Hand Sealer digunakan dengan cara manual, Anda harus merekatkan plastik pembungkus dengan memanaskannya. Dengan hand sealer, Anda tidak perlu serepot itu hanya untuk membungkus makanan dalam kemasan plastik.

Showing all 12 results

Bagi yang suka berjualan makanan ringan seperti keripik dan kacang goreng pasti membutuhkan mesin hand sealer. Sebelum mengetahui harga hand sealer, tentu saja kita harus tahu tentang kegunaan mesin ini dulu. Hand sealer adalah alat pengemas yang digunakan untuk mengemas produk makanan di dalam plastik. Tentu saja, plastik yang digunakan sebagai kemasan harus punya ketebalan yang tepat untuk menampung isinya.  Bila dengan kantung plastik biasa bisa cepat robek, maka hand sealer jadi solusinya. Ada banyak hand sealer yang bisa dipilih, mulai dari ukuran hingga kapasitas plastik yang bisa diproses dengan alat ini.  Satu hal yang pasti, Anda tidak perlu lagi khawatir makanan ringan akan tercecer gara-gara kemasannya mudah robek. Dengan begitu risiko produk terbuang pun menjadi lebih kecil.

Manfaat Hand Sealer

Setelah mengetahui fungsi hand sealer, sekarang saatnya tahu manfaat dari alat ini, yaitu:

  • Mudah

Bila dengan cara manual, Anda harus merekatkan plastik pembungkus dengan memanaskannya. Dengan hand sealer, Anda tidak perlu serepot itu hanya untuk membungkus makanan dalam kemasan plastik.

  • Risiko Minimal

Kadang bisa jadi tangan kita terlalu dekat ke lilin menyala hingga tanpa sadar membakar diri sendiri. Inilah yang mungkin terjadi bila masih menggunakan cara manual untuk mengemas plastik.

  • Lebih Rapi

Biasanya, cara paling cepat adalah mengikat ujung plastik dengan karet atau pita. Sayangnya, bila tidak punya bakat seni, bingkisan malah jadi terlihat berantakan. Begitu pula bila menggunakan lilin menyala. Selain mudah celaka, kadang hasilnya bisa malah miring atau tidak rata pada plastik. Dengan hand sealer, Anda tinggal memasukkan ujung plastik ke sela-sela alat. Setelah itu, gunakan hand sealer untuk melakukan pressing pada bagian tersebut. Selesai sudah.

  • Risiko Kontaminasi Rendah

Menggunakan cara manual berisiko meninggalkan lubang pada kemasan. Meskipun kecil, bisa saja udara dan bakteri masuk. Dengan hand sealer, kemungkinan itu dapat dikurangi. Makanan jadi lebih aman karena bebas dari kontaminasi.

  • Masa Kedaluwarsa Makanan Menjadi Lebih Lama

Ini sebenarnya masih berhubungan dengan nomor empat. Selain bebas dari kontaminasi, makanan di dalam kemasan yang dibuat hand sealer juga punya masa kedaluwarsa yang lebih lama.

  • Bingkisan Terlihat Lebih Menarik

Berkat hand sealer, bingkisan makanan ringan jadi terlihat lebih menarik. Anda bahkan bisa mendesain plastiknya sesuai dengan keinginan sendiri. Tentu saja, harganya otomatis juga lebih mahal. Tapi, yang paling penting adalah makanan yang aman terlindungi di balik kemasan plastik yang dibuat oleh hand sealer.

Cara Merawat Hand Sealer

Lalu, bagaimana cara merawat hand sealer agar tidak mudah dan tidak cepat rusak? Ini dia beberapa caranya:

  • egera Bersihkan Alat Sesudah Penggunaan

Hati-hati dalam memilih sabun cuci dan lap untuk mengeringkan. Untuk lap, pilihlah yang lembut agar tidak menyebabkan karatan pada bagian besi alat.

  • Pakai Alat Sesuai Waktu yang Dianjurkan

Untuk amannya, setelah empat jam pemakaian, biarkan alat beristirahat barang sejam.

  • Jauhkan dari Jangkauan Anak-Anak

Hand sealer sangat rapuh. Sebaiknya, jangan sampai anak-anak bisa bermain-main dengannya. Selain tangan mereka bisa terjepit akibat ulah iseng, alat ini bisa terbanting atau terbentur tanpa sengaja.

Berburu Hand Sealer yang Berkualitas

Sebagai pengusaha makanan ringan, pastinya Anda ingin punya dan berinvestasi pada peralatan yang berguna. Meskipun masih dalam taraf usaha kecil, tidak ada salahnya untuk mulai berinvestasi pada hand sealer. Begitu melakukan riset harga hand sealer dan mengetahui jenis-jenisnya, Anda tinggal memilih yang sesuai dengan kebutuhan jenis usaha Anda. Dari 150 hingga 600 ribuan lebih, semuanya ada.