Bingung Mencari Ide Usaha? Coba Ragam Usaha Kreatif Berikut Ini

Usaha-usaha yang unik saat ini hadir dengan beragam bentuk. Berbagai usaha kreatif ini ternyata tidak hanya menarik perhatian masyarakat, namun juga memberikan keuntungan yang lumayan. Penasaran ada bisnis unik apa saja yang dapat dijadikan inspirasi?

Di sini akan disajikan beragam usaha kreatif yang dapat menjadi sumber inspirasi bagi yang sedang mencari ide bisnis. Yuk, simak lengkapnya lewat ulasan-ulasan yang ada di bawah ini.

Apa Saja Usaha Kreatif yang Dapat Dicoba?

Ada banyak usaha kreatif yang sebenarnya hadir di masyarakat. Kehadiran usaha yang ‘berbeda’ ini tentu membuat peluangnya menjadi lebih besar jika dibandingkan bisnis lain yang memiliki banyak pesaing. Beragam usaha ini mungkin dapat dijadikan inspirasi untuk yang sedang mencari ide bisnis.

1. Kuliner Unik

Bisnis kuliner memang menjadi salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Pasalnya, kebutuhan akan makanan dan minuman menjadi hal yang utama untuk semua orang. Namun, memang persaingan di dalam bisnis ini cukup ketat, karena adanya banyak pelaku yang hadir.

Bagi yang menyukai dunia kuliner, nampaknya tak perlu putus asa untuk mencoba peruntungan di dalamnya. Tak ada salahnya mencoba bisnis kuliner yang berbeda dari umumnya. Selain membantu menarik perhatian pelanggan, hal ini juga meminimalisasi pesaing.

Ada banyak contoh bisnis kuliner unik yang dapat digeluti, misalnya saja olahan penganan dari kulit pisang yang hadir beberapa waktu lalu. Ini tidak hanya memberikan keunikan tersendiri, namun juga menunjukkan olahan unik yang mungkin saja tidak terpikirkan pihak lain.

Tak hanya dari segi bahan, keunikan juga dapat dilahirkan dari lini yang lain. Misalnya saja cara penyajian, bentuk kemasan, atau berbagai aspek lain. Pastikan jika kemudian bisnis kuliner yang dibangun ini tidak hanya membuat pembeli tertarik datang, tetapi juga mau untuk membeli lagi.

2. Jasa Konten

Usaha kreatif selanjutnya yang dapat dicoba digeluti adalah jasa konten. Harus diakui saat ini di era media sosial, konten menjadi suatu hal yang krusial. Pasalnya, konten menjadi salah satu hal utama yang menjadi perhatian banyak orang di dunia maya.

Tak hanya berfungsi sebagai media komunikasi antar pengguna media sosial, konten ternyata juga hadir sebagai media iklan. Hal ini terlihat dari banyaknya merek serta brand yang secara tersirat memasarkan produknya melalui konten-konten tertentu.

Era ‘konten’ ini ternyata turut memberikan sebuah peluang usaha baru yang dapat dijadikan sumber penghasilan. Peluang usaha yang dimaksud adalah penyedia jasa konten atau yang mungkin lebih banyak dikenal dengan content creator.

Para content creator ini ternyata juga banyak dicari saat ini. Tidak hanya untuk kebutuhan iklan, namun juga konten media sosial dari perusahaan tertentu atau kebutuhan lainnya. Melihat peluang ini, tak ada salahnya untuk mencoba terjun di dalamnya.

3. Jual Beli Barang Antik Online

Siapa sangka jika barang antik dapat menjadi usaha kreatif yang dapat digeluti selanjutnya. Saat ini barang antik memiliki pangsa pasarnya sendiri. Tidaklah mengherankan, mengingat barang antik dianggap sebagai barang yang memiliki nilai sejarah serta keunikan tersendiri.

Harga barang antik pun bermacam-macam, mulai dari puluhan ribu hingga miliaran rupiah. Kehadiran banyak penggemar serta harga yang ternyata cukup fantastis ini kemudian menghadirkan lini usaha baru, yaitu jual-beli barang antik.

Di era internet seperti sekarang ini, kegiatan jual-beli ini pun dapat memanfaatkan media sosial maupun market place yang ada. Melalui kedua media tersebut, jangkauan pembeli pun menjadi semakin luas.

Lalu, bagaimana dengan tempat display? Ruangan display dapat memanfaatkan tempat yang ada di rumah lebih dahulu. Jika memang dirasa sudah cukup berkembang, maka opsi untuk menyewa lahan dapat dipertimbangkan kembali.

4. Food Truck

Memiliki modal cukup serta ketertarikan di dunia kuliner? Ini dapat dimanfaatkan untuk membangun usaha kreatif yang selanjutnya. Bisnis yang dimaksud di sini adalah food truck. Harus diakui bahwa kehadiran mobil makanan ini masih jarang ditemukan.

Bisnis ini sebenarnya memiliki peluang untuk mendatangkan untung yang besar. Pasalnya, food truck dapat berpindah-pindah tempat menuju lokasi yang dirasa akan banyak memperoleh pelanggan. Kelebihan berpindah-pindah ini memudahkan pemilik food truck untuk mengikuti event tertentu.

Hanya saja, harus diakui bahwa usaha food truck ini membutuhkan biaya yang cukup lumayan. Tidak hanya untuk pembelian mobil yang akan digunakan nantinya, namun juga modifikasi yang harus dilakukan agar dapat dipakai sebagai tempat memasak makanan.

Jika ingin menggeluti bisnis ini, sebaiknya siapkan dana yang dibutuhkan untuk keperluan food truck. Selain itu, jangan lupakan juga kebutuhan untuk promosi serta berbagai bahan makanan yang diperlukan nantinya.

5. Suvenir Pernikahan

Usaha kreatif selanjutnya hadir dari bisnis suvenir pernikahan yang mungkin saat ini banyak diminati. Harus diakui bahwa bisnis ini dapat berkembang menjadi usaha yang menjanjikan kalau dikelola dengan baik. Apalagi, peluang bisnis ini juga cukup besar.

Pihak yang akan membuat bisnis ini harus memastikan lebih dahulu konsep suvenir pernikahan yang akan diusungnya. Entah dari segi produk, kemasan, maupun dari lini-lini lain yang berhubungan dengan suvenir tersebut.

Rancang konsep kemasan yang unik hingga produk-produk yang menarik namun terjangkau. Buatlah beberapa portofolio awal bagi produk yang ada untuk ‘display’ awal bagi calon pembeli. Jangan lupa buat katalog produk-produk yang dapat dipesan untuk suvenir serta harga tiap item.

6. Custom Kado Wisuda

Usaha kreatif yang akan dibahas kali ini cocok bagi para mahasiswa atau pun yang berada di lingkungan sekitar kampus, yaitu custom kado wisuda. Selama ini, memberi kado pada teman yang sedang wisuda menjadi salah satu tren baru yang banyak dilakukan mahasiswa.

Hal ini ternyata memberikan peluang usaha baru yang dapat dijadikan ladang untuk memperoleh penghasilan. Bahkan, tak menutup kemungkinan bahwa usaha custom kado ini dikembangkan lebih lanjut tidak hanya untuk keperluan wisuda saja.

Untuk menggeluti bisnis ini, harus dipastikan lebih dahulu produk custom apa yang akan dibuat. Nantinya, siapkan juga tampilan produk sebagai contoh awal untuk diperkenalkan. Dari sana, jangan lupa buat sebuah promosi yang menarik untuk menarik minat pembeli.

7. Jual-Beli Barang Bekas

Jika tadi sudah dibicarakan tentang jual-beli barang antik, kali ini yang akan dibahas tidak jauh berbeda. Ini menjadi salah satu usaha kreatif yang dapat mendatangkan keuntungan bagi pelaku bisnisnya. Usaha yang dimaksud adalah jual-beli barang bekas.

Memang selama ini barang bekas sering kali menjadi sesuatu yang dianggap tidak memiliki nilai. Padahal, kegiatan jual-beli barang bekas juga dapat mendatangkan keuntungan yang lumayan. Salah satu usaha barang bekas yang banyak memperoleh keuntungan adalah jual-beli pakaian bekas.

Untuk memperoleh barang-barang yang akan dijual, Anda dapat memanfaatkan benda yang ada di sekitar lingkungan. Pilih barang yang layak digunakan dan masih memiliki nilai jual. Selanjutnya, pasarkan barang-barang tersebut melalui media sosial maupun market place.

Ada banyak usaha kreatif yang ternyata dapat dijadikan alternatif untuk calon pebisnis yang ingin membangun bisnis anti-mainstream. Berbagai referensi di atas mungkin akan menjadi ide menarik yang dapat dikembangkan menjadi bisnis baru.

Untuk Mendapatkan Penawaran Menarik dan Keterangan Lebih Lengkap Mengenai MESIN TERBARU KAMI, Hubungi Kami SEGERA di Line Telphone :

Cabang Jakarta : phone-icon  021.2287.4619  | whatsapp_app_store 0812.8899.9470

Cabang Depok : phone-icon  021.7720.7228  | whatsapp_app_store 0812.8886.6514

Cabang Bandung : phone-icon  022.4283.0044  | whatsapp_app_store 0812.1400.1856

Cabang Surabaya : phone-icon  031.9992.7667  | whatsapp_app_store 0812.3370.6950

Service Center & Pusat Perbaikan Mesin : 0813.8111.0325

Garansi Service 3 Tahun & Spare Part 6 Bulan.

Pelanggan Kami