minuman segar enak dan praktis

10 Ide Bisnis Minuman Segar Paling Praktis dan Menguntungkan

Beberapa tahun belakangan, suhu di wilayah Indonesia relatif lebih panas dari biasanya. Entah apa sebab pastinya, yang jelas hal ini berakibat pada meningkatnya kebutuhan masyarakat akan minuman segar.

Apabila Anda jeli, fenomena ini tentunya dapat menjadi ladang rezeki. Anda bisa membuka gerai minuman sederhana untuk melayani konsumen di sekitar lingkungan tempat tinggal. Bingung soal menu? Pilih salah satu dari sepuluh jenis minuman populer berikut ini.

1. Es Kopi

minuman segar kemasan

Sejak dulu orang Indonesia gemar minum kopi. Umumnya minuman ini disajikan hangat di dalam gelas atau cangkir. Akan tetapi kini berbeda, masyarakat lebih menyukai sajian kopi dingin dalam kemasan praktis yang bisa dibawa ke mana saja.

Kopi kekinian disajikan dalam berbagai varian rasa, mulai dari kopi murni hingga menggunakan campuran bahan-bahan tambahan, seperti susu, cokelat, dan rempah-rempah.

Tantangannya adalah bagaimana Anda bisa meracik rasa baru yang tidak ditemukan di tempat lain. Inilah yang harus benar-benar diperhatikan. Pasalnya kopi menjadi favorit banyak orang, sehingga persaingan usaha minuman segar yang satu ini juga ketat.

Soal lokasi usaha, Anda bisa memanfaatkan halaman rumah. Tak perlu terlalu luas, asalkan cukup untuk menempatkan peralatan dan Anda bisa leluasa bergerak di dalamnya.

Sementara untuk kemasan, gelas plastik food grade banyak dijual di pasaran. Mesin sealer untuk menutup gelas kemasan minuman segar juga bisa Anda temukan dengan mudah.

2. Aneka Teh Thailand

minuman segar cafe

Konsepnya hampir sama dengan gerai kopi kekinian. Hanya saja kali ini, bahan utamanya adalah teh. Namun bahannya tidak sembarangan, melainkan teh berwarna hitam yang aslinya berasal dari Thailand.

Minuman segar ini biasanya dikombinasikan dengan bahan lain, di antaranya susu uap, susu kental manis, krimer, dan gula. Juga beberapa jenis rempah, seperti vanila dan bunga lawang.

Paduan bahan-bahan tersebut menghasilkan minuman ringan berwarna jingga, yang belakangan populer di kalangan pelajar dan mahasiswa.

3. Bubble Drink

minuman segar buat ibu hamil

Bubble drink berasal dari Taiwan dan pertama kali diperkenalkan di Singapura pada 1992. Minuman segar yang digemari para remaja ini cukup unik karena memiliki butiran-butiran bulat menyerupai gelembung sabun.

Bahan utama bubble drink adalah kombinasi teh, susu, butiran mutiara, dan gula. Butiran tersebut terbuat dari tepung tapioka dan diolah sedemikian rupa, hingga kenyal dan berbentuk menyerupai mutiara.

4. Cappucino Cincau (Capcin)

minuman segar cepat saji

Minuman segar multinasional, kira-kira begitulah cara termudah untuk mendeskripsikan capcin, alias cappucino cincau. Minuman ini merupakan perpaduan antara cappucino yang berasal dari Italia dan cincau yang asli Indonesia.

Cappucino terbuat dari campuran cairan sari kopi dan susu yang dikocok hingga berbuih. Buih susu dituangkan ke dalam cairan sari kopi dengan perbandingan sesuai selera.

Untuk membuat capcin, Anda harus menggunakan blender untuk mengocok cappucino beserta gula dan es batu. Sementara itu, iris cincau menjadi potongan super kecil. Kemudian hasil kocokan cappucino tadi dicampurkan dengan potongan cincau.

5. Es Cokelat

minuman segar enak dan praktis

Bahan utama dari minuman ini adalah cokelat, susu, dan pemanis. Cara termudah untuk membuatnya adalah menggunakan bubuk cokelat dan susu kental manis. Campuran ini lalu diseduh dengan air panas, kemudian ditambahkan air dingin dan es batu secukupnya.

Untuk menghasilkan es cokelat kental dan punya rasa lebih pekat, Anda bisa memakai cokelat kue batangan dan susu segar atau full cream.

Panaskan kedua bahan tersebut sampai mendidih. Setelah itu, tuangkan dalam gelas berisi air dingin dan es batu hingga memperoleh kepekatan rasa cokelat yang diinginkan. Anda pun dapat menambahkan gula sesuai selera.

6. Jus Buah

foto minuman segar dingin

Tak perlu keahlian khusus untuk membuat minuman segar yang satu ini. Anda hanya akan membutuhkan sejumlah peralatan, seperti blender, pisau, dan gelas, serta bahan-bahan yang meliputi aneka buah-buahan, air matang, susu kental manis, dan gula pasir.

Tentu saja proses pembuatannya begitu mudah. Cukup dengan menghancurkan daging buah yang dicampur sedikit air dan gula pasir menggunakan blender.

Sementara itu, susu kental manis digunakan sebagai pelengkap dan mempercantik sajian jus buah di dalam kemasan gelas plastik.

7. Teh Tarik

minuman segar hits

Meskipun menggunakan bahan dasar yang sama, yakni teh dan susu, teh tarik berbeda dengan teh thailand. Minuman ini bisa menggunakan jenis teh merah biasa, sementara campurannya sebaiknya memakai susu segar yang cukup kental.

Keunikan teh tarik terletak pada cara pembuatannya. Campuran teh dan susu dalam sebuah gelas, dituangkan ke gelas lainnya, lalu dimasukkan lagi ke gelas pertama, dan kembali lagi ke gelas kedua. Begitu seterusnya hingga mendapatkan campuran yang pas.

8. Mojitos

minuman segar jakarta

Di Meksiko, negeri asalnya, minuman ini adalah sajian khas musim panas. Tidaklah mengherankan mengingat minuman ini terbuat dari bahan-bahan yang ringan di kerongkongan.

Cairan jeruk nipis, daun min, es batu, dan soda adalah beberapa bahan untuk membuat minuman segar mojitos. Soda digunakan sebagai pengganti rum yang mengandung alkohol. Bahan beralkohol inilah yang membuat mojitos lazim disebut sebagai minuman cocktail.

Cara pembuatannya dengan mencampurkan air jeruk nipis dan minyak dari perasan daun min ke dalam gelas. Kemudian, tuangkan cairan soda dan tambahkan es batu. Untuk 100 ml soda, gunakan 1 buah jeruk nipis dan 10 lembar daun min.

9. Susu Segar & Yoghurt

minuman segar layak jual

Anda dapat menjadi agen pemasaran, distributor, atau pengecer produk buatan petani susu lokal. Pilihannya banyak, mulai dari susu sapi, susu kambing, susu kuda, hingga susu dari binatang lain yang digunakan untuk pengobatan.

Di beberapa daerah, petani telah bekerja sama dengan pabrik pengolah susu untuk menghasilkan produk baru. Anda pun bisa mengolah sendiri susu mentah dari petani.

Caranya dengan membuat produk susu dalam berbagai varian rasa buah, atau mengubahnya menjadi yoghurt. Rasa buah alami dapat dihasilkan dari sari-sarinya. Cara lainnya, bisa juga menggunakan perisa atau sirup buah yang banyak tersedia di pasaran.

Sementara itu, yoghurt akan membutuhkan proses lebih rumit. Susu segar diaduk di atas wadah yang dipanaskan hingga mencapai suhu 43 derajat Celsius. Kemudian ditambahkan yoghurt starter sedikitnya 5% dari jumlah susu.

Setelah tercampur rata, dinginkan selama paling sedikit 7 jam. Hasil yoghurt ini bisa bertahan hingga 2 minggu lamanya.

10. Produk Minuman dalam Kemasan

minuman segar hidangan lebaran

Inilah yang termudah di antara semuanya. Bisnis menjual produk minuman dalam kemasan benar-benar tidak membutuhkan keterampilan. Yang Anda butuhkan hanya ruang penyimpanan dan lemari pendingin berukuran rasional.

Cukup dengan memajang minuman segar dalam lemari pendingin berpintu kaca, sehingga calon pelanggan dapat melihat dan memilihnya sesuai selera.

Manakah di antara sepuluh ide bisnis minuman segar tersebut yang paling Anda minati? Sebaiknya segera tentukan pilihan. Setelah itu, Anda bisa mulai merencanakan strategi-strategi yang diperlukan untuk mulai berdagang.

Jangan lupakan soal metode pemasaran, karena faktor ini juga bisa menjadi penentu keberhasilan usaha Anda.

Modal awal dan paling utama dari sebuah bisnis, dalam hal ini menjual minuman segar, adalah niat baik dan kerja keras. Tanpa keduanya, niscaya sulit untuk mendapatkan apa pun yang diinginkan.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru