Mesin Produksi Makanan

mesin produksi cup plastik

Setiap usaha pasti membutuhkan modal, apalagi jika Anda berminat untuk menjalankan bisnis kuliner. Untuk memulai bisnis ini, kebutuhan akan mesin produksi adalah mutlak. Meskipun investasi yang dibutuhkan cukup besar, mesin ini sangat penting untuk kesuksesan bisnis Anda.

Berikut ini 5 mesin produksi yang cocok bagi Anda yang ingin memulai bisnis kuliner.

Mesin Sosis

mesin produksi plastikMesin sosis atau sasusage stuffer adalah mesin untuk mengisikan adonan secara otomatis ke dalam kulit atau casing sosis. Mesin ini didesain dengan dua tipe, yaitu tipe vertikal dan tipe horizontal. Ada yang dioperasikan secara manual, ada juga yang berjenis elektrik.

Beberapa keunggulan mesin sosis Ramesia Mesin adalah:

  • Menjaga adonan atau filling sosis tetap higienis karena tidak kontak langsung dengan tangan.
  • Memiliki kemampuan mengatur gramasi sosis dengan presisi sehingga setiap sosis yang dihasilkan memiliki ukuran dan berat yang sama.
  • Mudah dioperasikan, yaitu hanya dengan cara memasukkan adonan sosis yang sudah jadi ke dalam mesin, lalu tuas diputar perlahan. Sosis yang tercetak rapi akan keluar dari lubang yang tersedia dan siap direbus.
  • Dibuat dari bahan full stainless steel sehingga tahan lama, mudah dibersihkan, dan menghasilkan sosis yang higienis.

Untuk memenuhi kebutuhan para pengusaha sosis, Ramesia Mesin menyediakan berbagai pilihan ukuran mesin sosis, mulai dari kapasitas kecil (5–7 liter) hingga kapasitas besar (hingga 400 kg) sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Mesin Roti

Sebagai mesin produksi, mesin roti terdiri dari beberapa jenis mesin atau alat yang dibutuhkan dalam proses pembuatan roti dari awal hingga akhir. Secara garis besar, mesin-mesin roti yang utama dan wajib dimiliki para pengusaha bakery terdiri dari:

a. Mixer (Mesin Pencampur Adonan Roti)

mesin produksi aluminiumMixer berfungsi mencampur adonan roti dan kue secara cepat dan mudah dengan hasil adonan yang mengembang baik dan lebih kenyal. Ada dua tipe mixer, yaitu spiral mixer (untuk adonan berat) dan planetary mixer (cocok untuk pemula) dengan kapasitas 10–40 liter.

b. Bread Proofer (Pengembang Adonan)

Dengan menggunakan mesin bread proofer, waktu untuk mengembangkan dapat dihemat sehingga efisiensi produksi dapat ditingkatkan. Mesin bread proofer Ramesia Mesin tersedia dalam dua ukuran dengan kapasitas 5 dan 12 tray (rak).

c. Oven (Pemanggang Roti)

mesin produksi baksoOven merupakan salah satu perlengkapan produksi roti yang berfungsi untuk memanggang atau membakar adonan roti hingga mencapai kematangan yang sempurna. Di Ramesia Mesin, terdapat banyak jenis oven dengan kapasitas berbeda, terdiri dari 1, 2, atau 3 deck.

Oven dioperasikan dengan tenaga listrik atau gas. Untuk skala besar, oven gas lebih disarankan karena lebih hemat. Body oven dibuat dari stainless steel agar panasnya lebih merata. Setelah matang, roti dikemas dengan alat pemanas plastik kemasan atau sealer murah.

d. Electric Conveyor/Toaster (Pemanggang Roti Listrik)

Alat ini digunakan untuk memanggang roti yang sudah diiris-iris berbentuk lembaran. Mesin ini penting bagi Anda yang ingin membuka usaha roti bakar sehingga tidak perlu repot memanggang roti satu per satu menggunakan wajan datar. Hasilnya pun lebih sempurna.

e. Bread Slicer (Pemotong Roti)

mesin produksi cup plastik

Fungsi mesin ini adalah untuk memotong roti tawar. Keunggulan mesin ini adalah bisa menghasilkan helaian-helaian roti yang rapi dengan ketebalan seragam. Mesin ini mampu memotong roti sepanjang 300 mm menjadi 30 helai roti.

Untuk men-display roti, Ramesia Mesin juga menyediakan mesin toko seperti food display warmer atau hot display cabinet. Produk roti Anda tetap hangat dan empuk sehingga lebih menarik minat pelanggan. Saat ada pembeli, barulah produk dikemas dengan alat las plastik.

Mesin Keripik

Proses pembuatan keripik sebenaranya cukup mudah. Buah atau sayuran diiris tipis, kemudian digoreng dan diberi bumbu. Namun, cara ini membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Karena itu, untuk kebutuhan usaha, dibutuhkan mesin keripik yang terdiri dari:

a. Mesin Perajang Buah/Sayuran

mesin produksi donatMesin perajang buah/sayuran berfungsi untuk mengiris buah dan sayuran dengan hasil yang tipis, seragam, dan rapi dalam jumlah banyak secara cepat. Mesin perajang Ramesia Mesin memiliki pisau yang sangat tajam, terbuat dari stainless steel sehingga mudah dibersihkan.

b. Vacuum Fryer

mesin produksi es kristalVacuum Fryer merupakan alat untuk menggoreng makanan ringan, seperti keripik buah dan sayuran, yang beroperasi dengan sistem pengaturan suhu dan tekanan hampa udara. Mesin ini sangat baik untuk bahan baku keripik yang kadar air dan glukosanya tinggi.

c. Spinner

mesin produksi esSpinner adalah mesin untuk meniriskan minyak yang dibutuhkan agar keripik bebas minyak. Mesin ini bekerja dengan cara berputar dalam kecepatan tinggi selama 1 menit. Proses bisa diulang satu kali lagi jika kadar minyak atau airnya tinggi.

d. Mesin Kemasan

mesin press baglogMesin kemasan adalah mesin plastik untuk mengemas keripik sebelum dipasarkan, bisa berupa mesin packing otomatis, mesin pengemas sachet, vacuum packaging, hand sealer, dan lainnya. Fungsinya adalah mengemas keripik sehingga terjaga kebersihannya dan lebih tahan lama.

Keunggulan mesin-mesin keripik Ramesia Mesin adalah mampu menghasilkan keripik yang berkualitas: tipis dan renyah, bentuknya rapi, ukurannya seragam, dan tidak gosong. Selain itu, dengan mesin keripik, proses produksi menjadi lebih efisien.

Mesin Presto

pemilihan mesin fasilitas produksiMesin presto atau pressure cooker adalah alat masak yang bekerja dengan tekanan tinggi. Kegunaan mesin ini adalah untuk menghasilkan daging ayam, sapi, atau ikan menjadi lembut, bahkan bisa juga membuat tulangnya menjadi lunak.

Panci presto bekerja pada suhu di atas 1000 C sehingga proses memasaknya jauh lebih cepat. Dengan kapasitas 24–50 liter, mesin ini sangat cocok untuk usaha rumah makan atau katering. Agar lebih awet, produk presto harus dikemas dengan alat packing plastik kedap udara.

Mesin Es Krim

Mesin es krim terdiri dari beberapa jenis yang bisa Anda pilih sesuai dengan jenis usaha es krim yang hendak dijalankan. Mesin es krim yang ditawarkan di Ramesia Mesin terdiri dari dua jenis, yaitu sebagai berikut.

a. Mesin Soft Ice Cream

mesin produksi home industriMesin ini digunakan untuk membuat es krim bertekstur lembut dan disajikan dalam cone. Selain lembut, dengan sistem kompresi yang andal, mesin berkapasitas 5–30 liter/jam ini bisa menghasilkan es krim yang tidak cepat meleleh dengan bentuk menarik.

b. Mesin Hard Ice Cream

mesin produksi industri malangMesin ini berfungsi membuat es krim yang bertekstur agak keras, kasar, dan padat, yang disajikan menggunakan scoop es krim, kemudian diletakkan di gelas, mangkuk, atau cup kertas. Keunggulannya adalah mampu menghasilkan es krim dalam jumlah banyak secara cepat.

Mesin ini juga mudah dioperasikan. Caranya, siapkan bahan baku seperti bubuk es krim, masukkan ke dalam tabung, dan nyalakan mesin. Mesin akan bekerja secara otomatis dalam waktu 30–45 menit. Mesin ini tersedia dalam berbagai kapasitas, yaitu 5–20 kg atau 8–20 L/jam.

Jika ingin lebih hemat, Anda bisa memanfaatkan penawaran khusus dari Ramesia Mesin berupa paket usaha es krim. Dengan membeli paket ini, Anda mendapatkan beberapa mesin sekaligus yang terdiri dari mesin es krim, blender, chest freezer, dan liquid es krim & cone.

Dengan memiliki mesin produksi, banyak keuntungan yang akan didapatkan. Anda bisa menghemat tenaga kerja karena hampir semuanya dikerjakan secara otomatis. Waktu produksi juga bisa dihemat dan kapasitas produksi bisa meningkat.

Untuk Mendapatkan Penawaran Menarik dan Keterangan Lebih Lengkap Mengenai MESIN TERBARU KAMI, Hubungi Kami SEGERA di Line Telphone :

Cabang Jakarta : phone-icon  021.2287.4619  | whatsapp_app_store 0812.8899.9470

Cabang Depok : phone-icon  021.7720.7228  | whatsapp_app_store 0812.8886.6514

Cabang Bandung : phone-icon  022.4283.0044  | whatsapp_app_store 0812.1400.1856

Cabang Surabaya : phone-icon  031.9992.7667  | whatsapp_app_store 0812.3370.6950

Service Center & Pusat Perbaikan Mesin : 0813.8111.0325

Garansi Service 3 Tahun & Spare Part 6 Bulan.

Pelanggan Kami

Customer Ramesia