7 Peluang Usaha Franchise Makanan Modal Kecil Untung Puluhan Juta

Aneka Macam Peluang Usaha Pilihan Franchise Makanan

Akhir-akhir ini, masyarakat Indonesia sudah semakin banyak yang tertarik untuk menjalin kemitraan dengan usaha franchise. Melalui paket usaha yang ada, seseorang tidak perlu merasa bingung untuk memulai usaha. Pasalnya semua persiapan sudah dilakukan oleh pihak pemilik franchise mulai dari konsep usaha, produk yang akan dijual, hingga strategi pemasaran. Oleh sebab itu franchise menjadi salah satu primadona bagi pebisnis pemula yang belum mempunyai banyak pengalaman untuk menjalankan usaha.

Mengapa Memilih Franchise Kuliner

Jenis franchise yang ditawarkan saat ini terdiri dari berbagai macam jenis. Tentunya dengan kondisi perekonomian yang tidak menentu seperti sekarang ini Anda harus lebih selektif dalam memilih franchise. Supaya tidak terjebak memilih franchise yang abal-abal ada beberapa hal yang wajib diperhatikan.

Salah satu jenis franchise yang masih tetap bertahan di tengah kondisi perekonomian yang serba sulit adalah waralaba kuliner. Alasannya sebenarnya jelas karena semua orang perlu makan dan suka makan. Oleh sebab itu, selama masih ada manusia maka prospek bisnis ini masih tetap menjanjikan. Selain itu, sebagian besar franchise kuliner juga ditawarkan dengan paket kemitraan yang cukup terjangkau. Jadi Anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk balik modal.

Tinggal Semua kembali kepada Anda, siap berhasil kah Anda? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

aneka mesin makanan

-15%
Rp2.600.000,00 Rp2.210.000,00
-15%

Mesin Popcorn

Popcorn Maker POP-6BR

Rp3.325.000,00 Rp2.826.250,00
-1%

Peralatan Hotel & Bar

Mesin Egg Roll ET-DC10

Rp1.750.000,00 Rp1.725.000,00
-15%
Rp3.825.000,00 Rp3.251.250,00

Jenis Franchise Makanan Terpopuler Di Indonesia

Dari sekian banyak jenis franchise yang ada, beberapa di antaranya memiliki peminat yang sangat tinggi. Berikut ini adalah ulasan dari jenis franchise tersebut

  1. Franchise Makanan Fried Chicken

Franchise fried chicken atau ayam goreng berada di tingkat pertama sebagai waralaba makanan yang paling banyak diminati. Ayam goreng dengan balutan tepung krispi memang sangat menggugah selera. Apalagi dengan rasanya yang renyah dan gurih pada balutan tepung yang menyelimuti daging ayam. Makanan yang satu ini memiliki daya tarik untuk berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Oleh sebab itu, walaupun ada banyak variasi makanan baru yang bermunculan, waralaba ayam goreng masih tetap bertahan dan seolah tidak terpengaruh. Memang untuk bergabung dengan franchise makanan tersebut Anda harus memiliki tempat usaha sebagai tempat makan bagi para pelanggan. Paket kemitraan tersebut biasanya hanya membantu Anda untuk mengatur desain dan layout gerai ayam goreng Anda.

  1. Franchise Makanan Bakso

Ini adalah menu yang sangat familiar di lidah dan termasuk makanan yang sudah sangat merakyat. Kemanapun Anda pergi, pasti Anda dapat menjumpai pedagang bakso, mulai dari di stasiun, terminal, sekolah, dan sudah banyak juga bermunculan di mall. Bahkan ketika Anda sedang enggan bepergian, biasanya ada penjual bakso keliling yang lewat di depan rumah Anda.

Sama seperti ayam goreng, pecinta bakso berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sangat menyukai makanan berkuah gurih dan segar ini. Apalagi bakso juga termasuk makanan yang harganya masih bersahabat sehingga siapa saja dapat menjangkaunya dengan mudah. Mungkin karena popularitas bakso yang tinggi tersebut banyak franchise bakso yang berhasil memiliki puluhan cabang di berbagai kota di Indonesia seperti bakso malang, bakso granat, dan masih banyak lagi.

  1. Franchise Makanan Burger

Walaupun bukan termasuk makanan asli dari Indonesia, hamburger atau yang sering disebut dengan burger termasuk salah satu makanan yang banyak diminati oleh para penggemar kuliner di tanah air. Oleh sebab itu, franchise burger termasuk jenis waralaba yang paling laris di Indonesia. Peluang usaha burger juga tidak pernah surut. Ada yang hadir dengan mengusung konsep buger ala kaki lima hingga sajian burger ala restoran. Setiap pengusaha burger telah mencoba untuk menghadirkan kekhasan dari tiap sajian burger yang mereka tawarkan. Sudah ada beberapa franchise burger yang populer di Indonesia seperti Mister Buger dan Big Burger.

  1. Franchise Makanan Es Krim

Siapapun pasti tidak akan menolak kelezatan yang ditawarkan oleh es krim. Makanan dingin berbasis susu dengan citarasa yang lembut ini memang sangat disukai oleh berbagai kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa. Makanan tersebut terbuat dari krim susu yang ditambah dengan bahan pemanis dan aneka rasa sehingga menghadirkan banyak varian es krim dengan citarasa yang lezat.

Baca juga  Inilah 4 Rahasia Kesuksesan Usaha Kebab Baba Rafi

Potensi pasar bisnis es krim yang cukup besar nampaknya membuat para pengusaha tertarik untuk membuka waralaba es krim. Saat ini sudah ada banyak waralaba es krim yang terkenal seperti Manda Ice Cream. Selain itu, ada pula franchise yang khusus menyediakan es krim cone. Dari Korea, ada franchise Jeju Ice Cream yang biasa dijumpai di mall. Untuk yang unik, kini juga sudah ada franchise es krim pot dengan bentuk yang menarik.

  1. Franchise Makanan Kebab

Sama seperti burger, walaupun bukan termasuk makanan asli dari tanah air, franchise kebab juga banyak diminati di Indonesia. Kebab itu sendiri merupakan jajanan khas Timur Tengah yang menggunakan olahan daging baik daging sapi, ayam, maupun kambing. Jajanan ini memiliki citarasa yang lezat dan dapat diterima oleh masyarakat di Indonesia. Oleh sebab itu, waralaba kebab sampai saat ini masih menjanjikan prospek yang besar. Ada banyak pilihan merek waralaba kebab yang ditawarkan. Salah satu brand waralaba yang sudah terkenal adalah Kebab Baba Rafi.

  1. Franchise Makanan Martabak

Martabak merupakan makanan lokal yang sudah cukup lama dikenal di Indonesia. Jadi ini bukan termasuk jenis makanan baru. Anda dapat dengan mudah menjumpai pedagang martabak di mana saja. Walaupun pemain dalam bisnis martabak saat ini sudah cukup banyak, peluang usaha martabak tetap masih terbuka lebar. Apalagi kehadiran franchise martabak kekinian dengan aneka pilihan rasa yang lezat menjadikan franchise tersebut berbeda dengan martabak –martabak yang dijual oleh pedagang di pinggir jalan. Franchise martabak yang ada kini telah hadir dengan varian yang lebih modern dan menarik sehingga secara tidak langsung juga sudah ikut meningkatkan level makanan yang  satu ini.

  1. Franchise Makanan Takoyaki

Jenis franchise makanan terlaris di Indonesia yang terakhir adalah takoyaki.  Walaupun makanan ini berasal dari Jepang dan tergolong baru bagi masyarakat Indonesia, namun rasanya yang lezat membuat jajanan ini semakin banyak diminati. Anda dapat menemukan franchise takoyaki dengan mudah di berbagai tempat. Citarasanya yang gurih menjadikan makanan ini sesuai dengan selera lidah masyarakat di Indonesia. Selain itu, makanan ini juga disukai oleh berbagai tingkatan usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Walaupun sudah hadir selama beberapa tahun, usaha franchise takoyaki tetap memiliki banyak peminat dan justru peminatnya semakin banyak.

Demikian beberapa aneka macam peluang usaha pilihan franchise makanan yang populer di Indonesia. Jika Anda tertarik, Anda dapat mencoba salah satu jenis usaha di atas , dan pastikan segera dimulai dan jangan tunda satu hari pun .

Perhatikan juga point-point penting dibawah ini , agar usaha bisnis Anda semakin sukses !

Franchise makanan atau minuman- Sebutan waralaba atau dikenal juga dengan kata franchise adalah salah satu kerjasama di bidang usaha, di mana hasil atau untung yang didapat akan dibagi sesuai dengan akad awal.

Peluang untuk usaha franchise kuliner sangat tinggi sekali untuk dapat dikembangkan, alasannya bisnis dalam bidang kuliner adalah usaha yang merupakan kebutuhan utama manusia yakni makanan atau minuman.

Baca juga  Cara Mudah Membuat Bakso Jamur di Rumah

Usaha waralaba di Indonesia sudah bukan hal yang langka lagi di benak kita. Bahkan hampir di semua daerah terdapat usaha franchise. Dari sekian banyak jenis franchise yang terdapat di Indonesia, beberapa yang bisa sangat mudah kita ketahui baik di kota, pusat-pusat perbelanjaan, mall, di pinggir jalan raya, bahkan sampai di perkampungan, adalah bisnis franchise di bidang kuliner.

Perkembangan usaha franchise khususnya minuman sangat signifikan, nyaris setiap hari ada aneka minuman baru yang dijual. Ini adalah nilai lebih bagi suatu produk untuk berkembang karena adanya inovasi yang tidak akan habis.

Usaha franchise makanan atau minuman ini pun juga begitu banyak jenisnya. Ada kios yang berjualan minuman untuk produk utamanya adalah teh, coklat, cappuccino, bubble tea, dan lain-lain.

Dikarenakan begitu banyaknya bisnis franchise makanan atau minuman yang terus meningkat, hal ini menjadi sebuah faktor yang mendorong kita supaya ikut masuk dalam bidang bisnis minuman. Sebab selain memiliki potensi yang sangat besar, usaha ini juga dapat menghasilkan keuntungan yang banyak pula.

Di antara jenis franchise makanan atau minuman yang mempunyai peluang bagus yaitu franchise minuman coklat. Bagaimana persiapan yang harus dikerjakan untuk membangun usaha franchise makanan dan minuman? Ya, agar dapat bergabung atau membangun bisnis ini, ada dua pilihan yang bisa Anda lakukan. Yang pertama yaitu dengan cara kerjasama dengan usaha franchise yang sudah memiliki brand, dan yang kedua adalah memulai dengan membuat usaha franchise sendiri.

Jika Anda lebih memilih untuk merintis bisnis ini dari awal yaitu pilihan yang kedua sebagai perintis, hal ini tidaklah susah. Hal-hal yang wajib Anda siapkan yaitu gerai yang akan digunakan untuk berjualan, alat press, jenis minuman yang ingin dijual, nama brand produk, serta menentukan lokasi untuk menjual produk Anda.

Kedua pilihan dalam melaksanakan bisnis franchise makanan atau minuman tersebut sama-sama memiliki untung yang tinggi, maka dari itu pilihlah sesuai keinginan Anda.

Dalam hal biaya operasional usaha franchise makanan atau minuman ini pun sangat murah, tetapi tidaklah sulit untuk mendapatkan konsumen. Untuk tempat berjualan tidak perlu mendirikan kios, Anda tinggal sewa parkiran, memanfaatkan space kosong depan kios orang lain atau di tempat parkir alfa dan indomart. Namun apabila Anda menginginkan menggunakan gerai untuk memasarkan produk itu akan lebih bagus.

Pekerja pun dapat digaji tidak terlalu tinggi dan tidak diperlukan banyak karyawan untuk menjalankan usaha ini. Setiap orang baik awam bisnis atau yang sudah pernah menjalankan bisnis akan dengan mudah untuk menjalankan bisnis franchise makanan atau minuman ini.

Berikut Lima Poin Penting dalam Menjalankan Bisnis Franchise Makanan atau Minuman:

1. Pilih Tempat yang Banyak Dilewati Orang

Hal ini adalah faktor yang harus diperhatikan dalam memulai sebuah usaha franchise makanan atau minuman, karena jika ada kesalahan dalam memilih lokasi maka bisnis Anda tidak akan berjalan baik.

2. Harus Memiliki Cita Rasa yang Unik dan Enak

Namanya minuman yang jelas rasanya harus enak, dan supaya mempunyai perbedaan dengan bisnis orang lain maka minuman disarankan memiliki ciri khas “berbeda”.

3. Dekorasi Gerobak yang Bagus

Kios disarankan memiliki desain yang unik agar menarik perhatian, dan mudah dilihat orang yang lewat.

4. Melakukan Promosi

Lakukanlah promosi secara berkala, dapat dengan cara membagikan brosur atau dengan membuat harga diskon untuk waktu-waktu tertentu, hal ini berguna untuk menarik pembeli baru.

5. Harga Jual yang Tidak Terlalu Mahal

Berikan harga yang relatif murah agar daya beli konsumen dapat terjangkau, misal jika Anda berjualan di lingkungan sekolah, maka harga produknya sesuaikan dengan kondisi uang jajan anak sekolah.

Tak perlu khawatir memulai usaha franchise makanan atau minuman, sebab disana Anda akan hidup serta menghidupkan ide kreatif menjadi peluang usaha yang tidak mati gaya. Dengan memikirkan kembali setiap kemungkinan resiko tentunya. Tidak usah takut karena tidak ada yang tidak mungkin, Anda akan berhasil jika memiliki semangat dalam berbisnis dan berani mengambil peluang ini.

  Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares