-13%

Coffee Grinder

Coffee Grinder Brasil

Rp5.300.000,00 Rp4.637.500,00
-15%
Rp1.375.000,00 Rp1.168.750,00
-15%
Rp1.075.000,00 Rp913.750,00
-13%
Rp4.275.000,00 Rp3.740.625,00
-15%
Rp1.125.000,00 Rp956.250,00
Rp950.000,00
Rp1.150.000,00
Rp1.800.000,00
Rp17.000.000,00
Rp8.750.000,00
Rp6.500.000,00
Rp6.000.000,00

Rangkaian mesin kopi Anda belum lengkap jika belum menambahkan mesin satu ini. Ya, mesin penggiling kopi atau coffee grinder adalah mesin yang perlu dimiliki oleh kedai kopi. Jenis coffee grinder pun beragam, Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan.  Mesin ini memiliki peran penting dalam menghasilkan sajian kopi yang nikmat dan berkualitas. Tugasnya dimulai setelah kopi disangrai (roasting). Kualitas dari bubuk kopi pun salah satunya tergantung dari mesin grinder yang digunakan.

Fungsi dan Manfaat Kopi Grinder

Fungsi utama dari kopi grinder adalah untuk menggiling biji kopiyang telah disangrai. Tantangan saat proses penggilingan adalah menghasilkan bubuk kopi yang halus secara merata. Tidak semua mesin grinder bisa melakukannya, karena itulah Anda perlu memilih mesin terbaik.  Bukan hanya menggiling biji kopi, namun mesin grinder kopi ini juga berperan penting dalam menjaga kesegaran bubuk kopi. Ini ditentukan dari jangka waktu penggilingan setelah proses roasting.

Waktu tunggu roasted kopi untuk digiling adalah maksimal 10 hari. Jika biji kopi sangrai digiling lebih lama dari jangka waktu tersebut, bubuk kopi yang dihasilkan akan kehilangan cita rasanya. Hal ini terlihat dari tingkat keasaman dan aroma kopi yang berkurang. Di sinilah peran vital dari mesin grinder kopi. Mesin ini membantu Anda untuk dapat langsung menggiling sendiri biji kopi roasting. Kualitas bubuk kopi kedai Anda pun terjamin.

Cara Merawat Kopi Grinder

Demi mendapatkan bubuk kopi terbaik, mesin grinder harus dirawat secara rutin. Caranya adalah dengan membersihkannya minimal dua kali dalam sebulan.  Pertama, pastikan biji kopi dalam hopper telah kosong, kemudian lepas hopper. Kedua, lepas pisau. Saat itu Anda akan melihat sisa-sisa bubuk kopi pada bagian atas pisau. Bersihkan terlebih dahulu bagian tersebut.  Ketiga, bersihkan bagian dalam mesin menggunakan kuas. Ukuran kuas disesuaikan dengan mesin yang Anda gunakan. Pastikan untuk menggunakan kuas yang berukuran lebih panjang agar dapat menjangkau seluruh bagian mesin. Untuk hasil maksimal, Anda juga dapat menggunakan vacuum agar semua kotoran dapat terangkut.  Kemudian, buka bagian dosing chamber dan bersihkan dengan cara yang sama. Bila semua bagian telah bersih, pasang kembali pisau dengan saksama. Terakhir, isi kembali hopper dengan biji-biji kopi terbaik favorit Anda.

Jenis Kopi Grinder

Saat ini Anda dapat menemukan jenis coffee grinder yang beragam di pasaran. Anda dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan. Sebagai gambaran, berikut adalah jenis coffee grinder yang dapat Anda pilih:

Berdasarkan Tipe Pisau

Jenis coffee grinder berdasarkan tipe pisaunya adalah sebagai berikut:

Pisau Burr (Melingkar)

Mata pisau pada jenis ini berupa dua logam dengan gerigi pada bagian ujungnya. Inilah yang berperan dalam proses penggilingan. Ada dua macam model pisau, yaitu flat burr dan canonical burr. Pada flat burr, pisau berbentuk dua logam datar melingkar dan terletak secara berurutan. Anda dapat mengatur tingkat kehalusannya sesuai keinginan.  Berbeda dengan flat burr, canonical burr berbentuk kerucut pada salah satu mata pisau sedangkan pisau lain menyerupai cincin. Bentuk seperti itu dapat meminimalisasi terjadinya panas saat penggilingan. Cita rasa kopi yang dihasilkan juga lebih konsisten.

Pisau Blade (Lurus)

Dibandingkan dengan pisau burr, mesin grinder dengan pisau blade lebih mudah dioperasikan. Mesin ini juga paling ekonomis karena ukurannya lebih kecil. Namun kapasitas penggilingannya juga kecil. Kelemahan lain adalah konsistensi rasa kopi bisa berubah dan kehalusan bubuk kopi tidak merata.

Berdasarkan Cara Pengoperasian

Jenis coffee grinder berdasar cara pengoperasian juga terbagi menjadi dua yaitu secara manual dan elektrik.

Coffee Grinder Manual

Seperti namanya, jenis mesin ini masih menggunakan tenaga manusia. Caranya adalah dengan menggerakkan tuas penggiling. Bubuk kopi yang kurang halus menjadi tantangan tersendiri saat mengoperasikan mesin ini.

Coffee Grinder Elektrik

Berkebalikan dengan mesin manual, coffee grinder elektrik telah menggunakan tenaga listrik. Dengan demikian mesin ini dapat bekerja secara otomatis dan sangat menghemat tenaga manusia. Mesin ini juga memiliki beragam fitur yang menunjang performanya.  Beberapa jenis coffee grinder di atas sangat tepat digunakan bila Anda membuka usaha kopi sendiri. Hal yang terpenting sebelum memutuskan mana jenis yang akan dimiliki adalah mengetahui detail fitur mesin.

Pin It on Pinterest