Thermal Shrink Tunnel

Sekilas mesin thermal shrink tampak mirip dengan mesin wrapping plastik. Padahal sebenarnya kedua mesin memiliki perbedaan. Sebelum mencari tahu harga mesin thermal shrink, kenali dulu karakteristik mesin ini.

Fungsi Mesin Thermal Shrink

Mesin thermal shrink adalah mesin yang berfungsi sebagai pengemas beberapa produk menggunakan material plastik yang dipanaskan. Perbedaan thermal shrink dengan mesin wrapping yang biasa adalah mesin ini menggunakan pemanas.

Adanya suhu panas tersebut, membuat plastik mengerut mengikuti bentuk produk yang dikemas. Berkat trik pengerutan ini, plastik dapat melindungi produk secara lebih optimal.

Pada dasarnya, mesin thermal shrink ada tiga (3) jenis, yaitu:

Mesin Label Shrink

Mesin ini hanya berfungsi sebagai pengerut plastik. Selain untuk penyegelan, pemotongan, dan alat untuk membuat kantong plastik, mesin ini juga dapat digunakan nonstop.

Mesin Label Packaging

Mesin ini digunakan untuk produk yang kemasannya adalah botol, baik kaca maupun plastik. Sesuai namanya, Anda bisa melabeli produk Anda di bagian mana saja. Misalnya di bagian tengah botol atau seluruh badannya.

Mesin Label Shrink Packaging

Mesin ini adalah gabungan dari dua mesin sebelumnya. Hanya dengan satu mesin ini, Anda bisa menghemat waktu dan tenaga. Mesin ini dapat mengerutkan plastik sesuai dengan ukuran produk yang ingin Anda jual, sekaligus mengemasnya dengan sangat rapi.

Keunggulan Mesin Thermal Shrink

Inilah keunggulan yang dimiliki mesin thermal shrink:

  1. Dapat membungkus produk dengan lebih rapi tanpa ada sisa plastik yang menggembung ke mana-mana.
  2. Segel yang dibungkus dengan cara dikerutkan oleh suhu panas membuat kemasan lebih rapi. Konsumen jadi lebih yakin bahwa barang yang dijual benar-benar baru, bukannya bekas.
  3. Dapat menyegel CD, DVD, dan bungkus ponsel.
  4. Lebih efektif dan efisien.
  5. Aman untuk dipakai.
  6. Desain mesin tidak ribet.
  7. Mesin punya alur sirkulasi udara yang bagus.
  8. Lebih hemat energi dan ramah lingkungan.
  9. Proses pembungkusannya lebih cepat.

Cara Merawat Mesin Thermal Shrink

Cara merawat mesin thermal shrink adalah:

  • Segera bersihkan mesin setelah dipakai, terutama pada bagian conveyor. Mengingat ada proses pengerutan plastik dengan suhu panas, biasanya sisa plastik ada yang tertinggal di sana.
  • Sebelum membersihkan mesin, pastikan kabel mesin sudah tidak dipasang ke stop kontak lagi.
  • Jauhkan mesin dari jangkauan anak-anak. Pemanas yang ada pada mesin thermal shrink dapat membakar tangan mereka bila tidak hati-hati.
  • Gunakan mesin sesuai batas waktu yang dianjurkan. Untuk keamanan, setiap kali memakai mesin thermal shrink selama empat jam, berilah waktu istirahat satu jam agar mesin kembali dingin. Cara ini juga dapat memperpanjang umur mesin sehingga tidak cepat rusak.
  • Berhubung mesin menggunakan suhu tinggi sebagai pemanas, jangan pakai cairan yang mudah terbakar saat menggunakannya. Hal ini berbahaya karena dapat berisiko membuat mesin meledak dengan tiba-tiba dan mencederai Anda.
  • Gunakan produk yang sesuai dengan dimensi mesin.
  • Agar rantai conveyor tetap bergerak mulus, berikan pelumas secara teratur. Buatlah jadwal pemeliharaan secara berkala (regular maintenance).
  • Segeralah perbaiki bila ada bagian mesin yang mulai bermasalah atau sudah rusak. Jangan tunggu hingga mesin mati total.

Mencari Mesin Thermal Shrink

Berapakah harga mesin thermal shrink? Berhubung jenis mesin ini tidak hanya satu, Anda harus meriset dulu mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa pengusaha pemula mungkin memilih dua mesin agar proses pelabelan dan pengerutan plastik (thermal shrinking) dapat dilakukan secara terpisah. Untuk investasi bisnis jangka panjang ini, siapkan budget sekitar enam hingga tujuh puluh jutaan rupiah.

Harga mesin thermal shrink memang relatif mahal. Namun akan sebanding dengan efisiensi waktu dan efektivitas dalam proses pengemasan produk.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru