11 Resep Membuat Roti Bakar Enak dan Layak Jual

Usaha Roti Bakar Lesehan

Salah satu camilan yang sedang hits di kalangan anak muda adalah roti bakar. Rasanya yang gurih dan manis sangat sesuai untuk dipadukan dengan minuman apa saja. Cara membuatnya pun mudah. Bahkan Anda dapat menjualnya dan meraup keuntungan yang besar.

Sesuai dengan namanya, roti bakar merupakan roti yang diolah dengan dibakar, tidak seperti kebanyakan roti pada umumnya, yang cara memasaknya dengan di panggang menggunakan oven roti.

Mengenal Roti Bakar dari Berbagai Negara

Bukan hanya masyarakat Indonesia saja yang menggemari roti bakar sebagai teman minum teh. Masyarakat dari berbagai negara pun menyukainya, bahkan mereka menjadikan roti bakar sebagai salah satu menu sarapan pagi.

Mari kita intip roti bakar dari berbagai negara yang memiliki tekstur, rasa, dan cara pengolahan yang berbeda dari roti bakar di Indonesia.

  • Golden Bread

Roti bakar yang satu ini berasal dari Kanada. Nama golden bread diambil dari warna roti yang dipanggang hingga berwarna keemasan. Cara membuat roti ini adalah dengan cara merendam roti tawar dalam custard kayu manis yang kemudian dipanggang dengan mentega dan disajikan dengan sirup maple yang juga berwarna kuning berkilau.

  • Honey Toast

Roti bakar yang satu ini biasa dijadikan sebagai makanan pencuci mulut di beberapa restoran bergaya Asia Timur seperti Taiwan, Jepang, dan Korea. Roti bakar ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada roti bakar pada umumnya.

Pada bagian atasnya terdapat berbagai macam topping yang menggugah selera seperti whipped cream,marshmallow, es krim, dan aneka buah-buahan segar yang kemudian disiram dengan madu.

  • Pain Perdu

Roti bakar yang satu ini berasal dari Perancis. Pain Perdu dalam bahasa Perancis memiliki arti roti yang hilang. Hal ini mungkin karena roti bakar ini terbuat dari roti yang hampir basi.

Roti ini akan dipotong dengan ukuran cukup besar kemudian direndam dengan vanilla custard. Setelah itu, roti dipanggang di atas wajan dengan menggunakan mentega. Setelah matang, roti bakar ini disajikan dengan krim kocok, gula bubuk, atau buah berry.

  • Dulce de Leche Toast

Roti bakar dari Argentina ini super manis karena olesannya terbuat dari susu dan gula ambrosia yang dimasak sampai lembut dan membentuk karamel. Ketika digigit, Anda akan merasakan sesasi karamel yang lumer di mulut.

  • Hong Kong Style

Seperti namanya, roti bakar ini berasal dari negeri Cina. Roti bakar ini sangat unik karena sebelum dibakar, roti direndam dalam kocokan telur terlebih dahulu. Setelah itu, roti dipanggang dengan menggunakan mentega tawar dan disajikan dengan siraman susu kental manis atau golden syrup.

  • Kaya Toast

Roti bakar yang satu ini berasal dari Singapura dan Malaysia. Roti yang manis dan gurih ini terdiri dari dua tangkup roti dan berisi selai susu kelapa kental manis dengan lapisan mentega. Cara memakan Kaya toast adalah dengan cara dicelupkan ke dalam susu terlebih dahulu.

Roti Bakar Singapura

aneka mesin penunjang usaha roti bakar

-10%
Rp13.200.000,00 Rp11.880.000,00
-8%
Rp16.900.000,00 Rp15.548.000,00
-10%
Rp9.175.000,00 Rp8.257.500,00
-10%
Rp12.650.000,00 Rp11.385.000,00
-15%
Rp2.050.000,00 Rp1.742.500,00
-15%
Rp1.375.000,00 Rp1.168.750,00
-15%
Rp3.075.000,00 Rp2.613.750,00

Inspirasi dari Kedai Roti Bakar Terkenal di Jakarta

Jika Anda berpikir bahwa bisnis roti bakar tidak dapat memberikan keuntungan yang besar, maka lihatlah beberapa kedai roti bakar yang terkenal di Jakarta. Bisa saja dari membaca informasi mengenai kedai-kedai roti bakar berikut ini, Anda kemudian terinspirasi untuk membuka bisnis roti bakar.

Roti Bakar Eddy

Jika Anda tinggal di ibukota, tentu kedai roti bakar yang satu ini tidak asing lagi di telinga Anda. Ya, apalagi kalau bukan Roti Bakar Eddy yang bertempat di daerah Blok M.

Kedai roti bakar yang berdiri sejak tahun 1970 ini tidak pernah sepi pengunjung. Selain tempatnya yang nyaman, roti bakarnya pun lezat dan memiliki banyak pilihan seperti aneka minuman, bubur ayam, nasi uduk, Indomie, dan nasi goreng sehingga pengunjung tidak akan pernah merasa bosan.

Roti Bakar 88

Salah satu kedai roti yang fenomenal di Jakarta adalah Roti Bakar 88. Kedai ini juga tidak pernah sepi pelanggan karena tempatnya memang sangat nyaman dan sesuai untuk dijadikan tempat nongkrong bersama teman-teman.

Baca juga  Memulai Usaha Bisnis Abon Bayi

Yang membuat roti bakar di kedai ini berbeda adalah roti yang digunakan merupakan roti buatan sendiri. Tak heran jika roti bakar di kedai ini memiliki tekstur roti yang agak sedikit panjang dan tebal.

Roti Bakar 88 selalu berinovasi dan menciptakan suasana yang ramah dan nyaman sebagai tempat nongkrong. Maka dari itu, kedai ini tidak hanya menyediakan roti bakar tetapi juga berbagai menu lainnya yaitu Indomie, roti es krim, es krim, frappucino, kopi, pancake, aneka jus, dan masih banyak lagi makanan dan minuman yang akan memanjakan lidah Anda.

Warung Nagih

Kedai yang terdapat di daerah Tendean, Jakarta Selatan, ini memiliki menu roti bakar yang sangat beragam. Tersedia berbagai macam topping untuk roti bakar mulai dari pisang, stroberi, keju, dan bahkan Toblerone. Harganya pun ramah di kantong mulai dari Rp8.000,00 hingga Rp21.500,00.

Selain roti bakar, ada banyak makanan dan minuman lain yang juga patut Anda coba diantaranya pisang bakar, roti maryam, Indomie, dan aneka amilan dan minuman lainnya.

Dapoer Roti Bakar

Mungkin kedai roti bakar yang satu ini tidak sepopuler kedai roti bakar yang telah disebutkan di atas karena kedai ini tergolong kedai roti bakar yang masih baru. Awalnya kedai ini hanya berada di pinggir jalan dengan konsep tenda yang sederhana. Akan tetapi, cita rasa yang unik dan lezat yang disuguhkan kedai ini menarik perhatian pelanggan.

Roti bakar yang ditawarkan oleh kedai ini sedikit berbeda dari roti bakar pada kedai lain. Anda akan dapat menemukan roti gandum, roti Mexico, roti asin, roti bakar Belanda, dan masih banyak lagi lainnya. Anda juga dapat menemukan aneka minuman seperti teh tarik, kopi cold brew, susu segar, dan jus alpukat.

Jika Anda sedang mencari tempat bersantai yang nyaman agar dapat mengobrol dengan teman sambil menikmati seporsi roti bakar dan menyeruput kopi, silahkan datang ke Dapoer Roti Bakar yang beralamatkan di Raya Pasar Minggu No.15A, Pasar Minggu, Jakarta.

Roti Bakar Eddy

11 Resep Roti Bakar Unik dan Enak

Ternyata berawal dari roti bakar saja Anda dapat meraup keuntungan yang besar. Tetapi, bukan hanya sekedar roti bakar karena itu sudah biasa.

Untuk mampu bersaing dengan kedai-kedai roti bakar yang sudah populer, Anda memerlukan suatu hal yang unik sehingga dapat membuat pelanggan tertarik. Untuk itu, dibutuhkan pula resep roti bakar yang unik dan lezat.

Jika Anda belum menemukan ide tentang resep roti bakar yang unik, berikut ini 11 resep roti bakar unik dan enak yang perlu Anda coba.

1. Resep Roti Bakar Nutella Strawberry

Selai Nutella yang memiliki cita rasa yang khas berpadu dengan manis dan asamnya stroberi akan membuat roti bakar Anda terasa semakin istimewa.

Bahan:

4 lembar roti tawar

Margarin secukupnya untuk memanggang

15 buah stroberi, diiris tipis-tipis

Selai Nutella secukupnya

Messes atau keju untuk taburan

Cara Membuat:

  1. Olesi 4 lembar roti tawar dengan Nutella pada salah satu sisi dari setiap roti tersebut.
  2. Tata irisan stroberi di atas selai Nutella yang di oleskan pada roti tawar.
  3. Tutup  dengan lembaran lainnya.
  4. Panaskan teflon lalu olesi dengan margarin. Letakkan roti yang telah di tempel kedalam teflon.
  5. Setelah matang, potong roti bakar sesuai selera. Kemudian sajikan dengan taburan cokelat meises.

2. Resep Roti Bakar Pizza Teflon

Roti bakar tidak selalu memiliki cita rasa manis. Roti bakar pizza teflon yang satu ini misalnya. Kini memanggang pizza terasa begitu mudah dengan hanya menggunakan roti bakar.

Bahan:

4 lembar roti tawar manis

½ buah bawang bombay ukuran sedang

2 buah sosis, potong-potong

Saus bolognaise secukupnya

Keju mozarella secukupnya

Bubuk oregano secukupnya

Cara Membuat:

  1. Tumis sosis dan bawang bombay dengan sedikit minyak. Anda juga dapat mengganti minyak dengan margarin atau mentega.
  2. Oles roti dengan saos bolognaise, kemudian tata sosis dan bawang bombay. Beri sedikit parutan keju mozzarella.
  3. Taburi sedikit oregano di atas roti-roti tersebut. Kemudian panggang di teflon sampai keju leleh. Angkat dan siap disantap.
  4. Taburi sedikit oregano dan panggang di teflon sampai keju leleh, angkat dan siap disantap.

3. Resep Roti Bakar Keju Saos Cokelat

Keju dan cokelat memang tidak pernah ada duanya. Menu dengan topping ini selalu berhasil menggoyang lidah para penikmat kuliner.

Bahan-Bahan:

2 potong roti tawar.

Keju parut secukupnya.

Margarin secukupnya untuk olesan.

150 gram dark cooking chocolate. Lelehkan.

Cara Membuat:

  1. Potong tiap lembar roti menjadi 3 atau 2 bagian.
  2. Olesi tiap sisi dengan margarin lalu panggang di atas teflon atau wajan anti lengket.
  3. Balik satu sisi jika sisi yang satu sudah kecokelatan
  4. Tambahkan keju parut di salah satu sisi sampai agak meleleh. Setelah cukup meleleh, angkat.
  5. Siramkan sedikit coklat cair di atasnya.

4. Resep Roti Bakar Keju Telur

Telur ada di roti bakar? Kenapa tidak?

Bahan:

2 lembar roti tawar

1 butir telur

1 buah keju slice

Saos secukupnya

Margarin secukupnya

Mayonaise secukupnya

Kentang goreng secukupnya

Bumbu keju secukupnya

Cara membuat:

  1. Masukan margarin secukupnya kedalam wajan. Lalu masukan satu butir telur dan goreng hingga matang. Tiriskan.
  2. Panggang roti diatas wajan dengan diloesi margarin terlebih dahulu.
  3. Untuk makanan pelengkapnya, goreng kentang siap saji hingga matang. Angkat dan tiriskan. Lalu campur dengan bumbu keju.
  4. Susun roti yang sudah dipanggang tadi. Olesi saos dan mayonnaise kemudian tumpuk telur diatasnya dan keju slices kemudian dilapis roti panggang lagi.
Baca juga  Analisis Peluang Bisnis Mie Kober yang Keuntungannya Bikin Meler

5. Resep Roti Bakar Ovomaltine Mozarella

Keju mozarella yang memberikan sensasi molor pada makanan pasti menghadirkan cita rasa tersendiri.

Bahan:

4 lembar roti tawar

Selai Ovomaltine

Keju mozarella

Susu kental manis

Cara Membuat:

  1. Oleskan Ovomaltine di atas roti. Pada bagian tengahnya, tambahkan keju yang sudah dipotong kotak kecil, lalu tambahkan susu kental manis.
  2. Lipat roti berbentuk segitiga. Pastikan isi tetap berada di tengah.
  3. Bakar dengan sandwich toaster.

6. Roti Bakar Jeruk Milo

Perpaduan antara jeruk yang asam dan segar dengan rasa cokelat dari susu Milo, pasti dapat menggoyang lidah siapapun yang menikmatinya.

Bahan:

1 sdm mentega

3 potong roti tawar

Potongan jeruk shantang

3 sdm susu kenal manis vanila

3 sdm milo

Cara Membuat:

  1. Oleskan metega pada bagian atas dan bawah roti tawar.
  2. Panggang selama 5-8 menit.
  3. Tambahkan susu kental manis pada bagian atas roti.
  4. Taburkan susu milo bubuk, lalu tambahkan jeruk sebagai toping di atasnya.

7. Roti Bakar Campur

Bukan cuma es saja yang bisa dicampur, roti juga bisa. Begini cara membuatnya.

Bahan:

2 buah roti tawar tanpa kulit

1 buah pisang raja

Topping buah stroberi (sesuai selera)

Keju parut secukupnya

Mesis cokelat secukupnya

Cara membuat:

  1. Panggang roti diatas teflon hingga kecokelatan. Jangan lupa oleskan margarin sebelum memanggang.
  2. Potong pisang menjadi beberapa bagian, lalu oleskan margarin di atas teflon, panggang sebentar sambil dibalik.
  3. Tata potongan pisang bakar diatas roti bakar, kemudian tambahkan parutan keju, taburan mesis, dan sesikit topping
  4. Tutup dengan 1 helai roti bakar kembali.

8. Roti Bakar Kornet Keju

Gurihnya kornet bercampur keju merupakan perpaduan yang apik.

Bahan:

4 lembar roti tawar

200 gram kornet sapi

1 bawang putih, cincang halus

¼ bawang bombay ukuran sedang, cincang halus

1 butir telur. Tambahkan garam dan merica, kocok lepas

3 sdm keju cheddar

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum lalu masukkan kornet. Aduk rata. Angkat. Sisihkan.
  2. Siapkan 1 lembar roti tawar. Ambil kornet yang sudah dimasak tadi lalu oleskan pada bagian atas roti dan tambahkan parutan keju. Tutup dengan lembar roti tawar lainnya.
  3. Ambil kocokan telur lalu oleskan pada roti sampai rata.
  4. Panaskan wajan anti lengket. Olesi sedikit saja dengan margarin. Bakar rotinya.

9. Roti Bakar Klasik Tiga Rasa

Anda suka bereksperimen? Mesti mencoba resep yang satu ini.

Bahan:

6 lembar roti tawar

Margarin secukupnya

Selai stroberi secukupnya

Keju cheddar secukupnya

Selai blueberry secukupnya

Selai cokelat secukupnya

Saus bolognaise secukupnya

Cara membuat:

  1. Oleskan selai stroberi dan blueberry pada roti tawar pertama. Tutup dengan roti tawar lainnya. Olesi dengan margarin bagian luarnya.
  2. Oleskan selai cokelat pada roti kedua dan taburi keju, tutup dengan roti tawar, olesi dengan margarin bagian luarnya.
  3. Oleskan saus bolognaise pada roti tawar ketiga dan taburi keju, tutup dengan roti tawar, olesi dengan margarin bagian luarnya.
  4. Panggang di atas teflon dengan api kecil sampai warna luarnya berubah kecoklatan dan garing.

10. Roti Bakar Teflon Saus Santan

Bahan:

2 lembar roti tawar

½ bungkus santan kara kecil

1 sdt gula pasir

100 ml air putih atau secukupnya

Sedikit garam

1 sdm tepung maizena, larutkan dengan 1 sdm air

Margarin

Cara Membuat:

  1. Olesi permukaan roti tawar dengan margarin.
  2. Bakar roti tawar di atas teflon. Potong-potong jadi 9 bagian atau sesuai selera. Letakkan dalam mangkok.
  3. Masak santan, air, tepung maizena, garam dan gula dalam panci dengan api kecil. Aduk-aduk sampai mengental.
  4. Angkat dan siramkan di atas roti bakar yang sudah di potong-potong tadi.

11. Roti Bakar Ceplok

Bukan cuma telur yang di-ceplok, roti juga bisa. Mau tahu caranya? Ikuti langkah di bawah ini.

Bahan:

2 lembar roti tawar

Mentega secukupnya

2 lembar keju

2 butir telur

Lada bubuk secukupnya

Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Lubangi bagian tengah roti, kemudian oleskan mentega.
  2. Panggang roti dengan api yang sangat kecil, lalu tuangkan telur ke bagian tengah roti yang telah dilubangi.
  3. Setelah warna putih telur terlihat matang, balik roti untuk mematangkan kuning telur. Jangan lupa taburi lada dan garam dulu.
  4. Letakkan 1 lembar keju pada bagian atas hingga agak meleleh dan kuning telur matang.

Ternyata membuat roti bakar yang unik tidak susah bukan? Kini giliran Anda untuk mencobanya dan meraup untung dari bisnis roti bakar. Selamat mencoba!

 
mesin es krim mini slimtech
Mesin Es Krim SlimTech Premium
   Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares