Mesin Vacuum Evaporator | Harga Alat Evaporator Vakum | Ramesia

Mesin vacuum evaporator adalah mesin yang digunakan untuk mengurangi kadar air pada suatu bahan cair. Pada umumnya, mesin vacuum evaporator digunakan oleh pengusaha di bidang pembuatan minyak virgin coconut oil. Akan tetapi, alat ini juga bisa digunakan untuk mengolah susu, madu, dan bahan cair lainnya yang ingin dikurangi kadar airnya. Pada usaha pembuatan minyak virgin coconut oil atau biasa disingkat VCO, mesin VCO ini biasa digunakan di tahap akhir.  Kelapa yang sudah mengalami proses pemerasan santan, mesin mixer VCO, mesin pendingin cepat, mesin mixer cepat, dan mesin sentrifugal, akan dievaporasi oleh mesin ini agar produk yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi. Di dalam mesin, minyak yang akan menjadi VCO tersebut akan dipanaskan dengan tujuan mengeluarkan kandungan airnya melalui sistem vacuum. Dengan proses inilah, produk berupa minyak VCO akan menjadi lebih murni. 

Pada usaha berbasis madu, mesin ini biasa digunakan di tahapan setelah panen. Umumnya, madu yang baru dipanen memiliki kadar air yang lumayan tinggi. Dengan kondisi seperti ini, pengusaha akan kesulitan memasarkan produknya ke masyarakat. Mesin ini mampu mengatasi masalah tersebut dengan mudah. Jika Anda tertarik berbisnis di bidang seperti ini, memilih mesin vacuum evaporator dari Andaro akan menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan.  

Mesin Vacuum Evaporator

Kelebihan Mesin vacuum evaporator, ini berbahan dasar stainless steel, sehingga alat antikarat dan tahan lama. Bahan stainless steel juga membuat alat ini begitu mudah untuk dibersihkan secara berkala. Selain itu, alat ini dapat menjamin hasil produksi yang aman dari kontaminasi logam berbahaya. Bahan baku yang dievaporasi dijamin kualitas dan kehigienisannya. Dalam proses pengolahan minyak VCO, Alat ini memiliki fungsi yang cukup vital karena memegang proses pemurnian minyak di tahap akhir. Minyak murni yang berkualitas tinggi bisa diperoleh melalui alat ini. Pada madu dan sari buah, adanya kandungan air akan membuat produk menjadi lebih cepat kedaluwarsa. alat ini juga memegang peran yang cukup penting dalam membuat produk madu dan sari buah menjadi lebih tahan lama. 

Madu yang sudah dievaporasi akan menjadi produk yang lebih murni. Sari buah yang dievaporasi pada umumnya memiliki tujuan untuk dijadikan selai. Pelaku bisnis pengolahan minyak VCO, susu murni, ataupun yang berbahan baku cair lainnya dapat meningkatkan keuntungan dengan menggunakan alat ini. Biaya operasional dapat ditekan karena proses produksi berjalan dengan efisien dan efektif.  Anda juga tak perlu lagi memusingkan soal tenaga kerja dan waktu, karena alat ini mampu bekerja dengan hasil yang optimal dalam waktu yang singkat. Kapasitas produksi alat ini juga cukup tinggi, yakni sekitar 25 liter dalam sekali proses. Anda juga dapat melakukan pengaturan suhu pada alat ini untuk menyesuaikan jenis bahan baku yang ingin diolah. alat ini memiliki termostat untuk pengaturan suhu serta vacuum meter untuk memudahkan Anda memantau jalannya proses evaporasi.

Cara Penggunaan, Prinsip kerja dari mesin vacuum evaporator adalah mengurangi kadar air dengan pemanasan tidak langsung. Dengan suhu yang rendah dan kondisi yang vacuum, proses pengolahan dapat dilakukan tanpa mengurangi kualitas dan nilai gizi dari produk tersebut. Cara alat ini melakukan pemanasan tidak langsung pada suatu produk adalah dengan memanfaatkan air sebagai penghantar panas. Sistem double jacket pada tabung alat juga memiliki fungsi memaksimalkan proses pemanasan secara tidak langsung seperti ini. alat ini terdiri atas tabung double jacket, kontrol suhu otomatis, panel pengaturan alat, digital control temperature, pengatur tekanan, selang untuk mengalirkan tekanan uap air  dari dalam tabung, dan keran untuk menyalurkan hasil bahan baku setelah dievaporasi. 

Cara menggunakan mesin ini terbilang mudah. Anda hanya perlu memasukkan bahan baku berupa cairan ke dalam tabung. Tutup tabung dan nyalakan tombol untuk menyalakan mesin. Jangan lupa mengatur suhu mesin yang sesuai dengan kebutuhan bahan baku. Setelah itu, nyalakan tombol heater untuk memanaskan cairan, lalu tekan tombol mixer agar pengaduk di dasar tabung mulai bergerak. Terakhir, nyalakan tombol vacuum untuk mulai melakukan proses evaporasi kandungan air pada bahan baku. Biasanya, proses ini berlangsung selama tiga sampai lima jam. Sebelum Anda membuka penutup tabung, pastikan untuk mengeluarkan uap air yang ada di dalam mesin terlebih dahulu. 

Setelah itu, Anda dapat membuka keran yang ada di dasar tabung untuk mengeluarkan bahan baku yang sudah selesai dievaporasi.

Our Valuable Customer

RAMESIA CUSTOMER LOGO