Pisang – Manfaat, Jenis, dan Informasi Penting Lainnya

Pisang, adalah nama yang biasa diberikan kepada tumbuhan raksasa berdauh besar, memanjang dari suku Musaceae. Buah ini tumbuh bersusun atau tandan, dengan pisang tersusun seperti menjari atau biasa disebut sisir. Ketika matang, semua buah pisang akan berubah warna nya menjadi kuning. Walaupun begitu, ada buah pisang yang berwarna hijau, ungu atau bahkan hitam.

Pisang sendiri adalah buah yang merupakan sumber energy (Karbohidrat) dan juga mineral, terutama kandungan kalium. Tetapi selain itu, tahukah kamu apa saja manfaat pisang bagi kesehatan dan pengobatan penyakit? Jika kamu kurang tahu, kamu akan mengetahui nya setelah membaca artikel ini. karena artikel ini akan membahas apa saja manfaat pisang bagi kesehatan dan pengobatan penyakit.

Seperti yang kita tahu, pisang mempunyai kandungan gizi yang banyak. Inilah kenapa buah pisang, menjadi salah satu tanaman yang menjadi favorit warga Indonesia. Disetiap pelosok dan daerah di Indonesia, pasti terdapat macam-macam pisang. Buah yang satu ini memang terkenal multi guna, karena buah pisang bisa digunakan sebagai bahan dasar atau pendamping berbagai jenis makanan.

 

Kandungan Gizi Pada Pisang

 

Pisang, adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia, dan itu untuk alasan yang baik. Buah kuning dan mempunyai bentuk melengkung ini, mempunyai gizi yang banyak. Pisang tumbuh disekitar 107 negara di dunia dan berada pada posisi keempat diantara tanaman pangan yang dinilai secara moneter.

Menurunkan risiko kanker, asma, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung, adalah beberapa manfaat dari menkonsumsi buah pisang. Gizi pada pisang dengan ukuran sedang (Sekitar 126gram) dan itu dianggap satu porsi. Dalam satu porsi pisang, mengandung sekitar 110 kalori, 30 gram karbohidrat dan 1 gram protein. Selain itu, pisang juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, diantaranya:

  • Protein – 1 g
  • Magnesium – 34 mg
  • Folat – 25.0 mcg
  • Riboflavin – 0,1 mg
  • Niacin – 0,8 mg
  • Vitamin A – 81 IU
  • Besi – 0,3 mg
  • Vitamin B6 – 0,5 mg
  • Mangan – 0,3 mg
  • Vitamin C – 9 mg
  • Kalium – 450 mg
  • Serat – 3g

4700 miligram sehari, adalah asupan pisang yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

 

Manfaat Lain Buah Pisang

 

  1. Buah tropis yang satu ini, mempunyai kalori yang tinggi. 100gram daging pisang mengandung 90 kalori. Selain kalori, pisang juga mengandung serat yang berguna untuk kesehatan, seperti anti-oksidan, mineral dan vitamin.
  2. Daging pisang sendiri dapat sangat mudah dicerna, yang terdiri dari gula sederhana, seperti fruktosan dan sukrosa, yang berguna untuk mengisi energy dan merevitalisasi tubuh pada saat dikonsumsi langsung. Jadi, untuk kalangan atlet untuk mendapatkan energy instan, salah satunya adalah dengan memakan buah pisang. Buah pisang juga termasuk makanan suplemen yang direkomendasikan untuk perawatan anak-anak yang kurang gizi.
  3. Buah pisang juga dapat membantu buang air besar secara teratur, karena pisang mempunyai jumlah serat makanan larut (7% DRA per 100gram), sehingga dapat mengurangi masalah sembelit.
  4. dalam sebuah pisang juga terdapat kandungan antioksidan poli-fenolik flavonoid, seperti lutein, zeaxanthin, alfa, dan beta-karoten. Walaupun dalam ukuran kecil. Senyawa-senyawa tadi bersama membantu bertindah sebagai pengambil dan pelindung terhadap radikal bebas yang ditunkan dari oksigen dan spesies oksigen aktif (ROS) yang mempunyai peran dalam penuaan dan berbagai penyakit.
  5. Pisang juga merupakan sumber vitamin B6 yang baik (Pyridoxine), dan menyediakan sekitar 28% tunjangan harian yang disarankan. Vitamin B kompleks atau Pyrodoxine sangat penting untuk pengobatan neuritis dan anemia. Pisang, juga membantu menurunkan homosisten didalam manusia.
  6. Pisang juga merupakan sumber ideal vitamin C yang sekitar 8,7mg per 100gram nya. Jika rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, dapat membantu tubuh untuk mengembangkan resistensi terhadap agen infeksius dan mengambil radikal bebas dari oksigen berbahaya.
  7. Pisang juga memberikan kadar mineral yang cukup, seperti tembaga, magnesium dan mangan. Magnesium sendiri, berperan penting untuk penguatan tulang dan mempunyai peran untuk melindungi jantung juga. Sedangkan mangan, dimanfaatkan sebagai co-faktor untuk enzim antioksidan, superoxide dismutase. Yang terakhir adalah tembaga, yang mempunyai peran penting dalam produksi sel darah merah.
  8. Pisang mengandung banyak potasium dan merupakan sumber potasium yang baik. Dalam 100gram buah pisang terdapat 358mg potasium. Didalam pisang juga terdapat kandungan kalium yang adalah komponen penting cairan sel dan tubuh yang membantu dalam mengendalikan tekanan darah dan denyut jantung, serta melawan efek berbahaya dari sodium.

 

Manfaat Pisang Sangat Baik Untuk Kesehatan

 

Anda bisa menambahkan buah pisang pada menu diet harian, karena memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh. Pisang juga membantu anda dalam penurunan berat badan, menjaga perut tetap sehat, memberikan nutrisi yang mengatur irama detak jantung anda, dan mempunyai senyawa vitamin untuk kesehatan mata anda.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Pisang mempunyai kandungan potassium yang sangat baik untuk menjaga peredaran darah anda. Kandungan kalium dalah buah pisang juga dapat mengatur tekanan darah, yang berguna untuk menurunkan risiko penyakit stroke yang menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung.

  1. Membantu Pencernaan Pada Usus

Buah pisang juga memiliki kandungan yang baik untuk memerangi penyakit sembelit. Jadi, tidak perlu lagi membeli obat pencahar, cukup dengan mengkonsumsi buah pisang saja. Anda juga dapat mencampur buah yang satu ini dengan segelas susu, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit usus, Contohnya adalah penyakit yang berbahaya seperti gejala kanker usus besar. Vitamin C pada pisang digunakan untuk menahan inflamasi.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Pisang juga membantu anda menjaga kesehatan mata, karena dalam pisang terkandung vitamin A yang baik untuk mata. Vitamin A pada buah pisang juga dapat larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata anda. Senyawa ini berguna untuk melindungi membrane yang mengelilingi mata dan merupakan sebuah komponen dari salah satu protein yang akan membawa cahaya ke kornea. Jika asupan vitamin A tercukupi, maka risiko kebutaan dapat ditekan dan sangat penting untuk penglihatan anda.

700mikro gram vitamin A setiap hari, adalah kebutuhan seorang wanita. Sedangkan untuk seorang pria, membutuhkan 900mikro gram dalam satu buah pisang dengan ukuran 6 inci, mempunyai sekitar 10mikro gram vitamin A. Tidak hanya itu, pisang juga mengandung alpha karoten dan beta karoten, yang dapat diubah menjadi Vitamin A untuk dapat lebih menjaga mata anda.

  1. Menormalkan Fungsi Jantung

Jika anda mengkonsumsi pisang pada pagi hari, untuk dijadikan sarapan, maka anda akan mendapatkan tambahan nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantung. Pisang juga mempunyai banyak mineral yang disebut elektrolit kalium. Disaat kalium memasuki tubuh anda, maka nanti akan langsung masuk kedalam aliran darah dengan melalui dinding usus. Tempat kalium berjalan adalah disekitar sel-sel tubuh dan larut dalam cairan sel.

Proses ini terus berlanjut di seluruh tubuh yang diperlukan, dan tetap membuat jantung berdetak. Dari kasus kekurangan kalium yang paling parah, adalah menurunnya irama jantung dan menjadi tidak teratur dan dapat menyebabkan kematian.

Setelah mengetahui apa saja kandungan yang dimiliki pisang dan manfaatnya, sekarang kita akan mempelajari apa saja manfaat pisang untuk pengobatan. Berikut adalah penjelasannya:

 

  • Manfaat Pisang untuk Pengobatan

 

Buah mempunyai kandungan yang mempunyai banyak nutrisi, yang juga akan memberikan manfaat pada tubuh dan menjadi media pengobatan yang alami. Seperti berikut ini:

  1. Anemia

Pisang mengandung zat besi (FE) yang menjadikan buah ini sangat baik untuk dikonsumsi, terutama untuk penderita kekurang darah atau anemia, anda bisa mengkonsumsi pisang 2 hari sekali.

  1. Asma

Imperial College London, melakukan sebuah studi, bahwa anak-anak yang memakan buah pisang sehari sekali, dapat mempunyai peluang 34% lebih kecil dibanding dengan yang tidak memakan pisang.

  1. Liver

Jika anda memakan buang pisang dan dicampur dengan madu, anda akan mendapatkan stimulan untuk nafsu makan, terutama bagi penderita lever.

  1. Diabetes

Penelitian sudah menunjukkan, bahwa penderita diabetes tipe 1, yang mengkonsumsi diet yang tinggi serat dapat memiliki kadar glukosa darah dan meningkatkan kadar lipid dan insulin. Dalam satu buah pisang berukuran sedang, terdapat sekitar 3 gram serat.

  1. Diare

Untuk perawatan diare, mengkonsumsi jenis makanan seperti saus apel dan pisang sangat dianjurkan. Itu dikarenakan pada masa diare, Elektrolit seperti kalium akan hilang dalam jumlah yang besar, sehingga nantinya para penderita diare akan merasa lemah.

 

  • Manfaat Pisang Menyehatkan Otak

 

Salah satu pilihan terbaik untuk dijadikan sarapan di negara maju adalah pisang. Dengan mencampurkan pisang dengan sereal, akan memberikan anda sumber kalori yang cukup untuk mengawali aktivitas pagi. 200 pelajar yang mengikuti sebuah penelitian membuktikan, bahwa konsentrasi belajar para pelajar meningkat, jika mereka mengkonsumsi pisang pagi harinya. Itu dikarenakan kandungan kalium pada pisang, memberikan sebuah stimulun pada otak. Pisang juga merupakan pilihan terbaik pada bayi yang baru memulai mengkonsumsi makanan padat, karena pisang bertekstur lembut dan baik untuk perkembangan otak bayi.

 

  • Manfaat Pisang Bagi Ibu Hamil

 

Ibu hamil membutuhkan makanan yang baik untuk dirinya dan janin yang dikandungnya. Kandungan asam folat membantu untuk mencegah cacat bawaan pada anak. Pisang mengandung sekitar 85-100 kalori, yang penting untuk pembentukan sel-sel baru pada janin yang dikandung. Pisang juga dapat membantu anda mengurangi gejala morning sickness pada ibu hamil, serta juga menjaga kadar gula darah tetap stabil. Diperlukan juga mengkonsumsi kacang-kacangan untuk lebih mendukung perkembangan janin yang sehat.

Setelah mengetahui semua manfaat dan kandungan gizi pada pisang. Apa anda sudah tahu, apa saja jenis pisang yang ada di Indonesia? Jenis-jenis pisang yang ada di Indonesia ada banyak, disini kami akan memberikan beberapa jenis yang mungkin anda bisa temukan di daerah anda. berikut adalah daftarnya:

  1. Pisang Kapas

Jenis pisang yang satu ini, adalah salah satu pisang lokal asli Indonesia. Pisang jenis ini juga mudah untuk di tanam dan dapat tumbuh dengan subur di berbagai jenis tanah yang ada di Indonesia.

Pisang ini mempunyai ukuran sedang dan mempunyai kulit buah yang cukup tebal. Saran dari saya, untuk mengkonsumsi pisang ini, anda tidak bisa langsung memakan nya, karena rasa pisang ini tidak manis seperti pisang kebanyakan. Untuk memakan pisang ini, anda bisa dengan mengolah nya menjadi makanan lain, seperti digoreng, direbus atau dijadikan keripik.

  1. Pisang Raja Aceh

Buah pisang yang satu ini, sangat jarang orang yang tahu. Tetapi dibalik itu, ternyata dia menyimpan banyak manfaat bagi tubuh manusia. Pisang raja aceh bisa anda makan langsung tanpa harus diolah terlebih dahulu.

Pisang raja aceh adalah jenis pisang yang merupakan asli dari Indonesia, pisang ini konon berasal dari porworejo, jawa tengah.

  1. Pisang Kepok Kuning

Bentuk dari pisang ini kapok bersegi dan agak sedikit gepeng, karena bentuk gepengnya itu, sebagian orang menyebut pisang ini dengan nama pisang gepeng.

Pisang ini juga berukuran kecil, mempunyai kulit buah yang tebal, serta mempunyai warna kuning kehijauan agak kecoklatan.

Jenis dari pisang kapok kuning terbagi menjadi dua, yaitu pisang kapok kuning dan putih. Perbedaan dari dua jenis itu, hanya terdapat pada daging nya yang secara tampilan hampir mirip, tetapi ketika anda belah akan terlihat perbedaan nya.

  1. Pisang Uli

Jenis pisang yang satu ini, mempunyai bentuk yang bulat memanjang dan disertai dengan ujung yang meruncing. Ketika masak, warna dari buah kuning agak merah dan disertai dengan ujungnya yang berwarna hijau. Rasa dari pisang ini manis dan disertai dengan aroma harum. Pisang ini mempunyai panjang sekitar 15-18 cm. Satu buah pisang uli, mempunyai berat sekitar 70-100 gram. Bogor, jawa barat, adalah tempat asal mula buah ini ditemukan.

  1. Pisang Nangka

Pisang Nangka mempunyai kulit buah yang agak tebal, dan berwarna hijau walaupun sudah matang. Pisang ini mempunyai panjang sekitar 28 cm, dan berukuran besar dan melengkung. Ketika dikupas, anda akan menemukan daging buah yang berwarna kuning agak kemerahan, serta memiliki rasa yang khas di lidah, manis dan sedikit asam harum.

Malang, jawa timur, adalah tempat buah ini berasal. Pohon pisang nangka dapat tumbuh sangat cepat, dan disertai dengan buah yang cukup banyak. Tempat tropis dan lembab, adalah tempat yang ideal untuk pohon pisang ini tumbuh. Jika ingin menanam pohon pisang ini, usahakan jangan ditemapat yang terkena angin kencang, karena akan merusak daun nya dan merobohkan pohon pisang nya.

  1. Pisang Tanduk

Asal mula pisang ini dimakan pisang tanduk adalah karena ciri-ciri dan bentuk fisik pisang ini sangat mirip dengan tanduk hewan, karena mempunyai bentuk panjang dan melengkung. Pisang tanduk mempunyai panjang 35 cm, dan setiap pohon pisang dapat berbuah sekitar 3 sisir saja. Jumlah buah dari pohon pisang jenis ini, memang hanya mengahasilkan sedikit.

Dalam setiap sisir pisang tanduk, biasanya hanya menghasilkan rata-rata 10 buah saja. Buah pisang jenis ini juga dapat diolah menjadi berbagai olahan. Selain buahnya yang enak dan bermanfaat, batang dan daun pisang tanduk juga bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan dan upacara adat.

Bagaimana, dengan semua informasi berbau pisang ini? Menarik bukan? Itulah beberapa informasi tentang pisang, yang sudah kami kumpulkan dan rangkum sedemikian rupa menjadi artikel ini. Semoga artikel ini dapat membantu anda dan memperluas pengetahuan anda tentang pisang. Terima kasih telah membaca.

   

     

Promo Pelanggan baru