usaha rumahan modal kecil hasil besar

Daftar Usaha Rumahan Modal Kecil Ini Dijamin Mendatangkan Untung

Memulai bisnis sering kali diidentikkan dengan modal yang harus besar. Cakupannya mulai dari modal awal, pengadaan peralatan, sampai dengan sewa tempat. Padahal, ada banyak usaha rumahan modal kecil yang dapat menjanjikan untung yang lumayan.

Bagi yang terkendala masalah modal pun tak perlu khawatir. Pasalnya, artikel ini akan menghadirkan beragam inspirasi usaha rumahan dengan modal kecil yang mampu memberikan keuntungan yang lumayan. Ada usaha apa saja? Simak lengkapnya di bawah ini ya.

Daftar Usaha Rumahan Modal Kecil

Seperti yang telah dijanjikan sebelumnya, di sini akan diberikan beberapa referensi usaha rumahan modal kecil. Ini akan menjadi alternatif terbaik untuk yang ingin memulai bisnis namun terkendala masalah modal dan tempat.

Jangan khawatir, meskipun modal yang diperlukan kecil, tak menutup kemungkinan untuk memiliki profit yang lumayan dari bisnis ini. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, coba salah satu bisnis berikut ini.

1. Kedai Kopi

usaha rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga di desa

Usaha rumahan modal kecil yang pertama datang dari bisnis kuliner. Merasa memiliki cukup ruang yang tidak digunakan di rumah? Seperti garasi mobil atau beberapa bagian halaman rumah? Sebaiknya, sulap ruang di rumah tersebut menjadi usaha kuliner, yaitu kedai kopi.

Tak dipungkiri jika kopi menjadi salah satu minuman yang digemari banyak masyarakat Indonesia. Bahkan, ada banyak daerah yang menjadikan kegiatan minum kopi menjadi rutinitas tak terlewatkan. Jika sudah begini, ini dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Membangun kedai kopi dapat diawali dari ruangan yang tidak terpakai di rumah atau di halaman. Dari sana, peralatan-peralatannya dapat menggunakan sediaan yang ada di rumah. Sajikan menu-menu yang dirasa tidak membutuhkan modal besar tetapi pasti disukai banyak orang.

2. Jasa Jahit

usaha rumahan modal kecil yang menjanjikan

Memiliki kemampuan menjahit atau sudah merasa cukup mahir dalam menjahit? Kemampuan ini dapat dikembangkan menjadi usaha rumahan modal kecil yang selanjutnya. Bukalah sebuah jasa jahit di rumah.

Pemasaran jasa jahit ini dapat dilakukan melalui media sosial atau dari mulut ke mulut. Tentu saja jangan lupa siapkan contoh jahitan yang pernah dikerjakan sebelumnya. Tak ada salahnya mulai menawarkan jasa dari orang-orang terdekat terlebih dahulu, sekaligus menjadi media promosi awal.

Untuk membangun jasa ini, modal yang paling penting adalah mesin jahit dan juga peralatan menjahit, seperti benang, gunting, serta peralatan membuat pola. Kalau dikerjakan dengan serius, tak menutup kemungkinan bisnis ini dapat berkembang pesat.

3. Bisnis Makanan Online

usaha rumahan modal kecil hasil besar

Hobi memasak ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis, lho. Melalui kemampuan memasak itulah usaha rumahan modal kecil di bidang kuliner dapat dikembangkan. Apalagi saat ini sudah banyak bisnis makanan online yang meraih keuntungan lumayan.

Sebelum membuka bisnis yang satu ini, pastikan jenis makanan yang akan dibuat. Tak ada salahnya mencoba satu menu lebih dahulu yang dirasa akan laris serta memiliki banyak penggemar. Jangan lupa untuk hadirkan menu tersebut secara unik dan menarik.

Pasalnya, bisnis makanan yang unik dan menarik lebih cepat mendatangkan pembeli. Namun, juga harus dipastikan jika bisnis tersebut nantinya dapat berjalan terus ke depan. Buatlah makanan yang tak hanya unik tetapi juga dapat membuat pembeli datang lagi.

Media sosial dapat menjadi sarana pemasaran yang baik untuk bisnis ini. Lakukan juga pemasaran melalui kawan atau saudara. Selain itu, pastikan juga bahwa unggahan foto makanan yang diberikan menarik perhatian, ya.

4. Kerajinan Tangan Unik

buka usaha rumahan modal kecil

Usaha rumahan modal kecil yang selanjutnya patut dicoba adalah usaha kerajinan tangan unik. Bagi yang suka membuat kerajinan tangan yang lucu dan unik, nampaknya ini dapat menjadi peluang usaha yang pas untuk dicoba.

Untuk memulai usaha ini, tentu membutuhkan bahan untuk membuat kerajinan tangan tersebut. Buatlah beberapa contoh barang kerajinan tangan. Ini juga sekaligus menjadi portofolio awal untuk kerajinan tangan yang akan dipasarkan.

Coba melakukan pemasaran melalui media sosial dan juga berbagai market place yang ada. Selain itu, jangan lupa menawarkan pada relasi. Tak hanya kedua cara tersebut, promosi juga dapat dilakukan dengan mengikuti pameran ataupun acara bazar yang biasanya banyak diadakan.

Melalui acara-acara tersebut, pengenalan produk dapat dilakukan langsung pada masyarakat. Jadi, jangan hanya rajin menyebarkan promosi melalui media sosial, ya, promosi langsung juga perlu dilakukan, lho.

5. Ternak Lele

cara usaha rumahan modal kecil

Usaha rumahan modal kecil berikutnya rupanya hadir dari usaha peternakan. Ini bisa dilakukan, utamanya, jika memiliki ruang cukup di halaman rumah.

Ada beberapa jenis ternak lele yang dapat dilakukan. Cakupannya mulai dari ternak khusus pembibitan, untuk pembesaran, maupun untuk indukan.

Pilih jenis ternak yang dirasa paling mampu untuk dilakukan serta tidak merepotkan dan sesuai dengan sumber daya yang tersedia. Memang lele dinilai sebagai salah satu ikan yang cukup mudah untuk dibudidayakan, bahkan dalam lahan yang relatif kecil atau sempit.

Namun, ketika ingin melakukan ternak lele, pahami dulu cara budi daya lele yang benar. Ini agar nantinya, lele dapat diternakkan dengan baik sehingga hasilnya juga akan maksimal.

6. Jasa Print

cari usaha rumahan modal kecil

Untuk usaha rumahan modal kecil yang akan dibahas selanjutnya datang dari jasa print. Siapa sangka jika jasa print menjadi salah satu usaha yang dapat digeluti selanjutnya. Apalagi, usaha yang satu ini tidak membutuhkan modal banyak.

Peralatan yang diperlukan mulai dari printer, kertas untuk print, serta berbagai kebutuhan dasar lainnya yang berkaitan dengan printing. Ini dapat menjadi usaha yang keuntungannya lumayan. Hanya saja, pastikan juga kondisi lingkungan sekitar saat akan membuka bisnis ini.

Pasalnya, tidak semua tempat membutuhkan jasa printing, bukan? Lakukan pengamatan pada lingkungan untuk memastikan apakah nantinya jasa printing dapat berkembang. Ini agar nantinya jasa printing yang sudah dibangun tidak justru mati karena kekurangan pelanggan.

7. Katering Rumahan

ide usaha rumahan modal kecil

Pembahasan seputar usaha rumahan modal kecil selanjutnya datang kembali dari dunia kuliner. Salah satu usaha rumahan yang dapat dilakukan adalah dengan membuka katering rumahan.

Jadi, katering ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari dengan menghadirkan menu rumahan.

Tentunya, usaha katering ini tidak membutuhkan biaya yang banyak. Untuk peralatan memasak, misalnya, Anda dapat menggunakan yang ada di rumah. Selain itu, tidak juga diperlukan display khusus untuk menampilkan makanan yang akan ditawarkan pada pelanggan katering.

Pemasaran produk ini dapat menggunakan media sosial. Sasarannya pun banyak, mulai dari keluarga, mahasiswa, hingga karyawan yang tidak memiliki waktu memasak. Ini dapat menjadi bisnis yang cukup menguntungkan apabila dikelola dengan baik.

Modal awal untuk bisnis ini diperlukan untuk bahan baku, tempat katering, serta beberapa kebutuhan lain yang dirasa diperlukan untuk menyokong operasional katering. Untuk pengirimannya, Anda dapat bekerja sama dengan pihak ojek online atau dilakukan sendiri.

Nah, ternyata ada banyak inspirasi usaha rumahan modal kecil yang dapat dilakukan, ya? Ini dapat menjadi langkah awal bagi yang ingin berbisnis namun terhalang modal maupun tempat usaha. Jadi bagaimana, sudah memutuskan akan mencoba usaha tertentu?

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru