Dengan Modal Usaha 1 Juta, 8 Contoh Bisnis Ini Layak Anda Coba

Modal Usaha 1 Juta Penulis Konten

Ingin membuka usaha sendiri? Hmm, sepertinya bukan perkara mudah. Apalagi, saat ini Anda belum punya modal yang memadai. Bahkan, dengar-dengar modal usaha yang dibutuhkan sangat banyak. Bisa tidak ya, bila modal usaha 1 juta rupiah saja?

Jangan khawatir. Anda tidak sendiri bila ini yang menjadi masalah. Bahkan, banyak sekali pebisnis pemula di luar sana yang berpikir serupa. Untuk memulai bisnis, dana yang dibutuhkan harus banyak. Bila tidak, bisnis tidak akan jalan.

Padahal, banyak juga perusahaan yang awalnya tidak membutuhkan dana terlalu besar. Tentu saja, selama strategi dan jenis usahanya tepat, Anda bisa tetap jalan meskipun dengan modal usaha 1 juta rupiah saja. Bila penasaran, silakan jajal beberapa contoh usaha di bawah ini yang dapat dimulai dengan modal usaha 1 juta rupiah saja:

modal usaha 1 juta

1. Mendesain Kaos, Tas, hingga Produk Fashion Lain

Suka menggambar dan merasa keahlian Anda lebih dari cukup? Jangan hanya mencoret-coret di atas buku sketsa. Justru, manfaatkan hobi ini untuk mengeruk keuntungan lebih banyak.

Anda bisa memulainya dengan bereksperimen pada kaos polos. Tunjukkan pada beberapa orang terdekat, seperti keluarga maupun sahabat. Jika banyak yang berpendapat bahwa desain Anda menarik dan punya nilai jual, lanjutkan dengan produk-produk lain. Misalnya: tas kain dan topi.

Setelah itu, cobalah menjual hasil desain Anda. Bila belum punya lapak sendiri, bisa promosi dulu lewat media sosial. Untuk klien perdana, Anda bisa mengincar mahasiswa, terutama yang sering mengadakan acara. Pastinya mereka butuh kaos untuk seragam panitia. Tidak perlu mematok harga terlalu mahal dulu.

Untuk menekan ongkos produksi, Anda bisa menyewa jasa pencetak yang murah. Namun, jangan sampai juga murahnya keterlaluan, sehingga mempengaruhi kualitas hasil cetak. Jadinya malah tidak ada yang mau membeli hasil desain Anda nanti.

Begitu sudah mendapatkan klien tetap, mulailah membagi penghasilan untuk biaya operasional sekaligus tabungan. Jadi, bisnis tetap jalan. Asli, hanya dengan modal awal sejuta rupiah.

2. Membuka Lapak Jualan Pulsa Ponsel di Depan Rumah

Modal Usaha 1 Juta Counter Ponsel

Memang, sekarang orang banyak yang memilih membeli pulsa ponsel lewat SMS atau ATM. Namun, di kalangan menengah ke bawah, masih ada juga yang mencari-cari konter pulsa ponsel. Apalagi bila pulsa mereka terlanjur habis dan ATM jauhnya bukan main.

Tidak perlu repot mencari-cari lapak untuk disewa. Anda bisa membuka lapak untuk menjual pulsa ponsel di depan rumah sendiri. Waktu operasionalnya tentu saja harus Anda atur sendiri.

Rincian Modal Usaha 1 Juta Jualan Ponsel

Untuk perincian modal awalnya kira-kira begini:

  • Etalase kaca: sekitar Rp200.000,00
  • Kartu perdana: Rp200.000,00 per pak
  • Deposit pulsa: Rp600.000,00

Bahkan, bila tidak ingin menggunakan etalase juga bisa. Cukup pakai meja biasa dan jajarkan kartu-kartu nomor prabayar dan daftar penawaran paket pulsa. Laba yang diperoleh bisa sekitar minimal 200 ribu rupiah atau sekali isi Rp10.000, Anda mendapat untung dua ribu perak. Lumayan, bukan?

3. Bisnis Kerajinan Tangan

Selain mendesain kaos, tas, dan produk-produk fashion lainnya, ada lagi keahlian yang membutuhkan cita rasa seni tinggi. Bila Anda sangat suka membuat kerajinan tangan (terutama dari barang daur ulang), bisnis ini bisa dimulai dengan modal usaha 1 juta rupiah saja.

Misalnya: Anda paling jago membuat kalung dari kerang atau gelang dengan tambahan manik-manik plastik warna-warni. Salah satu kelebihan dari bisnis kerajinan tangan ini adalah keunikan tiap desain. Anda bisa membuat kalung atau gelang secara customised, yaitu sesuai permintaan pelanggan.

Jika Anda suka dan lihai dalam makrame (seni tali-temali), untuk membeli banyak tali bahkan bisa kurang dari sejuta rupiah. Dengan Rp550.000,00 saja, Anda sudah bisa mendapatkan 15 warna tali. Sisanya bisa untuk membeli manik-manik, gunting, dan gantungan.

Baca juga  Cara Membuat Crepes Jely Coklat

Karena membuatnya sulit, butuh konsentrasi tinggi, memakan waktu, dan perlu cita rasa seni, jangan mau bila ada yang ingin membeli dengan harga murah sekali. Berhubung pasarnya cukup segmented, Anda bisa menawarkan pada pemesan pribadi, pencari suvenir pernikahan, hingga penjual aksesori. Untuk memasarkan kerajinan tangan buatan Anda, cukup andalkan media sosial seperti Instagram.

4. Bisnis Suvenir (untuk Pernikahan atau Ulang Tahun)

Modal Usaha 1 Juta Suvenir Nikah

Bisnis ini dapat menggabungkan dua keahlian: kerajinan tangan dan desain. Baik untuk pernikahan atau acara ulang tahun anak, Anda bisa memulainya dengan modal 1 juta rupiah saja. Meskipun terkesan musiman, sekalinya mendapatkan proyek, biasanya Anda akan untung besar.

Contoh: suvenir dari kain flanel. Anda ingin membuat suvenir pernikahan dari bahan ini, yaitu berupa gantungan kunci. Caranya adalah dengan membeli dulu sekitar 50 gantungan kunci dan semeter kain flanel. Gantungan kunci sebanyak lima lusin hanya lima ribu perak. Kain flanelnya sendiri sekitar Rp15.000,00.

Untuk lemnya, Anda cukup mengeluarkan dua ribu perak untuk empat buah. Jangan lupa benang jahit yang hanya dua ribu perak untuk satu gulung. Selain itu, jarum jahitnya hanya lima ratus perak dan biaya maintenance kira-kira hanya Rp3000.

Setelah ditotal, hasilnya tidak sampai lebih dari 30 ribu perak. Lalu, bayangkan Anda menjual gantungan kunci berhias boneka flanel ini Rp4000,00 per item. Bila dikalikan dengan 50, Anda bisa mendapatkan 200 ribu perak.

Belum lagi kalau ada yang memesan sampai 250 gantungan kunci. Satu juta rupiah kembali ke tangan Anda. Bila keuntungan sekitar satu juta rupiah dikurangi dengan total 30 ribu perak tadi, maka keuntungan Anda bisa sekitar 800 ribu rupiah.

5. Menjadi Guru Les Bahasa Asing atau Bimbel (Bimbingan Belajar) Privat

Banyaknya lembaga kursus atau bimbel mungkin sempat membuat Anda berpikir ulang dengan ide ini. Padahal, justru Anda harus menjadikan banyaknya saingan sebagai tantangan untuk berinovasi lebih lanjut dalam bidang pengajaran.

Misalnya: Anda punya pengalaman mengajar yang cukup banyak dan soal-soal yang lebih terkini. Datangi saya dulu tempat kumpul para pelajar dan mahasiswa. Mau bekerjasama dengan pihak sekolah dalam mencari calon murid juga bisa.

Sambil jalan, Anda bisa mulai gencar berpromosi. Jangan membatasi diri dengan hanya mengandalkan media sosial. Promosi dari mulut ke mulut juga terbukti masih ampuh. Agar calon murid (dan orang tua mereka) tertarik, tawarkan satu sesi free trial di awal pertemuan.

Mungkin untuk awalnya, Anda bisa mulai sendiri atau bersama teman yang juga punya minat mengajar. Hanya menggunakan modal usaha 1 juta rupiah, Anda kemudian dapat membayar honor guru dan menyiapkan soal-soal yang digunakan pada setiap sesi bimbingan. Bila digeluti dengan serius dan konsisten, bisnis ini akan berkembang pesat dan tahan lama.

6. Jasa Penyewaan Lahan Parkir Motor

Modal Usaha 1 Juta Parkir Motor

Kebetulan, lahan depan rumah Anda luas sekali dan terletak di daerah strategis. Kenapa tidak dimanfaatkan saja untuk jasa penyewaan lahan parkir motor?

