Usaha Popcorn Rumahan yang Sangat Berpeluang

Apa Itu Popcorn?

Apa itu popcorn? Popcorn merupakan cemilan atau jajanan yang dibuat dari biji jagung yang biasanya dimakan saat sedang bersantai, menonton tv, maupun acara keluarga. Popcorn adalah panganan yang diminati oleh anak kecil dan remaja yang biasanya dijual di dalam bioskop, area taman bermain, stand pasar malam, sekolah, maupun kampus atau juga tempat orang-orang yang berkumpul. Tempat-tempat seperti itu yang menjadi sasaran utama dalam menjual popcorn.

Bahan baku dari popcorn adalah jagung dan mentega. Popcorn adalah jagung atau biji jagung yang dipanaskan dengan menggunakan suhu tinggi. Lalu mentega sendiri digunakan agar popcorn jadi lebih gurih dan enak. Memasak popcorn tidaklah sulit hanya dengan mencapurkan satu sdm mentega dan 2 atau tiga sendok jagung ke dalam microwave. Kemudian dalam waktu dua menit popcorn yang gurih dan enak siap disantap.

Sebelum kita menjual popcorn sebelumnya pastikan kita sudah mencari lokasi berjualan popcorn yang strategis dan ramai karena tak semua orang menyukai popcorn sebagai cemilan, dan pastinya masih banyak macam cemilan lainnya. Dan juga untuk sebuah tempat sewa yang akan dijadikan sebagai tempat penjualan harus disesuaikan dengan harga dan banyaknya penjualan yang terjadi.

Modal yang Dibutuhkan untuk Berjualan Popcorn

Modal yang kita perlukan untuk menjalankan bisnis popcorn memang masih dapat dikatakan kecil dengan pertumbuhan profit yang cukup tinggi. Memulai bisnis popcorn dapat dikatakan tidaklah sulit dengan kemudahan menemukan bahan untuk membuat popcorn yang murah serta banyak ditemukan di minimarket. Usaha popcorn juga menyuguhkan cara penyajian dengan inovasi popcorn bermacam rasa dari bumbu-bumbu yang berbeda-beda. Untuk menjalankan bisnis popcorn dengan cara yang tidak rumit Anda perlu memperhatikan empat hal berikut ini:

1. Yang pertama, buat perencanaan ketika memulai usaha popcorn Anda. Buat skema atau gambaran bisnis dengan cara memfokuskan jenis popcorn yang akan Anda buat, misal popcorn dengan rendah lemak (low fat). Anda bisa menggambarkan secara general mengenai jenis popcorn tersebut mengenai rasa dan aromanya, cara pengemasan unik yang dibutuhkan, pemilihan lokasi penjualan dan hal lainnya.

2. Persiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis popcorn baik dari mesin popcorn yang akan digunakan hingga peralatan pendukung lainnya. Sebenarnya popcorn juga tidak termasuk ke dalam makanan yang dapat mempengaruhi kesehatan kita jika saja cara mengolah maupun cara menyimpannya tetap terjaga kualitasnya. Untuk membuat popcorn dengan mutu, kualitas serta kepercayaan yang baik dari konsumen tentu dapatkan juga izin dari Depkes beserta dengan sertifikat halal.

3. Selanjutnya, jika Anda ingin memasarkan produk popcorn Anda dengan cara online atau dengan cara membungkusnya langsung dan ditawarkan ke para supplier, tentu Anda harus memberi label produk dengan brand yang unik dan baik. Jangan lupa untuk sertakan bahan-bahan pada kandungan popcorn yang kita buat, berat total produk, kode kadaluarsa produk, informasi gizi, perizinan dari badan usaha dan informasi produksi lainnya.

4. Promosikan bisnis popcorn kepada masyarakat umum dengan cara memilih sasaran yang tepat. Usaha popcorn ini banyak peminatnya serta tinggi akan permintaannya di kalangan masyarakat.

Kemudian setelah Anda tahu hal-hal yang penting untuk dijalankan dalam usaha popcorn, Anda bisa langsung memulai usaha popcorn tersebut. Bahan baku dalam bisnis popcorn ini menggunakan jagung dan mentega, popcorn sendiri diproduksi melalui cara memanaskan biji jagung dalam suhu yang cukup tinggi hingga mengembang. Penambahan mentega dipakai agar menghasilkan rasa popcorn yang lebih enak, gurih, dan nikmat. Selain bahan tadi biasanya pembuatan popcorn juga bisa menggunakan pewarna alami dan gula untuk pemanis.

Resep Cara Membuat Popcorn

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

  • Biji jagung untuk popcorn
  • Mentega
  • Panci (dapat diganti menggunakan wajan besar).
  • Gula bubuk

Cara Popcorn:

1. Siapkan panci dan tutupnya di atas kompor. Siapkan dan takar sesuai dengan selera jagung yang akan dibuat menjadi popcorn.

2. Campurkan 2 sdm mentega ke panci, lalu nyalakan kompor menggunakan api sedang. Setelah mentega meleleh, kecilkan api dan masukkan dua genggam jagung ke dalam panci.

3. Kemudian tutup panci dan sekali-kali coba goyangkan panci untuk membuat semua jagung terkena oleh mentega.

4. Biarkan beberapa saat saja, lalu Anda akan mendengar suara letupan-letupan kecil di dalam panci.

5. Biarkan hingga suara letupan berhenti, kemudian matikan kompor.

6. Buka tutup panci kemudian tambahkan gula sesuai dengan selera, lalu campur rata.

Siap disajikan hangat. Jika ingin popcorn menjadi lebih berasa dan berwarna bisa ditambahkan dengan gula cair dan pewarna makanan alami.

Selamat mencoba.