Membaca Peluang untuk Menemukan Usaha Sampingan yang Menguntungkan

peluang usaha makanan anak sekolah

“Time is money” begitu ungkapan yang berasal dari negeri Paman Sam. Ungkapan ini mengajarkan kita untuk menghargai dan memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Salah satunya adalah dengan cara menjalankan usaha sampingan. Melalui usaha sampingan, Anda akan dapat menambah penghasilan tanpa mengganggu pekerjaan utama.

Mengapa Harus Membuka Usaha Sampingan?

Mungkin diantara Anda masih ada yang menimbang-nimbang keputusan untuk membuat usaha sampingan. Anda masih mempertimbangkan untung dan ruginya. Serta khawatir, apakah usaha tersebut akan mengganggu pekerjaan utama dan waktu untuk keluarga Anda.

Berikut alasan mengapa Anda harus memiliki usaha sampingan.

Peluang usaha sampingan waralaba minuman

  • Perlu Uang Tambahan

Di jaman seperti sekarang ini biaya hidup terasa jauh lebih mahal. Tarif listrik dan harga sembako perlahan merangkak naik, belum lagi biaya sekolah untuk anak. Dan sebagai manusia biasa, Anda juga pasti memiliki keinginan untuk membeli sesuatu bukan? Ponsel baru misalnya.

Seringkali gaji dari pekerjaan utama Anda tidak cukup untuk memenuhi semua itu. Maka dari itu, Anda membutuhkan uang tambahan. Dan uang tambahan tersebut didapat dari usaha sampingan.

  • Aktualisasi Diri

Seringkali orang-orang memilih bekerja di kantor karena ingin mendapatkan gaji dan jabatan tertentu. Tak jarang apa yang dikerjakan di kantor bukan merupakan minat dan bakat dari orang tersebut, sehingga dia tidak bisa mengekspresikan diri dan berkarya lebih maksimal.

Usaha sampingan dapat Anda jadikan solusi dari masalah tersebut. Terlebih lagi Anda akan mendapatkan banyak pelajaran yang tidak bisa didapatkan di kantor. Proses inilah yang disebut dengan aktualisasi diri.

  • Persiapan Pensiun

Setiap orang pasti akan menemui masa pensiun, baik para pegawai negeri maupun karyawan swasta. Terutama untuk karyawan swasta. Ketika masa pensiun tiba, hal ini berarti mereka sudah tidak memiliki pemasukan dan aktivitas yang tetap. Dan mereka pasti merindukan masa-masa menyibukkan diri dengan kegiatan rutin.

Memiliki usaha sampingan sebelum masa pensiun datang bisa menjadi tabungan Anda di masa tua. Bukan hanya tabungan berupa uang saja, tetapi juga aktivitas. Ketika Anda sudah pensiun, Anda masih dapat menjalankan usaha sampingan untuk menambah pundi-pundi rezeki ataupun hanya untuk mengisi waktu luang.

  • Berawal dari Ide Bagus dan Kemampuan Unik

Perusahaan yang sudah sukses dan terkenal bisa jadi berawal dari suatu ide kreatif yang diwujudkan dalam usaha sampingan. Anda pun dapat melakukannya. Dengan berbekal ide kreatif dan unik serta kerja keras dan kesabaran, bukan tidak mungkin Anda akan membangun suatu usaha yang menjadi besar.

  • Peluang Pasar Masih Terbuka Luas

Peluang pasar yang luas juga merupakan salah satu alasan mengapa Anda harus membuka usaha sampingan. Pasar akan selalu mempunyai tempat untuk orang-orang yang kreatif dan mau bekerja keras. Tetapi, sebelum menjalankan usaha tersebut, ada baiknya Anda melakukan survei kecil-kecilan untuk mengetahui tingkat kompetisinya. 

Mengapa Banyak Usaha Sampingan yang Gagal?

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan usaha sampingan, kemungkinannya hanya dua yaitu berhasil atau gagal. Anda harus mengetahui alasan mengapa banyak usaha sampingan yang gagal agar Anda dapat mengantisipasinya.

Usaha Sampingan Gagal

  • Salah Menentukan Prioritas

Banyak karyawan kantor yang juga menjalankan usaha sampingan merasa kebingungan untuk menentukan prioritas. Seringkali mereka lebih cenderung ke usaha sampingan daripada pekerjaan tetap mereka. Hal ini akan membuat pekerjaan utama menjadi berantakan dan bisa terancam di PHK.

Anda hanya perlu mengingat bahwa apa yang Anda lakukan sekarang adalah usaha sampingan. Bukan pekerjaan utama Anda. Hal yang tetap Anda prioritaskan adalah pekerjaan utama Anda.

  • Salah Menentukan Kebutuhan

Keinginan untuk cepat meraup untung yang besar adalah suatu hal yang wajar ketika seseorang baru saja membuka usaha. Hal ini yang mendorong seseorang untuk secara total membelanjakan uangnya untuk membeli perlengkapan-perlengkapan yang mendukung usahanya tersebut, padahal sebenarnya tidak perlu.

Salah menentukan kebutuhan ini adalah salah satu faktor penyebab gagalnya suatu usaha. Untuk mengatasi ini, Anda dapat mendaftar hal apa saja yang benar-benar penting untuk dibeli dan menekan keinginan untuk membeli hal-hal yang tidak bersifat mendesak.

  • Pola Pikir yang Keliru

Hanya karena ini usaha sampingan, bukan berarti Anda menjalankannya dengan setengah hati. Hal ini kerap menyebabkan Anda tidak melakukan survei terhadap pasar.

Pemikiran keliru ini yang memicu kegagalan dari suatu usaha sampingan. Para pelaku usaha sampingan sering meremehkan kompetisi. Mereka menganggap bahwa barang yang mereka jual pasti laku cepat atau lambat, sehingga mereka hanya menunggu “datangnya bola“, bukan “menjemput bola“.

  • Perencanaan Bisnis yang Tidak Matang

Jika Anda hendak menjalankan usaha sampingan, lakukanlah dengan sungguh-sungguh. Awali dengan membuat perencanaan bisnis yang matang.

Banyak dari para pelaku usaha sampingan yang melewatkan tahap perencanaan ini, karena mereka menganggap bahwa ini hanya usaha sampingan. Hal yang diperlukan hanya keberanian untuk berusaha. Padahal sebenarnya keberanian yang tanpa strategi akan berujung kegagalan.

  • Tidak Bisa Membangun Jaringan

Siapa bilang membangun jaringan hanya untuk usaha yang besar saja? Usaha sampingan pun perlu untuk membangun jaringan agar dikenal oleh masyarakat luas dan pada akhirnya menguntungkan.

Baca juga  Inilah Manfaat Abon Kerbau yang Sebaiknya Anda Ketahui

Hal ini yang juga sering terlewat oleh para pelaku usaha sampingan. Jaringan seperti pelanggan, penyuplai bahan baku, reseller, dan teman, merupakan kunci keberhasilan usaha.

Memanfaatkan Hobi Sebagai Usaha Sampingan

Ada banyak cara untuk memulai sebuah usaha sampingan, salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan hobi yang Anda miliki. Melakukan hal yang Anda gemari untuk mengisi waktu luang akan sangat menyenangkan. Terlebih, jika hobi Anda tersebut dapat menghasilkan uang.

Banyak hal yang dapat Anda hasilkan dari hobi. Apakah Anda gemar membuat kue? Anda dapat menerima membuat kue yang cantik dan menjualnya. Atau Anda suka memelihara burung? Anda bisa mengembangbiakkannya untuk dijual. Mungkin Anda gemar menulis cerita? Anda bisa menambah penghasilan dengan cerita tersebut.

Usaha Sampingan Kopi Jenggo

Memanfaatkan Keahlian atau Keterampilan Sebagai Usaha Sampingan

Teknologi pada era sekarang ini benar-benar berkembang dengan pesat. Tapi tidak sedikit masyarakat yang masih gagap teknologi atau yang biasa disebut dengan gaptek. Mereka hanya dapat menggunakan teknologi, tetapi tidak bisa memperbaikinya jika rusak.

Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan memanfaatkan keahlian dan keterampilan yang dimiliki. Caranya yaitu memperbaiki ponsel atau program komputer yang bermasalah.

Memanfaatkan Internet untuk Pemasaran Bisnis

Jika Anda sudah membulatkan tekad untuk membuka usaha sampingan, Anda harus siap untuk menghadapi persaingan bisnis. Untuk mengatasi ketatnya persaingan bisnis, memperkenalkan produk yang Anda jual kepada masyarakat adalah suatu keharusan. Hal ini dapat dilakukan dengan promosi.

Akan tetapi, usaha sampingan cenderung menggunakan modal yang kecil. Jadi, cara terbaik untuk melakukan promosi adalah dengan memanfaatkan internet dan media sosial.

Mengapa internet dan media sosial? Karena banyak masyarakat yang menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan orang-orang yang berada di seluruh penjuru dunia. Di samping itu, penggunaan internet sebagai media untuk pemasaran bisnis terbilang sangat efektif dan tidak memerlukan biaya yang sangat besar.

Ide Peluang Usaha Sampingan dengan Modal Kecil

Usaha sampingan memang menggiurkan. Selain waktunya yang fleksibel dan tidak ada ikatan kerja, Anda juga masih tetap dapat mengerjakan pekerjaan utama Anda sebagai karyawan kantor.

Lalu, apakah usaha sampingan yang sesuai untuk Anda? Mari kita lihat beberapa usaha sampingan yang hanya memerlukan modal kecil seperti berikut ini.

usaha sampingan warung kopi

  • Laundry Kiloan

Jika Anda memiliki mesin cuci di rumah, mengapa Anda tidak memanfaatkannya? Anda dapat membuka usaha laundry kiloan dengan mesin cuci tersebut. Anda hanya akan memerlukan detergen, air, dan pewangi pakaian.

  • Cuci Motor dan Mobil

Membuka jasa pencucian motor dan mobil bisa menjadi pilihan usaha sampingan yang bagus. Keterampilan yang dibutuhkan pun tidak susah, begitu pun dengan modal yang relatif kecil.

Untuk memulai usaha ini, Anda akan membutuhkan mesin compressor yang biasa digunakan untuk mencuci motor dan mobil serta beberapa detergen khusus yang biasa digunakan untuk mencuci mobil atau motor.

  • Desain Grafis

Banyak orang yang membutuhkan jasa seorang pendesain grafis untuk merancang spanduk, banner, papan reklame, dan lain sebagainya. Jika memiliki keterampilan mendesain grafis, maka Anda dapat menjadikan peluang ini sebagai usaha sampingan.

  • Les Privat

Membuka jasa les privat adalah salah satu usaha sampingan favorit para guru di sekolah. Hal ini karena keterampilan mengajar yang mereka miliki dapat tersalurkan. Waktu les pun sangat fleksibel. Modal usaha juga sangat ringan yaitu kendaraan bermotor, bensin, dan buku pelajaran.

  • Menjahit Pakaian

Menawarkan jasa menjahit pakaian juga bisa Anda jadikan alternatif untuk usaha sampingan. Tetapi Anda harus mengasah keterampilan Anda terlebih dahulu atau memanfaatkan barang bekas seperti plastik kemasan.

  • Penerjemahan

Penerjemah juga dapat Anda jadikan opsi untuk usaha sampingan karena waktu yang digunakan untuk melakukan pekerjaan ini sangat fleksibel. Meskipun Anda juga harus berpacu dengan deadline. Anda juga dapat melakukannya dimana saja dan kapan saja.

  • Pengetikan

Usaha pengetikan juga merupakan usaha sampingan yang menjanjikan keuntungan yang lumayan besar. Terlebih lagi jika Anda membuka usaha tersebut di area kampus dimana banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa pengetikan untuk tugas mereka.

  • Makelar Properti

Bisnis properti memang sangat menggiurkan. Masyarakat dewasa ini juga mulai menginvestasikan harta mereka untuk properti karena harganya yang cenderung meningkat. Dan ketika para pengusaha properti tersebut akan menjual propertinya, disinilah jasa seorang makelar dibutuhkan. Anda pun dapat mengambil peluang tersebut.

  • Agen Pemasaran Umroh dan Haji

Menunaikan ibadah haji adalah rukun Islam yang kelima, maka dari itu mengunjungi tanah suci adalah impian dari setiap umat muslim. Tak heran jika usaha agen perjalanan umroh dan haji semakin menjamur.

Anda dapat mengambil keuntungan dari usaha ini dengan menjadi agen pemasaran umroh dan haji. Anda hanya perlu membantu untuk menyebarkan brosur dan memberikan informasi tentang syarat dan tarif perjalanan haji dan umroh dari agen perjalanan yang dipasarkan.

  • Jual Pulsa Elektrik

Menjual pulsa elektrik adalah usaha sampingan yang dapat dilakukan oleh siapa saja, bahkan seorang siswa sekolah menengah sekalipun. Hal ini dikarenakan oleh mudahnya usaha ini dan modal yang dibutuhkan pun relatif kecil. Anda hanya perlu membeli saldo pulsa di toko pulsa, kemudian menjualnya.

  • Jual Beli Motor Bekas

Kebutuhan terhadap kendaraan bermotor di Indonesia ini semakin pesat. Sebuah dealer sepeda motor untuk saat ini rata-rata dapat menjual 50 hingga 100 unit motor per minggu. Anda pun dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka usaha jual beli motor bekas.

Baca juga  Tips Cara Membuat Sari Buah dari Buah Lemon yang Segar

Jika memiliki modal lebih, maka Anda dapat memajang motor-motor bekas di garasi rumah sehingga calon pembeli dapat memilih dengan leluasa. Namun jika tidak memiliki modal, Anda dapat mencoba menjadi makelar motor bekas dengan cara membantu menjual motor dan mendapat komisi.

  • Makanan Pagi (Sarapan)

Pagi hari adalah saat yang sibuk. Bahkan beberapa orang tidak sempat menyiapkan sarapan. Anda dapat mengambil peluang ini dengan menjual nasi bungkus untuk menu sarapan pagi. Nasi bungkus tersebut dapat Anda titipkan di pedagang sayur atau kue, sehingga Anda tetap bisa bekerja seperti biasanya.

Usaha Sampingan Kopi Cincau

  • Membuka Warung Kopi di Malam Hari

Pada jaman sekarang ini banyak sekali tempat nongkrong seperti warung kopi yang dilengkapi dengan Wi-Fi bermunculan. Tempat seperti ini tidak pernah sepi pengunjung, bahkan tengah malam sekalipun.

Anda dapat menjadikan ini sebagai usaha sampingan. Di pagi hari Anda masih dapat bekerja seperti biasa, sedangkan pada malam hari bisa membuka warung kopi.

  • Menjual Aneka Kue

Jika gemar dan terampil dalam membuat kue, Anda dapat menjadikannya sebagai usaha sampingan. Anda dapat membuat kue dan menitipkannya pada pedagang kue di pasar.

  • Membuat Blog

Jangan dikira membuat blog itu pekerjaan yang sepele. Beberapa bloggers bahkan dapat menghasilkan ratusan dolar dalam seminggu. Anda juga dapat membuat blog Anda sendiri dan meraup keuntungan. Akan tetapi, Anda harus bersabar karena meraup ratusan dolar dari blog bukanlah hal yang instan.

  • Membuka Toko Online

Di era yang serba digital ini, semua hal dapat dijual secara online mulai dari pakaian, mainan, perlengkapan bayi, makanan, dan lain-lain. Anda dapat memanfaatkan era digital ini untuk mempertebal kantong Anda tanpa harus melepaskan pekerjaan utama.

Yang Anda perlukan hanya koneksi internet dan foto-foto produk yang Anda jual. Pastikan fotonya menarik, ya!

  • Menjual Foto di Internet

Jika Anda memiliki kegemaran dalam hal fotografi, Anda dapat menjual foto-foto hasil dari jepretan kamera Anda di internet. Banyak situs-situs yang dapat Anda gunakan untuk memajang foto Anda yang kemudian akan dibeli oleh para penikmat fotografi. 

Tips Menjadi Pengusaha sukses

Hanya karena bisnis yang Anda geluti saat ini adalah usaha sampingan, bukan berarti Anda tidak bisa menjadi pengusaha sukses. Berikut beberapa tips untuk menjadi pengusaha sukses.

Usaha Sampingan Sukses

1. Memiliki Semangat Kerja

Semangat kerja adalah kunci dari kesuksesan usaha Anda. Jangan hanya semangat menggebu-gebu di awal, lalu semakin mengendor pada akhirnya.

2. Belajar dari Kesalahan

Ketika kesalahan muncul, jangan pandang kesalahan tersebut sebagai suatu kecacatan melainkan sebagai guru dan bahan evaluasi. Bukan hanya kesalahan yang Anda lakukan saja, tetapi juga yang orang lain lakukan. Dari kesalahan tersebut, Anda dapat menentukan strategi penjualan dengan lebih baik.

3. Terus Berinovasi

Konsumen adalah raja. Dan raja akan selalu memilih hal yang menarik. Maka dari itu, usahakan produk yang Anda jual lain daripada yang lain dan tidak monoton. Jangan puas dengan pujian dan konsumen yang banyak. Konsumen tersebut akan lari jika Anda tidak berinovasi.

4. Bangun Reputasi

Reputasi yang baik akan membawa lebih banyak pelanggan karena mereka lebih memilih berbisnis dengan seseorang yang terpercaya. Cara membangun reputasi yang baik ini adalah dengan menanggapi setiap keluhan pelanggan dengan cepat serta berusaha untuk memperbaikinya.

Nah, bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membuka usaha sampingan? Jika Anda membuka usaha sampingan dan menemukan kegagalan di awal, jangan mudah menyerah. Karena, kegagalan adalah sukses yang tertunda. Sukses akan datang hanya jika Anda memperbaiki kegagalan tersebut.

  Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares