Mesin Perontok Padi

Mesin perontok padi

Mesin Perontok Padi | Alat Rontok Padi Manual & Otomatis | Ramesia

Mesin perontok padi dari Andaro adalah peralatan yang digunakan setelah memanen padi. Mesin ini digunakan untuk merontokkan bulir-bulir atau gabah yang dipisahkan dari tangkai jeraminya. 

Keunggulan Mesin Perontok Padi Andaro, Mengapa mesin ini layak untuk dibeli? Apa manfaatnya untuk usaha pertanian Anda? Mari kita simak dengan lengkap di sini.

  • Membantu menghemat waktu pada proses setelah panen. Apalagi, jika memanen hasil pertanian pada lahan yang luas. Kalau melakukan proses perontokkan dengan cara manual, akan menyita banyak waktu.
  • Hasil perontokan gabah yang sempurna, tidak retak, efisien meningkatkan kualitas hasil panen.
  • Mudah dioperasikan karenanya akan mempersingkat waktu setelah panen.

Perawatan Mesin Perontok Padi Andaro, Perawatan mesin perontok padi hendaknya dilakukan secara berkala, seperti:

  • Memeriksa silinder perontok apakah terdapat kotoran atau benda asing dan harus segera dibersihkan.
  • Memeriksa sistem saluran bahan bakar apakah ada kebocoran atau kotoran yang menyumbat.
  • Memastikan sistem pengapian masih dalam kondisi prima.
  • Memeriksa kekencangan tali atau sabuk. Jika sudah kendur, dikencangkan kembali atau kalau perlu, diganti dengan yang baru.
  • Mengencangkan baut-baut yang kendur, tekanan angin pada roda, dan tali starter.
  • Memberikan oli pelumas pada bagian-bagian tertentu supaya tidak macet sewaktu dipergunakan.

Mesin Perontok Padi

Cara Menggunakan Mesin Perontok Padi Andaro, Berikut panduan untuk mengoperasikan mesin perontok padi:

  1. Taruhlah alat ditempat yang rata. Sebelumnya, alasi tempat untuk merontokkan gabah dengan terpal lebar untuk mengurangi hasil panen susut karena tercecer.
  2. Atur posisi alat dengan baik dan benar supaya kotoran nantinya keluar dengan arah yang sama dengan arah angin.
  3. Supaya hasil panen tidak berkurang, letakkan posisi alat ke arah dinding. Anda bisa pula merancang dinding buatan yang terbuat dari plastik, anyaman dari bambu, dan sebagainya. Letakkan dengan cara tepat supaya gabah yang tidak sengaja terlempar, bisa terkumpul.
  4. Hidupkan alat dan tunggu sebentar sebelum mulai memasukkan muatan, ini untuk memeriksa posisi alat perontok padi. Jangan sampai posisi alat berpindah tempat atau bergeser karena getaran.
  5. Periksalah kemampuan alat dengan memasukkan gabah sedikit demi sedikit. Apabila ada bulir-bulir padi yang belum terlepas  dari gagangnya, tambahkan kecepatan putar (rpm) drum perontok.
  6. Bukalah penutup alat dan periksa drum dan semua gigi perontok, bersihkan jika ada kotoran. Putar drum perontok dengan tangan untuk memastikan tidak ada yang lepas dan bergesekan.
  7. Apabila alat perontok padi sudah siap digunakan, mulailah memasukkan batang-batang padi yang akan dirontokkan ke pintu. Masukkanlah sebanyak mungkin secara teratur, tetapi jangan sampai berlebihan. Agar pemasukan bisa efektif, Anda membutuhkan 2 atau 3 orang untuk menjalankan alat perontok padi.
  8. Apa tanda kalau batang padi terlalu overload atau terlampau memenuhi alat? Tandanya adalah dengan macet atau matinya alat. Jangan lupa buat mematikan alat untuk menanggulanginya. Lalu, bukalah tutup alat. Bersihkan kotoran yang ada di bagian dalamnya.
  9. Apakah posisi meja pengumpan ini kelewat tinggi? Solusinya, jangan lupa untuk mempergunakan meja atau kursi untuk menunjang operator mesin agar bisa nyaman menggunakan mesin. 
  10. Jerami yang sudah terpisah dari bulir-bulir padi yang keluar harus segera dirapikan dan dijauhkan dari tempat keluarnya jerami. Agar tidak menyumbat dan bercampur dengan gabah yang sudah dirontokkan.
  11. Perhatikan mesin dengan baik.  Periksa supaya tidak ada benda asing yang menyelip dan masuk seperti batu, kayu, kawat, atau logam, yang bakal mengganggu produksi.
  12. Sebaiknya, gabah yang keluar langsung ditampung dengan menggunakan karung yang diletakkan di depan mulut pengeluaran gabah untuk menghindari tercampur dengan jerami.
  13. Jika proses telah usai, segera bersihkan mesin. Jangan tunggu nanti, karena debu dan kotoran lain yang ada di dalam mesin bisa menjadi kerak kemudian menurunkan kinerja mesin.

Penggunaan mesin perontok padi untuk usaha pertanian menengah dan besar sangat direkomendasikan. Alasannya adalah cara pemakaian yang sangat mudah berikut metode perawatan yang sederhana. Efisiensi waktu adalah sebuah hal yang sangat diperlukan dalam produksi pertanian, sehingga dapat meningkatkan hasil panen. Dilihat dari segi bisnis, penggunaan mesin perontok padi Atau Power Thresher sangat bisa untuk Anda andalkan. By Pabrik Alat Mesin Pertanian Andaro.

daftar harga mesin perontok padi

Model & Tipe ADR MPT 1000
Dimensions 165 × 115 × 130 cm
Penggerak Engine Diesel 6.5 HP
Bahan Bakar Solar
Material Besi Mild Steel + Cat
Rangka Besi Plat
Kapasitas Produksi 1000-1200 Kg / Jam

Model & Tipe DB 1000
Dimensions 155 × 120 × 145 cm
Weight 130 kg
Penggerak Motor Engine 5.5 HP
Bahan Bakar Bensin
Material Besi Mild Steel + Cat
Rangka Besi Plat
Kapasitas Produksi 1000-1200 Kg / Jam

Our Happy Client

Customer Ramesia