Mesin Tanam Padi

Mesin Tanam Padi | Harga Alat Penanam Padi Otomatis | Ramesia

Mesin tanam padi adalah salah satu alat tanam yang bisa dijadikan alternatif pengganti tenaga kerja manusia untuk Anda gunakan menanam bibit padi di sawah. Selama ini, Petani tak jarang harus menunda musim tanam karena menunggu giliran buruh tanam. Ketergantungan kepada buruh tanam yang tidak diimbangi dengan regenerasi, seringkali membuat proses tanam terganggu. Akibat penundaan ini adalah kerugian ekonomi bagi petani karena pemanfaatan lahan sawah yang tidak maksimal. Salah satu solusi yang dapat dipilih adalah dengan memanfaatkan alat sebagai pendukung penanaman padi. Dalam hal ini, penggunaan alat tanam padi Andaro dapat mengatasi permasalahan keterbatasan tenaga kerja untuk proses menanam padi. 

Prinsip kerja dari mesin timbun padi ini masih diadopsi dari prinsip orang menanam padii, di mana bibit padi diambil dari tumpukan, kemudian ditancapkan ke dalam lahan sawah. Bedanya, proses ini dikerjakan menggunakan alat, sehingga menghemat tenaga. Walaupun disebut mesin timbun padii, tetapi alat ini tidak sepenuhnya bekerja secara otomatis. Masih ada porsi sistem manual yang menggunakan tenaga manusia. Meskipun begitu, sisi efektivitasnya jelas masih lebih tinggi dibandingkan dengan cara penanaman padi yang konvensional.

Mesin Tanam Padi

Keunggulan Mesin Tanam Padi Andaro, Mesin timbun padii mempunyai beberapa keunggulan sebagai berikut:

  1. Sangat efisien dan bisa diandalkan pada zaman sekarang, ketika sumber daya manusia di sektor pertanian semakin langka sementara lahan persawahan masih luas.
  2. Menghemat biaya tenaga kerja hampir tujuh puluh persennya sendiri.
  3. Cocok untuk berbagai kondisi lahan persawahan.
  4. Penanaman bisa seragam dan lebih rapi.
  5. Kemungkinan bibit padii menjadi rusak lebih kecil.
  6. Kedalaman penanaman bibit padii bisa diatur.

Cara Perawatan Mesin Tanam Padi Andaro, Mengingat investasi alat bukanlah hal yang murah maka perawatan menjadi poin penting yang tidak boleh Anda abaikan. Untuk merawat alat cukup dengan rutin memeriksa dan membersihkan bagian-bagian alat, misalnya:

  1. Penggantian Oli Mesin, Ganti oli mesin untuk 50 jam pertama dan secara berkala setiap 150 jam. Gunakan oli bersih dan berkualitas untuk menjaga alat tetap dalam kondisi bagus
  2. Membersihkan Busi, Lepaskan komponen alat dengan menggunakan kunci busi, lalu bersihkan elektroda busi. Tujuannya, untuk menjaga proses pengapian agar berjalan lancar.
  3. Penggantian Oli Transmisi, Jangan lupa untuk mengganti oli secara berkala.Setelah selesai dipergunakan, bersihkan alat tanam padii untuk menghilangkan noda-noda lumpur dengan menyemprotkan atau mengguyur alat dengan air pada bagian-bagian yang kotor. Hati-hati jangan mengenai bagian yang terhubung dengan alat. Apabila perlu gunakan juga lap untuk membantu.

Cara Kerja Mesin, Cara kerja alat ini sangat simpel dan mudah dipahami. Pertama-tama, tentu bisa dengan persiapan bibit padi yang terpilih. Jangan lupakan juga untuk mengecek keadaan alat. Selanjutnya, ikuti langkah di bawah ini:

  1. Untuk memulai alat, tarik pada bagian tali pada starter
  2. Jangan lupa untuk memanaskan alat. Ini penting supaya alat tidak terjadi error di tengah jalan. 
  3. Anda bisa memodifikasi tinggi rendah alat, tentu tergantung pada kondisi lahan pertanian yang dikerjakan.
  4. Mesin baru bisa bergerak apabila Anda menarik bagian tuas dan memasukkannya ke posisi on.
  5. Pada saat sudah berada di sawah pastikan posisi awal penanaman bibit padi terlebih dahulu.
  6. Ada meja tempat tanam dan juga rak untuk menampung. Di sanalah Anda meletakkan bibit padi.
  7. Anda bisa memilih berapa banyak bibit yang akan digunakan. Atur pula jarak tanam dengan perubahan gigi, tinggi, hingga kedalaman ukuran penanaman.
  8. Atur gas sesuai kebutuhan, jangan disetel terlalu cepat.
  9. Atur keseimbangan kanan dan kiri untuk memudahkan mengarahkan jalannya mesin timbun padi.
  10. Jika ingin berhenti tarik kopling utama ke posisi mati/off, mesin tanam padii pun akan berhenti.

Apabila Anda mempunyai lahan pertanian khususnya lahan persawahan, sedangkan tenaga kerja sudah mulai berkurang, tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk menggunakan mesin tanam padi. Selain memakai mesin tanam padi Andaro untuk diri sendiri, Anda bisa pula membuka jasa penyewaan alat mesin pertanian. Maka, penghasilan bukan hanya bersumber dari hasil panen, melainkan dari hasil penyewaan mesin Anda.

Untuk Mendapatkan Penawaran Menarik dan Keterangan Lebih Lengkap Mengenai MESIN TERBARU KAMI, Konsultasikan dengan Sales Kami SEGERA di Line Telphone :

Cabang Jakarta : whatsapp_app_store 0812.8899.9470

Cabang Depok : whatsapp_app_store 0812.8886.6514

Cabang Bandung : whatsapp_app_store 0812.1400.1856

Cabang Surabaya : whatsapp_app_store 0812.3370.6950

Pusat Perbaikan Mesin : 0813.8111.0325

Garansi Service 3 Tahun & Spare Part 3 Bulan.

Pelanggan Kami

Customer Ramesia