9 Cara Mendirikan Usaha Es Buah Rumahan untuk Menambah Penghasilan

Es buah merupakan minuman yang terbuat dari potongan buah-buahan contohnya kolang-kaling, agar-agar, rumput laut yang dicampur dengan susu kental manis, air gula, sirup, dan es serut. Minuman ini cocok dikonsumsi pada saat siang hari ketika cuaca lagi panas.

a. Produk

Buah-buahan yang sering digunakan untuk memproduksi es buah ialah kelapa muda, melon, nangka, blewah, alpukat, strawberi dan buah mangga. Bahan pelengkapnya dapat memakai agar-agar, rumput laut, dan kolang-kaling. Gunakan jenis buah dan bahan pelengkap yang terbaik dan masih segar.

Berbagai bahan es buah bisa diperoleh di pasar-pasar tradisional maupun di supermarket. Bahan buah juga bisa diperoleh langsung dari penyedia buah. Selain harga lebih murah serta kualitas lebih bagus.

b. Tempat

Dalam menentukan tempat usahakan temukan tempat yang banyak orang, contohnya di pinggir jalan, berdekatan dengan komplek, kantor-kantor, sekolah atau universitas. Pastikan tempat untuk berjualan berada pada lokasi yang mudah terlihat dan sering dilalui orang-orang.

Bisnis es buah dapat dijalankan sendiri. Namun, apabila jumlah pelanggan naik, pemilik bisa mempekerjakan 1-2 karyawan.

Tips Sukses Usaha

1. Buat Data Keuangan

Data keuangan bisa berfungsi untuk mengetahui jumlah modal yang digunakan, cost operasional sehari-hari yang dibelanjakan, dan laba yang diperoleh. Selain itu, pembukuan keuangan juga bisa digunakan Untuk mengajukan peminjaman modal, data keuangan juga dapat menentukan disetujui atau tidaknya pengajuan tersebut. Catatan tersebut bisa dijadikan jaminan.

2. Menentukan Harga Jual

Pastikan harga jual bersaing dengan para penjual es buah yang lainnya. Hampir seluruh bisnis ini mempunyai cukup banyak competitor. Oleh karena itu harga merupakan salah satu bagian terpenting untuk bisa mengalahkan pesaing.

3. Pengelolaan Karyawan Dengan Benar

Sesuaikan jumlah karyawan dengan kebutuhan bisnis yang Anda jalankan, karena jika kebanyakan karyawan mengakibatkan tidak efisien.

Menambah jumlah pekerja ketika bisnis Anda sudah berkembang.

Gaji pekerja sebaiknya disebandingkan dengan kemajuan bisnis. Kenaikan gaji serta penambahan bonus sesuai dengan peningkatan omzet.

4. Sisihkan Keuntungan Untuk Meningkatkan Bisnis

Profit yang diperoleh wajib disisihkan, yaitu untuk menyiapkan pengganti perlengkapan usaha yang telah rusak atau yang sudah berkurang fungsinya dan untuk meningkatkan usaha.

5. Membuat Rasa yang Unik

Biasanya tempat bisnis dikenal karena mempunyai menu atau rasanya yang beda ketimbang yang lainya.

6. Berikan Layanan yang Professional

Meski hanya bisnis kecil, pelayanan harus tetap maksimal. Mendahulukan pelanggan yang datang lebih dulu, dan selalu ramah terhadap pembeli merupakan beberapa contoh pelayanan yang profesional dan menyenangkan konsumen.

7. Membuka Cabang Usaha

Membuat cabang memberikan beberapa keuntungan. Antara lain produk yang dijajakan dan brand usaha jadi lebih dikenal banyak orang. Membuat cabang tidak mesti menggunakan modal sendiri. Dapat memakai sistem bagi hasil memakai modal tambahan dari orang lain atau memakai sistem waralaba adalah jalan untuk meningkatkan pertumbuhan usaha.

8. Menjaga Kebersihan dan Kerapihan

Memperhatikan kebersihan menjadi aspek yang cukup penting untuk usaha Anda. Kebersihan yaitu mencangkup kebersihan perlengkapan, tempat dan minuman.

9. Kerja Keras, Cerdas, dan Kreatif

Tidak ada cara lain untuk bisa mewujudkan mimpi untuk bisa mempunyai bisnis yang besar, selain dari memulainya untuk bekerja keras dan kerja cerdas untuk bisa membuatnya lebih besar.

Inovasi harus selalu dikembangkan untuk membuat hal-hal baru pada usaha yang sedang dijalankan. Seluruh aspek usaha mulai dari produk, layanan, harga, sampai teknik pengelolaan pekerja terus digali sampai didapatkan yang paling baik.

ASPEK KRITIS PADA KESUKSESAN BISNIS

1. Buah Tidak Mampu Bertahan Lama

Sebagian besar buah hanya bisa bertahan beberapa hari sebelum pada akhirnya membusuk. Kondisi ini menjadi kendala dalam melakukan bisnis es buah. Seringkali buah terlanjur busuk sebelum habis terjual. Karena itu, pedagang es buah harus memprediksi jumlah buah yang akan dibeli dan tingkat kematangannya.

2. Musim Hujan

Faktor musim juga berdampak kepada ketersediaan aneka jenis buah-buahan, disamping itu pada musim penghujan, usaha ini mungkin akan mengalami penurunan pembeli.

TEKNIS MELAKUKAN BISNIS

a. Peralatan Usaha

1. Waktu pemakaian etalase 4 tahun.

2. Jangka waktu pemakaian meja dan kursi, serutan es, dan ice box sekitar 3 tahun.

3. Waktu pemakaian peralatan lain-lain seperti sendok, gelas, mangkuk, pisau, dan toples sekitar 2 tahun.

b. Promosi

Iklan bisnis minuman es buah diantaranya dengan mengatur serta menyusun buah yang memenuhi etalase sehingga bisa menarik orang yang lewat di sekitar lokasi usaha untuk membeli. Toples yang berisi agar-agar, rumput laut, dan kolang-kaling juga disusun dengan rapi dan diletakkan pada bagian etalase yang mudah untuk terlihat.

Buat spanduk berwarna terang bertuliskan nama usaha dan jenis minumsn es buah yang disajikan. Lengkapi spanduk dengan gambar minuman es buah untuk menarik perhatian.

c. Pemilihan Harga

Harga satu gelas es buah bervariasi, tergantung dari jenis buah yang digunakan dan banyaknya. Semakin banyak buah yang pakai harganya semakin mahal. Harga jual satu porsi es buah Rp4.000 hinggaRp8.000.

d. Peralatan Bisnis dan Karyawan

Perlengkapan bisnis untuk berjualan es buah tidak terlalu rumit. Antara lain etalase berukuran sedang ataupun besar untuk menampilkan buah-buahan, meja, dan tempat duduk. Peralatan lainya yang diperlukan yaitu pisau buah gelas plastik, sendok, serutan dan toples.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru