 500
Dimensions 250 × 100 × 150 cm
Penggerak Electric Motor 1.5 HP
Bahan Bakar Listrik
Material Plat Mild Steel + Cat
Rangka Besi UNP
Kapasitas Produksi 500-1000 Kg / Jam
Model & Tipe MSCX 1000
Dimensions 380 × 120 × 145 cm
Penggerak Electric Motor 2 HP
Bahan Bakar Listrik
Material Plat Mild Steel + Cat
Rangka Besi UNP
Kapasitas Produksi 1000-2000 Kg / Jam

Our Valuable Customer

RAMESIA CUSTOMER LOGO