Bisnis Air Minum dalam Kemasan

Minuman kemasan merupakan salah satu macam minuman favorit untuk banyak orang, terutama anak kecil. Iklan produk minuman kemasan ini hampir setiap hari kita temukan di media massa. Selain mudah untuk didapatkan di pasaran, minuman kemasan ini juga memiliki aneka pilihan rasa dan kandungan gizi.

Minuman kemasan ini juga mudah dibawa berpergian atau bekal sekolah anak. Hal itu dikarenakan bungkusnya yang bisa langsung dibuang begitu isinya habis. Macam-macam minuman kemasan yang sering kali ditemukan di pasaran kebanyakan dikemas menggunakan kaleng, botol, kardus minuman, dan plastik.

Jenisnya dapat berupa jus buah-buahan, susu, teh, yoghurt, soda, sirup, minuman berenergi dan lain-lain. Macam-macam tersebut tersedia hampir untuk seluruh kalangan, mulai dari untuk anak-anak hingga untuk orang tua yang telah lanjut usia.

Perhitungan Bisnis Air Minum dalam Kemasan

Bisnis minuman kemasan adalah jenis usaha yang begitu menggiurkan. Karena tergolong jenis bisnis kuliner, bisnis minuman kemasan tidak akan pernah kehabisan konsumen. Hal tersebut dikarenakan oleh faktor konsumen yang selalu memerlukan minuman.

Sekarang ini bisnis minuman dalam kemasan mulai dikuasai oleh perusahaan berskala besar. Tentunya kita sering melihat berbagai macam brand minuman kemasan dengan jenis dan rasa yang beragam di mall. Contohnya seperti susu rasa vanila, cokelat, stroberi, dan lain-lain.

Lalu dapatkah kita memulai bisnis minuman kemasan ini dengan skala rumahan yang tak memerlukan modal besar? Tentu saja bisa, terlebih lagi saat ini peluang usaha dalam hal ini sedang cukup besar karena dilihat dari sisi kepraktisannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Dapat kita lihat bahwa mulai banyak juga orang yang sudah menjalankan bisnis ini, tak jarang banyak pula yang akhirnya menggapai kesuksesan, seperti mengemas minuman yoghurt dalam cup, jus buah, dan semacamnya. Produk mereka cukup diminati oleh para pembeli walaupun skalanya tak tersebar secara luas seperti produk dari industri ternama.

Cara Menjalankan Bisnis Air Minum dalam Kemasan

Bagaimana? Apakah Anda tertarik dengan bisnis minuman dalam kemasan? Bila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis minuman kemasan ini, berikut ini ada 5 poin penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis minuman kemasan.

1. Buatlah Produk Berkualitas

Produk berkualitas dan aman dikonsumsi adalah syarat wajib yang paling utama. Anda tidak boleh menurunkan kualitas minuman kemasan hanya demi harga yang murah. Tentu saja hal tersebut disebabkan oleh kualitas produk bertanggung jawab untuk kesehatan konsumen. Ciri produk berkualitas antara lain sebagai berikut:

a) Awet Namun Sehat

Minuman kemasan yang telah kecut artinya sudah basi dan tak sehat lagi. Jika Anda bingung dengan pengawet yang sesuai dengan minuman Anda, Anda bisa mencoba untuk bertanya kepada mahasiswa teknologi pangan atau mengunjungi BPOM setempat.

b) Kemasan Tidak Menggelembung

Kemasan yang sudah menggelembung juga artinya mencirikan bahwa minuman tersebut sudah tak layak untuk diminum lagi. Minuman tersebut sudah mengandung bakteri yang tidak baik bagi kesehatan. Bakteri itu pula yang mengakibatkan kadar gas memenuhi kemasan sehingga mengakibatkan kemasan menggelembung.

2. Buat Kemasan yang Menarik

Bungkus yang unik akan sangat menarik perhatian para pembeli. Desain mesti menarik perhatian serta mudah diingat oleh para pembeli. Jika Anda kerepotan atau tidak bisa mendesain, Anda dapat menyewa jasa desainer grafis untuk mendesainnya.

3. Kemasan yang Pas dan Sesuai

Ukuran kemasan seharusnya sesuai dengan banyaknya isi minuman yang akan kita tawarkan. Kemasan ada baiknya jangan menggunakan ukuran terlalu besar dan tidak terlalu kecil pula. Siapkan kemasan seimbang supaya tak ada kesan terlalu mahal di benak calon pembeli.

4. Titipkan ke Kantin Sekolah dan Warung

Kantin dan warung dapat dijadikan strategi yang baik dalam pemasaran. Hal ini disebabkan kantin sekolah serta warung telah mempunyai pelanggan tetap mereka. Yang perlu kita lakukan adalah bernegosiasi masalah harga dengan mereka. Setelah itu, keuntungan akan selalu mengalir seiring dengan larisnya penjualan.

5. Promosi Bisnis Air Minum dalam Kemasan

Anda bisa melakukan promosi baik secara offline ataupun online. Walaupun pada dasarnya kedua strategi promosi tersebut cukup penting, tapi jika Anda hanya melakukan salah satu di antaranya pun bukan masalah. Namun, akan lebih sempurna jika menggunakan keduanya sebagai sarana promosi produk minuman kemasan yang Anda jual.

a) Promosi Secara Offline

Promosi secara offline merupakan cara melakukan promosi yang dikerjakan secara langsung di kehidupan nyata. Anda dapat menawarkan produk Anda langsung kepada masyarakat. Selain itu, masih ada lagi teknik lain yang dapat Anda lakukan dalam rangka promosi secara offline.

b) Promosi Secara Online

Promosi secara online dapat dilakukan dengan menggunakan iklan-iklan yang terdapat di internet. Misalnya seperti facebook ads, adwords, instagram ads, dan sebagainya. Anda juga dapat beriklan dengan menitipkan status kepada pengguna sosial media seperti instagram atau twitter yang memiliki pengikut yang begitu banyak.

Cara lainnya untuk melakukan promosi online yaitu dengan memanfaatkan reseller. Mereka akan menjadi orang kedua yang akan mempromosikan minuman kemasan yang kita tawarkan. Dengan adanya reseller, produk yang kita jual akan semakin banyak mendapatkan pembeli.

Seperti itulah kurang lebih informasi seputar bisnis minuman dalam kemasan. Bila Anda tertarik untuk menekuni dan melakukan perhitungan bisnis air minum dalam kemasan ini, Anda dapat memulainya dari sekarang juga, entah itu sebagai usaha utama ataupun usaha sampingan Anda.