Menganalisa Potensi Bisnis Snack yang Masih Terbuka Lebar

Snack adalah ragam santapan yang bukan tergolong dalam daftar makanan inti yang dimakan di kala makan pagi, makan siang, dan makan malam. Snack sering disebut juga dengan nama makanan ringan, camilan, dan kudapan.

Snack biasanya dimakan saat seseorang telah merasa lapar namun jam makan belum juga tiba. Biarpun tidak terlalu mengenyangkan, snack sudah cukup untuk menghilangkan rasa lapar yang mengganggu, dan hanya bersifat sementara waktu saja.

Akan tetapi, snack pun tak jarang dikonsumsi saat seseorang sedang merasa jenuh, menjadi teman ketika menonton televisi, atau di saat ingin menikmati sesuatu. Dengan kata lain, snack juga dapat didefinisikan sebagai jenis makanan yang bisa dimakan kapan saja.

Bisnis Snack

Bisnis snack adalah salah satu jenis usaha yang sangat menggiurkan. Tentu saja, hal itu disebabkan kebanyakan orang berminat dengan makanan ini. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, baik untuk camilan sehari-hari maupun untuk kegiatan-kegiatan tertentu.

Selain itu, perihal lain yang membuat usaha snack ini semakin berpotensi yakni karena bisnis snack termasuk jenis usaha makanan yang dikenal sebagai usaha yang tak pernah mati. Mengapa seperti itu? Tentu saja hal tadi disebabkan para pembeli akan selalu membutuhkannya.

Walaupun sudah banyak perusahaan-perusahaan yang juga ikut serta bermain dalam bisnis snack, usaha snack tetap masih berpeluang dilakukan dengan skala kecil. Contohnya seperti memulai usaha snack rumahan yang tidak terlalu membutuhkan dana yang besar.

Tetapi sebelum memulai bisnis snack ini, jelas Anda perlu memutuskan terlebih dahulu snack jenis apa yang akan Anda pasarkan dalam usaha snack Anda. Soal ini Anda tidak usah bingung, karena tipe makanan yang bisa dijual dalam bisnis snack ini sangatlah bervariasi.

Jika Anda berminat memulai bisnis snack box atau bisnis snack dalam kemasan, mungkin Anda dapat menjual snack curah dan makanan ringan kiloan seperti kripik singkong, kripik kentang, dan camilan “kriuk” lainnya. Selain itu, Anda pun bisa menjual snack basah semisal kue-kue tradisional atau berbagai jenis roti untuk dijadikan sebagai bisnis snack Anda.

Tips dan Cara Sukses Menjalankan Bisnis Snack

Setelah Anda memutuskan snack yang akan Anda jual dalam usaha snack Anda, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu bagaimana cara yang paling tepat ketika akan memulai usaha snack. Di bawah ini adalah pembahasan singkatnya.

1. Tentukan Tempat yang Tepat

Tempat atau lokasi usaha yang akan Anda pilih sebagai lokasi usaha snack Anda jelas akan sangat mempengaruhi kesuksesan usaha Anda. Biarpun tidak seratus persen menjadi penentu keberhasilan, tapi lokasi usaha memang merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam usaha yang Anda jalankan.

Lokasi yang Anda jadikan sebagai lokasi untuk membuka bisnis snack Anda perlu berada di daerah yang mudah ditemukan serta strategis. Mengapa demikian? Hal itu disebabkan tempat yang strategis akan sangat mudah dijumpai oleh calon konsumen camilan yang Anda jual.

2. Memilih Pemasok Snack yang Tepat.

Tak hanya lokasi yang strategis, Anda juga perlu mampu memilih pemasok atau supplier snack yang benar dan bisa dipercaya. Tak setiap pemasok snack itu dapat dipercaya. Hal tersebut disebabkan banyak pula pemasok snack yang bermain curang, misalnya seperti menawarkan snack yang telah tak layak untuk dimakan.

Hal tersebut tentu akan sangat merugikan, baik bagi kita maupun untuk pembeli. Karena terdapat masalah yang tak diinginkan seperti itu, pembeli kemungkinan akan merasa kecewa dan setelah itu takkan melakukan repeat order.

3. Memberikan Harga Jual Produk Anda

Anda harus bisa menentukan harga snack yang Anda jual dengan tepat. Jangan sampai Anda menjual produk Anda dengan harga yang jauh lebih mahal atau lebih murah dari kompetitor Anda. Anda perlu menentukan harga jual makanan ringan dengan tepat dan sesuai dengan harga di sekitar Anda.

4. Memakai Strategi Pemasaran

Salah satu kunci yang paling berpengaruh dalam kemajuan serta kesuksesan dalam bisnis yaitu pemasarannya. Bila Anda kurang baik dalam memasarkan produk Anda, maka snack yang Anda jual kemungkinan kurang laku. Sebaliknya, bila ketika pemasaran produk baik, maka snack Anda akan lebih laku.

Untuk itu, sebelum Anda melakukan pemasaran snack yang Anda jual, sebaiknya Anda membuat gambaran pemasaran terlebih dahulu berkaitan dengan strategi memasarkan usaha snack yang anda jalankan tersebut. Contohnya dengan memasarkan secara offline ataupun online.

   

     

Promo Pelanggan baru