peluang usaha rumahan bagi pemula

Bedah Berbagai Peluang Usaha Rumahan di Sini

Salah satu peluang bisnis yang banyak dibicarakan dan dianggap memiliki prospek yang bagus saat ini adalah bisnis rumahan. Apalagi ada banyak peluang usaha rumahan yang dapat digeluti.

Tak heran, pasalnya bisnis rumahan tak hanya membutuhkan dana yang tidak terlalu besar, namun juga dapat dikerjakan dari rumah. Lalu, ada peluang usaha rumahan apa saja yang dapat dicoba? Simak di sini.

Usaha Rumahan yang Memiliki Peluang Besar

Ada beberapa peluang usaha rumahan yang akan dibahas di sini yang dapat menjadi alternatif bagi yang ingin berbisnis di rumah.

Total ada lima peluang usaha yang di bahas di sini. Penasaran ada jenis peluang usaha apa saja yang dapat dikerjakan di rumah? Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1.      Katering Rumahan

peluang usaha rumahan online

Peluang usaha yang dapat dikerjakan di rumah yang pertama adalah katering rumahan. Harus diakui kalau kebutuhan makanan menjadi hal utama setiap harinya. Namun, sayangnya tidak semua orang memiliki waktu untuk memasak makanan.

Hal ini kemudian membuat orang terpaksa harus membeli makanan di luar. Padahal biasanya, makanan yang dibeli hanya memiliki pilihan yang mungkin itu-itu saja. Lebih lanjut, persoalan ini ternyata menghadirkan peluang bisnis baru.

Peluang yang dimaksud di sini adalah peruang katering rumahan. Maksudnya adalah katering harian untuk masakan rumahan. Target dari katering ini adalah mahasiswa, pekerja, atau bahkan keluarga yang tidak memiliki waktu untuk memasak namun rindu akan cita rasa masakan rumahan.

Katering ini tidak membutuhkan modal banyak dan juga tidak memerlukan tempat khusus. Pembuatan hidangan katering dapat dilakukan di rumah, lalu pemasarannya dilakukan secara online. Pengiriman juga dapat memanfaatkan jasa ojek online maupun ditangani sendiri.

2.      Jual Makanan Online

artikel peluang usaha rumahan

Peluang usaha rumahan yang selanjutnya adalah berjualan makanan online. Tentu ini berbeda dengan berjualan katering seperti sebelumnya, utamanya dalam hal mekanisme. Berjualan makanan online maksudnya makanan yang meliputi camilan atau makanan jadi dengan sistem daring.

Jika katering mengantarkan makanan sesuai waktu tertentu sesuai kesepakatan, maka menjual makanan online ini mengantarkan makanan hanya ketika pembeli melakukan pesanan. Ada banyak jenis makanan yang dapat dijual secara online.

Asalkan, harus diingat jika saat ini ada banyak kompetitor dengan usaha serupa. Jadi, yang ingin menggeluti bisnis ini harus dapat menemukan model makanan yang dirasa ‘berbeda’ dan dapat bertahan lama. Sesuaikan juga dengan kondisi target pasar bagi makanan tersebut.

3.      Kerajinan Tangan

peluang usaha rumahan bagi pemula

Masih bingung mencari alternatif usaha rumahan yang lain? Ada peluang usaha lainnya yang dapat digeluti dari rumah. Peluang usaha yang dimaksud adalah usaha kerajinan tangan. Ini cocok bagi yang memiliki jiwa kreatif untuk membuat barang-barang unik, cantik, dan menarik.

Modal yang diperlukan untuk bisnis ini juga tak terlalu besar, tergantung pada kerajinan yang akan dibuat. Ada baiknya untuk awalan mulai dari membuat kerajinan dengan sistem pre order. Jadi, pesanan akan dikerjakan ketika ada yang memesan.

Adanya sistem pre order ini lebih aman jika dibandingkan sistem ready stock. Pasalnya, tak ada barang yang memiliki kemungkinan terbuang. Pelaku bisnis ini tinggal menyiapkan beberapa contoh barang untuk ‘portofolio’ agar pemesan tertarik nantinya.

4.      Salon

cara peluang usaha rumahan

Ada peluang usaha rumahan keempat yang dapat dicoba digeluti dari rumah. Usaha ini berhubungan dengan bidang kecantikan, yaitu salon. Tentu sudah banyak yang melihat salon yang memanfaatkan ruangan di dalam rumah sebagai tempatnya.

Ini dapat menjadi peluang usaha yang baik, namun tentu saja dengan modal yang cukup lumayan. Pasalnya, ada beberapa peralatan yang diperlukan untuk mendirikan salon. Selain itu, jangan lupakan pekerja profesional yang diperlukan untuk salon tersebut.

Bagi yang memiliki pengalaman di dunia salon, tak ada salahnya mencoba membuka bisnis ini dengan kemampuan sendiri terlebih dahulu. Kalau memang dirasa perlu, baru merekrut tenaga tambahan untuk membantu kegiatan salon tersebut.

5.      Air Isi Ulang

gambar peluang usaha rumahan

Bisnis rumahan kelima yang memiliki peluang besar adalah air isi ulang. Memang bisnis ini terkesan sepele, namun siapa sangka kalau hasil darinya juga cukup menjanjikan. Apalagi bagi yang tinggal di lingkungan perkotaan di mana air minum biasa menggunakan air kemasan.

Biasanya, ada paket yang ditawarkan untuk yang ingin berbisnis air isi ulang. Namun, harus dipastikan bahwa akses menuju dan dari tempat bisnis ini nantinya cukup untuk jalur lewat truk yang mengangkut air isi ulang tersebut.

Sebelum menjalankan bisnis ini, baiknya pertimbangkan kondisi lingkungan sekitar. Apakah nanti dapat membuat bisnis ini bertahan atau tidak. Pasalnya, kebutuhan air ini sering kali menyesuaikan kondisi dari lingkungan sekitar.

Tips Menemukan Peluang Usaha Rumahan yang Terbaik

Sebelumnya sudah dibahas terkait jenis-jenis peluang usaha rumahan yang memiliki potensi keuntungan yang bagus. Ada beberapa peluang usaha yang memang dapat digeluti di rumah. Hanya saja harus diingat bahwa tidak semua tempat memiliki peluang usaha yang sama.

peluang usaha jajanan rumahan

Lalu, bagaimana menanggapi hal ini? Tentunya diperlukan pemahaman terkait dengan peluang usaha apa yang paling pas dan sesuai dengan kebutuhan lingkungan sekitar. Untuk menemukan peluang usaha yang tepat, lakukan berbagai cara berikut ini.

1.      Amati Kondisi Sekitar

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menemukan peluang bisnis yang tepat adalah dengan mengamati kondisi lingkungan sekitar. Petakan kondisi masyarakat, potensi daerah, bahkan juga kondisi alam. Dari hasil pemetaan itu dapat diketahui ada peluang atau potensi apa saja yang hadir.

2.      Pahami Target Pasar

Langkah mencari peluang usaha rumahan berikutnya adalah dengan memahami target pasar yang akan disasar. Misalkan di daerah industri, peluang target pasar hadir paling banyak dari karyawan. Kebutuhan apa yang karyawan perlukan. Ini kemudian dapat disesuaikan dengan kondisi lingkungan.

3.      Analisa Tren

Ternyata peluang usaha rumahan juga dapat datang dari tren yang hadir di masyarakat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menganalisa dan memahami tren-tren yang ada di masyarakat guna dikembangkan menjadi sebuah usaha.

Hanya saja, pastikan kalau usaha ini dapat bertahan dalam waktu lama, ya.

4.      Sesuaikan Kondisi Lingkungan

Selanjutnya, peluang usaha juga dapat ditemui dengan pengamatan kondisi lingkungan. Misalnya, lingkungan dengan banyak potensi tumbuhnya enceng gondok dapat menjadi salah satu peluang usaha baru di bidang kerajinan tanaman tersebut.

5.      Pertimbangkan Kemampuan

Kemudian, untuk memperoleh peluang usaha rumahan yang tepat, pertimbangkan pula kemampuan yang dimiliki. Tidak hanya kemampuan diri sendiri, namun juga kemampuan sumber daya yang akan menyokong bisnis tersebut.

Misalnya saja Anda memiliki kemampuan yang berhubungan dengan salon seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Kembangkan kemampuan Anda tersebut menjadi usaha salon rumahan.

Namun, bagaimana jika dana tidak mencukupi untuk membuka salon? Siasati hal ini dengan menjadi MUA (makeup artist) panggilan, misalnya.

Ternyata, ada banyak peluang usaha rumahan yang dapat digeluti dengan modal terbatas. Hanya saja, membuka usaha rumahan tidak boleh asal-asalan, sesuaikan pula dengan kondisi lingkungan sekitar. Pastikan usaha yang dimiliki cocok dan mampu berkembang dengan kondisi yang ada.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru