packaging makanan unik

8 Contoh Packaging Makanan Unik untuk Produk Bisnis Anda

Dalam persaingan bisnis kuliner yang semakin ketat, branding menjadi hal yang harus dilakukan setiap pelaku usaha. Salah satu cara memperkuat branding adalah dengan menciptakan desain packaging makanan yang unik sehingga mampu menarik calon konsumen.

Rahasia Membuat Desain Kemasan yang Menarik

Proses pengemasan merupakan salah satu tahapan penting dalam rangkaian proses produksi dan tentu saja memengaruhi biaya produksi. Untuk menekan biaya produksi, Anda bisa memilih harga plastik kemasan makanan ringan yang murah.

Untuk skala usaha kecil, Anda bisa menggunakan alat bungkus plastik manual. Anda bisa menghemat biaya produksi dengan membeli alat sealer plastik murah yang banyak dijumpai di tempat jual packaging makanan.

Namun, untuk skala besar, dibutuhkan mesin packaging untuk menghemat waktu. Sesuaikan harga mesin packaging yang akan dibeli dengan kebutuhan. Sebagai gambaran, harga mesin pengemas snack otomatis berkisar dari 3 jutaan hingga puluhan juta, tergantung jenisnya.

Banyak yang berpikir, membuat kemasan yang unik membutuhkan biaya besar. Padahal, kemasan menarik tidak harus menyebabkan biaya produksi membengkak karena modal utamanya adalah kreativitas. Berikut ini rahasia mendesain kemasan produk yang menarik.

packaging makanan basah

1. Menentukan Desain

Salah satu fungsi kemasan adalah untuk mencantumkan informasi tentang produk yang perlu diketahui konsumen. Semua informasi tersebut harus disajikan secara menarik. Jika tidak cukup menguasai desain grafis, sebaiknya Anda menggunakan jasa desain grafis profesional.

2. Merancang Bentuk Kemasan

Setelah menentukan desain gambar, warna, tipografi, dan sebagainya, sekarang waktunya memilih bentuk kemasan yang paling sesuai dengan produk Anda. Di sinilah diperlukan kreativitas untuk menciptakan packaging yang berbeda dari yang sudah ada di pasaran.

3. Memilih Warna

Pemilihan warna juga berperan penting untuk membuat sebuah kemasan lebih menarik dan memperkuat branding. Sesuaikan warna dengan karakter produk, target pasar, dan image yang ingin Anda sampaikan kepada konsumen, apakah cerah, colorful, elegan, dan sebagainya.

4. Menggunakan Kalimat Sederhana

Untuk menuliskan informasi pada kemasan, perhatikan pemilihan kalimatnya. Hindari kalimat terlalu panjang, berelebihan, atau kalimat-kalimat tidak penting yang justru membingungkan pembeli. Gunakan kalimat sesederhana mungkin agar tampilan kemasan tidak terlalu “ramai”.

8 Contoh Desain Packaging Makanan yang Unik

Dalam bisnis makanan, soal rasa sudah tentu menjadi hal yang paling penting. Namun, untuk bisa bersaing dengan usaha sejenis, tentu harus ada hal lain yang menjadi nilai plus. Anda bisa menyiasatinya dengan membuat kemasan yang unik.

Mengapa kemasan yang menarik itu penting? Bayangkan jika ada dua produk makanan sejenis dengan rasa yang tidak jauh berbeda. Yang satu dikemas dalam plastik polos, satunya lagi menggunakan kotak warna-warni. Hampir bisa dipastikan, konsumen akan memilih yang kedua.

Untuk menciptakan kemasan yang unik dan menarik memang tidak mudah. Dibutuhkan kreativitas dan ide-ide segar untuk menghasilkan kemasan yang benar-benar pas untuk produk Anda. Nah, 8 contoh kemasan produk makanan unik berikut ini mungkin bisa dijadikan inspirasi.

1. Wadah Makanan Ramah Lingkungan

packaging makanan bali

Berjualan makanan sambil berkampanye untuk lingkungan, kenapa tidak? Anda bisa berpartisipasi menyelamatkan lingkungan dengan menghindari penggunaan plastik sebagai kemasan karena plastik tidak bisa didaur ulang.

Sebagai gantinya, buatlah kemasan ramah lingkungan dari kertas yang dapat didaur ulang seperti contoh di bawah ini. Bukan hanya itu, wadah dibuat dalam bentuk yang bisa digunakan sebagai pot untuk menanam pohon demi bumi yang lebih hijau. Menarik, bukan?

2. Kue Dalam Oven

packaging makanan cdr

Ide kemasan yang satu ini sebetulnya sangat sederhana dan sangat cocok dengan produknya. Bukankah semua cake dihasilkan dari dalam oven? Ternyata, ide sederhana ini menjadi luar biasa setelah dieksekusi menjadi kemasan berupa sebuah oven mungil.

Kemasan ini makin istimewa karena dibuat cukup detail dengan gambar tombol-tombol layaknya oven sungguhan. Saat dibuka, tampaklah kue mungil di dalamnya yang siap disantap. Hmm … serasa menikmati cake hangat yang fresh from the oven!

3. Kemasan Sekaligus Mainan

packaging makanan com

Semangkuk serealia dan susu adalah menu sarapan favorit anak-anak saat bosan makan nasi. Supaya anak-anak semakin bersemangat, kenapa tidak membuat kemasan yang lucu dan colorful? Bukan hanya lucu, tetapi juga bisa sekaligus dijadikan mainan.

Nah, jika Anda memproduksi snack anak-anak, tidak ada salahnya meniru dan memodifikasi ide ini. Anda bisa membuat kemasan dengan ukuran yang disesuaikan dengan isi produk dalam bentuk berbagai macam binatang. Dijamin, anak-anak senang mengoleksinya.

4. Rambut Pasta

packaging makanan desain

Memasak identik dengan perempuan. Membuat kemasan bergambar perempuan dengan rambut terbuat dari pasta, seperti makaroni dan spageti, sangatlah tepat. Tidak sulit membuatnya karena kombinasi antara kotak kertas dan plastik sudah banyak digunakan.

Yang membuat kemasan ini unik adalah karena bagian transparan (plastik) dibuat berbentuk rambut. Hasilnya, seorang perempuan berambut keriting untuk makaroni dan berambut lurus untuk spageti. Anda bisa meniru ide ini dengan bentuk rambut disesuaikan dengan produk.

5. Kemasan Dwi Fungsi

cetak packaging makanan jakarta

Kemasan dwi fungsi pasti disukai konsumen. Contohnya, jika Anda menjual kacang, buatlah kemasan dengan dua sisi: satu untuk wadah kacang, sisi lainnya untuk kulit. Dengan begitu, Anda sudah mengedukasi konsumen untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Contoh lain adalah jika Anda menjual paket makanan dan minuman, buatlah kemasan yang didesain agar konsumen mudah membawa dan menikmatinya. Apalagi dilengkapi bonus berupa serbet mini yang manis dari kain atau kertas.

6. Pesan Tersembunyi

packaging makanan food grade

Menyisipkan pesan lucu atau romantis di dalam kemasan bisa menjadi kejutan yang menyenangkan untuk konsumen. Buatlah pesan, kalimat, atau quote yang berbeda sehingga konsumen penasaran ingin membeli dan membeli lagi.

7. Wadah Saus Mini

packaging makanan harga

Banyak sekali makanan atau jajanan yang lebih nikmat jika disantap bersama saus. Menyertakan saus dalam saset sering kali menyusahkan pembeli ketika akan menyantapnya. Nah, kenapa tidak membuat inovasi kemasan praktis seperti di bawah ini?

Pada contoh ini, kemasan dimodifikasi dengan membuat lubang kecil tempat menempelkan wadah saus mini. Camilan bisa langsung dicocolkan ke dalam saus tanpa perlu repot membuka sachet dan kebingungan menuangkan sausnya.

8. Tutup Sekaligus Sendok

packaging makanan murah jakarta

Kebanyakan produk selai yang ada saat ini tidak dilengkapi sendok untuk mengoles sehingga menyulitkan jika dibawa saat bepergian. Membuat kemasan dengan tutup berbentuk semacam pisau atau sendok kecil ini merupakan ide luar biasa, meski terlihat sederhana.

Mesin Vacuum Packaging ramesia.com

Produk makanan basah, makanan yang mudah basi, atau makanan beku harus dikemas dengan vacuum packaging dari ramesia.com. Produk akan tetap segar, masa kedaluwarsa lebih lama, dan terlindung dari paparan udara dingin di dalam freezer sehingga tidak membatu.

packaging makanan kardusMesin vacuum packaging bekerja dengan menghampakan udara atau menghilangkan oksigen dari dalam kemasan. Kondisi vakum akan menghambat bakteri tumbuh sehingga makanan tetap higienis, dan rasa, bau, serta tekstur makanan akan tetap terjaga.

Keunggulan mesin vacuum packaging ramesia adalah harganya terjangkau, sebanding dengan manfaat yang akan Anda dapat. Mesinnya juga mudah dioperasikan, tidak dibutuhkan keahlian khusus. Desain yang kompak membuat mesin mudah disimpan saat tidak digunakan.

Persaingan di dunia usaha, khususnya kuliner, semakin ketat. Selain berinovasi dalam hal rasa, para pelaku bisnis kuliner juga harus kreatif menciptakan packaging makanan yang unik dan menarik. Keduanya akan membuat Anda bisa bertahan, bahkan memenangkan persaingan.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru