Pedal Sealer

Teknologi pengemasan makanan saat ini sudah semakin maju. Banyak mesin diproduksi untuk membantu agar makanan kemasan dapat disimpan dalam waktu lama. Salah satunya adalah mesin pedal sealer. Harga pedal sealer di pasaran juga cukup terjangkau untuk industri rumah tangga.

Mesin pedal sealer merupakan pengembangan dari mesin terdahulu, hand sealer. Hanya bedanya, terletak pada cara pengoperasian. Mesin hand sealer menggunakan tangan untuk mengemas plastik, sedangkan pedal sealer menggunakan kaki dengan menginjak pedal.

Fungsi dan Manfaat Pedal Sealer
Mesin pedal sealer berfungsi untuk merekatkan plastik pengemas makanan. Berbagai jenis plastik dapat direkatkan dengan mesin ini, seperti, plastik polystyrene, PP, PVC, alumunium foil, dan sebagainya.

Tujuan pengemasan plastik adalah agar makanan tidak terkena oksidasi, sehingga lebih awet dan tidak cepat kedaluwarsa. Untuk mencegah udara masuk ke dalam kemasan, kuncinya adalah pada perekatan plastik. Mesin pedal sealer mampu memberikan rekatan yang kuat, sehingga udara tidak masuk.

Prinsip pedal sealer adalah merubah listrik menjadi energi panas, kemudian menyalurkannya kepada alat perekat pada mesin. Selanjutnya, alat perekat tersebut akan menyerap filamen plastik. Hasilnya, plastik akan terekat dengan sempurna.

Hadirnya mesin ini tentu saja memberikan banyak manfaat bagi industri kuliner. Cara kerjanya yang lebih sederhana menghemat banyak waktu dibandingkan jika menggunakan hand sealer. Namun memang, kelemahannya daya listrik yang digunakan pedal sealer juga lebih besar.

Jenis Pedal Sealer
Ada dua jenis pedal sealer yang beredar, yaitu Pedal Impulse Sealer dan Pedal Direct Sealer. Jenis pertama, Pedal Impulse Sealer digunakan untuk plastik tebal seperti PP, PVC, dan PE. Cara kerjanya adalah menginduksi satu sisi plastik dan melindungi sisi lainnya dari lelehan plastik yang dipanaskan.

Lalu jenis kedua, Pedal Direct Sealer digunakan untuk plastik yang tipis, yaitu jenis cellophone, tin foil, cooper foil, alumunium foil, dan polyester. Cara kerja pedal sealer jenis kedua ini adalah menginduksi plastik dari kedua sisinya.Rekatan yang dihasilkan pun akan lebih kuat.

Cara Merawat Pedal Sealer
Seperti halnya manusia, mesin pun perlu dijaga kesehatannya agar berumur panjang. Berikut adalah beberapa cara untuk merawat mesin sealer ini:
Perawatan untuk Mencegah Kerusakan
Upaya perawatan ini dilakukan agar mesin terhindar dari kerusakan. Perawatan ini memang sengaja dilakukan dan sebaiknya terencana. Tindakan yang dapat dilakukan misalnya memberikan pelumas dan menyetel kembali mesin, memperbaiki, juga melakukan inspeksi secara menyeluruh.

Perawatan Rutin
Perawatan rutin merupakan perawatan sehari-hari. Hal ini perlu untuk dilakukan. Mesin yang terus beroperasi setiap hari, membuat potensi kerusakan menjadi lebih besar.

Pemeriksaan rutin dapat dilakukan secara manual dengan panca indera, atau jika ingin lebih akurat dapat menggunakan monitor atau alat lain. Untuk meningkatkan performa mesin, Anda juga dapat mengubah rancangan dan memodifikasi alat-alat pada mesin.

Perawatan setelah Kerusakan
Perawatan ini sering juga disebut breakdown maintenance. Tindakan yang dapat dilakukan adalah menyiapkan onderdil atau suku cadang untuk mengganti bagian yang rusak. Anda perlu menghubungi tenaga ahli untuk melakukannya.

Anda juga perlu bersiap-siap jika sewaktu-waktu pedal sealer milik Anda rusak. Jika itu terjadi, lakukanlah emergency maintenance atau perawatan darurat. Kembali, Anda bisa menghubungi service centre.

Harga Pedal Sealer
Harga pedal sealer bervariasi, tergantung dimensi dari mesin ini. Pedal sealer berukuran 450mm x 540mm x 880mm dibanderol seharga 2,8 juta rupiah. Sedangkan ukuran 550mm x 540mm x 880mm dihargai mulai dari 3,1 juta rupiah.

Tersedia juga pedal sealer ukuran lebih besar. Harga pedal sealer ukuran 700mm x 570mm x 880mm dan daya 2200 watt adalah 3,4 juta rupiah. Ada pula yang berharga lebih mahal meski dengan ukuran yang sama, namun konsumsi listriknya lebih hemat yaitu hanya 1000 watt. Seri ini dibanderol mulai dari harga 3,8 juta rupiah.

Selain keempat seri di atas, tersedia pula pedal sealer seri direct heat. Di pasaran, seri tersebut dibanderol seharga mulai dari 3,6 dan 3,9 juta rupiah.

Bagi Anda yang bergerak di industri makanan ringan, mesin pedal sealer sangat direkomendasikan. Selain kualitasnya yang bagus, harga pedal sealer pun sangat terjangkau. Anda juga bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan menggunakan mesin ini. Selamat mencoba!

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru