Perkembangan janin

Perkembangan Janin Dari Minggu Pertama Sampai Hari Kelahiran

Pembentukan Janin Dari Minggu Pertama Sampai Hari Kelahiran

AQIQAH JOGJA – Pada kesempatan kali ini penulis ingin memaparkan perihal perkembangan janin yang sejatinya membutuhkan tulisan yang sangat panjang apalagi proses pembentukan janin melalui tahapan – tahapan khusus yang menakjubkan tentu pembahasan secara detail bukanlah disini tempatnya. OLeh karena itulah agar anda bisa memiliki gambaran yang jelas namun tidak bertele-tele tulisan kali ini akan penulis padatkan secara garis besar tentang pembentukan janin dari minggu pertama sampai kelahiran.

Janin di rahim sangat ajaib, untuk mempelajari proses ini, Anda bisa merujuk ke informasi di bawah ini.

Pembentukan janin dari minggu pertama sampai hari kelahiran

Perkembangan janin Trimester pertama

Pada 2 minggu pertama kehamilan, hampir tidak ada yang terjadi jika tidak ada pembuahan. Bayi Anda hanyalah telur matang yang telah jatuh dan masih di indung telur. Jika sperma bertemu dengan telur, proses pemupukan telah terjadi, ini semua telah berubah. Pada titik ini, sel pemisah membentuk zigot.

Perkembangan Janin usia 3 – 4 minggu

Pada minggu ketiga, zigot membagi sel dengan cepat, bergerak dari ovarium ke rahim. Pada akhir pekan akan ada “implantasi”: semak-semak di bawah lapisan rahim yang subur dan kemudian ditanam di sana.

Pada minggu keempat, bayinya disebut embrio, seukuran biji opium. Embrio terdiri dari 3 lapisan yang berbeda:

  • Lapisan atas adalah tabung saraf yang mulai tumbuh – inilah otak, sumsum tulang belakang, sumsum tulang belakang dan saraf bayi kemudian.
  • Lapisan tengah adalah sistem jantung dan peredaran darah.
  • Berbaring di organ yang sama dengan usus, paru-paru, sistem saluran kemih, …
  • Plasenta dan tali pusar tumbuh dan mulai berfungsi dengan baik – ini adalah untuk memberi nutrisi, oksigen dan menghilangkan limbah ke janin.
  • Tanda-tanda kehamilan akan muncul dan Anda mungkin menyadarinya dengan jelas.

Perkembangan Janin usia 5 Minggu

Bayi itu seukuran biji wijen, sekitar 2,5 mm. Kehamilan dibagi ke dalam ruang yang berbeda.

Jejak saraf kecil dan tulang belakang terbentuk – sumsum tulang belakang di masa depan, bersama dengan kepala yang menonjol – otak masa depan. Pembuluh darah mulai tumbuh dengan cepat.

Perkembangan Janin usia 6 minggu

Ukuran bayi sekarang sekitar 4mm, setara dengan miju-miju. Jantung bengkak, jantung bisa mengalahkan 150 denyut per menit, menggandakan detak jantung Anda. Kepala membesar, beberapa fitur wajah terbentuk: bintik hitam (lateral eyes), lubang kecil (lubang hidung) dan gigi berlubang di kedua sisi (telinga). Otot dan tulang mulai berkembang, seiring dengan kelenjar pituitari – yang menghasilkan hormon kemudian. Lengan dan kaki bayi Anda akan terlihat seperti kuncup yang menonjol dari embrio.

Perkembangan Janin usia 7 minggu

 

Ukuran bayi sekitar 1,25cm, setara dengan blueberry. Jari kaki akan muncul dan bisa bergerak seperti dendeng. Sementara itu, hati akan menghasilkan sel darah sampai sumsum tulang terbentuk dan mengambil alih peran ini. Telinga, gigi, mulut akan tumbuh sangat cepat. Kulit bayi belum terbentuk, sehingga terlihat seperti selembar kertas transparan, organ dan pembuluh darah yang terlihat. Ekor embrio menyusut.

Perkembangan Janin usia 8 minggu

Bayi itu panjangnya sekitar 1,6 cm. Ekor embrio berangsur-angsur menghilang. Bagian menjadi jelas dan bergerak ke arah yang benar. Neuron di otak bayi Anda sekarang akan mulai bercabang dan terhubung satu sama lain – dimulai dengan senar saraf. Tangan, kaki akan tampak lebih jelas. Mata dan kelopak mata menjadi lebih jelas, lebih menonjol. Lidah terbentuk.

Perkembangan Janin usia 9 minggu

Bayi panjangnya sekitar 2,3 cm, beratnya kurang dari 2g. Telinga, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan mata individu akan terbentuk. Lengan mulai tumbuh lagi, jemari jari kaki menjadi lebih jernih. Organ genital akan terbentuk dan berkembang. Plasenta berkembang sangat cepat, berkinerja baik dalam fungsinya, dan juga menghasilkan hormon yang dibutuhkan tubuh.

Perkembangan janin 10 minggu

Kelopak mata mulai menutup, mereka tidak akan terbuka sampai minggu ke 26. Bayi berangsur-angsur menyerupai sosok manusia, kini secara resmi menjadi janin. Ukuran dari minggu ini akan diukur dari kepala sampai pantat. Minggu ke 10, bayi sekitar 3,1 cm, beratnya kurang dari 4g. Pada titik ini, bayi secara aktif menelan cairan amnion dan menggoyang-goyangkan lengan dan kakinya. Sampai saat ini, sebagian besar organ dalam bayi: otak, paru-paru, usus, hati dan ginjal, terbentuk sempurna dan mulai berfungsi dengan baik. Kepala masih cukup besar, sekitar 1/2 ukuran bodi. Kuku, jari kaki dan lapisan bawah akan terbentuk. Saraf yang tumpah dari sumsum tulang belakang menjadi lebih terasa.

Pembentukan janin berusia 11 minggu

Bayi panjangnya sekitar 4cm. Jari kaki dipisahkan, selaputnya perlahan menghilang. Bayi terus menggoyang dan meregangkan kaki yang sangat aktif. Ekornya hampir lenyap sama sekali.

Perkembangan janin berusia 12 minggu

Bayi panjangnya sekitar 5,4 cm; Beratnya kurang dari 14g. Refleksi terbentuk dan berlangsung cukup kuat. Misalnya, bayi Anda akan bereaksi – bergerak saat Anda menyentuh perutnya. Jumlah neuron dan hubungan di antara keduanya meningkat secara dramatis. Mata bergerak mendekat. Hati akan mulai menghasilkan empedu, dan ginjal akan mulai memproduksi urine dan masuk ke dalam kandung kemih.

Perkembangan janin 13 minggu

 

Saat ini bayinya sekitar 6,7 cm, beratnya hampir 23 g, setara dengan kacang polong. Tindakan mengoceh bisa dilihat dengan jelas. Jika bayi perempuan, indung telur bayi sekarang akan memiliki sekitar 2 juta telur, saat lahir dikurangi menjadi setengahnya.

Perkembangan janin Trimester ke 2 Kehamilan

Janin usia 14 minggu

Saat ini bayinya sekitar 8 cm, beratnya 49g. Tubuh bayi tumbuh lebih cepat dan lebih seimbang. Lipatan tipis dan halus dari tubuh, alis dan rambut mulai terbentuk. Beberapa ekspresi wajah mungkin tampak lebih awal seperti mengerutkan kening, berkerut, dan menyipitkan mata.  Ginjal mulai memproduksi air kencing dan kehabisan cairan amnion di sekitar tubuh bayi.

Perkembangan janin berumur 15 minggu

Minggu ini, bayi itu panjangnya sekitar 9cm; Beratnya sekitar 70g. Bayi mulai terisak, bersiap bernafas. Kaki mulai tumbuh lebih panjang dari pada tangan. Bayi bisa bergerak dengan mudah dengan sendi tungkai. Alat kelamin terbentuk hampir seluruhnya, saat ultrasound bisa mendeteksi jenis kelamin bayi.

Perkembangan janin – janin 16 minggu

Panjang bayi sekitar 10cm, beratnya sekitar 100g, setara dengan alpukat.Bayi bisa memegang dan memainkan tali pusar sebagai mainan. Sistem peredaran darah dan saluran kencing cukup lancar. Paru-paru tumbuh, bayi bisa bernapas dalam cairan amnion.

Perkembangan janin 17 minggu

Bayi itu panjangnya sekitar 11cm, beratnya 140g. Tulang bayi masih cukup fleksibel. Selubung myelin telah muncul, dikelilingi serabut saraf. Kelenjar keringat berkembang di seluruh tubuh. Tali pusar lebih besar dan lebih tebal.

Perkembangan janin 18 minggu

Janin minggu ini panjangnya sekitar 12cm, beratnya 190g. Saat bernafas, dada bayi akan bergerak naik turun dengan cukup jelas. Pembuluh darah masih terlihat di bawah kulit. Telinga bergerak ke posisi tetap terakhir. Jika Anda memiliki bayi perempuan, vagina, tuba falopi dan rahim (rahim) mulai tumbuh cukup kencang.

Perkembangan janin 19 minggu

Minggu ini, bayinya sekitar 14,2 cm; berat 240g. Bayi akan terus menelan cairan amnion dan menghasilkan urine. Rambut tumbuh cukup kuat di kepala. Indera berkembang pada tingkat tertinggi. Tingkat pertumbuhan neuron tidak begitu besar seperti sebelumnya tapi sampai sekarang, sel lebih besar dan membuat koneksi kompleks. Anda bisa merasakan gerakan bayi di perut.

 

Perkembangan janin 20 minggu

Awal pekan ini, pengukuran akan dilakukan dari tumit ke atas kepala. Minggu ke 20, bayi itu panjangnya sekitar 26cm dan terus bertambah berat badan dengan sangat cepat. Seluruh tubuh akan ditutupi dengan lapisan putih dan halus Vernix. Ini membantu melindungi kulit bayi Anda dari cairan amnion. Bayi terus menelan cairan ketuban untuk mengembangkan sistem pencernaan. Tubuh bayi akan menyerap air dan menyimpan beberapa zat lengket di usus – ini adalah lendir.

Perkembangan janin 21 minggu

Minggu ini, bayinya akan panjang sekitar 27cm dan beratnya sekitar 360g. Alis mata dan kelopak mata sepenuhnya berkembang. Terkadang, bayi akan berkedip. Jika Anda memiliki bayi, testikel akan turun dari panggul ke arah skrotum.

Perkembangan janin berusia 22 minggu

Pada saat ini, bayi akan memiliki panjang sekitar 28cm dan beratnya sekitar 430g. Janin sekarang terlihat seperti bayi yang baru lahir, namun tetap sangat kurus karena kekurangan lemak. Kulit bayi Anda terlihat keriput dan masih sedikit jernih. Pankreas berkembang dengan mantap. Kuncup kecil mulai tumbuh di dekat gusi bayi.

Pembentukan janin  23 minggu

Minggu ini, bayinya sekitar 29cm dan beratnya sekitar 500g. Pendengaran bayi Anda semakin membaik. Bayi bisa meniru suara yang berbeda seperti suara ibu, detak jantung, gerakan perut, …

Perkembangan janin 24 minggu

Minggu ini, panjangnya sekitar 30cm dan beratnya sekitar 600g. Otak terus berkembang pesat. Sidik jari dan jejak kaki sedang terbentuk. Surfaktan diproduksi untuk membantu mengobarkan kantung udara saat lahir.

Perkembangan janin 25 minggu

Minggu ini, bayi itu panjangnya sekitar 35cm, beratnya sekitar 660g. Lemak berangsur-angsur terbentuk lebih sehingga kulit bayi akan terlihat kurang berkerut. Indra terus tumbuh, jika Anda menyalakan cahaya di perut, bayi akan melihat ke atas dan bergerak ke arah itu.

Pembentukan janin 26 minggu

Minggu ini, bayi itu panjangnya sekitar 36cm, beratnya sekitar 760g. Pada titik ini, bayi akan perlahan membuka matanya dan mengetahui ceritanya.

Perkembangan janin 27 minggu

Pada minggu ke 27, bayi itu panjangnya sekitar 37cm dan beratnya 870cm. Bangun tidur bayi secara bertahap menjadi teratur dengan mata terbuka dan tertutup. Bayi bisa atau menghisap jempolnya. Beberapa jaringan di otak berkembang dan bayi akan mulai bermimpi.

Perkembangan dan pembentukan janin Trimester ketiga.

Perkembangan bayi 28 minggu

Minggu ini, bayinya panjangnya sekitar 38cm, beratnya hampir 1kg. Bulu mata yang panjang dan panjang bisa berkedip dengan gerakan mata. Tulangnya masih cukup lembut.

Perkembangan janin 29 minggu

Pada minggu ke 29, bayinya panjangnya sekitar 39cm, beratnya lebih dari 1kg. Rambut bayi tumbuh banyak. Jika Anda memiliki bayi perempuan, klitoris akan menjadi jelas terlihat. Kepala bayi tumbuh, tapi tubuh tumbuh lebih cepat, lebih lama untuk dilihat.

Perkembangan janin berumur 30 minggu

Minggu ini, bayi itu panjangnya sekitar 40cm, beratnya 1.3kg. Paru-paru dan saluran pencernaan terus berkembang. Bayi akan bereaksi berbeda saat ibu berada dalam kegelapan dan keluar di pagi hari.

Perkembangan bayi 31 minggu

Bayi itu panjangnya sekitar 41cm, beratnya sekitar 1.5kg. Tubuh bayi terus membentuk lemak, tampilan bayi sekarang cukup gemuk. Bayi cenderung bergerak bebas di rahim daripada sebelumnya.

Perkembangan janin 32 minggu

Minggu ini, bayi itu panjangnya sekitar 42cm dan beratnya sekitar 1.7kg. Kulit bayi Anda halus karena lemak diendapkan di bawah kulit. Bayi Anda akan terus menghirup dan menelan cairan amnion.

Perkembangan janin berusia 33 minggu

Minggu ini, bayinya panjangnya sekitar 44cm, beratnya sekitar 2kg. Beberapa bayi mengetahui kepala mereka dengan baik di panggul untuk mempersiapkan kelahiran. Tulang-tulang di tubuh secara bertahap menjadi kaku, kecuali tengkorak.

Perkembangan janin 34 minggu

Minggu ini, bayinya panjangnya sekitar 45cm, beratnya sekitar 2.2kg. Bayi dapat mendengarkan Anda dan mengingat suara Anda. Lemak terus berkembang di bawah kulit, lemak ini membantu menjaga agar tubuh tetap panas dan berenergi untuk semua aktivitas.

Perkembangan janin 35 minggu

Minggu ini, bayinya panjangnya sekitar 46cm dan beratnya sekitar 2,4kg. Kuku, kuku kaki sudah selesai. Ginjal telah tumbuh hampir seluruhnya. Hati bayi Anda memiliki kemampuan untuk menghasilkan beberapa limbah.

Perkembangan bayi 36 minggu

Minggu ini, panjang bayi sekitar 47cm dan beratnya sekitar 2.7kg. Beberapa bayi lahir prematur. Jika bayi lahir minggu ini, masih dianggap istilah penuh.

Perkembangan janin 37 minggu

Minggu ini, panjang bayi sekitar 48cm dan beratnya sekitar 2.8kg. Beberapa bulu mulai jatuh dengan lapisan vernix. Bayi akan menelan mereka dengan cairan amnion tapi tidak peduli apa, mereka akan tetap berada di usus dan menjadi mekonium.

Perkembangan janin berumur 38 minggu

Bayi itu panjangnya sekitar 48-50cm, dengan berat 2,8-3,4 kg. Bagiannya hampir lengkap, kecuali paru-paru dan otak. Mereka akan terus tumbuh sepanjang masa kecil. Meski mata janin sudah jernih, bisa berubah setelah lahir.

Perkembangan janin 39 minggu

Minggu ini, bayinya akan berusia sekitar 50-52cm, dengan berat 2,9-3,6kg. Karena ruangnya menyusut sehingga anak akan kurang menendang, menginjak; Kaki akan menyusut, tidak peregangan seperti sebelumnya. Sebagian besar waktu (sekitar 95%), bayi kembali ke serviks mereka, tubuh tegak atau miring. Bayi bisa terlahir kapanpun minggu ini.

Perkembangan janin 40 minggu

Panjang bayi Anda sekitar 50 – 53 cm, Bayi akan terus menyerap nutrisi dari ibu dan menambah berat badan sampai akhir.Ini adalah minggu dimana bayi tersebut diperkirakan akan lahir.

Nah, ayah dan bunda.. setelah si kecil lahir rawatlah ia dengan sebaik – baiknya  karena ini adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa untuk melengkapi kebahagiaan bunda dan keluarga besarnya. Jangan lupa rencanakan acara syukuran buah hati anda sebelumnya dengan menggali seputar informasi ibadah aqiqah karena acara ini adalah salah satu ajaran dalam agama Islam yang sangat diperintahkan. Apabila bunda berdomisili di kota Bogor bunda bisa mencari informasi seputar layanan aqiqah bogor apalagi saat ini semua informasi bisa bunda dapatkan melalui situs aqiqah online sehingga bunda tidak perlu kemana – mana lagi cukup dengan menggunakan ponsel di tangan anda dan juga bunda bisa update informasi perlengkapan bayi di situs baby luna.

Salah satu situs aqiqah yang sudah menerapkan system online ini adalah balqis aqiqah Jakarta yang siap menjadi wadah tanya jawab akan serba – serbi pelaksanaan ibadah aqiqah anda sehingga dapat terlaksana dengan baik dan barokah. Aamiin.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru