Mesin Pertanian

Mesin Pertanian

Mesin Pertanian | Harga Alat Mesin Pertanian (Alsintan) | Ramesia

Mesin pertanian dirancang dan diciptakan guna mempermudah pekerjaan petani. Selain itu, alat ini dirancang agar kuantitas dan kualitas produk pertanian jadi lebih meningkat. Mesin-mesin pertanian diharapkan mampu memperbaiki dan meningkatkan hasil panen, sekaligus efisiensi pada masa pascapanen. Maknanya, ada banyak manfaat yang akan didapatkan ketika Anda memutuskan untuk menggunakan mesin pertanian demi mencapai hasil panen yang lebih berkualitas. Jika Anda ingin mengetahui manfaat yang lain dari mesin pertanian, simaklah ulasan berikut.

Manfaat Mesin PertanianZaman sekarang, permintaan dari sektor pertanian sangatlah banyak. Lebih lagi, jumlah masyarakat yang makin hari makin bertambah sehingga kebutuhan pangan pun terus meningkat. Hal tersebut menjadikan para petani mempunyai target panen yang lebih tinggi. Selain kuantitas, petani pun juga dituntut agar menghasilkan pangan yang berkualitas. Maka dari itu, petani saat ini memerlukan alat otomatis yang dapat membantu mereka dalam meningkatkan hasil panen dengan waktu yang efisien. Perangkat otomatis yang dimaksud adalah alat pertanian. Lantas, apa lagi manfaat yang dapat dirasakan oleh petani yang memakai alat pertanian dalam kegiatan usahanya? Berikut ini adalah beberapa manfaatnya. 

  1. Meningkatkan kapasitas kerja petani sehingga dapat memperluas bidang penanaman padi atau dengan kata lain meningkatkan intensitas penanaman.
  2. Mengantisipasi untuk meningkatkan minat kerja dalam sektor pertanian yang semakin menurun. Alat pertanian meringankan kerja kasar yang mesti dilakukan oleh para petani modern.
  3. Memberikan kenyamanan dan juga meningkatkan keamanan dalam proses pertanian sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja pula.
  4. Meningkatkan kualitas dari hasil panen agar ketepatan dan juga keseragaman dalam prosesnya berjalan sesuai dengan yang diinginkan.
  5. Meningkatkan mutu hasil panen menjadi lebih terjamin.
  6. Alat pertanian ini mampu menyelesaikan tugas yang mungkin cukup sulit dikerjakan manusia.
  7. Mesin pertanian dapat pula memberikan peran penting dalam pertumbuhan sektor non-Persawahan.

Jenis-Jenis Mesin Pertanian, Sebagaimana yang umum diketahui, Persawahan memiliki banyak proses dalam pengolahan produk hasil panen. Itulah mengapa, ada lebih dari satu alat yang penting untuk digunakan oleh para petani modern. Hampir semua jenis alat Persawahan tersedia dari Andaro. Nah, setidaknya ada empat jenis alat yang dapat menjadi andalan Anda yang bergerak di ranah Persawahan, yaitu:

  1. Mesin Perontok Padi, Alat ini digunakan sebagai alat untuk merontokkan padi dari batangnya setelah di panen. Jenis alat ini kebanyakan digunakan oleh industri Persawahan menengah dan besar. Dengan berbagai desain yang ada, Alat ini cukup bermanfaat untuk efisiensi waktu dan juga meminimalisasi rontokan padi yang terbuang.
  2. Mesin Giling Padi, Alat ini digunakan sebagai alat penggiling padi agar menghasilkan beras. Ketika padi telah dirontokkan, proses selanjutnya yaitu menggiling padi. Proses penggilingan tersebut bertujuan untuk memisahkan kulit padi dari beras sehingga siap untuk diolah menjadi nasi.
  3. Mesin Perontok Jagung, Alat ini sangat bermanfaat bagi petani yang ingin mengolah hasil panen berupa jagung. Sebab, dengan alat ini biji jagung akan dipipil dengan mudah. Proses pemipilan jagung pun akan lebih cepat dan menghasilkan biji jagung yang lebih baik dibandingkan dengan memipil secara manual.
  4. Mesin Traktor, Tentu semua orang tahu bahkan Anda juga tahu tentang alat ini. Alat traktor ini akan membantu kerja para petani untuk membajak sawah dengan waktu yang singkat.

Cara Perawatan Mesin, Umumnya semua jenis alat pertanian memiliki ukuran yang besar dan bobot yang juga berat. Untuk kemudahan, Anda bisa meletakkan alat ini di tempat yang aman dan mudah dijangkau saat akan menggunakannya. Pastikan pula alat tidak terkena hujan dan panas berlebihan. Saat penyimpanan, lap bagian-bagian mesin agar tidak berkarat atau macet saat akan digunakan kembali. Anda bisa melakukan pengecekan secara berkala alat ini untuk melihat apakah komponen dari mesin masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jika dirasa ada masalah, segera ganti atau perbaiki komponen. Sebisa mungkin lakukan pembersihan mesin ini agar selalu terawat, bersih dan juga bebas dari kerak yang akan menghambat operasi dari alat tersebut.

daftar harga mesin pertanian

Model & Tipe ADR YMM 20
Dimensions 128 × 150 × 130 cm
Weight 272 kg
Penggerak Diesel 20 HP
Bahan Bakar Solar
Putaran Poros Utama 750-800 rpm
Kapasitas Produksi 500-750 Kg / Jam

Model & Tipe ADR HW 60 AN
Dimensions 138 × 84 × 158 cm
Weight 155 kg
Penggerak Diesel 8.5 HP
Bahan Bakar Solar
Putaran Poros Utama 1100-1200 rpm
Kapasitas Produksi 1000-1200 Kg / Jam

Model ADR TRD 1000
Dimensionsl 165 × 115 × 130 cm
Kapasitas 1000-1200 Kg / Jam
Penggerak Diesel 6.5 Hp
BBM Solar

Model ADR RD 300
Dimensions 600 × 100 × 200 cm
Kapasitas 500-700 Kg/Batch
Pemanas Burner / Panel Control
BBM Solar & Minyak Tanah

Pelanggan Kami

Customer Ramesia