Kisah 20 Orang Terkaya di Dunia yang Dapat Menjadi Inspirasi Usaha Anda

Orang Terkaya di Dunia

“Hasil tidak akan mengkhianati usaha.”

Begitulah salah satu nasihat yang sangat terkenal di kalangan pengusaha. Dan, memang benar adanya. Dengan usaha dan kerja keras serta ditambah ide-ide kreatif, bukan tidak mungkin Anda akan dapat mencapai kesuksesan. Seperti halnya 20 orang terkaya di dunia berikut ini, yang akan menjadi inspirasi Anda.

1. Bill Gates

Sosok yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Dia adalah William Henry Gates III atau yang dikenal sebagai Bill Gates, pria terkaya nomor 1 di dunia.

Bill Gates merupakan ketua dari sebuah perusahaan raksasa yaitu Microsoft yang hingga sekarang masih banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Selain menjadi ketua Microsoft, dia juga merupakan pebisnis yang handal, investor, filantropis, penulis, serta seorang dermawan.

Perjalanan Bill Gates hingga bisa mendapatkannya predikat pria terkaya tidaklah mudah. Pada usia 20 tahun, dia memutuskan untuk keluar dari Harvard University dan memulai bisnis perangkat lunak bersama sahabatnya, Paul Allen.

Meskipun Bill Gates berhenti kuliah, bukan berarti dia menomor-duakan pendidikan. Menurutnya, pendidikan juga penting. Dia hanya menekankan bahwa jika kita sudah memiliki visi dalam berbisnis namun tidak segera beraksi, maka kita tidak akan pernah bisa sukses.

Hingga sekarang total kekayaan Bill Gates adalah 79,3 dollar Amerika atau setara dengan lebih dari seribu triliun rupiah. Mencengangkan, bukan?

Orang Terkaya di Dunia Pertama

2. Warren Buffet

Warren Buffet adalah kepala eksekutif Berkshire Hathaway Inc. Pria kelahiran 30 Agustus 1930 ini dinobatkan sebagai pria terkaya nomor empat di dunia pada tahun 2014 oleh majalah Forbes.

Meskipun Buffet hidup bergelimang harta, akan tetapi pebisnis handal ini justru hidup dalam kesederhanaan. Dia tidak sering bergaul dengan kaum jetset lainnya. Dia hanya suka menghabiskan waktunya dengan menonton televisi sambil memakan pop corn. Dia pun tidak pernah menggunakan jet pribadi meskipun dia adalah pemilik perusahaan jet terbesar.

Jika Anda berpikir bahwa Buffet mendapatkan semua ini dengan mudah, Anda akan dibuat tercengang. Buffet mulai berbisnis saham pada usia 11 tahun. Pada usia 14 tahun, dia menginvestasikan uang hasil kerjanya mengantar surat kabar dengan membeli kebun pertanian seluas 16 hektar. Benar-benar sosok pekerja keras yang menginspirasi.

3. Jeff Bezos

Siapa sangka posisi Bill Gates sebagi orang terkaya nomor satu di dunia dapat dilengserkan oleh Jeff Bezos, pendiri situs toko online terbesar, Amazon. Bezos memang sudah lama digadang-gadang menjadi milyuner. Dan benar saja, jumlah kekayaannya yang mencapai 90 miliar dolar telah mengalahkan jumlah kekayaan Bill Gates.

Namun, kesuksesan Bezos bukan datang begitu saja. Dia harus berjuang dan tidak mudah berputus asa ketika Amazon.com tidak menghasilkan keuntungan yang signifikan sejak pertama didirikan yaitu pada tahun 1994.

Pada tahun 2001, keuntungan sebesar 5 juta dolar didapatkan dengan manis. Keuntungan tersebut merupakan hasil kerja kerasnya yang pantang menyerah hingga dia mendapat predikat pria terkaya di dunia.

Orang Terkaya di Dunia Ketiga

4. Amancio Ortega

Para penggemar fashion pasti sudah tidak asing dengan toko busana ternama yaitu Zara. Seiring dengan meningkatnya penikmat fashion dan kecanggihan teknologi, Amancio Ortega, pendiri Zara telah meraup keuntungan sebesar 57 miliar dolar Amerika dan berhasil menempatkannya pada posisi ketiga orang terkaya di dunia.

Kesuksesan Ortego ini bukan serta merta didapat dengan mudah. Dia harus melewati segala rintangan yang ada. Dimulai dari putus sekolah di usia 13 tahun yang mengharuskannya untuk bekerja sebagai pengantar di tempat pembuatan pakaian mewah.

Dari pengalaman yang dia dapatkan di tempat tersebut, Ortega mulai mencoba bisnis pakaian sendiri. Dan nama toko pakaian pertama miliknya adalah Zara yang hingga sekarang banyak diminati masyarakat karena harganya yang terjangkau dan kualitas yang baik.

5. Mark Zuckerberg

Pada era sekarang ini, siapa yang tidak mengenal Facebook, salah satu media sosial yang banyak digunakan di Indonesia. Dan jika Anda adalah penikmat Facebook , Anda tentu mengenal milyuner muda pencipta Facebook. Siapa lagi kalau bukan Mark Zuckerberg.

Facebook telah membawa nama Mark Zuckerberg di jajaran orang-orang terkaya di dunia. Bahkan Zuckerberg pernah mendapat julukan milyuner muda karena dia dapat meraup keuntungan puluhan miliar dolar di usianya yang masih sangat muda.

Sebelum menjadi sukses dan terkenal seperti sekarang ini, Mark Zuckerberg adalah sosok mahasiswa Harvard biasa. Bahkan dia memutuskan untuk tidak melanjutkan kuliahnya karena dia ingin fokus mengembangkan Facebook. Salah satu kunci sukses dari seorang Mark Zuckerberg adalah inovasi.

Orang Terkaya di Dunia Kelima

6. Carlos Slim Helu

Orang terkaya yang menginspirasi berikutnya adalah pengusaha asal Meksiko, Carlos Slim Helu. Dia adalah tokoh dibalik lancarnya komunikasi di Meksiko yang menggunakan Telefonos de Mexico (Telmex), Telcel, dan America M¢vil.

Helu bahkan pernah mendapat predikat orang terkaya nomor satu di dunia dengan total kekayaan sebesar 73 miliar dolar Amerika pada tahun 2013. Jumlah kekayaan tersebut berhasil menggeser Bill Gates dan Warren Buffet yang terkenal sebagai orang paling kaya di dunia.

Baca juga  Resep dan Cara Membuat Waffle yang Lembut dan Lezat

Semua kesuksesan yang dia peroleh tersebut bukan tanpa perjuangan. Helu membeli Telmex dari pemerintah pada tanggal 1990 di tengah kacaunya Telmex. Namun, Helu tidak gentar sedikit pun. Dia pun kini berhasil mengubah Telmex yang merugi menjadi tambang emas baginya.

7. Larry Ellison

Mungkin tidak banyak yang tahu tentang pria kelahiran 17 Agustus 1944 ini. Dia adalah pendiri perusahaan teknologi Oracle Corporation, perusahaan pembuat piranti lunak dengan penghasilan terbesar nomor 2 setelah Microsoft.

Mungkin Anda akan berpikir bahwa pria jenius seperti Ellison pasti lulusan universitas ternama dan mempelajari semua hal tentang komputer disana. Faktanya, Ellison mempelajari komputer hanya dari buku dan mempraktekkannya secara otodidak.

8. Charles Koch

Charles Koch menduduki posisi ke delapan pria paling kaya di dunia menurut survei yang dilakukan oleh majalah Forbes. Bersama dengan adiknya, David Koch, dia mendirikan perusahaan swasta terbesar di Amerika Serikat yaitu Koch Industries.

Koch Industries bergerak di bidang manufaktur, perdagangan dan investasi. Bisnis yang terkenal dari perusahaan ini adalah bisnis penyulingan minyak, jaringan pipa, perdagangan komoditas, peternakan, dan bubur kertas yang telah mengantarkannya pada jumlah kekayaan mencapai 48,3 miliar dolar Amerika atau setara dengan 644 triliun rupiah.

9. David Koch

Adik dari Charles Koch ini juga merupakan salah satu orang terkaya di dunia dengan jumlah kekayaan mencapai 48,3 miliar dolar Amerika atau setara dengan 644 triliun rupiah. Jumlah ini menempatkannya pada posisi orang terkaya nomor sembilan versi majalah Forbes.

Selain kaya, David Koch juga dikenal sebagai pribadi yang dermawan. Dia rela menggelontorkan dana hingga 395 juta dolar untuk proyek penelitian terhadap penyakit kanker sehingga obat untuk kanker dapat ditemukan.

10. Michael Bloomberg

Michael Bloomberg adalah mantan walikota New York pada periode 2002 hingga 2014. Dia memiliki jumlah kekayaan yang tergolong fantastis yaitu sebesar 47,6 miliar dolar. Jumlah ini mengantarkan nama Michael Bloomberg ke dalam jajaran orang terkaya sedunia urutan kesepuluh. Akan tetapi, kekayaan ini bukan didapat dari gaji sebagai walikota, lho.

Michael Bloomberg dulunya bekerja di Salomon Brothers, sebuah perusahaan bank investasi hingga pada tahun 1981, perusahaan tersebut bergabung dengan perusahaan perdagangan komoditas, Phibro. Bloomberg pun pergi dengan mendapatkan pesangon sebesar 10 juta dollar Amerika.

Berbekal pengalaman kerjanya dan pengetahuan yang didapat, Bloomberg memutuskan untuk mendirikan perusahaan sendiri yang pada awalnya bernama Innovative Market Solutions yang kemudian berganti nama menjadi Bloomberg LP. Dan melalui Bloomberg LP, Michael Bloomberg pun akhirnya mendulang kesuksesan.

Orang Terkaya di Dunia Kesepuluh

11. Bernard Arnault

Para pecinta dunia fashion pasti sudah sering mendengar merek tas terkenal yaitu LouisVuitton. Bernard Arnault, adalah pemilik dari Louis Vuitton Moët Hennessy (LVMH), perusahaan yang bergerak di berbagai bidang produksi antara lain adalah wines dan spirits, fashion, parfum, jam dan perhiasan, serta kosmetik.

Berkat kegigihannya dalam  mengembangkan produk-produk Louis Vuitton, Bernart Arnault berhasil mendapatkan jumlah kekayaan sebesar 29 juta dolar atau setara dengan 281 miliar rupiah sehingga dia dinobatkan sebagai orang terkaya urutan kesepuluh pada tahun 2013 versi majalah Forbes.

12. Larry Page

Siapa yang tidak mengenal Google? Mungkin bahkan saat ini Anda sedang menggunakan kecanggihan Google dalam mencari informasi tentang dunia usaha yang menjanjikan?

Pernahkah Anda bertanya-tanya siapa sosok dibalik berkembangnya Google, sehingga dapat menjadi teknologi yang besar seperti sekarang ini. Dia adalah Larry Page.

Bersama Sergey Brin, Larry Page mendirikan Google secara resmi pada tanggal 7 September 1998. Akan tetapi, Page dan Brin harus melalui banyak rintangan untuk mendirikan Google secara resmi.

Mulai dari mesin pencari yang masih sederhana sehingga memerlukan banyak dana untuk mengembangkannya. Dan mereka pun berhasil meyakinkan beberapa investor untuk menyuntikkan dana demi lahirnya Google.

Kini Larry Page berhasil menjadi seorang milyuner. Pada tahun 2015 saja, Forbes mencatat jumlah kekayaan Page mencapai 38,8 miliar dolar atau yang setara dengan 541 triliun rupiah. Saat itu dia pun dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia urutan ke-19.

13. Sergey Brin

Sergey Brin adalah rekan dari Larry Page. Mereka berdua bersama-sama membangun suatu teknologi raksasa yang banyak digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat di seluruh dunia – Google.

Sergey sangat tertarik dengan dunia teknologi hingga dia memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di University of Maryland setelah menyelesaikan pendidikan sekolah menengah. Dia mengambil jurusan ilmu komputer dan matematika.

Setelah meraih gelar Bachelor of Science, dia pun melanjutkan studinya pada tingkat master di Stanford University dan belajar ilmu bisnis di IE Business School. Ketertarikannya pada dunia teknologi dan bisnis dipadukan dengan kejeniusan dan kegigihannya berusaha telah mengantarkannya pada jumlah kekayaan 37,5 miliar dolar Amerika atau setara dengan 523 triliun rupiah.

Orang Terkaya di Dunia dari Google

14. Liliane Bettencourt

Siapa yang tidak kenal produk kosmetik terkenal, L’Oreal. Tapi, apakah Anda juga mengenal pendiri merek kosmetik tersebut? Dia adalah Liliane Bettencourt, wanita terkaya di Perancis dengan jumlah kekayaan sebesar 39,5 miliar dolar. Dia bahkan dinobatkan sebagai wanita terkaya nomor 11 di dunia.

Baca juga  Tips Sukses Menjadi Usaha Sate Jepang

Dengan gemilangnya karir tidak lantas membuat Liliane Bettencourt menjadi lupa diri.  Dia tetap menjadi pribadi yang sederhana dan dermawan. Terbukti dari hampir 50% dari gajinya yang disumbangkan untuk yayasan amal Bettencourt Schueller Foundation.

Dia juga merupakan sosok wanita yang setia. Selepas suaminya meninggal, Liliane Bettencourt memutuskan untuk tidak menikah lagi hingga dia tutup usia pada tanggal 21 September 2017 lalu pada usia 94 tahun.

15. Robson Walton

Samuel Robson Walton merupakan putra sulung dari Sam Walton yang mendirikan perusahaan ritel ternama yaitu, Walmart. Rob Walton, begitu panggilan akrabnya, memilih untuk mempertahankan Walmart di saat saudara lain dari keluarga Walton lebih memilih untuk mundur dari posisi dewan direksi.

Berkat kepiawaian Rob Walton mengelola Walmart di tengah krisis yang melanda Amerika Serikat pada tahun 2008 dengan strategi diskon besar-besaran, kini Walmart tetap bisa berjaya. Bahkan pada masa krisis tersebut, Walmart berhasil menuai keuntungan sebesar 13,4 miliar dolar.

Kini Rob Walton berhasil mendapatkan predikat salah satu orang terkaya di dunia. Dia berhasil menghimpun kekayaan hingga mencapai 26,1 miliar dolar pada bulan Maret 2013.

16. Jim Walton

Jika Anda sudah bertemu si Sulung dari keluarga Walton – Rob Walton – kini saatnya Anda bertemu dengan si Bungsu yang tidak kalah suksesnya. Dia adalah Jim Walton.

Berbeda dengan kakaknya yang tetap mempertahankan Walmart, Jim lebih memilih untuk keluar dari dewan direksi Walmart dan mengelola usaha Walton lainnya yaitu Walton Enterprise yang kemudian erganti minat untuk mengelola bank yaitu Avrest Bank.

Di bawah kepemimpinan Jim Walton, Avrest Bank tumbuh menjadi bank yang besar dan modern. Bahkan Avrest Bank adalah bank pertama yang menerapkan sistem Automatic Teller Machine (ATM).

Berkecimpung di dunia perbankan serta ditambah dengan sahamnya di Walmart, Jim Walton berhasil disejajarkan dengan orang terkaya di dunia dengan jumlah kekayaan 40,6 miliar dolar.

17. Alice Walton

Alice Walton adalah satu-satunya wanita diantara Walton bersaudara. Sumber kekayaan Alice Walton berasal dari saham yang dia miliki di Walmart. Selain itu, dia juga memiliki saham di E.F Hutton – perusahaan jasa keuangan yang ternama di Amerika Serikat.

Dengan jumlah kekayaan yang mencapai 26,3 miliar dolar, Alice Walton berhasil dinobatkan sebagai wanita terkaya nomor dua setelah Liliane Bettencourt.

Orang Terkaya di Dunia Keluarga Walton

18. Wang Jianlin

Dari Amerika Serikat, sekarang mari kita menengok Negeri Tirai Bambu – Cina.

Wang Jianlin adalah sosok pria terkaya nomor empat di Cina. Kekayaannya bersumber pada bisnis properti miliknya yaitu Dalian Wanda Group yang juga merupakan salah satu perusahaan real estate terbesar dan ternama di Cina.

Siapa sangka sebelum menjadi seorang miliuner seperti sekarang ini, Wang Jianlin adalah seorang pegawai pemerintahan biasa hingga akhirnya dia berani memantapkan langkah untuk mengakuisisi Dalian Wanda yang saat itu hampir bangkrut.

19. Li Ka Shing

Li Ka Shing adalah seorang pengembang properti dan investor. Kesuksesannya berhasil membawa namanya menjadi orang terkaya di Asia.

Siapa sangka dulunya Li Ka Shing merupakan seorang buruh pabrik biasa yang jeli melihat peluang bisnis yang ada yang membuatnya berpikir untuk mengekspor bunga plastik ke Amerika. Dari gagasan yang sempat diremehkan tersebut, kini Li Ka Shing tidak lagi dipandang sebelah mata.

Orang Terkaya di Dunia Cina

20. Sheldon Adelson

Pria terkaya terakhir adalah Sheldon Adelson, pemilik perusahaan kasino terbesar di dunia – Las Vegas Sands. Selain mengembangkan bisnis kasino, dia juga menjajal peruntungannya di bisnis properti dan memiliki beberapa hotel.

Siapa sangka ternyata Adelson terlahir di dalam keluarga yang kurang mampu. Ayahnya adalah seorang sopir taksi sedangkan ibunya membuka toko jahit kecil-kecilan. Dan sekarang Adelson telah menjadi seorang miliuner.

Dari kisah 20 orang terkaya di dunia di atas, kita dapat mengambil pelajaran penting. Bahwa siapapun Anda, apapun latar belakang sosial dan pendidikannya, kesempatan untuk menciptakan suatu hal yang besar akan selalu ada. Anda hanya perlu berusaha dan berdoa lebih keras lagi untuk mewujudkannya. Silahkan baca juga 10 orang terkaya di Indonesia

 

 Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares