usaha makanan kecil ibu rumah tangga

Tips Mengelola Usaha Makanan Kecil Ibu Rumah Tangga di Rumah

Usaha makanan kecil ibu rumah tanga bisa menjadi pilihan bisnis yang pas untuk Anda jalankan. Camilan atau makanan kecil kelihatan sekali sudah menjadi salah satu jenis kuliner yang banyak menyebar di seluruh pelosok Nusantara. Dan masih banyak orang yang ingin menjalankan usaha ini.

Bisnis camilan juga menjadi bisnis yang sangat prospektif ke depannya. Sebab makanan kecil banyak dikonsumsi masyarakat ketika begadang, bersantai, menonton tv, belajar, nonton bioskop atau ketika melakukan kegiatan yang lain. Namun jika Anda cuma melihat saja tanpa melakukan tindakan memang akan meragukan. Oleh sebab itu Anda mesti mencoba dan memulai bisnis tersebut sebagai salah satu bisnis Anda.

Sebetulnya dengan menggeluti usaha makanan kecil ibu rmah tangga bisa membuat Anda maju dan berkembang sebab keuntungan yang bisa didapat lumayan besar. Bahkan bila Anda pintar mengkreasikan varian makanan kecil Anda, secara tidak langsung bisnis Anda akan cepat maju dan berkembang. Oleh sebab itu memilih camilan sebagai usaha Anda adalah pilihan yang bijak.

Di sisi lain, usaha makanan kecil ibu rumah tangga ini merupakan bisnis berskala kecil yang memiliki peluang sangat bagus untuk saat ini dan di masa depan. Permintaan pasar untuk makanan kecil selalu mengalir dan bertambah. Hal itu dikarenakan para pembeli makanan kecil yang tidak saja anak-anak, melainkan juga mencakup para remaja, orang dewasa, hingga orang tua. Maka tidak mengherankan bila para pebisnis makanan yang biasanya disajikan sebagai selingan ketika melakukan aktivitas ini sering kali kebanjiran pembeli.

Apalagi jika melihat beraneka ragamnya jenis makanan kecil di negeri ini yang dijual dengan harga yang bermacam-macam, semakin membuat peluang usaha camilan ini semakin terbuka lebar bagi Anda yang baru akan membangun usaha ini. Selain itu, bisnis makanan kecil ini tidak memerlukan tempat yang khusus, Anda bisa menggunakan rumah Anda sebagai tempat bisnis.

Untuk Anda yang punya keinginan untuk memanfaatkan peluang bisnis makanan kecil hendaknya membuat planning dan persiapan yang matang lebih dulu misalnya dengan melakukan beberapa observasi dan analisa target pasar untuk mengetahui makanan kecil apa yang memiliki permintaan pasar lumayan tinggi tetapi produksinya sedikit.

Cara Sukses Dalam Usaha Makanan Kecil Ibu Rumah Tangga

Usaha makanan kecil ibu rumah tangga membutuhkan keuletan dan pengelolaan yang baik. Kebanyakan pebisnis makanan kecil yang berhasil adalah pengusaha yang sudah lama berjualan dan sudah mempunyai pelanggan tetap, ditambah makanan kecil  yang dijual sangat inovatif dan memiliki rasa yang sedap karena kunci utama bagi para pemula bisnis makanan kecil  ialah kreatif dan inovatif. Ada banyak hal yang bisa memberikan pengaruh terhadap kesuksesan seorang perintis usaha makanan kecil ibu rumah tangga, antara lain sebagai berikut:

a) Makanan Kecil Anda Mempunyai Kualitas Bagus

Makanan kecil yang akan Anda jual harus mempunyai kualitas yang bagus, baik dari segi bahan yang digunakan, segi pengolahan maupun segi pengemasan. Bahan baku yang digunakan haruslah bahan yang bersih dan tidak mengandung unsur zat berbahaya. Cara pembuatannya harus sesuai prosedur, misalnya gorenglah camilan Anda dengan minyak yang berkualitas dan diganti dengan teratur. Kemudian kemaslah makanan kecil yang telah digoreng dengan menggunakan kemasan yang bagus dan menarik.

b) Harus Mempunyai Banyak Inovasi Baik Dalam Produknya Maupun Cara Marketingnya

Pebisnis makanan kecil yang sukses merupakan pebisnis yang selalu berinovasi tinggi untuk membuat makanan kecil yang berbeda, sehingga produk tersebut lebih mudah dicari dan dibedakan oleh para konsumen. Oleh sebab itu tidak masalah produk yang Anda jual sudah banyak di pasaran, asalkan produk yang dijual tersebut berbeda secara inovasi dengan makanan kecil yang telah banyak beredar.

c) Bangunlah Relationship dengan Pelanggan Untuk Menjaga Loyalitas

Layani pembeli Anda dengan sangat baik dan bijak, tidak peduli Anda kenal atau tidak dengan pelanggan tersebut. Bangunlah kesan yang mendalam pada pembeli Anda, dengan senyuman dan sapaan meskipun hanya sekedar basa-basi, sehingga pembeli Anda dengan rela hati akan berkunjung kembali. Disamping itu gunakanlah media sosial untuk membranding makanan kecil yang Anda jual untuk menciptakan hubungan yang dekat dengan pembeli Anda, sebab hal ini akan memberikan dampak bagus, seperti iklan gratis dari mulut ke mulut pembeli. Promosi dari teman ke teman terbukti sangat bagus untuk mendapatkan customer baru serta meningkatkan omset.

d) Mempunyai Strategi Pemasaran yang Bagus

Memiliki Strategi pemasaran yang bagus akan memberikan pengaruh terhadap perkembangan bisnis Anda ke depannya, oleh sebab itu, sebagai pemula bisnis makanan kecil Anda harus mampu menggunakan strategi pemasaran yang bagus serta bisa membaca dan memahami pasar untuk meningkatkan penjualan Anda. Seperti memberikan diskon, menambah bobot makanan, atau dengan membagikan sampel produk secara gratis pada orang-orang di area yang menjadi pangsa pasar.

e) Visioner, Think Big, Think Positif

Memiliki visi dan positive thinking dalam hati dan pikiran pebisnis adalah suatu kewajiban. Dalam menjalankan suatu usaha diharuskan melayani pelanggan dengan baik. Dan pikiran yang positif bisa membantu Anda memiliki visi yang tajam. jauhkanlah pikiran yang sempit dan negatif sebab apa yang dipikirkan dapat menjadi kenyataan, oleh karena itu sangat penting untuk selalu positive thinking.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru