Peluang Usaha Warung Kopi Sederhana yang Menguntungkan

usaha warung kopi

Usaha Warung Kopi – Jika kita amati beberapa tahun ke belakang, warung kopi mulai menjamur di kota-kota besar. Kamu akan dengan mudah menemukan warung kopi atau kafe di tempat strategis. Sebut saja di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Semarang, dan beberapa kota besar lainnya.

Warung kopi yang bermunculan tersebut karena mulai meningkatnya penikmat kopi di Indonesia. Bisnis ini menjadi sangat prospektif untuk ke depannya.

Bahkan, di kota Jogja, kopi pinggir jalan pun bisa sangat laris dan banyak peminatnya, kopi jos namanya. Hanya bermodalkan kopi dan air saja, warung kopi jos sudah dapat menyedot banyak pembeli. Mungkin karena ke-khas-annya berupa arang menyala yang dimasukkan ke dalam kopi.

Melihat hal tersebut, tentu saja menjadikan para wirausahawan berlomba-lomba membuka warung kopi dengan ciri khasnya sendiri. Ada yang membuat warung kopi dengan konsep kafe masa kini, ada juga yang membuka dengan membuat tempat jualannya seperti zaman dahulu dengan bambu sebagai tiang bangunannya.

Dari semua itu, ada yang paling unik nih, ada penjual kopi cara menjajakan dagangannya dengan berkeliling. Namanya kopi keliling, salah satu cara menjual kopi yang unik. Mungkin inspirasinya seperti pedagang asongan yang berjualan keliling ya. Kopi keliling ini juga memakai gerobak untuk berjualan, bukan gerobak mobil ya, tetapi gerobak yang dikayuh menggunakan sepeda lho.

Dari beberapa gambaran di atas, tentu kamu sudah mulai berfikir tentang ide apa yang akan dituangkan jika kelak akan membuat bisnis warung kopi. Sebelum itu, kita pelajari dulu beberapa hal yang harus kamu persiapkan jika ingin membuat warung kopi.

Cara Memulai Usaha Kedai Kopi

bisnis kopi gayo
simpleprojectartwork.wordpress.com

Sebelum membuka usaha, tentu saja kita harus mengetahui paling tidak gambaran umum bisnis yang akan dijalankan. Lebih baik lagi kalau ada langkah untuk memulai usaha tersebut. Berikut ini langkah atau cara untuk memulai usaha warung kopi.

1. Tempat

Pertama yang harus dipersiapkan adalah tempat usaha, dan tempat ini merupakan faktor utama penentu keberhasilan warung kopi milikmu. Yah, walaupun ada juga yang membuka tempat usahanya di daerah sepi tapi tetap rame. Tapi itu bisa dihitung jari saja, kebanyakan usaha yang berhasil itu tempatnya pasti strategis dan ramai.

Usahakan tempat yang akan kamu gunakan untuk membuka warung kopi itu strategis dan mudah dijangkau konsumen. Kamu bisa memilih tempat di pinggir jalan dekat dengan pasar, pusat perbelanjaan, mall, alun-alun, kos-kosan, atau tempat keramaian lainnya.

Setelah tempatnya strategis, perhatikan juga kebersihan warung kopi kamu. Jaga kebersihan tempat usaha agar pengunjung betah berada di tempat kamu dan ada kemungkinan akan kembali lagi. Kamu bisa mendesain ruangan semenarik mungkin, buat tema warung yang dapat menarik pengunjung.

2. Strategi Usaha

Membuka usaha jangan melupakan strategi menjalankannya. Kamu harus memikirkan, kira-kira strategi apa yang tepat untuk membuat usaha kamu dapat berjalan dengan baik dan berkembang. Strategi usaha ini juga termasuk membuat pengunjung warung kopi kamu menjadi betah berlama-lama.

Misalnya saja, kamu memiliki berbagai jenis kopi dari beberapa daerah di Indonesia. Atau mungkin warung kamu memiliki keunikan yang tidak ada di warung kopi lain.

3. Izin Usaha

Jika kamu membuka warung kopi yang cukup besar, tentu izin usaha menjadi penting. Kamu harus mengajukan izin usaha kepada pihak yang mengurusi tentang hal tersebut. Izin usaha ini nantinya akan sangat bermanfaat ketika terjadi masalah yang berkaitan dengan perizinan.

4. Pelayanan

Agar pengunjung betah dan kembali lagi ke warung kopi, kamu harus memerhatikan pelayanan. Berikan pelayanan yang baik dan semaksimal mungkin. Tentu kamu tahu pepatah yang mengatakan kalau pembeli adalah raja. Sebisa mungkin kita memberikan pelayanan kepada pembeli bak seorang raja. Sehingga dia akan kembali lagi setelah mengunjungi tempat usaha kamu.

Bahkan, kalau pembeli merasa puas, dia bisa menceritakan ke orang-orang terdekatnya dan mengajaknya mengunjungi warung kopi milikmu. Hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah pelayanan dengan 3S, Senyum, Sapa, dan Sopan kepada konsumen.

5. Fasilitas Tambahan

Cara lain untuk membuat pengunjung betah berlama-lama adalah dengan memberikan fasilitas tambahan di warung kamu. Fasilitas ini dapat berupa radio, televisi, wifi gratis, atau mungkin permainan yang seru untuk para pengunjung.

Dengan menambahkan beberapa fasilitas tersebut, pastilah pengunjung bisa lebih betah lagi. Apalagi sekarang ini era digital, cukup dengan wifi gratis dan colokan listrik, orang akan berlama-lama di warung kopi kita.

6. Promosi

Sebuah usaha akan dikenal orang jika kita mempromosikannya, hal ini wajib dilakukan agar warung kopi kamu dikenal orang dan ramai pengunjungnya. Kamu bisa membuat brosur untuk disebar, atau beriklan di radio di daerah tempat usaha kamu. Bisa juga memanfaatkan media online seperti media sosial untuk beriklan.

Selain memperkenalkan ada warung kopi baru, kamu juga bisa memberikan promosi ketika baru buka pertama kali. Mungkin bisa dengan memberikan diskon kepada konsumen mahasiswa, atau setiap pembelian sekian akan mendapatkan bonus. Ya, tentu saja promosi ini sesuai dengan kratifias dan ide kamu.

7. Makanan Pendukung

Selain kopi, sebuah warung kopi biasanya juga menyediakan makanan pendukung. Kalau kafe-kafe modern biasanya menyediakan roti-roti atau cake. Tapi, kamu juga bisa memasukkan unsur tradisional dalam usaha kamu dengan menyediakan makanan pendukung berupa gorengan, jajanan pasar, dan makanan lain yang harganya terjangkau.

Beberapa cara di atas adalah gambaran secara umum apa saja yang harus kamu persiapkan sebelum membuka sebuah usaha warung kopi. Tapi cara tersebut belum semuanya dijelaskan ya, masih ada banyak komponen lainnya yang mendukung untuk usaha warung kopi.

8. Suplier

Kadang kita tidak memerhatikan tentang persediaan bahan baku untuk usaha kita, dan itu sangatlah fatal akibatnya. Ketersediaan bahan baku menjadi sangat penting karena itu akan memengaruhi produksi.

Kamu harus mencari suplier yang ketersediaan bahannya banyak, agar nantinya tidak kebingungan jika bahan baku di warung habis. Sebab, jika kita mengambil kopi dari berbagai suplier yang berbeda, tentu akan dapat memengaruhi rasa dari kopi yang dihasilkan.

Kamu bisa menemukan suplier yang pas dengan mengunjungi kota-kota penghasil kopi di Indonesia. Datangi petani dan cari kopi yang rasanya paling enak. Lalu lihat, apakah petani tersebut dapat menyediakan kopi secara kontinyu atau tidak, jika bisa, kamu bisa memilihnya menjadi suplier.

Peluang Usaha Kopi

Dengan penjelasan yang sudah ada sebelumnya, membuka warung kopi tentu saja saat ini sangatlah menjanjikan. Prospek ke depan akan lebih bagus lagi, dengan semakin meningkatnya penggemar kopi di Indonesia.

Bertambahnya peminat kopi tentu saja akan membuka peluang untuk kamu membuka usaha kopi. Buat kamu yang masih kebingungan, ada beberapa ide untuk membuka warung kopi milikmu sendiri

Usaha Warung Kopi Modern

Ide warung kopi yang pertama ini adalah warung kopi modern, sebuah warung kopi yang tidak hanya menyajikan kopi-kopi biasa saja. Warung kopi modern lebih menonjolkan kopi dengan inovasi yang baru, sehingga akan lebih menarik konsumen untuk menikmatinya.

Warung kopi jenis ini sekarang sedang banyak peminatnya karena selain menyediakan kopi dengan berbagai macam jenis dan inovasi, tempat dari warung kopi modern sangatlah nyaman. Membuat orang yang datang menjadi betah untuk berlama-lama di dalam warung.

Usaha Warung Kopi Pinggir Jalan

Kalau warung kopi pinggir jalan ini lebih ke menyediakan tempat yang enak buat nongkrong. Kamu tidak perlu membuat berbagai macam menu yang baru. Cukup ada kopi dan jajanan atau camilan, itu sudah cukup untuk warung kopi di pinggir jalan.

Sasaran dari warung kopi ini tentu saja menengah ke bawah. Tempat nongkrong yang bisa buat berlama-lama sambil ngobrol sampai pagi.

Usaha Warung Kopi Tradisional

Hampir sama dengan warung kopi pinggir jalan, warung kopi tradisional juga menyasar kelas menengah ke bawah. Biasanya yang datang ke warung kopi ini adalah mahasiswa, sopir, tukang becak yang ingin menikmati pahitnya kopi dengan harga murah.

Warung kopi tradisional, selain ada di desa juga ada di kota besar. Jika di desa, warung kopi ini fasilitasnya masih sangat minim. Tapi jika di kota, fasilitas yang ada sudah lebih baik dan cocok dijadikan tempat nongkrong.

Peralatan Warung Kopi

Jika sebelumnya tadi sudah dijelaskan cara memulai membuka usaha warung kopi, ada beberapa hal yang belum masuk ke dalamnya karena banyak penjabarannya, salah satunya adalah peralatan. Peralatan untuk warung kopi ini cukup banyak, dan berikut ini beberapa diantaranya.

1. Grinder Kopi

Coffee Grinder Brasil

Grinder atau alat penggiling kopi ini penting, karena biasanya warung kopi itu menyimpan kopi dalam bentuk biji kopi utuh, maka memerlukan penggiling. Penyimpanan dalam bentuk biji kopi utuh juga merupakan cara terbaik menjaga kesegaran kopi. Jadi tentu kita membutuhkan penggiling kopi untuk menggiling biji kopi sebelum dibuat.

Grinder kopi ini ada dua jenis, manual dan otomatis. Dengan menggunakan alat yang berbeda, bisa membuat cita rasa kopi juga berbeda. Tapi, tentu semua tergantung dengan buget dan kebutuhan kamu, akan menggunakan alat penggiling yang manual atau otomatis.

2. Alat Pembuat Kopi

Mesin Kopi Espresso

Setelah kopi digiling, selanjutnya adalah membuat minuman kopi, dan itu tentu juga membutuhkan alat. Alat pembuat kopi merupakan kebutuhan utama yang harus kamu miliki. Ada banyak jenis alat pembuat kopi tergantung dengan metode apa yang akan kamu gunakan.

Kalau kamu ingin manual, ada alat yang disebut dengan manual brew, harganya tentu saja jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mesin kopi otomatis hanya kisaran ratusan sampai jutaan rupiah. Tapi, kalau kamu ingin membuka warung kopi yang besar, mesin espresso bisa menjadi pilihan, tentu saja harganya bisa mencapai puluhan juga.

Sebelum membeli alat pembuat kopi, kamu harus mempelajari terlebih dahulu setiap alat yang akan kamu beli, jangan asal membeli tapi tidak tahu kegunaan dan cara menggunakannya. Kamu dapat mempelajari alat pembuat kopi seperti kalita wave, syphon, french press, hario 60, sampai moka pot.

Semua alat tersebut memiliki bentuk, lama waktu pembuatan, dan cara menggunakan yang berbeda-beda. Bahkan, hasil dari kopinya pun akan memiliki rasa yang berbeda pula. Kamu juga tidak harus memiliki semua alat tersebut. Cukup gunakan beberapa alat saja untuk memulai membuka warung kopi.

3. Aksesoris Alat Pembuat Kopi

Untuk melengkapi alat pembuat kopi, kamu juga akan membutuhkan peralatan penukung seperti,

  • Timbangan
  • Teko
  • Timer
  • Spatula
  • Kertas penyaring kopi

Memilih alat-alat tersebut juga tidak asal beli saja, kamu harus mempertimbangkan kualitas dan daya tahan barang agar lebih awet. Jika alat yang kamu gunakan dapat bertahan lama, tentu saja akan menghemat pengeluaran untuk ke depannya. Tapi, biasanya alat yang bagus itu harganya juga lebih mahal sedikit, dan ini tidak ada salahnya untuk investasi.

4. Alat Saji

Alat untuk menyajikan kopi yang sudah jadi ini ada berbagi macam, mulai dari mug, cangkir, sendok kecil, tatakan gelas, tempat gula, nampan, piring kecil, sendok dan garpu, dan perlengkapan lainnya yang mungkin saja dibutuhkan.

Usahakan kamu membeli alat untuk menyajikan kopi ini sesuai dengan kebutuhan. Tulis dulu apa saja kebutuhan alat di warung kamu, baru kemudian membelinya. Samakan juga antara alat saji dengan konsep warung kopi kamu, sehingga nanti dapat satu tema dan menyatu antara alat saji dengan konsep warung kopi.

5. Furnitur

Pemilihan furnitur ini juga dapat menyesuaikan dengan konsep warung kopi yang dibuat. Kamu tidak perlu membeli furnitur yang mahal dan mewah. Orang datang ke warung kopi itu tujuan utamanya untuk menikmati kopinya, jadi furnitur yang digunakan, asalkan nyaman itu sudah cukup.

Kamu bisa memilih furnitur dengan memperhitungkan luas tempat dan konsep warung kopi. Tambahkan juga dekorasi di dalam ruangan agar warung kopi kamu menjadi lebih nyaman dan menarik.

6. Biji Kopi

Terakhir dan menjadi salah satu yang paling penting adalah biji kopi. Kamu harus mencari biji kopi yang nantinya dijadikan sebagai menu utama warung kopi kamu. Cari biji kopi dengan cita rasa terbaik agar penikmat kopi akan datang lagi setelah merasakan kenikmatan kopi di warung kamu.

Siapkan juga tempat untuk menyimpan biji kopi berupa wadah kedap udara agar kualitas biji kopi tetap terjaga. Kamu bisa menggunakan wadah dari bahan kaca ataupun stainless steel yang kedap udara.

Modal Usaha Warung Kopi

usaha warung kopi

Modal usaha untuk membuka warung kopi itu banyaknya tergantung mau seberapa besar usaha yang akan dibuat. Jika sudah ada tempat, modal 1 juta rupiah juga sudah bisa membuat warung kopi. Tinggal membeli alat pembuat kopi manual yang sederhana dan juga bahan baku.

Tapi, jika kamu ingin membuka warung kopi dengan peralatan yang lebih lengkap, modal yang dibutuhkan minimal 5 juta rupiah. Tentu saja modal segitu belum termasuk untuk sewa tempat dan furnitur ya. Modal 5 juta tersebut untuk membeli alat-alat seperti grinder, mesin pembuat kopi, saringan, dan peralatan lainnya.

Dengan modal yang minim seperti di atas sebenarnya kita sudah bisa membuka warung kopi. Tapi jangan berharap warung kopi yang dimodali dengan jutaan rupiah akan seperti penjual kopi di mall-mall ya. Lebih baik mulai dulu dari yang kecil, jika sudah mulai ramai, kamu bisa menambah peralatan dan bahan baku.

Dengan penjelasan dan analisis di atas, tentu membuka warung kopi menjadi sangat menarik untuk segera dilakukan. Kalau misalnya kamu masih kurang modal, buka dulu warung kopi kecil di pinggir jalan. Atau kamu bisa membuka warung kopi bersama dengan teman-teman dengan cara patungan. Cara tersebut tentu saja dapat menekan pengeluaran, apalagi kalau teman kamu memiliki tempat yang strategis, tentu akan sangat menekan pengeluaran.

Untuk Mendapatkan Penawaran Menarik dan Keterangan Lebih Lengkap Mengenai MESIN TERBARU KAMI, Hubungi Kami SEGERA di Line Telphone :

Cabang Jakarta : phone-icon  021.2287.4619  | whatsapp_app_store 0812.8899.9470

Cabang Depok : phone-icon  021.7720.7228  | whatsapp_app_store 0812.8886.6514

Cabang Bandung : phone-icon  022.4283.0044  | whatsapp_app_store 0812.1400.1856

Cabang Surabaya : phone-icon  031.9992.7667  | whatsapp_app_store 0812.3370.6950

Service Center & Pusat Perbaikan Mesin : 0813.8111.0325

Garansi Service 3 Tahun & Spare Part 6 Bulan.

Pelanggan Kami

Customer Ramesia