Bisnis ini paling laris bila ada yang sedang mengadakan acara hajatan di daerah sekitar rumah Anda. Biasanya, banyak para undangan yang kelabakan mencari tempat parkir.

Bahkan, bisa jadi Anda tidak perlu lebih dari modal usaha 1 juta rupiah untuk menyewakan lahan parkir. Tapi, tanggung jawabnya besar sekali, lho! Bila kamu khawatir tidak sanggup menjaga semua motor sendiri, kamu bisa mengajak saudara atau teman untuk sama-sama mengawasi.

Setelah itu, Anda bisa membagi hasil keuntungan dengan mereka. Tapi, pastikan harus adil dan merata.

Baca juga  Analisa Usaha Kopi Jagung

7. Menjadi Seorang Make-Up Artist

Profesi ini lebih banyak digeluti oleh kaum Hawa. Anda yang gemar berdandan dan mendandani orang lain juga boleh mencobanya. Make-up artist tidak hanya bertugas membuat model menjadi lebih cantik. Untuk industri fashion, film, dan teater, semua tergantung tema yang sedang menjadi bagian acara tersebut.

Namun, mengingat hanya dengan modal usaha 1 juta rupiah, mari kita fokus pada make-up artist yang bekerja secara lepasan (freelance). Dengan modal sejuta, Anda tinggal membeli peralatan make-up selengkap mungkin. Pastikan pilihan warnanya dapat digunakan untuk berbagai kesempatan.

Calon klien potensial bisa dimulai dari teman-teman atau adik-adik yang akan lulus SMA atau kuliah. Pastinya ada acara wisuda, dong. Nah, di sinilah Anda bisa menawarkan jasa make-up artist. Untuk harga perkenalan, sebaiknya tawarkan yang sesuai dengan budget mereka.

Setelah itu, jangan lupa selalu foto-foto hasilnya. Tidak hanya untuk klien, namun juga sebagai portofolio saat mempromosikan jasa Anda di media sosial. Lengkapi dengan nomor kontak yang mudah dihubungi.

Untuk daftar harga paket yang sesuai dengan event. (Bila ragu, silakan riset lebih lanjut atau bertanya pada kenalan yang sudah berpengalaman.) Jika jumlah klien semakin banyak, bolehlah merekrut kenalan yang juga memiliki minat di bisnis yang sama.

8. Menjadi Seorang Penulis Konten atau Penerjemah Lepas

Modal Usaha 1 Juta Penulis Konten

Sekarang banyak perusahaan atau bisnis yang membutuhkan jasa penulis konten online. Bila kebetulan Anda memiliki laptop sendiri dan koneksi internet di rumah, modal awalnya bahkan tidak sampai 1 juta rupiah. Bahkan, paket data untuk internet yang bisa Anda beli perkiraan harganya seperti ini:

  • Paket data: Rp600.000,00
  • Isi ulang pulsa: Rp50.000,00 hingga Rp100.000,00

Solusi lain, Anda bisa menyewa coworking space per hari (khusus untuk koneksi internet dan tempat kerja yang lebih nyaman). Ada beberapa tempat ini yang hanya mematok harga sewa Rp50.000,00 – Rp150.000,00 per hari atau sekali datang. Anda bisa seharian penuh di sana dan mungkin bisa minum gratis.

Selain bergabung dengan perusahaan media yang bergerak di bidang penerjemahan dan konten, Anda juga bisa memulainya sendiri. Cukup promosikan jasa melalui media sosial. Selain itu, jangan lupa rajin mengelola blog sendiri atau mengikuti lomba menulis. Jadikan tulisan-tulisan lama sebagai portofolio digital.

Jangan lupa, bedakan antara tarif untuk tulisan berbahasa Indonesia dengan Inggris. (Bila ada bahasa asing lain, biasanya tarif lebih tinggi.) Berhubung semua tulisan dan terjemahan bisa dikirim bolak-balik lewat email, Anda bahkan tidak perlu  memikirkan biaya cetak tulisan.

Berhubung menulis konten dan menerjemahkan naskah membutuhkan ketelitian tingkat tinggi, jangan lupa lakukan riset. Selain itu, banyak-banyaklah membaca berbagai topik dan terus latihan menulis. Dengan demikian, skill Anda juga akan lebih terasah.

Ternyata, ada banyak pilihan profesi dengan modal usaha 1 juta rupiah saja. Selain kedelapan contoh di atas, apakah Anda punya ide lain yang lebih baik? Selama usaha yang dipilih sesuai minat dan tidak memakan banyak biaya, modal usaha 1 juta rupiah saja sepertinya lebih dari cukup.

  Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares