usaha sampingan modal kecil

Usaha Sampingan Modal Kecil yang Cocok untuk Tambahan Uang Jajan Anak SMA

Masa SMA identik dengan masa untuk belajar dan juga bermain bersama kawan-kawan sebaya. Namun tidak ada salahnya apabila seorang anak SMA mempelajari cara mencari uang. Salah satunya adalah dengan menjalankan usaha sampingan modal kecil.

Ya, Anda tidak salah dengar. Tidak semua usaha yang berjalan dengan lancar membutuhkan modal yang besar, lho. Bila Anda memahami trik dan langkah tepatnya, maka usaha sampingan modal kecil pun dapat membawa hasil yang menggiurkan.

Jadi bagi Anda yang masih duduk di bangku SMA, Anda tak perlu ragu lagi untuk segera menjalankan usaha sampingan modal kecil. Bukan sekadar memberikan tambahan uang jajan, usaha-usaha modern ini juga dapat menjadi bekal bagi masa depan.

usaha sampingan modal kecil

Siapa yang tahu kalau usaha Anda semakin membesar dari waktu ke waktu, dan usai lulus kuliah nanti Anda tak perlu susah-susah mencari kerja? Untuk itu, mari kita lihat berbagai peluang usaha minim modal yang sesuai bagi anak SMA di masa modern:

1. Usaha Les Privat

Usaha les privat tak akan pernah mati. Tahu apa alasannya? Akan selalu ada murid, mahasiswa, bahkan pekerja yang mencari ilmu di luar institusi pendidikan resmi. Salah satu cara yang sering mereka lakukan adalah dengan menggunakan jasa guru privat.

Jangan sia-siakan kemampuan Anda dalam bidang pelajaran tertentu. Misalnya, Anda mahir dalam bidang Bahasa Inggris. Anda bisa memberikan jasa les privat bagi anak-anak atau bahkan bagi orang dewasa.

Anda bisa mengajar usai jam pelajaran sekolah, atau bahkan Anda bisa lho mengajar secara daring. Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak hal berkembang, termasuk cara belajar manusia.

2. Menjadi Pendukung (Endorser) Produk

Pada zaman modern ini, semua orang bisa menjadi selebriti. Tidak percaya? Anda bahkan bisa memulainya tanpa perlu melalui proses casting. Cukup dengan bermodalkan kreativitas, media sosial, serta promosi yang baik, Anda bisa menjadi selebriti dan meraih pundi-pundi rupiah yang menggiurkan.

Sebelumnya, Anda harus bisa meraih pengikut yang banyak di Instagram. Bila pengikut Anda sudah banyak, Anda bisa mencari grup-grup tempat para klien atau agensi mencari endorser, baik di forum ataupun Facebook.

usaha sampingan modal kecil

Semakin tinggi jumlah pengikut, semakin besar pula harga yang ditawarkan. Anda juga bisa menawarkan diri Anda sendiri kepada online shop yang sedang berkembang. Bila nama Anda semakin tersohor dan pengikut akun semakin banyak, niscaya tarif endorser pun akan semakin naik.

3. Menjadi Youtuber

Tahukah Anda mengapa banyak orang yang memutuskan untuk menjadi Youtuber? Pasalnya, ada banyak Youtuber yang bisa menjadi kaya, bahkan membeli hal-hal mewah seperti kendaraan dan rumah dari menjadi vlogger di Youtube.

Semakin banyak warganet yang berlangganan dan menonton video-video Anda di Youtube, maka semakin mudah bagi Anda memonetisasi video-video itu. Untuk itu, bila Anda ingin berfokus mencari tambahan uang dari Youtube, buatlah video-video berkualitas dan lakukan promosi agar banyak yang berlangganan dan menontonnya.

4. Menjadi Penyelenggara Acara (Event Organizer)

Kata siapa untuk memulai usaha event organizer, Anda membutuhkan modal yang besar dan koneksi dengan orang-orang berpengaruh? Anda bisa merintis usaha event organizer dengan modal yang sedikit, kok.

Jangan bayangkan Anda langsung menangani pesta perkawinan yang besar, tidak. Mulailah terlebih dahulu dengan acara-acara kecil dari kenalan-kenalan Anda seperti acara ulang tahun, bridal shower, atau bahkan lamaran. Dari sana, Anda bisa mendapatkan lebih banyak pengalaman dan modal untuk menjadikan usaha event organizer lebih besar lagi.

Selain kemauan kuat dan berkomitmen dalam menjalankan usaha, hal lain yang tak kalah penting dalam membangun sebuah event organizer adalah menjalin relasi dengan banyak orang. Semakin banyak relasi yang dimiliki, maka semakin besar pula peluang bisnis Anda.

usaha sampingan modal kecil

Saat memulai bisnis ini, jangan lupa untuk mengajak teman-teman yang bisa Anda percaya dan juga telah terbukti memiliki etos usaha yang baik. Pasalnya, bisnis ini tak bisa Anda jalani sendiri.

5. Menjadi Blogger

Profesi penulis, dulu mungkin bukanlah pekerjaan yang dilirik banyak orang. Selain harus memiliki pengetahuan luas, penulis dianggap sebagai profesi yang kurang menghasilkan.

Namun hal tersebut sejatinya hanyalah mitos belaka di dunia modern ini. Penulis menjadi profesi yang sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan dan juga oleh masyarakat. Masyarakat semakin haus akan informasi dan berbagai perusahaan pun semakin memahami betapa pentingnya meningkatkan kesadaran produk lewat desain dan tulisan yang baik.

Anda bisa memulai untuk menjadi penulis yang baik lewat blog. Dengan menjadi blogger, Anda bisa menyampaikan ide dan tulisan ke orang banyak. Bila blog telah memiliki banyak pengunjung dan pembaca, Anda pun bisa memonetisasinya melalui Google Adsense.

Tidak hanya itu saja. Apabila nama Anda telah cukup tenar sebagai penulis blog, membuka jasa resensi produk dan jasa penulisan bisa dilakukan. Sangat menggiurkan sekali, bukan? Apalagi sebagai blogger, Anda bisa bekerja di mana saja. Tentunya selama Anda membawa gawai untuk mengetik.

6. Penjual Jilbab

Dengan mayoritas penduduk yang beragama Muslim, sudah pasti jilbab menjadi komoditas yang menggiurkan di Indonesia. Apalagi, tren jilbab di Indonesia sangatlah beragam dan unik. Para wanita di Indonesia pun senang bereksplorasi dengan jilbab.

Anda tidak punya modal yang cukup untuk membeli jilbab dalam jumlah banyak? Tak perlu khawatir. Anda bisa menjadi makelar alias reseller jilbab dari pedagang berskala besar. Anda hanya perlu mempersiapkan media sosial untuk mengunggah foto-foto jilbab yang akan dipromosikan.

usaha sampingan modal kecil

Menjual jilbab secara daring sangatlah potensial di masa kini. Apalagi kalau Anda mempromosikan bisnis dengan gencar. Nah, bila usaha Anda semakin membesar dan untung yang didapatkan telah berlipat ganda, tidak ada salahnya mencoba untuk mendesain sendiri jilbab-jilbab yang akan dijual.

7. Penjual Makanan Kering dan Kemasan

Lihatlah sekeliling Anda. Bila hidup di kota besar, Anda akan menyadari bahwa para manusia semakin sibuk saja. Apalagi mereka yang berstatus sebagai pekerja. Jangankan untuk bersantai. Memasak untuk diri sendiri saja terkadang mereka tak punya waktu.

Layanan pesan antar memang bisa mengatasi masalah tersebut. Namun bagi sebagian orang, layanan ini dianggap menguras isi dompet. Maklum, mereka harus membayar jasa pesan antar yang harganya terkadang menyamai harga makanan yang dipesan.

Membeli lauk kering sebagai stok menjadi pilihan bagi mereka yang ingin makan teratur, tetapi hemat. Kalau Anda jago memasak, jangan sia-siakan peluang usaha sampingan modal kecil ini. Anda bisa memasak makanan-makanan rumahan, mengeringkan dan mengemasnya, lalu dijual. Praktis, lezat, dan mendatangkan profit.

Pastikan makanan kering Anda betul-betul dikemas dengan baik. Jangan lupa pula untuk mencantumkan tanggal kedaluwarsa dari makanan kering yang Anda buat. Hal ini penting supaya pelanggan tidak keracunan dan menimbulkan citra yang buruk bagi bisnis Anda.

usaha sampingan modal kecil

8. Usaha Desain Situs

Selain jasa penulisan, inilah usaha yang sedang menjamur di era revolusi teknologi. Agar sebuah perusahaan dapat mempertahankan eksistensinya dan bisa menjangkau banyak orang, maka situs wajib dimiliki.

Bukan sekadar situs abal-abal, perusahaan-perusahaan ini tentunya menginginkan sebuah website yang memiliki tampilan baik. Desain situs yang baik mampu menggambarkan betapa profesionalnya sebuah perusahaan. Masyarakat pun akan memiliki pandangan baik terhadap perusahaan yang bersangkutan.

Bila Anda memiliki kemampuan desain dan coding yang baik, usaha ini sangat layak untuk ditekuni. Yang Anda butuhkan hanya laptop atau komputer yang layak, serta situs resmi dan media sosial untuk memasarkan usaha ini.

Usaha sampingan modal kecil ini juga bisa Anda jalankan di mana saja, lho. Sangat menghemat waktu, bukan? Sesuai untuk anak SMA yang barangkali belum mendapatkan izin penuh dari orangtua untuk bepergian ke tempat-tempat yang jauh.

9. Usaha Casing Gawai

Hampir tidak ada manusia yang bisa melewati sehari pun tanpa memegang gawai. Ya, kita bahkan melakukan hampir semua hal lewat gawai, mulai dari mencari informasi, mencari hiburan, bekerja, hingga berhubungan dengan orang lain.

Banyak orang yang kemudian menghias gawai mereka agar nyaman dipandang dan juga menyenangkan hati. Salah satu caranya adalah dengan membeli casing yang menarik dan sesuai dengan karakter mereka.

usaha sampingan modal kecil

Nah, manfaatkan peluang ini dengan menjual casing dengan desain yang dapat dicetak sesuai keinginan pelanggan. Tidak perlu mempersiapkan alat cetak yang harganya mahal, karena Anda bisa mencari jasa cetak casing yang murah dan terjangkau. Anda tinggal meneruskan desain yang ingin dicetak kepada penyedia jasa tersebut. Mudah sekali, bukan?

10. Jasa Camilan Kekinian

Apa usaha yang tidak akan pernah hilang dari peredaran? Jawabannya sudah tentu adalah usaha makanan, seperti camilan misalnya. Camilan tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga membuat manusia menjadi bahagia karena rasa yang lezat. Apalagi, kalau camilan itu memiliki konsep yang menarik dan unik.

Tren camilan selalu berganti dari waktu ke waktu. Seperti misalnya, tren banana nugget di tahun 2017, dan tren es milo kepal di tahun 2018 ini. Selalu cari tahu tren camilan terbaru, dan buat sendiri camilan-camilan tersebut di rumah. Biasanya, camilan kekinian sangat mudah dibuat dan dikemas.

Setelah Anda berhasil membuat camilan modern, saatnya untuk mempromosikannya kepada teman-teman di sekolah atau di lingkungan sekitar rumah. Bila rasanya lezat dan kemasannya rapi, dijamin Anda dapat merasakan manisnya usaha camilan ini.

Bila usaha Anda semakin berkembang dan membesar, siapkan toko kecil dan carilah pegawai yang kompeten dan siap untuk mendukung rutinitas bisnis. Anda juga bisa bekerja sama dengan berbagai jasa pesan antar makanan daring agar menjangkau lebih banyak pembeli dari berbagai tempat. Menarik sekali, bukan?

Jadi, siapa bilang anak SMA tidak bisa membangun bisnis? Selama rajin mencari tahu bisnis apa yang sesuai dengan kondisi Anda, maka merintis usaha sampingan modal kecil bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Bisnis pun berpotensi memberikan keuntungan besar bagi Anda.

usaha sampingan modal kecil

Tidak hanya bisa menjadi sumber uang tambahan, bisnis ini bukan tidak mungkin akan menjadi sumber lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat luas. Orangtua pun pastinya akan bangga dengan Anda, bukan? Jadi, siap menyediakan waktu ekstra untuk merintis usaha sampingan modal kecil milik Anda sendiri? Jangan sungkan meminta bantuan dan dukungan orang tua, ya!

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru