Mesin Press Makanan dan Minuman

Dalam rangkaian proses produksi, pengemasan merupakan tahap terakhir sebelum produk dipasarkan. Tahap ini sangatlah penting karena ikut menentukan keberhasilan bisnis Anda. Untuk kebutuhan pengemasan, dibutuhkan mesin press dengan berbagai macam jenisnya.

Manfaat Mesin Press dalam Bisnis Makanan dan Minuman

Baik skala kecil, menengah, maupun besar, bisnis makanan dan minuman hampir selalu membutuhkan alat press untuk mengemas produknya. Adapun manfaat penggunaan mesin press dalam usaha makanan adalah sebagai berikut.

1. Memudahkan Proses Pengemasan

Pada cara manual, proses pengemasan dilakukan menggunakan karet, stapler, atau dengan melewatkan plastik pada api lilin. Cara ini tentu cukup sulit jika dilakukan untuk skala industri. Dengan alat ini, proses pengemasan produk makanan bisa dilakukan dengan sangat mudah.

2. Melindungi Produk

Produk makanan sangat rentan terhadap kerusakan, apalagi jika dipasarkan secara luas. Pengemasan menggunakan mesin akan menjamin makanan terlindungi dengan baik selama proses penyimpanan maupun pengiriman.

3. Menjaga Kualitas Produk

Mengemas makanan dengan mesin plastik press membuat kemasan sangat rapat sehingga tidak ada udara yang masuk. Masuknya udara menyebabkan terjadinya oksidasi serta memberi akses pada bakteri dan jamur sehingga merusak makanan dan membuatnya tidak tahan lama.

4. Meningkatkan Efisiensi

Untuk bisa memenuhi permintaan konsumen, dibutuhkan kecepatan dalam setiap tahap produksi, termasuk pengemasan. Penggunaan mesin pres akan meningkatkan efisiensi proses produksi karena sangat menghemat waktu dan tenaga.

5. Meminimalkan Risiko Kecelakaan

Merekatkan kemasan plastik dengan menggunakan api lilin dan ditekan dengan jari memiliki risiko terjadinya kecelakaan, terutama bagi pemula. Dengan bantuan mesin pres, kecelakaan dapat dihindari karena mesin didesain untuk bisa dioperasikan dengan aman.

6. Membuat Kemasan Lebih Rapi

Mengemas produk makanan dengan cara manual menghasilkan kemasan yang kurang rapi. Hal ini tentu mengurangi tampilan produk sehingga terlihat kurang menarik. Sebaliknya, dengan menggunakan mesin pres, hasil kemasan menjadi jauh lebih rapi.

7. Kemasan Lebih Kuat dan Aman

Mesin pres merupakan teknologi yang dirancang untuk menghasilkan kemasan yang kuat, aman, dan tidak mudah terbuka. Hal ini tentunya tidak bisa didapatkan dari pengemasan secara manual.

8. Meningkatkan Nilai Jual

Nilai jual sebuah produk tidak hanya ditentukan dari harga produknya semata, tetapi juga dipengaruhi oleh tampilan, termasuk kemasan. Produk yang dikemas secara rapi tentunya akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada yang seadanya.

9. Mempermudah Proses Distribusi

Kemasan produk yang baik juga penting untuk mempermudah pendistribusian produk makanan dari produsen hingga sampai ke tangan konsumen. Dengan adanya kemasan, produk lebih mudah dan aman untuk disusun, dikemas dalam kemasan lebih besar, dan dipindahkan.

10. Memperkuat Identitas Produk

Pengemasan manual biasanya hanya menggunakan kemasan polos tanpa identitas. Dengan menggunakan mesin pres, Anda bisa membuat labeling yang baik sehingga kemasan bisa menjadi identitas produk Anda.

Macam-macam Mesin Press untuk Makanan dan Minuman

Produk makanan dan minuman banyak jenisnya dan masing-masing memiliki sifat yang berbeda. Karena itulah, mesin untuk mengemas pun berbeda-beda. Untuk itu, sebelum memulai usaha, kenali lebih dulu macam-macam mesin sealer berikut ini.

1. Hand Sealer

Apakah Anda masih menggunakan api lilin atau stapler untuk mengemas produk makanan? Tentu repot sekali, bukan? Sekarang, Anda bisa meninggalkan cara lama tersebut karena sudah ada alat pengganti yang jauh lebih mudah dan bisa bekerja cepat dalam mengemas makanan.

Mesin hand sealer adalah mesin pengemas plastik yang ukurannya kecil sehingga cocok untuk home industry. Mesin ini dioperasikan dengan tenaga listrik, tetapi digerakkan secara manual menggunakan tangan dengan panjang segel antara 20–100 cm.

Cara menggunakan alat ini sangat mudah, yaitu:

  • Pasang colokan kabel pada saklar, lalu tarik tuas ke posisi “ON”.
  • Hidupkan seluruh tombol yang terdapat pada mesin, kecuali tombol darurat.
  • Atur tingkat kecepatan conveyor speed dan suhu untuk proses sealing sesuai ketebalan plastik kemasan.
  • Biarkan mesin mencapai suhu yang diinginkan atau hingga lampu indikator menyala hijau yang menandakan mesin siap digunakan.
  • Tekan tuas ke bawah selama beberapa detik sampai plastik saling merekat.
  • Gunakan mesin paling lama 4 jam. Setelah 4 jam, istirahatkan mesin selama 30 menit hingga 1 jam sebelum digunakan kembali.

Biasanya, alat press plastik manual ini digunakan untuk mengemas produk makanan yang berukuran kecil. Anda bisa mendapatkannya di tempat jual alat press plastik murah. Ukurannya kecil dan bentuknya sederhana sehingga mesin ini mudah dibawa ke mana-mana.

2. Continuous Sealer

Mesin continuous sealer atau mesin pengemas plastik kontinyu adalah mesin pengemas yang bekerja secara terus-menerus. Mesin ini bisa digunakan untuk kemasan berbahan plastik dan alumunium foil secara otomatis dengan hasil yang lebih rapat.

Mesin ini memiliki sistem roda dan rel yang dinamis sehingga pengemasan berjalan lebih mudah. Selain itu, mesin juga dilengkapi fitur pencetak tanggal kedaluwarsa sehingga Anda tidak perlu membeli mesin lainnya.

Kecepatan kerja mesin continuous sealer dapat diatur dengan kecepatan maksimal 12 meter per menit. Artinya, mesin ini mampu mengemas hingga 40 kemasan setiap menit untuk plastik berukuran 30 cm. Hal ini sangat berguna ketika harus mengemas produk dalam jumlah banyak.

Mesin ini memiliki dua tipe, yaitu tipe vertikal dan horizontal. Keduanya dibuat dari bahan stainless steel sehingga alat ini memiliki kekuatan yang baik. Di sisi lain, bahan antipanas membuat alat ini aman digunakan.

Keunggulan lain mesin contiuous sealer adalah memiliki banyak fitur, seperti coding, gas blower, dan gas suction. Desainnya ergonomis sehingga mudah dioperasikan serta mudah ditempatkan di mana saja tanpa harus mengangkatnya karena dilengkapi roda.

3. Cup Sealer

Sesuai namanya, mesin cup sealer adalah mesin pengemas yang khusus digunakan untuk menyegel minuman yang dikemas dalam gelas plastik. Saat ini, kebanyakan pedagang minuman memilih mesin ini daripada menggunakan tutup cup yang mudah bocor dan lepas saat dibawa.

Berdasarkan cara pengoperasiannya, ada tiga jenis mesin cup sealer, yaitu manual, semi otomatis, dan otomatis. Mesin manual banyak digunakan oleh pelaku usaha minuman skala kecil, sedangkan mesin otomatis lebih cocok untuk industri skala menengah dan besar.

Kapasitas pengemasan masing-masing jenis mesin cup sealer tersebut berbeda-beda, yaitu:

  • Mesin cup sealer manual: 100–500 cup/jam dengan ukuran gelas 10 oz, 12 oz, 14 oz, 16 oz, 18 oz, 20 oz, 22 oz, dan 24 oz;
  • Mesin cup sealer semi otomatis: 120–250 cup/jam; dan
  • Mesin cup sealer otomatis: 300–650 cup/jam dengan ukuran gelas 14 oz, 16 oz, 18 oz, 20 oz, 22 oz, dan 24 oz.

Jika dibandingkan dengan penutup gelas plastik biasa, penggunaan cup sealer jauh lebih efisien dan menguntungkan. Hasil penyegelan dengan mesin ini sangat rapat sehingga minuman dijamin bersih dan higienis karena terhindar dari kontaminasi kotoran dan bakteri.

Cup sealer juga mempercepat proses pengemasan minuman sehingga Anda bisa memberikan layanan yang lebih cepat dan memuaskan kepada konsumen. Mereka tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan minuman pesanannya.

Keuntungan lain menggunakan mesin ini adalah minuman dijamin tidak tumpah saat dibawa. Berbeda halnya dengan penutup gelas plastik biasa yang bisa dengan mudah terlepas dan menyebabkan minuman tumpah atau berceceran.

4. Pedal Sealer

Sesuai namanya, pedal sealer adalah alat buat ngepress plastik yang dioperasikan menggunakan pedal kaki. Pengepresan dengan menggunakan kaki memiliki kekuatan lebih dibandingkan tangan sehingga mesin ini memberikan jaminan anti kebocoran yang lebih baik.

Dibandingkan dengan hand sealer, mesin press pedal memiliki kelebihan bisa digunakan untuk ukuran kemasan yang lebih besar, yaitu 300–650 mm. Di samping itu, mesin ini juga dilengkapi fitur untuk mencetak tanggal kedaluwarsa produk.

Jika hand sealer hanya cocok digunakan untuk plastik yang relatif tipis, pedal sealer sebaliknya, cocok untuk kemasan yang lebih tebal. Bahan-bahan tersebut seperti cellophone, alumunium foil, cooper foil, dan polystyrene. Mesin ini juga dilengkapi dengan pengatur suhu penyegelan.

5. Vacuum Sealer

Mesin vacuum sealer adalah alat pengemas khusus yang bekerja dengan sistem vakum (hampa udara). Cara kerja alat ini adalah mengeluarkan udara dari dalam kemasan hingga bersifat kedap, kemudian menyegelnya sehingga tidak ada udara yang kembali masuk.

Pengemasan dengan sistem vakum akan membuat makanan tanpa pengawet bisa bertahan lama hanya dengan proses pengemasan selama 3 detik. Makanan yang biasanya hanya bisa bertahan selama 4 hari, dengan kemasan vakum bisa bertahan hingga 15–20 hari.

Hal ini disebabkan ketiadaan oksigen membuat makanan lebih higienis dan tidak memungkinkan terjadinya proses oksidasi yang bisa merusak. Selain itu, makanan tidak tercemar oleh bakteri yang terdapat di udara.

Bagi para pelaku bisnis makanan beku, mesin vacuum sealer menjadi kebutuhan mutlak. Tanpa alat ini, produk akan cepat rusak dan sudah pasti, usaha akan mengalami kerugian. Bukan hanya makanan olahan, vacuum sealer juga bisa digunakan untuk mengemas sayuran dan buah.

Seperti jenis mesin lainnya, vacuum sealer juga memiliki beberapa jenis dan bentuk yang bisa disesuaikan dengan besar kecilnya usaha. Untuk home industry, pilihlah yang berukuran kecil agar lebih hemat dan tidak memakan banyak tempat.

Tips Memilih Mesin Press Berkualitas

Dengan begitu banyaknya jenis mesin press yang ditawarkan, tak jarang para pelaku usaha kebingungan untuk memilih mesin yang paling tepat untuk menunjang aktivitas bisnisnya. Terlebih lagi saat harus memilih mesin berharga mahal, tentu harus dilakukan dengan hati-hati.

Berikut ini adalah tips untuk memilih mesin pres berkualitas.

1. Sesuaikan dengan Produk

Setiap produk membutuhkan mesin kemasan yang berbeda-beda dan hal itu akan sangat memengaruhi jenis mesin yang harus dibeli. Ada banyak faktor yang memengaruhi pemilihan mesin, seperti:

  • Jenis produknya: apakah minuman, makanan kering, makanan beku, atau makanan basah;
  • Ukuran kemasan produk; serta
  • Bahan kemasan yang akan digunakan.

2. Sesuaikan dengan Skala Usaha

Besar kecilnya skala usaha juga menentukan pemilihan mesin. Jika usaha yang dijalankan masih relatif kecil, pilihlah mesin portable dan berkapasitas kecil. Sebaliknya, untuk skala industri besar, pilihlah mesin berkapasitas banyak.

3. Ketahui Spesifikasi Mesin

Sebelum memutuskan membeli, pelajarilah spesifikasi masing-masing mesin, lalu bandingkan satu sama lain untuk mengetahui yang paling dibutuhkan. Spesifikasi mesin juga penting untuk memperkirakan biaya operasional karena berkaitan dengan kebutuhan tenaga listrik.

Jangan lupakan material mesin. Pilihlah mesin yang body-nya terbuat dari stainless steel karena lebih awet dan mudah perawatannya. Sementara itu, pastikan bagian rangka mesin terbuat dari besi karena lebih kuat dan tidak mudah rusak.

Pada jenis mesin tertentu, terdapat dua pilihan tipe, yaitu tipe horizontal dan tipe vertikal. Namun, jika memungkinkan, akan lebih baik memilih mesin yang bisa bekerja dengan posisi vertikal maupun horizontal sehingga lebih fleksibel.

4. Pelajari Fitur Mesin

Fitur yang terdapat pada mesin juga sangat penting untuk dipelajari. Hal ini penting untuk menghindari kesia-siaan. Makin lengkap fitur sebuah mesin, biasanya harganya makin tinggi. Padahal, belum tentu produk Anda membutuhkan fitur tersebut.

Pada mesin otomatis, ada beberapa fitur yang wajib diperhatikan, seperti berikut ini.

  • Emergency Stop: pada mesin continuous sealer, fitur ini sangat penting untuk mengatasi kondisi jika sewaktu-waktu mesin perlu dimatikan segera sehingga terhindar dari kegagalan pengoperasian.
  • Miniature Circuit Breaker (MCB): fitur ini penting untuk memutuskan arus saat listrik yang melalui mesin melebihi batas yang ditentukan sehingga mesin tidak rusak.
  • Pengatur suhu atau panas: fitur ini penting agar kemasan tidak rusak akibat suhu yang terlalu panas atau sebaliknya, juga supaya kemasan tidak rapat akibat suhu terlalu rendah.

5. Pilih Supplier yang Profesional

Kebanyakan mesin pres kemasan merupakan mesin impor. Karena itu, penting sekali memilih supplier yang tepat. Pilihlah supplier yang terpercaya dan sudah berpengalaman dalam menyediakan mesin-mesin berkualitas seperti Ramesia Mesin.

Pastikan supplier tersebut memiliki track record dan reputasi yang baik. Anda bisa mengetahuinya dari portofolio yang bisa dibaca dalam website resmi supplier tersebut. Jangan tergiur harga murah, tetapi lihatlah pelayanan dan tanggung jawab dalam melayani konsumen.

Supplier yang profesional juga bisa dinilai dari ketersediaan suku cadang sehingga jika terjadi masalah, Anda tidak perlu menunggu terlalu lama. Supplier yang baik juga memberikan layanan purna jual, misalnya dengan menyediakan tenaga andal saat terjadi masalah.

Sebagai supplier yang sudah lama berkecimpung dalam pengadaan mesin-mesin usaha, Ramesia Mesin menjadi tempat jual alat press plastik yang dapat diandalkan. Mesin-mesin di Ramesia sangat lengkap dengan berbagai varian tipe dan harga.

6. Pilih Merek yang Ternama

Bagaimanapun juga, merek yang terkenal menjadi salah satu indikator kualitas mesin yang diproduksi. Pastikan mesin pres yang akan Anda beli merupakan keluaran pabrik besar dan menggunakan teknologi terbaik, seperti merek-merek yang tersedia di Ramesia Mesin.

Selain jaminan kualitas, merek-merek ternama juga memiliki reputasi bagus dan terpercaya. Mesin dirancang oleh para tenaga ahli sehingga setiap mesin memberikan kinerja yang efektif dan efisien. Anda tidak akan menyesal karena investasi yang ditanamkan tidak sia-sia.

7. Sesuaikan dengan Budget

Terakhir, sesuaikan mesin yang akan dibeli dengan anggaran yang Anda miliki. Tanpa mengabaikan kualitas mesin, Anda tetap harus mempertimbangkan modal yang ada dalam menjatuhkan pilihan yang paling tepat.

Jangan mudah tergiur dengan harga murah, karena bisa jadi dengan selisih harga yang sedikit lebih mahal, Anda akan mendapatkan paket produk beserta maintenance dan support yang lebih baik.

Untuk mendapatkan harga terbaik, tidak ada salahnya Anda membandingkan dua atau beberapa mesin. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan harga mesin sealer plastik murah, tetapi dengan kualitas yang cukup baik untuk memenuhi kebutuhan usaha.

Dari uraian di atas, bisa disimpulkan bahwa mesin press ibarat nyawa bagi sebuah industri makanan atau minuman. Tanpa teknik pengemasan yang baik, sebaik dan seenak apa pun produk yang dihasilkan tidak akan bisa dinikmati konsumen.

Daftar Harga Mesin Press Ramesia

Hand Sealer

-15%
Rp 300.000 Rp 255.000
-25%
Rp 425.000 Rp 318.750
-15%
Rp 600.000 Rp 510.000
-15%
Rp 750.000 Rp 637.500
Rp 250.000
Rp 290.000
Rp 275.000
-15%
Rp 1.250.000 Rp 1.062.500
Rp 1.025.000
Rp 1.100.000
Rp 1.200.000

Continuous Sealer

Continuous Sealer

Band Sealer DBL-10402

Rp 5.025.000
Rp 3.975.000
Rp 4.475.000
Rp 7.575.000
Rp 4.075.000
Rp 6.350.000
Rp 3.750.000
Rp 4.275.000
Rp 4.075.000

Cup Sealer

-15%
Rp 1.050.000 Rp 892.500
-15%
Rp 1.100.000 Rp 935.000
-15%
Rp 2.150.000 Rp 1.827.500
Rp 5.525.000
Rp 75.975.000
Rp 128.550.000
-15%
Rp 1.075.000 Rp 913.750
-15%
Rp 2.400.000 Rp 2.040.000
-15%
Rp 4.600.000 Rp 3.910.000
Rp 6.000.000
Rp 12.525.000
Rp 925.000
-6%
Rp 1.125.000 Rp 1.062.500
Rp 925.000
Rp 1.375.000
Rp 5.525.000

Vacuum Sealer

-15%

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Sealer PWP DZ280A Ramesia

Rp 1.100.000 Rp 935.000
-5%

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging DLP DZ280 Table Top

Rp 10.775.000 Rp 10.250.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging DLP DZ400TN Ramesia

Rp 13.050.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging PWP DZ400TN/B

Rp 15.575.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging PWP DZ500N/B

Rp 18.000.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging PWP DZ600B

Rp 37.300.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Besser Vacuum Packaging Fresh 33

Rp 6.000.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Besser Vacuum Packaging Fresh 43

Rp 13.000.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Besser Vacuum Packaging EOS

Rp 34.000.000
-5%

Mesin Kemasan Fleksibel

Besser Vacuum Packaging Mistral

Rp 42.000.000 Rp 39.900.000
-15%

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging DLP DZ250C Ramesia

Rp 13.050.000 Rp 11.092.500

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging PWP DZ300N

Rp 11.350.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging DLP 900Watt

Rp 14.000.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging DLP DBL10204

Rp 8.500.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging DLP DBL10205

Rp 16.000.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging DLP DBL10206

Rp 20.000.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging DLP 40 M Kubik/Jam

Rp 27.500.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging DLP DBL10210

Rp 15.500.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging DLP DBL10211

Rp 30.000.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging DLP 400*10mm

Rp 30.000.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging DLP 500*10mm

Rp 37.500.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging DLP m3/h

Rp 42.500.000
-15%

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Sealer PWP DZ280/2SE Ramesia

Rp 1.950.000 Rp 1.657.500

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging PWP DZ400/2SB

Rp 25.175.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging PWP DZ260 Ramesia

Rp 12.995.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging PWP DZ500TN/B

Rp 17.650.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging PWP DZ600W

Rp 27.625.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging DLP DZQ500

Rp 51.200.000
-16%

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging Machine DLP DZQ600

Rp 22.350.000 Rp 18.700.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging DLP DZQ800

Mesin Kemasan Fleksibel

Automatic Vacuum Packager DZ-1100/2L

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging HUA HVC510S/2A

Mesin Kemasan Fleksibel

Automatic Vacuum Packager DZ-600L

Mesin Kemasan Fleksibel

Automatic Vacuum Packager DZ-600L/S

Mesin Kemasan Fleksibel

Automatic Vacuum Packager DZ-1000C

Mesin Kemasan Fleksibel

Automatic Vacuum Packager DZ-1200C

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging HUA HVC510S/2A

Rp 34.200.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging Luxury DZ-310H

Rp 12.750.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging Machine GTA ET2500

Rp 1.300.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging GTA DZ260/PD

Rp 8.300.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging GTA DZ300/PD

Rp 9.475.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging GTA DZ400/2E

Rp 10.550.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging GTA DZ500/2E

Rp 13.175.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging GTA DZ400/2SA

Rp 19.375.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging GTA DZ500/2SA

Rp 26.925.000
-10%

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging DLP DBL10207 Ramesia

Rp 24.000.000 Rp 21.600.000
-10%
Rp 28.000.000 Rp 25.200.000

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Packaging DLP DBL10209

-10%

Mesin Kemasan Fleksibel

Vacuum Sealer SINBO DZ280/2SE Ramesia

Rp 1.950.000 Rp 1.755.000

Untuk Mendapatkan Penawaran Menarik dan Keterangan Lebih Lengkap Mengenai MESIN TERBARU KAMI, Hubungi Kami SEGERA di Line Telphone :

Cabang Jakarta : phone-icon  021.2287.4619  | whatsapp_app_store 0812.8899.9470

Cabang Depok : phone-icon  021.7720.7228  | whatsapp_app_store 0812.8886.6514

Cabang Bandung : phone-icon  022.4283.0044  | whatsapp_app_store 0812.1400.1856

Cabang Surabaya : phone-icon  031.9992.7667  | whatsapp_app_store 0812.3370.6950

Service Center & Pusat Perbaikan Mesin : 0813.8111.0325

Garansi Service 3 Tahun & Spare Part 6 Bulan.

Pelanggan Kami