peluang usaha gado gado

Bosan Jadi Pegawai? Yuk, Coba Berbagai Peluang Usaha Paling Menjanjikan Tahun Ini

Dahulu, menjadi pegawai adalah profesi yang banyak diincar oleh para pencari kerja. Namun, seiring perkembangan zaman, tren tersebut berubah. Makin hari, makin banyak orang yang tertarik berbisnis, apalagi banyak sekali peluang usaha yang menjanjikan saat ini.

Jika Anda juga berniat menjadi seorang entrepreneur, pelajari terlebih dahulu beragam jenis usaha yang ada seperti di bawah ini. Dengan demikian, Anda bisa memutuskan usaha yang paling tepat, sesuai minat dan modal yang dimiliki.

Peluang Usaha Makanan dan Minuman

Bisa dibilang, usaha di bidang kuliner tidak pernah mati. Selalu saja ada tren dan inovasi baru yang membuat binis kuliner tetap menjanjikan. Terlebih lagi, banyak alternatif usaha kuliner yang bisa dijalankan seperti berikut ini.

1. Waralaba Kuliner

Menjalankan usaha kuliner melalui sistem waralaba adalah pilihan yang paling mudah dan murah sehingga sangat cocok bagi para pemula. Anda hanya butuh modal untuk membeli lisensi waralaba dan menyewa tempat. Selebihnya disediakan oleh pihak perusahaan.

peluang usaha baru tahun ini

Apa saja yang Anda dapatkan dari sistem waralaba ini? Perusahaan akan memberikan peralatan lengkap untuk menjalankan usaha. Selain itu, perusahaan juga akan menyediakan pelatihan, strategi marketing, sistem bisnis, dan fasilitas lainnya.

2. Warung Angkringan

Kalau dahulu lebih dikenal di kampung-kampung, angkringan kini juga menjadi salah satu tempat favorit untuk menikmati kuliner murah meriah di perkotaan, khususnya pada malam hari. Menu yang disediakan berupa nasi kucing, wedang susu, dan jajanan.

Pada mulanya, angkringan berbentuk pikulan, tetapi kini, orang lebih mengenal angkringan sebagai warung kecil dari gerobak beratap terpal yang didirikan di pinggir jalan. Untuk membuka usaha ini, Anda perlu menyiapkan modal minimal sekitar lima juta rupiah.

3. Jajanan Pasar

Meski diserbu aneka kuliner modern, masih banyak lidah orang Indonesia yang mencintai cita rasa jajanan tradisional. Banyaknya pilihan rasa dan harga murah meriah menjadi daya tarik tersendiri yang membuat peluang usaha jajanan tradisional cukup menjanjikan.

peluang usaha bagi pemula

Dengan modal sekitar satu juta rupiah, Anda sudah bisa memulai usaha ini. Akan lebih baik jika Anda menjual jajanan pasar ini di pagi hari. Untuk tempatnya, Anda  bisa menjualnya di rumah, membawanya ke kantor, atau menitipkannya di toko atau kantin.

4. Gorengan

Banyak yang menganggap makanan yang satu ini tidak sehat, tetapi ternyata gorengan tidak pernah kehilangan penggemar. Itu sebabnya, peluang usaha ini tetap menjanjikan. Untuk memberi nilai plus, lakukan inovasi dengan membuat gorengan sehat dan higienis.

Untuk memulai usaha gorengan, Anda perlu menyiapkan modal awal untuk pengadaan gerobak atau etalase serta peralatan untuk membuat adonan dan untuk menggoreng. Sedangkan, biaya operasional dibutuhkan untuk membeli bahan pembuat gorengan, minyak tanah, dan kemasan.

5. Bisnis Kue Pesanan

Bisnis kue berdasarkan pesanan juga menarik dicoba. Memang dibutuhkan keterampilan membuat aneka kue untuk menjalankannya. Namun jika tidak, Anda juga bisa bekerja sama dengan ibu, saudara, atau teman yang memiliki keahlian membuat kue.

peluang usaha contoh

Dalam kerja sama ini, Anda dan rekan bisa berbagai tugas. Rekan yang jago memasak bertugas membuat kue pesanan, sedangkan Anda bertanggung jawab untuk masalah modal dan promosi. Untuk mendapatkan pesanan, manfaatkan media sosial untuk berpromosi.

6. Street Food

Bisnis yang satu ini tampaknya masih belum terlalu populer. Artinya, peluang usaha street food masih sangat menjanjikan karena minim pesaing sehingga layak dipertimbangkan. Modal utama untuk memulainya adalah Anda harus memiliki (atau menyewa) mobil jenis SUV.

Meski kelihatannya butuh modal besar, sebenarnya bisnis street food justru lebih murah dibandingkan jika menyewa tempat. Anda juga bisa menghemat dengan menggunakan tenda, tetapi penggunaan mobil membuat bisnis lebih berkelas dan harga bisa dipasang lebih tinggi.

peluang usaha fried chicken

Pilihlah jenis makanan dan minuman yang praktis dan mengikuti tren kekinian. Contohnya adalah sosis telur, martabak bolu, piza, takoyaki, aneka kopi, thai tea, dan lain-lain. Untuk kelancaran bisnis, Anda membutuhkan mesin-mesin pembuat makanan dan mesin kemasan.

Peluang Usaha Online

Bagi Anda yang lebih nyaman bekerja tanpa harus meninggalkan rumah, ada banyak peluang usaha online yang bisa dijalankan. Modal yang dibutuhkan hanyalah gawai, koneksi internet, akun media sosial, serta barang atau keahlian yang dimiliki jika Anda menawarkan jasa.

1. Membuka Toko Online

Inilah cara yang termudah dan paling populer untuk menjalankan bisnis online. Toko online bisa Anda buat dalam bentuk akun di media sosial, website, aplikasi, atau lainnya. Lewat toko online ini, Anda bisa menawarkan produk atau jasa apa pun yang paling sesuai.

peluang usaha dagang

Untuk berjualan secara online, Anda tidak harus memproduksi sendiri barang yang dijual. Carilah produsen atau supplier dan daftarkan diri sebagai dropshipper. Cara ini sangat menghemat modal dan tenaga karena Anda tidak perlu menyetok dan mengirim barang.

2. Jasa Titip (Jastip)

Selain melalui toko online, kini ada tren baru dalam cara berbelanja, yaitu melalui jasa titip. Manfaatkan peluang ini dengan menawarkan jasa untuk membelikan barang kebutuhan konsumen yang kebetulan ada di kota tempat Anda tinggal.

Usaha ini sangat mudah dijalankan. Anda hanya perlu rajin mendatangi mal yang menjual barang-barang unik atau sedang mengadakan promo, lalu mengunggah fotonya di media sosial. Keuntungan yang Anda dapat berasal dari biaya jasa titip yang harus dibayar pelanggan.

3. Admin Online

Para pemilik bisnis online yang sudah cukup besar sering kali kewalahan untuk menangani semua urusan terkait bisnisnya. Nah, hal ini merupakan peluang usaha yang patut dilirik, terutama bagi Anda yang memiliki kecakapan dalam berkomunikasi dan teliti menginput data.

peluang usaha di bali

Tugas seorang admin online misalnya mengunggah foto produk, menjawab pertanyaan dan mengatasi keluhan pelanggan, serta menangani administrasi data. Sama seperti pekerja kantoran, admin online juga dibayar dengan sistem gaji berdasarkan jam kerja yang jelas.

4. Menjadi Influencer

Endorse dan review kini menjadi tren baru dalam dunia marketing. Pihak penjual memberikan produk secara gratis kepada orang yang memiliki banyak follower untuk diiklankan di akun media sosial mereka. Cara ini diyakini bisa menaikkan tingkat kepercayaan konsumen.

peluang usaha franchise modal kecil

Bukan hanya artis atau tokoh populer yang bisa memanfaatkan peluang usaha ini. Anda yang aktif di media sosial dan memiliki banyak follower pun bisa menjadi seorang influencer. Sebagai pemula, berikan jasa endorse atau review gratis. Setelah itu, barulah tetapkan tarif yang sesuai.

5. Jasa Kursus Online

Anda punya keahlian khusus yang dibutuhkan banyak orang? Jadikan keahlian tersebut sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Caranya adalah dengan menjual jasa kursus secara online dengan memanfaatkan teknologi Webinar.

Teknologi Webinar memungkinkan Anda memberikan kursus seperti layaknya kelas offline. Meski berbeda tempat, Anda dan peserta kursus bisa berinteraksi secara langsung sehingga tanya-jawab tetap dapat dilakukan secara real time.

6. Jasa Pembayaran

Banyak orang malas mengurus pembayaran untuk mendapatkan layanan musik dan video atau membayar keanggotaan di situs luar negeri. Alasannya bisa beragam, mulai dari keterbatasan waktu hingga kekhawatiran akan keamanan transaksi yang dilakukan di dunia maya.

peluang usaha harian

Hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai sebuah peluang usaha yang cukup menguntungkan tanpa membutuhkan modal sedikit pun. Anda cukup memanfaatkan kartu kredit untuk membuka jasa pembayaran online dengan menetapkan tarif sekian persen dari biaya yang harus dibayar.

7. Tiket Online

Peluang usaha ini cocok bagi Anda yang memiliki hobi traveling karena lebih memahami seluk-beluk ticketing dan promosi maskapai. Anda bisa mulai menawarkan jasa ini kepada keluarga dan rekan kerja. Untuk memperluas jangkauan, manfaatkan juga akun media sosial Anda.

Jangan membayangkan sebuah travel agent yang tentunya membutuhkan modal besar. Dengan gawai di tangan, usaha penjualan tiket online sudah bisa Anda kelola. Sebagai langkah awal, lakukan registrasi pada maskapai transportasi yang paling tepat.

8. Jasa Desain Logo

Memiliki keahlian mengoperasikan Photoshop, Corel Draw, atau program lainnya adalah modal yang sangat berguna untuk membuka usaha jasa desain logo. Tentu saja, keahlian ini perlu dilengkapi juga dengan kreativitas dan cita rasa seni.

peluang usaha internet

Jasa desain logo ini memiliki prospek yang sangat baik. Mengapa? Dengan makin digandrunginya sektor wirausaha, akan selalu ada pelaku usaha baru bermunculan. Baik produsen barang, penyedia jasa, maupun toko online, semuanya membutuhkan logo bisnis.

9. Jasa Polaroid Frame

Memiliki foto yang unik dan berkesan vintage kini juga sedang menjadi tren, khususnya di kalangan pengguna media sosial Instagram. Foto semacam ini hanya bisa dihasilkan dengan menggunakan kamera Polaroid.

Sayangnya, harga kamera ini cukup mahal. Anda bisa mengubah kendala menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Tawarkan jasa edit foto dengan template frame khusus sehingga tampak seperti foto Polaroid. Hasilnya bisa diberikan dalam bentuk cetak maupun soft file.

Peluang Usaha Rumahan

Memanfaatkan rumah untuk menjalankan usaha menjadi salah satu alternatif menarik yang patut dicoba. Berikut ini beberapa contoh peluang usaha yang dijalankan secara offline dengan memanfaatkan ruangan di rumah, meskipun pemasarannya bisa dilakukan secara online.

1. Les Privat

Jenis usaha ini sebetulnya bukan hal baru. Peluang usaha berupa les privat di rumah sudah ada sejak lama. Modal yang dibutuhkan hanya untuk pengadaan papan tulis, spidol, modul, dan tentu saja keahlian Anda dalam bidang yang diajarkan.

peluang usaha hijab

Jika tersedia ruang yang cukup luas, Anda bisa mengembangkan les privat ini lebih besar lagi dengan membuka sistem kelas. Untuk keperluan ini, tentu diperlukan modal tambahan untuk menyediakan kursi belajar dan perlengkapan tambahan lainnya, seperti dispenser air minum.

2. Jasa Laundry

Usaha jasa laundry sangat menguntungkan. Dengan modal peralatan berupa mesin cuci, sabun, pewangi, dan setrika, hasil yang didapatkan dari peluang usaha ini sangat menggiurkan. Terlebih lagi jika lokasi rumah Anda berada di kawasan permukiman karyawan atau mahasiswa.

Besarnya usaha laundry bisa Anda tentukan berdasarkan ketersediaan ruangan dan modal yang dimiliki. Jika modal terbatas, mulailah dengan membuka laundry kiloan dengan tarif ekonomis. Kelak di kemudian hari, Anda bisa mengembangkan bisnis ini ke skala yang lebih besar lagi.

3. Cuci Steam Motor

peluang usaha go car

Tidak semua orang cukup rajin untuk mencuci motornya sendiri. Itu sebabnya, usaha jasa cuci steam motor masih sangat prospektif. Anda bisa memanfaatkan carport dan halaman rumah untuk menjalankan usaha ini dan membayar tenaga tukang cuci motor.

4. Warung Kopi

Kopi adalah minuman yang sangat populer di Indonesia. Membuka warung kopi di rumah sangat menarik untuk dijadikan sumber pendapatan. Untuk lebih menarik pembeli, sediakan juga menu pendamping yang disukai banyak orang dan harganya terjangkau.

Usaha warung kopi rumahan ini tidak membutuhkan modal besar karena Anda tidak perlu menyewa tempat. Anda hanya perlu menyediakan kursi, meja, dan peralatan untuk membuat dan menyajikan kopi. Jangan lupa, ciptakan suasana senyaman mungkin bagi pengunjung.

5. Bisnis Produk Handmade

Jangan sia-siakan bakat dan keahlian yang Anda miliki, seperti melukis, merajut, atau menjahit. Keterampilan-keterampilan tersebut adalah modal yang sangat penting untuk memulai usaha. Agar produk Anda lebih dikenal, manfaatkan media sosial sebagai tempat berpromosi.

peluang usaha gado gado

Jika modal yang dimiliki terbatas, Anda bisa memulai usaha kerajinan ini berdasarkan pesanan saja. Namun, tentu saja Anda harus membuat minimal satu buah produk dari setiap jenis yang akan dibuat sebagai contoh bagi calon pemesan dan buatlah foto yang menarik.

5. Usaha Katering

Anda yang jago memasak bisa membuka bisnis katering. Bahkan, jika tidak pun, Anda bisa menggaji orang lain untuk memasak. Berawal dari katering rumahan, bukan tidak mungkin usaha Anda berkembang makin besar sehingga bisa melayani pesta pernikahan dan sejenisnya.

Mulailah usaha ini dari skala kecil. Anda bisa memulainya dengan menawarkan jasa katering kepada tetangga sekitar atau rekan-rekan di kantor. Untuk meyakinkan calon pelanggan, tak ada salahnya Anda membuat tester.

6. Bisnis Bubur Bayi Organik

Banyak ibu yang ingin memberikan asupan terbaik bagi bayinya, tetapi terkendala waktu karena harus bekerja. Fakta ini merupakan peluang usaha yang bisa dimanfaatkan. Selain membantu para orang tua, bisnis bubur bayi organik juga bisa mendatangkan keuntungan lumayan.

peluang usaha cilok

Bisnis ini lebih cocok untuk Anda yang tinggal di kota karena masyarakatnya memiliki kesadaran lebih tinggi tentang pentingnya makanan sehat untuk bayi. Agar dapat bersaing, rajin-rajinlah mencoba aneka resep dan melakukan eksperimen dengan menu-menu baru.

7. Toko Sembako

Semua orang membutuhkan bahan pokok dalam kehidupannya sehari-hari. Itu sebabnya, membuka toko sembako menjadi salah satu pilihan usaha yang menarik. Dengan memanfaatkan ruangan di bagian depan rumah, Anda bisa meraup keuntungan yang tidak kecil.

Sebelum memulai usaha ini, persiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan, seperti buku dan alat tulis, kalkulator, kotak penyimpan uang, timbangan, kantung plastik, dan lainnya. Siapkan pula barang dengan jenis yang cukup lengkap serta tentukan harga yang paling kompetitif.

peluang usaha jajanan

Peluang usaha toko sembako cukup bisa diandalkan karena tidak mengenal musim. Sebagai pemula, Anda tidak perlu membuka toko besar, mulailah dengan skala kecil. Sambil berjalan, Anda bisa mengembangkan toko agar lebih besar.

8. Pulsa Elektrik

Bukan hanya untuk berkomunikasi, peran gawai saat ini juga sangat penting karena banyak orang yang merasa harus terkoneksi dengan internet setiap saat. Oleh karena itu, usaha penjualan pulsa elektrik akan selalu menjadi bisnis yang menarik dan menguntungkan.

Apa yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha ini? Pertama, daftarkan diri Anda pada agen besar supaya keuntungan yang didapat juga lebih besar. Selanjutnya, lakukan pembayaran deposit sesuai ketentuan untuk mendapatkan sejumlah pulsa yang bisa dijual.

peluang usaha kreatif

Nah, demikianlah ulasan mengenai peluang usaha dari berbagai macam bidang. Contoh-contoh di atas tentunya baru sebagian saja dari begitu banyak peluang yang ada. Semoga tulisan ini bisa menjadi acuan bagi Anda yang sedang berpikir untuk mulai merintis bisnis.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru