Mengintip Peluang dan Ide-ide Usaha yang Menjanjikan

Apakah saat ini Anda sedang galau melamar pekerjaan kesana kemari namun tidak kunjung membuahkan hasil? Mungkin ini pertanda bahwa Anda sebaiknya menjadi wirausahawan. Anda juga pasti bertanya-tanya dan mencari ide kira-kira usaha yang menjanjikan itu apa ya? Simaklah ulasannya berikut ini.

Peluang Usaha yang Menjanjikan

Sebenarnya ada banyak sekali peluang usaha yang dapat Anda lakukan dan pastinya menjanjikan keuntungan yang fantastis. Anda hanya harus jeli melihat peluang yang ada di sekitar. Apa sajakah peluang tersebut?

Kebutuhan Primer Manusia

Setiap manusia memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Akan tetapi, dalam hal kebutuhan primer, mereka pasti memiliki kesamaan.

Kebutuhan primer adalah kebutuhan dasar setiap manusia yang harus dipenuhi. Apabila tidak terpenuhi, maka kesejahteraan hidup orang tersebut tidak dapat dikatakan sempurna.

Adapun kebutuhan primer manusia adalah kebutuhan akan makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Ketiga kebutuhan ini sangat penting dan tidak bisa diabaikan. Maka dari itu, Anda dapat mengambil kesempatan untuk membuka usaha yang menjual kebutuhan primer ini.

Karena yang Anda jual adalah barang-barang kebutuhan primer yang dicari semua orang, maka usaha tersebut cenderung menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit.

Usaha yang Menjanjikan: Jual Sayuran Antar Pulau

Kebutuhan Sekunder Manusia

Membuka usaha berjualan kebutuhan sekunder manusia juga dapat menjanjikan keuntungan yang lumayan besar. Hal ini karena apabila kebutuhan sekunder dilengkapi, maka kesejahteraan orang tersebut akan menjadi lebih baik.

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan adalah kebutuhan yang melengkapi kebutuhan primer. Sifatnya tidak mendesak, akan tetapi masih tetap harus dipenuhi. Contoh kebutuhan sekunder adalah televisi, ponsel, buku, sepeda motor, kipas angin, dan lain-lain.

Target Market Peluang Usaha yang Menjanjikan

Ketika hendak membuka suat usaha, ada baiknya Anda juga mempersiapkan strategi pemasaran. Strategi ini meliputi bagaimana cara mengenalkan produk kepada masyarakat serta membidik target market yang berpotensi menjadi pembeli.

Mari kita analogikan kasus ini dengan ketika Anda sedang memanah seekor rusa di hutan. Kita misalkan ada banyak rusa di hadapan Anda. Apakah Anda ingin mendapatkan semua rusa tersebut? Pasti.

Hal ini membuat Anda membidik anak panah ke segala arah. Apa yang terjadi? Alih-alih mendapatkan banyak rusa, Anda akan menakuti rusa-rusa yang lain dan pada akhirnya mereka lari berhamburan.

Di sinilah kita baru menyadari betapa pentingnya menentukan target market. Anda akan lebih produktif dan menggunakan waktu secara efisien. Dengan menentukan target market, Anda akan bisa mendapatkan pembeli potensial yang lebih banyak dan memperbesar peluang terjadinya penjualan.

Lalu, siapakah target Market yang sesuai dengan usaha Anda?

  • Anak muda

Masa muda adalah masa di mana para anak muda suka menghabiskan waktu bersama teman-temannya dan nongkrong. Jika Anda ingin membidik anak muda sebagai target market, maka bisnis yang sesuai dengan anak muda adalah cafe atau warung kopi.

Anak-anak muda menyukai tempat yang nyaman dan minimalis sebagai tempat nongkrong. Lebih bagus lagi jika tempat tersebut dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi pasti warung kopi atau cafe Anda akan dipadati oleh pengunjung. Beberapa cafe sudah banyak terdapat mesin kopi espresso yang akan mempermudah penyajian dan praktis.

Selain tempat yang nyaman, makanan yang kekinian dengan harga yang terjangkau dapat menjadi daya tarik bagi anak muda. Sudah dipastikan Anda akan dapat meraup keuntungan berlipat.

Selain cafe, usaha yang digandrungi anak muda adalah toko pakaian dan aksesori. Bukan cuma anak perempuan yang gemar mengenakan aksesori, tetapi juga anak laki-laki. Tapi tentu aksesori anak perempuan dan laki-laki berbeda.

  • Muslimah

Yang sedang digandrungi saat ini adalah busana muslim syar’i. Tentu bisnis ini sangat sesuai jika target marketnya adalah muslimah, karena mereka ingin menjalankan perintah Allah SWT dengan menutup aurat.

Dan di sisi lain, mereka juga ingin tampil cantik mempesona dengan balutan busana syar’i. Selain busana syar’i, muslimah juga gemar mengoleksi buku-buku yang dapat memperdalam ilmu agama mereka.

Usaha yang Menjanjikan untuk Muslimah

  • Anak Sekolah

Anak sekolah juga bisa Anda jadikan target market yang potensial, lho. Terlebih lagi jika tempat tinggal Anda berada di dekat sekolah. Anda dapat mencoba usaha menjual makanan ringan karena pada waktu istirahat, anak-anak sekolah pasti lapar dan haus, sehingga mereka mencari tempat untuk membeli kudapan.

Selain berjualan makanan ringan, Anda juga dapat membuka usaha foto kopi. Anak sekolah seringkali mendapat tugas dari guru mereka yang mengharuskan mereka untuk  menggandakan catatan atau tugas tersebut. Sambil membuka usaha foto kopi, Anda juga dapat menjual peralatan tulis. Para siswa pasti menyukainya, apalagi jika peralatan tulis tersebut unik dan menarik.

Usaha lain dengan target market anak sekolah adalah bimbingan belajar. Sebagian anak sekolah memiliki rasa kompetisi yang tinggi. Mereka ingin selalu mendapat nilai yang bagus sehingga mereka dapat melanjutkan pendidikan ke sekolah atau universitas yang mereka inginkan.

Hal ini yang membuat bisnis bimbingan belajar semakin menjamur. Untuk menarik minat para anak sekolah agar bergabung dengan lembaga bimbingan belajar adalah dengan cara menyebar brosur di sekolah-sekolah.

  • Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga merupakan pembeli potensial dari segala macam barang terutama peralatan rumah tangga seperti toples, panci, botol minum, dan lain-lain. Peralatan rias juga merupakan produk yang laris manis diantara ibu rumah tangga, karena ibu masa kini juga selalu tampil cantik dan modis.

Membuka usaha buku anak-anak dan ilmu parenting juga akan lebih menguntungkan, jika target marketnya adalah ibu rumah tangga. Karena pada era digital seperti sekarang ini lebih banyak ibu rumah tangga yang sangat memperhatikan pendidikan buah hatinya.

Selain buku dan peralatan rumah tangga, para ibu juga gemar mengoleksi tas dan sepatu. Anda dapat memanfaatkan peluang tersebut.

  • Pria Dewasa

Bukan cuma ibu rumah tangga saja yang gemar berbelanja, ternyata para pria juga suka membeli barang. Terlebih lagi jika mereka memilki hobi.

Ada beberapa pria yang gemar sekali memancing ikan. Anda dapat menjual peralatan memancing ikan kepada pria-pria tersebut. Lalu, bagaimana kita tahu bahwa seseorang gemar memancing?

Anda sebaiknya bergabung dalam forum-forum pemancing dan grup pemancing di media sosial. Hal ini akan dapat membantu Anda untuk lebih mengenali calon pembeli.

Ide Usaha yang Menjanjikan

Ide untuk melakukan usaha bisa datang dari mana saja. Peluang akan selalu ada. Anda hanya perlu melihat dengan jeli peluang tersebut. Berikut beberapa ide usaha yang tidak pernah sepi dan pastinya menjanjikan keuntungan.

  • Usaha Bidang Sandang

Pakaian pada era sekarang ini telah beralih fungsi dari hanya sekedar untuk menutup anggota tubuh menjadi penambah daya tarik dan gengsi seseorang. Bahkan, sekarang pakaian telah menjadi gaya hidup masyarakat modern.

Maka dari itu, semakin banyak toko pakaian bermunculan baik di pusat perbelanjaan atau di pasar. Bahkan sekarang dengan adanya situs jual beli online, belanja menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Dengan adanya banyak toko yang menjual pakaian, bagaimana cara Anda untuk bertahan diantara ketatnya persaingan pasar? Inovasi adalah jawabannya.

Anda dapat membuat butik Anda sendiri atau sebuah distro yang menjual kaos khas anak muda. Akan lebih baik lagi jika kaos tersebut berbeda dan unik. Seperti bisnis pakaian yang digeluti oleh presenter kondang, Daniel Mananta.

Daniel mulai menggeluti bisnis pakaian pada tahun 2008 dengan mengusung merk Damn! I Love Indonesia. Kaos besutan Daniel ini memang unik, sehingga berhasil merambah sampai ke Korea Selatan dan Amerika. Dengan modal awal kurang dari 80 juta rupiah, kini outlet DILI (Damn! I Love Indonesia) telah tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

  • Usaha Bidang Pangan

Usaha di bidang pangan memang tidak pernah ada matinya. Ketika ada acara tertentu, biasanya akan banyak pedagang dadakan bermunculan. Dan sebagian besar pedagang-pedagang tersebut menjajakan makanan. Hal ini membuktikan bahwa animo masyarakat terhadap kuliner sangat besar.

Jika kita membicarakan bisnis kuliner, tentu tidak akan ada habisnya karena banyak sekali ragamnya. Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan.

Meskipun ada banyak wirausahawan yang bergerak di bidang pangan, bukan berarti Anda harus patah arang dan membatalkan niat untuk berbisnis kuliner. Anda masih dapat bersaing dengan sehat dan mendapatkan keuntungan, jika mempertahankan kunci kesuksesan.

Adapun kunci kesuksesan dalam usaha kuliner ini adalah:

1. Target Pasar

Menentukan target pasar sangat penting. Karena dengan target pasar yang jelas, Anda dapat menentukan strategi selanjutnya. Misalnya, seperti menu yang hendak dihidangkan atau strategi pemasarannya.

Sebagai contoh, target pasar dari usaha Anda adalah anak-anak dan remaja Indonesia yang menyukai camilan bercita rasa pedas. Dari sini Anda mulai memfokuskan produk Anda kepada camilan pedas.

Karena target pasar Anda adalah anak-anak dan remaja, maka pertimbangkan harga dari camilan tersebut. Pastikan harga dapat dijangkau oleh target pasar yang belum memiliki pendapatan sendiri.

2. Memilih Lokasi

Jika Anda ingin membuka warung bakso atau rumah makan, sebaiknya memilih lokasi yang strategis. Misalnya: lokasi yang berada di tengah kota atau tempat yang banyak dilalui orang.

3. Terus Berinovasi

Inovasi memang kunci penting dari hampir semua usaha. Jika usaha kuliner Anda telah sukses, bukan berarti harus berhenti berusaha. Jangan lengah sedikit pun dengan persaingan pasar. Anda tetap harus berinovasi agar pelanggan tidak kabur begitu saja.

4. Manfaatkan Media Sosial

Jika Anda baru memulai usaha di bidang pangan dan tidak memiliki banyak modal untuk melakukan promosi, jangan cemas. Anda masih dapat mempromosikan produk dengan efektif dan gratis, yaitu melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Path, dan masih banyak lagi.

Di era seperti sekarang ini, hampir seluruh pengguna internet memiliki media sosial sebagai wadah untuk berinteraksi dengan orang lain di seluruh dunia. Dengan adanya banyak pengguna sosial media, Anda dapat mempromosikan produk secara gratis.

5. Tetap Bersabar

Usaha di bidang kuliner membutuhkan waktu agar dikenal oleh masyarakat. Wajar jika bisnis Anda akan sepi pada awalnya. Tetapi jika rasa masakan membuat lidah bergoyang dan tidak membuat kantong bolong, maka usaha kuliner Anda pun akan kedatangan banyak pelanggan.

  • Usaha Bidang Papan

Usaha di bidang papan, terutama tempat hunian menjanjikan keuntungan yang sangat besar. Karena setiap keluarga membutuhkan tempat tinggal. Apalagi jika Anda tinggal di kota besar, bisnis di bidang papan ini pasti laris manis.

Pelaku bisnis ini bukan hanya pemilik perumahan yang mengharuskan untuk menggelontorkan dana yang tak sedikit untuk modal usaha. Dengan modal kecil, Anda pun bisa menjalankan usaha ini, yaitu dengan cara menyewakan kamar kosong untuk dijadikan sebagai kamar kos.

Selain kamar kos, Anda juga dapat membangun rumah-rumah kecil yang dapat dijadikan sebagai rumah kontrakan. Usaha ini akan membutuhkan lebih banyak modal, tetapi Anda tidak perlu khawatir. Modal yang Anda gunakan pasti akan membawa keuntungan berlipat, karena tempat tinggal tidak memiliki masa kedaluwarsa.

  • Usaha Sektor Kebutuhan Sekunder Manusia

Selain kebutuhan primer, usaha di bidang kebutuhan sekunder juga menjanjikan keuntungan yang besar. Salah satu contoh usaha yang ada pada sektor kebutuhan sekunder adalah menjual ponsel.

Ponsel pada era sekarang ini bukan lagi kebutuhan sekunder bagi manusia. Sekarang ponsel telah beralih fungsi menjadi kebutuhan primer, karena tampaknya setiap orang nemiliki ponsel dan tidak bisa hidup tanpanya.

Usaha lainnya adalah dengan membuka lembaga bimbingan belajar. Keinginan dari setiap siswa untuk mendapatkan nilai bagus di sekolah membuat mereka membutuhkan lembaga bimbingan belajar. Tentunya hal ini akan mendatangkan keuntungan besar bagi Anda. 

Kisah Sukses Pengusaha dengan Modal Kecil tapi Mendapat Untung Besar

Banyak sekali kisah sukses dari para pengusaha yang akan dapat menginspirasi Anda. Salah satunya adalah kisah pengusaha makanan ringan yang dikenal sebagai Brownies Manten. Namanya yang unik membuat para konsumen penasaran untuk mencobanya. Lalu, bagaimana kisah brownies ini bermula?

Usaha yang Menjanjikan Brownies

Kisah ini berawal dari seorang pria bernama Patria Prima Putra. Pada saat itu dia masih berusia 17 tahun ketika ayahnya wafat. Sadar akan tanggung jawab yang diembannya, dia membuka usaha Bandrek dipinggir jalan. Sayangnya, usahanya tidak berjalan sesuai harapan, dan mengalami kerugian.

Apakah Patria patah semangat? Ternyata tidak. Dia tetap mencoba berbagai macam usaha meskipun sempat dicibir oleh orang-orang disekitarnya.

Hingga pada usia 19 tahun, dua dipertemukan dengan Awalinda Bestari dalam suatu grup pada aplikasi WhatsApp. Bersama Awalinda, dia mendiskusikan tentang bisnis di bidang kuliner hingga pada akhirnya mereka pun mulai memulai usaha Brownies Manten.

Modal awal usaha makanan ringan ini hanya 3 juta rupiah. Saat itu mereka tidak memiliki satu orang pun karyawan.

Pada tanggal 18 September 2014 Brownies Manten mulai dipasarkan ke masyarakat. Cara membuatnya juga beragam dengan resep brownies kukus dan sebagainya. Tak disangka animo masyarakat terhadap kudapan ini sangat besar. Terbukti dalam waktu 3 hari pertamanya, Brownies Manten berhasil terjual sebanyak 2000 boks atau setara dengan Rp40.000.000,00.

Dengan omset yang fantastis tersebut, Awalinda mulai merekrut beberapa karyawan dan membeli beberapa peralatan. Hal ini dilakukan untuk memenuhi permintaan konsumen yang semakin meningkat.

Dengan kesuksesan yang Patria dan Awalinda dapatkan, apakah mereka berhenti berinovasi? Tentu tidak. Sadar akan ketatnya persaingan, mereka pun menciptakan varian-varian lainnya dari Brownies Manten agar konsumen tidak cepat bosan. Dan cara ini pun berhasil. Bahkan kini Brownies Manten sudah melanglang buana hingga ke luar negeri.

Dari kisah sukses ini, kita dapat mempelajari satu hal bahwa untuk mencapai suatu kesuksesan tidaklah mudah. Usaha yang menjanjikan pun tidak akan membawa keuntungan dengan sendirinya jika kita tidak berusaha dengan sungguh-sungguh. Jika Anda ingin meraih kesuksesan, Anda harus tetap bekerja keras, berinovasi, dan pantang menyerah.

 Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia