Vacuum Frying

Vacuum fying merupakan mesin penggoreng berbagai macam buah dan sayur dengan cara penggorengan hampa. Penggorengan dengan vacuum merupakan cara pengolahan yang tepat jika ingin menghasilkan kripik buah dan sayur yang berkualitas tinggi.

Prinsip Kerja Vacuum Frying

Vacuum frying memiliki konsep kerja menghilangkan kadar air dalam sayuran dan buah dengan cepat sehingga pori-pori daging buah dan sayur tidak cepat menutup dan kadar air dalam buah dapat diserap dengan sempurna. Prinsip kerja dengan mengatur suhu dan tekanan vakum secara seimbang dengan suhu tidak boleh lebih dari 90oC dan tekanan vacuum antara 65-76 cmHg dapat menghasilkan produk dengan kualitas yang bagus dalam segi warna, aroma, dan rasa buah dab sayur tidak berubah dan renyah. Air dalam bak penampung pada vacuum frying tidak terdapat partikel besi karena dapat mempengaruhi kejernihan air dan merusak pompa vakum yang akhirnya mempengaruhi kerenyahan kerupuk.

Kelebihan Menggunakan Vacuum Frying

Pada suhu 70-86 oC, vacuum frying dapat menggoreng produk-produk yang rusak dalam penggorengan, seperti sayur dan buah-buahan akan bisa digoreng kembali, sehingga menghasilkan produk yang kering dan dan renyah tanpa mengurangi mutu gizi dan rasa seperti halnya yang terjadi jika digoreng biasa. Biasanya, penggorengan dengan tekanan renda dapat menghasilkan produk dengan baik dengan tektstur yang lebih renyah dan warna yang menarik. Terlebih lagi, produk yang berasal dari vacuum frying memiliki kandungan minyak yang lebih sedikit dan lebih ringan dan umumnya memiliki daya rehidrasi yang lebih baik.

Dengan mesin vacuum frying memungkin mengelola buah atau komoditi yang peka terhadap panas contohnya adalah buah dan sayur menjadi hasil olahan berupa keripik seperti keripik nangka, apel, pisang, nanas dan lain-lain. Menggoreng dengan menggunakan vacuum frying akan menghasilkan kripik dengan warna dan aroma buah asli serta rasa yang lebih renyah dan nilai gizi tidak banyak berubah. Hal ini diperoleh dari proses penurunan kadar air.

Cara Merawat Vacuum Frying

Perawatan yang dapat dilakukan agara vacuum frying tidak cepat rusak diperlukan perawatan dan pengoperasian yang benar. Dalam pengoperasian pastikan Anda mengoperasikan mesin sesuai dengan prosedur yang sudah ada dan disesuaikan dengan petunjuk pemakaiannya. Anda tidak boleh meletakkan vacuum frying ke tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Ketika sudah selesai menggoreng, jangan lupa untuk mematikan jaringan listrik dan matikan gas, atur posisi off pada tombol pompa, pengendali suhu dan kompor. Pemaikaian normal sebanyak 6-8 kali penggorengan dalam sehari keluarkan minyak dan bersihkan tabung penggorengan menggunakan sikat cucian untuk menghilangkan karat dan pembersihan dilakukan 2-3 hari sekali. Air bak yang sirkulasi harus selalu dijaga kebersihannya dari kotoran yang dapat menyebabkan penyumbatan pada sudut pompa dan jet. Pastikan anda selalu menjaga kebersihan dalam dan luar tabung.

Ketika listrik padam, Anda matikan semua tombol panel, kompor kemudian putar hingga 180o engkol keranjang pengaduk dank unci pada dudukan penguncinya, untuk keran jangan dibuka. Bahan yang sudah diproses tetapi sudah dikupas dan dipotong, masukkan kedalam plastic dan simpan ke dalam freezer.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru