usaha kecil dan entrepreneurship

Usaha Kecil Makanan Ringan dengan Untung Besar

Usaha makanan menjadi salah satu usaha yang paling populer dan banyak dilakukan orang. Untuk mendirikan usaha makanan tidak harus dengan modal yang besar. Anda pun bisa merintis usaha kecil makanan untuk pangsa pasar dalam skala yang terbatas.

Usaha makanan tidak akan pernah sepi konsumen. Bisa dikatakan kalau usaha ini sifatnya abadi karena makanan menjadi kebutuhan pokok yang dibutuhkan semua orang. Keuntungan usaha makanan yang didapat bisa dua kali lipat lebih.

Usaha Kecil Makanan untuk Mengatasi Persaingan yang Ketat

Sayangnya, karena terlalu banyak orang yang membuka usaha makanan, maka persaingannya akan semakin tinggi. Itulah alasan mengapa banyak usaha kecil kuliner makanan ringan yang terpaksa gulung tikar karena tidak bisa bersaing.

usaha kecil rumahan

Maka, ketika akan membuka usaha makanan, Anda diharuskan untuk selalu berinovasi didukung ide-ide kreatif sehingga bisa bersaing dan menarik perhatian para calon pembeli.

Kunci Sukses Seorang Pemula dalam Bisnis Makanan Ringan

Bisnis kuliner ringan memerlukan ketekunan dan manajemen yang baik. Kebanyakan pengusaha makanan ringan yang sukses merupakan pengusaha yang sudah lama berjualan dan memiliki pelanggan tetap.

Selain itu, makanan ringan yang dipasarkan sangat inovatif serta rasanya enak karena kunci utama bagi para pemula dalam bisnis makanan ringan adalah kreatif dan inovatif.

1. Buah Goreng

Apakah Anda pernah menyantap buah goreng? Buah goreng terdengar tidak asing lagi di telinga dan lidah orang Indonesia karena sebelumnya sudah dikenal aneka gorengan yang terbuat dari buah, seperti pisang goreng, nangka goreng, nanas goreng.

Supaya tidak sama d ipasaran, Anda bisa memilih buah-buahan lain, seperti buah stroberi, alpukat, kiwi, apel, melon, semangka, hingga durian yang bisa dijadikan gorengan unik.

usaha kecil yang menguntungkan

Untuk menambah tampilan menarik dan cita rasa, Anda bisa menambahkan gula halus atau cokelat leleh sebagai topping di atasnya. Usaha kecil makanan unik dengan modal terbatas ini bisa Anda jajakan dengan menggunakan gerobak kaki lima sehingga tidak membutuhkan modal yang banyak.

2. Bola Ubi

Bola ubi yang saat ini sedang trending di kalangan jajanan anak muda karena harganya sangat terjangkau dan kelezatannya tidak perlu Anda pertanyakan lagi.

Bola ubi sebenarnya merupakan hasil inovasi dari kuliner ubi goreng dibuat dengan berbentuk bola sehingga terlihat lebih menarik dan mudah disantap.

Dari segi rasanya, meski sama-sama menggunakan ketela goreng, bola ubi terasa berbeda sebab teksturnya lebih lembut dan terdapat bahan campuran sebagai isian.

Anda bisa menggunakan jenis ubi kuning atau ubi ungu untuk membuat tampilan warnanya jadi lebih cantik dan menambahkan taburan gula halus di atasnya.

3. Martabak Manis Gulung

Martabak sering identik dengan kuliner malam yang memiliki banyak penggemar, sehingga kalau Anda membuka usaha martabak pasti akan laris manis. Namun, jika tampilan martabak Anda sama seperti yang lain, pasti tidak akan terlihat istimewa.

Martabak yang populer di masyarakat memiliki dua jenis, yakni martabak telur dan martabak manis. Kedua jenis martabak tersebut selalu mengalami inovasi, terutama dari segi cita rasa.

usaha kecil dan entrepreneurship

Supaya tidak sama dengan yang lain, buatlah tampilan martabak manis jadi lebih unik dengan cara menggulungnya seperti kue bolu gulung.

Bentuknya yang unik mampu menarik perhatian dan membuat orang ingin mencicipinya. Apalagi jika Anda membuatnya dengan varian warna dan rasa berbeda sesuai dengan rasanya.
Misalnya warna hijau untuk rasa pandan, warna hitam untuk rasa blackforest, dan merah untuk stroberi.

4. Bolu Bakar

Usaha kecil dengan modal sedikit selanjutnya adalah bolu bakar yang menghadirkan kue bolu dengan tampilan dan cita rasa berbeda.

Bolu bakar sebenarnya tidaklah asing lagi bagi masyarakat Bandung karena di kota kembang tersebut, bolu bakar menjadi jajanan kaki lima khas Bandung. Namun, tidak ada salahnya mencoba peruntungan usaha makanan unik dengan modal kecil ini.

Bolu bakar adalah kue biasa yang dibuat dan dihidang dengan cara dibakar sebelum dioleskan dengan isian yang bervariasi di dalamnya, sehingga rasanya menjadi berbeda. Saat dibakar, bolu akan mengeluarkan aroma wangi yang bisa menggugah selera siapa saja.

5. Pisang Bakar Milo

Anda jangan memandang sebelah mata terhadap usaha kecil kuliner pisang bakar, terlebih jika dilakukan inovasi, maka pisang bakar bisa hadir dengan tampilan dan cita rasa yang berbeda.

Terinspirasi dari es kepal Milo yang sedang digandrungi, Anda bisa membuka usaha pisang bakar Milo. Pisang bakar Milo adalah pisang yang dibakar hingga matang dan disajikan bersama dengan susu kental manis atau lelehan cokelat dengan taburan Milo bubuk.

contoh usaha kecil formal

Untuk menjalankan usaha kecil makanan unik dengan modal terjangkau ini, Anda harus mencari pisang yang memiliki tekstur lembut ketika dibakar seperti pisang kepok atau pisang uli.

Supaya modal yang dibutuhkan tidak membengkak, Anda bisa mulai mempromosikan makanan ini secara online atau menjualnya secara offline.

6. Nasi Goreng Volcano

Inovasi kuliner memang tidak pernah berhenti karena dengan adanya inovasi, masyarakat tidak akan merasa bosan untuk membeli kuliner tersebut secara terus-menerus.

Hal ini berlaku pada nasi goreng yang masuk dalam daftar kuliner terlezat di dunia. Nasi goreng, salah satu kuliner yang prosesnya mudah dibuat, sehingga jika Anda ingin membuka usaha nasi goreng, maka Anda harus membuat nasi goreng yang berbeda.

Sekali waktu, perlu untuk mencoba membuat nasi goreng volcano dengan memadukan cita rasa tradisional dan western karena menggunakan campuran keju yang digunakan sebagai lelehan volcano-nya.

Selain keju, Anda juga dapat aneka saus leleh lainnya, seperti saus barbeku, saus tomat, saus jamur, dan lain sebagainya.

7. Cakwe Isi Kekinian

Cakwe isi kekinian yang menjadi usaha kecil yang unik dengan modal terbatas karena tidak membutuhkan banyak dana untuk membuatnya.

Umumnya, belum banyak masyarakat kita tentang cakwe, cakwe merupakan street food yang berasal dari negeri Cina. Cakwe biasanya dijual di gerobak kaki lima bersama dengan saus cocolannya.

Agar tampil berbeda, Anda bisa memadukan cakwe dengan aneka isian menarik yang akan membuat cita rasanya jadi berbeda.

usaha kecil gak ribet

Misalnya, dengan memadukan cakwe dengan isian cincangan daging burger, okonomiyaki, dan lain sebagainya. Dengan begitu, orang akan penasaran dengan cakwe milik Anda.

Itulah tujuh daftar ide usaha kecil makanan ringan dan unik yang bisa Anda coba. Bagi Anda yang tertarik memanfaatkan peluang usaha kecil di bidang kuliner makanan ringan, sebaiknya buatlah persiapan yang matang dan perencanaan.

Serta lakukan beberapa riset dan analisis pasar untuk mengetahui camilan apa yang memiliki permintaan pasar cukup tinggi tetapi produsennya terbatas.

Jangan Takut Mencoba

Apapun bisnis yang Anda pilih, akan selalu ada tantangan saat merintis dan menjalaninya. Jadi, jangan pernah takut mencoba.

Terlebih tidak sedikit pelaku usaha di bidang kuliner yang akhirnya sukses. Meskipun, awalnya tidak memiliki keterampilan khusus dan latar belakang di bidang kuliner.

Namun, umumnya mereka nekat terjun ke dalam bisnis ini karena mengetahui peluang usaha kecil di bidang kuliner cukup menggiurkan. Jadi jangan pernah takut mencoba, karena akan selalu ada yang pertama untuk setiap hal-hal baru.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru