Chafing Dish merupakan salah satu teknologi penghangat makanan kontemporer. Teknik menghangatkan makanan yang digunakan dalam alat ini lebih sederhana dibandingkan dengan bain marie. Chafing dish berupa panci berkaki dan berpenutup, di bawahnya diletakkan tungku kecil sebagaipenghangat.

Showing all 11 results

Bagi Anda yang sering mendatangi pesta atau jamuan makan, juga menginap di hotel berbintang, pastilah familier dengan peralatan ini. Panci berpenutup dan penghangat ini sering digunakan untuk prasmanan dan dikenal dengan nama chafing dish. Para pelaku industri catering wajib memiliki peralatan ini. Harga peralatan chafing dish juga cukup terjangkau.

Fungsi dan Manfaat Chafing Dish

Chafing dish merupakan salah satu teknologi penghangat makanan kontemporer. Teknik menghangatkan makanan yang digunakan dalam alat ini lebih sederhana dibandingkan dengan bain marie. Chafing dish berupa panci berkaki dan berpenutup, di bawahnya diletakkan tungku kecil sebagaipenghangat. 

Proses penghangatan ini dilakukan di atas meja saat makanan disajikan. Teknologi ini aman karena api yangdigunakan sangat kecil. Material baja anti karat yang digunakan mampu menghantarkan panas dengan sangat baik ke seluruh bagian panci.  Ditambah dengan penutup dari bahan yang sama, membuat arus panas tadi terperangkap dalam panci, sehingga makanan terus hangat. Adanya penutup pada chafing dish juga membuat makanan terlindung dari bakteri dan kotoran.  Chafing dish juga dilengkapi dengan teknologi water return system. Teknologi ini dapat mencegah air dari uap yang keluar tidak menetes ke makanan. Uap air tersebut langsung masuk kembali ke wadah khusus penampungnya.  Karena teknologinya yang sederhana, menggunakan chafing dish tidak diperlukan keahlian khusus. Siapa saja dapat melakukan penyajian menggunakan alat ini. Komponen pada chafing dish juga sedikit dan simpel, sehingga memudahkan dalam persiapan penyajian.

Chafing dish varian tertentu memiliki kapasitas besar. Varian ini sangat cocok untuk melakukan jamuan dengan jumlah tamu yang banyak, sedangkan chafing dish ukuran standar berkapasitas 6 liter saja.  keuntungan lain dari penggunaan chafing dish adalahmakanan selalu fresh dan tidak mudah basi. Para tamu juga akanlebih tertarik dan berselera makan. Selain itu, makanan dalam kondisi hangat dan fresh pun akan terasa lebih nikmat.

Cara Merawat Chafing Dish

Karena kesederhanaan bentuk dan komponennya, peralatan ini sangat mudah dalam perawatan. Anda cukup membersihkannya segera setelah menggunakan. Cara membersihkannya pun sama seperti mencuci perabot dapur pada umumnya.  Setelah sisa makanan dibersihkan dari panci chafing dish, cuci panci menggunakan air sabun dengan tambahan perasan lemon. Hal ini bertujuan untuk meluruhkan minyak dan lemak yang masih menempel. Setelah itu bilaslah dengan air bersih yang mengalir. Untuk menjaga agar peralatan ini dari karat dan noda membandel, Anda juga dapat menambahkan cuka pada proses pencucian.  Pastikan semua sabun dan cuka telah bersih dibilas. Selanjutnya angkat peralatan Chafing Dish dan letakkan di tempat yang memiliki sirkulasi udara. Hal ini agar peralatan tersebut cepat kering. Anda juga dapat menjemurnya di bawah terik matahari.

Terakhir jika peralatan chafing dish telah dipastikan kering, lap menggunakan lap kering yang bersih. Tujuannya untuk menghilangkan noda bekas pencucian dan pengeringan, sehingga chafing dish selalu tampak kinclong. Selanjutnya simpanlah di tempat kering.

Harga Chafing Dish

Di pasaran tersedia dua bentuk chafing dish, yaitu bulat dan kotak. Harga chafing dish tersebut juga berbeda-beda. Chafing Dish kotak dibanderol seharga mulai dari 600 ribu rupiah. Tutup pada chafing dish tidak menyatu, melainkan terpisah. Untuk membukanya harus diangkat terlebih dahulu.  Chafing dish kotak dengan tutup menyatu lebih mudah dalam proses buka tutupnya. Anda tinggal menggeser tutup ke arah atas. Harga jenis ini dibanderol seharga 1,6 juta rupiah, 1,9 juta rupiah, dan 2 juta rupiah. Perbedaannya adalah pada dimensi atau ukuran kotaknya.  Lain halnya dengan chafing dish berbentuk bulat dibanderol dengan harga mulai dari 1,2 juta hingga 1,9 juta rupiah. Sama seperti pada Chafing Dish kotak, perbedaan tiap harga tersebut adalah dari dimensi panci bulatnya.  Demikianlah ulasan tentang chafing dish, peralatan jamuan makan kekinian. Jika Anda pengusaha jasa boga dan belum memiliki peralatan ini, maka segeralah membelinya. Apalagi harga chafing dish sebanding dengan nilai investasi pemanfaatannya.