Cara Membuat Minyak Kelapa dengan Pengasaman

Minyak Kelapa Adalah Obat Rambut

Minyak kelapa menjadi tren kesehatan utama selama beberapa dekade terakhir. Orang-orang menggunakannya untuk berbagai hal. Mulai dari obat kumur, pelembab kulit, hingga minyak goreng. Minyak kelapa adalah minyak yang berasal dari Cocos Nucifera atau yang biasa dikenal dengan nama kelapa.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam “Journal of Cosmetic Science” pada tahun 1999 menemukan bahwa minyak kelapa yang diaplikasikan pada rambut dapat mengurangi kerusakan rambut. Selain itu, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk mengekstrak permen karet dari rambut.

Apa Itu Minyak Kelapa?

Beberapa tahun terakhir, minyak kelapa telah menjadi bahan diskusi yang populer. Minyak ini terbuat dari pengeringan kernel (daging) dari kelapa dan memiliki beberapa jenis. Jenis minyak kelapa yang paling umum adalah minyak kelapa murni dan minyak kelapa biasa atau disebut juga minyak kelapa kopra.

Bahan baku pembuatan minyak kelapa murni adalah kelapa segar. Kemudian, minyak ini dapat diproses dengan pemanasan terkendali maupun tanpa pemanasan sama sekali. Selain itu, pembuatan minyak kelapa murni juga tanpa bahan kimia dan RDB.

Mayoritas minyak kelapa (65%) terdiri dari trigliserida rantai menengah (Medium-Chain Triglycerides), yaitu trigliserida dan asam lemak dengan rantai panjang karbon 6 – 12. Studi menunjukkan bahwa mengganti kalori dengan MCT tanpa melebihi kebutuhan kalori harian dapat memberikan hasil kecil yang signifikan dalam membantu mengurangi lemak.

Minyak Kelapa Adalah Sangat Bermanfaat

Minyak kelapa murni merupakan hasil dari modifikasi proses pembuatan minyak kelapa. Proses ini menghasilkan minyak kelapa murni yang memiliki kadar air dan kadar asam lemak bebas rendah, memiliki aroma yang harum, berwarna bening, serta mempunyai daya simpan lebih dari 12 bulan.

Ada banyak sekali keunggulan yang bisa didapat dari pembuatan minyak kelapa murni. Salah satunya adalah tidak membutuhkan biaya yang mahal. Hal ini karena bahan baku untuk pembuatan minyak kelapa murni mudah didapat dan murah. Selain itu, pengolahnnya juga tidak terlalu rumit dan sederhana.

Minyak kelapa murni memiliki kualitas yang jauh lebih baik jika dibandingan dengan minyak kelapa biasa atau yang sering disebut minyak goreng. Minyak kelapa biasa memiliki aroma yang tidak harum, berwarna berwarna kuning kecoklatan, mudah tengik, dan hanya bertahan kurang dari dua bulan.

Jika ditilik dari segi ekonomi pun, minyak kelapa murni jauh lebih unggul daripada minyak kelapa biasa karena harga jualnya jauh lebih tinggi.

Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan

Banyak ahli mengklasifikasikan minyak kelapa sebagai makanan super karena manfaat kesehatannya yang beragam. Satu sendok makan minyak kelapa mengandung 14 gram lemak total, dimana 12 gramnya adalah lemak jenuh.

Baca juga  Peluang Bisnis Es Krim Goreng

Pada kebanyakan makanan seperti daging dan keju, kandungan lemak jenuhnya sebagian besar terdiri dari trigliserida rantai panjang (LCT). Sedangkan, lemak jenuh yang ditemukan pada minyak kelapa sebagian besar terdiri dari trigliserida rantai menengah (MCT).

MCT atau trigliserida rantai menengahmudah dicerna dan dikirim langsung ke hati. Selain itu, mereka juga memiliki efek termogenik.

Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak kelapa murni bagi kesehatan.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Asam laurat adalah sejenis asam lemak yang banyak ditemukan pada minyak kelapa. Asam lemak khusus ini telah diuji sebagai antibakteri yang sangat baik. Asam laurat merupakan prekursor monolaurin, yang bertindak seperti pembunuh bakteri.

Kelapa Parut

Menambahkan lebih banyak minyak kelapa ke dalam makanan dapat membantu tubuh mengeluarkan bakteri sehingga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, minyak kelapa dapat membantu memerangi ragi dan pertumbuhan berlebih jamur seperti Candida Albicans karena khasiat antijamurnya.

  • Meningkatkan Fungsi Kognitif

Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai sedang (MCFAs), yang bila dipecah oleh hati, akan membuat keton di dalam tubuh. Keton adalah sumber bahan bakar yang sangat baik untuk sel otak, terutama pada pasien Alzheimer yang memiliki gangguan penggunaan glukosa.

Studi lain yang dipublikasikan di jurnal Neurodegenerative Disease Management menemukan bahwa trigliserida rantai menengah (MCT) yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat membantu memperbaiki fungsi kognitif pasien dengan penyakit Alzheimer ringan sampai sedang.

  • Antioksidan Yang Baik Bagi Jantung

Setelah dilakukan beberapa percobaan pada hewan dan penelitian pada orang lanjut usia, polifenol yang terdapat pada minyak kelapa murni diduga mampu mengurangi terjadinya hipertensi. Polifenol dapat mencegah terjadinya aterosklerosis atau pengerasan dinding pembuluh darah.

  • Untuk Diet

Kandungan dalam minyak kelapa murni diyakini dapat membantu menstimulasi metabolisme sehingga sedikit lemak yang beredar dalam aliran darah. Selain itu, sedikit pula lemak yang tersisa menjadi lemak jaringan baru. Hal ini tentunya berdampak baik pada orang yang ingin menurunkan berat badannya.

Cara Membuat Minyak Kelapa dengan Pengasaman

Anda dapat membuat minyak kelapa dengan dua cara yaitu secara tradisional dan modern. Salah satu cara untuk membuat minyak kelapa adalah dengan pengasaman. Cara ini merupakan cara tradisional yang bisa Anda coba di rumah.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat minyak kelapa dengan pengasaman adalah menyiapkan bahan dan alatnya. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan antara lain daging buah, air panas atau air hangat, dan asam cuka. Sedangkan alat-alatnya adalah saringan, parutan, wadah, pengaduk, dan alat pemisah dengan kran.

Baca juga  12 Produk Kreatif Ini Ternyata Berbahan Sabut Kelapa

Mesin Parut Kelapa

Langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut.

  1. Parut daging kelapa menggunakan tangan atau mesin parut kelapa dari Ramesia.
  2. Tambahkan air panas atau air hangat ke dalam parutan kelapa dengan perbandingan 1:1. Lalu remas dan uleni campuran air dan parutan kelapa. Kemudian, peras campuran dan saring menggunakan saringan hingga menjadi santan.
  3. Masukkan santan ke dalam alat pemisah dan diamkan sekitar 30 menit hingga terdapat dua lapisan. Bagian atas yang berbentuk gumpalan disebut kanil santan. Sedangkan bagian bawah adalah air santan.
  4. Pisahkan kanil dan air santan dengan membuka kran yang ada di bagian bawah alat pemisah atau menggunakan slang.
  5. Tambahkan asam cuka pada kanil santan hingga pHnya mencapai 4,5. (Sebagai patokan, hasil dari pengalaman, Anda bisa menambahkan tiga sendok makan asam cuka pasaran pada 500mL kanil).
  6. Diamkan kanil yang telah diberi asam cuka selama 12 jam.
  7. Setelah didiamkan akan terjadi pemisahan air dan minyak hingga membentuk beberapa lapisan. Pada lapisan atas terdapat minyak, pada lapisan tengah terdapat protein, dan pada lapisan paling bawah terdapat campuran air dan asam.
  8. Pisahkan lapisan-lapisan tersebut dengan membuka kran pada alat pemisah. Anda akan memperoleh minyak yang jernih agak kekuningan, berbau harum, dan tahan lama walaupun tanpa pengawet.

Anda tidak memerlukan pemanas dalam pembuatan minyak kelapa dengan pengasaman. Hal ini tentunya akan mengurangi biaya produksi dari segi ekonomi. Proses ini tentunya juga dapat mengurangi kemungkinan rusaknya berbagai senyawa kimia dalam daging kelapa. Anda bisa juga mencoba Mesin Pemotong Buah dari Ramesia.

Menurut buku “Minyak Kelapa: Amazing Health, Skin And Cooking Benefits” oleh Gene Ashburner, minyak kelapa adalah pelembab yang hebat untuk rambut dan kulit kepala. Selain itu, cara pembuatan minyak kelapa juga mudah.Salah satunya dengan cara pengasaman yang telah dijelaskan di atas. Sebelum kamu lebih lanjut terjun di bisnis minyak kelapa kamu wajib membaca peluang Bisnis Repacking Minyak Goreng. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

 Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares