Bisnis Abon Udang yang Memiliki Cita Rasa Istimewa

 

Bisnis usaha rumahan abon udang memang tidak semarak abon daging. Namun rasa dan aroma spesial yang lezat dari abon udang membuat abon ini justru mempunyai kenikmatan tersendiri di bandingkan abon daging. Apalagi strukturnya yang lebih lembut memberi rasa khusus di lidah peminatnya.

Selain itu, abon udang berisi banyak vitamin udang yang jauh lebih terjamin dan sehat dibandingkan abon daging yang masih menyimpan banyak kolesterol dari daging sapi. Dan satu peringatan pentingnya adalah abon udang ini juga lebih ringan Anda jadikan bisnis usaha rumahan.

Anda mampu membuka bisnis usaha rumahan dengan membuat abon udang secara home industry dengan bermodal dagangan udang yang paling enteng Anda akses di sekeliling Anda. Dengan fokus pada jenis udang yang gampang Anda akses, maka memudahkan Anda memproduksi selaras dengan target, karena Anda tidak perlu lagi susah payah untuk memperoleh bahan baku.

Ada banyak pengganti tipe udang yang sesuai untuk menjadi bahan baku abon. Berdasarkan para juru masakan, udang yang sehat sebagai bahan baku abon udang yaitu udang yang sudah dewasa, sebab dagingnya lebih kenyal sehingga seratnya masih terasa apabila Anda masak menjadi abon. Udang kecil atau muda dagingnya juga sangat bagus dan dapat menjadi abon yang berkualitas.

Untuk metode produksi bisnis usaha abon udang ini terbilang ringan. Udang skala besar dicuci, kemudian dibersihkan udangnya dari kulit yang terdapat pada tubuhnya. Setelah didiamkan kira-kira 1 jam agar bumbu meresap, adonan daging udang giling sebelumnya Anda goreng sampai menguning dan harum, angkat sebelum menjadi coklat dan gosong. Jumlah seluruhnya untuk sekali olahan dibutuhkan waktu memasak sekitar 2-3 jam saja, terbilang ringan dan cepat kan?

Sangat cocok untuk para ibu rumah tangga yang sudah nanar dengan tugas-tugas rumah tangga mereka. Menggerakkan bisnis usaha rumahan produksi abon udang ini hanya mengambil sedikit waktu, sehingga tidak akan banyak merubah ritme kerja Anda sebagai ibu rumah tangga.

Bahkan untuk sebuah usaha kelas menengah, Anda mampu mengelola usaha abon udang ini dari skala yang kecil terlebih dahulu. Eksploitasikan perlengkapan dapur yang Anda miliki dan belilah sekurang-kurangnya 5 kg udang sesuai dengan jenis yang akan Anda hasilkan secara regular. Dari 5 kg daging udang segar, kebanyakan dapat menghasilkan sekitar kg abon udang matang siap jual. Kapasitas ini memadai untuk mengawali sebuah bisnis usaha rumahan skala kecil.

Lantas apa paparan peluang dari bisnis usaha rumahan ini?
Anda dapat melihat para pelaku usaha serupa dari berbagai penjuru kalangan. Di kota Yogyakarta terdapat sebuah usaha abon berbahan dasar udang di kawasan Minomartani Yogyakarta. Dari sekedar menghasilkan produk skala kecil 3 -5 kg udang mentah perhari, sekarang dalam satu hari produsennya harus susah payah menyiapkan 35 kg udang fresh.

Cerita seirama diungkapkan oleh seorang pemilik usaha bisnis abon udang di Cirebon. Memakai bahan baku udang yang mudah di dapatkan di para nelayan dengan harga setengah, Dari modal hanya sekitar 2 juta untuk bahan baku dan perlengkapan termasuk wajan besar, kompor gas dan alat spinning minyak goreng, saat ini setiap hari produsennya mengungkapkan sanggup memiliki keuntungan tidak kurang dari 20 juta perhari dengan prosentasi keuntungan sekitar 20 -30 %.

Menurut kedua pemain usaha tadi, mereka juga mengungkapkan meski di awal tidak mudah, ternyata dengan penjualan yang jitu, mereka sukses menjual produk abon udangnya dengan cepat dan mudah. Malahan dagangan mereka mampu meningkat terus menerus.

Metode mendagangkan produk mereka biasanya dengan cara didistribusikan pada toko oleh-oleh setempat, melalui agen-agen dan juga melalui cara pemasaran online via facebook. Keduanya juga mengungkapkan tak jarang memberikan contoh gratis produk mereka ke berbagai golongan dan komunitas terutama dari kalangan wanita untuk mengenalkan hasil produksinya. Tak kenal maka tak sayang bukan, dan itulah pendirian mereka juga atas produk abon udangnya.