Tips Membuka Restoran Mini yang Perlu Diketahui

Membuka usaha tentunya harus disesuaikan dengan keinginan Anda. Dengan memiliki bisnis yang Anda gemari maka Anda akan merasa bahagia dalam menjalankannya, sehingga membuat Anda menjadi tidak terlalu susah, mengapa? karena usaha yang Anda jalani adalah salah satu pekerjaan yang sangat menyenangkan.

Jika Anda mempunyai kegemaran dalam hal masak memasak, maka hal itu bisa saja Anda kembangkan menjadi hobi yang menghasilkan beberapa penghasilan. Entah itu penghasilan kecil yang dapat membantu ekonomi keluarga Anda yang berupa kebutuhan utama atau bahkan dengan penghasilan besar yang bisa mencukupi segala kebutuhan sekunder semisal, sepeda motor, mobil dan lain-lain. Dan salah satu usaha yang dapat memanfaatkan hobi Anda adalah membuka usaha restoran atau rumah makan.

Bisnis restoran atau rumah makan memang sangat menguntungkan dan menjanjikan, pasalnya setiap orang pasti membutuhkan makanan kan? jadi bisa Anda bayangkan sendiri bila masakan yang Anda buat di sukai oleh konsumen Anda.

Tantangan dalam bisnis restoran atau rumah makan adalah bagaimana caranya makanan yang Anda tawarkan bisa laku dan disenangi oleh pelanggan. Nah, disinilah Anda harus berpikir keras untuk mengembangkan suatu ide dan juga membutuhkan kreatifitas yang tinggi supaya usaha restoran atau rumah makan yang Anda jalankan menjadi restoran yang terunik dan yang paling terkenal di wilayah Anda.

Banyak sekali restoran atau rumah makan yang bermunculan di Indonesia, mulai yang baru skala kecil sampai yang langsung berskala besar. Banyak restoran yang dijalankan di kota tertentu sampai meraih keberhasilan, seperti membuka restoran mini di daerah Surabaya. Ada juga restoran yang sukses dan tumbuh besar yang didirikan oleh artis atau orang ternama di Indonesia, contohnya seperti restoran Vidi Aldiano.

Bisnis restoran mini juga bisa mencapai kesuksesan karena menu yang dijual sesuai dengan target pasarnya, yaitu orang yang menyukai menu masakan tersebut, semisal restoran sea food.

Usaha restoran atau rumah makan, sekarang ini terasa semakin berkembang pesat dalam dunia perdagangan. Setiap orang butuh makan, maka tak heran, jika usaha restoran atau rumah makan selalu tidak ada habisnya. Karena untuk mencukupi keperluan primer setiap orang. Tapi, untuk memulai dan mengelola restoran juga tak boleh sembarangan karena bisa-bisa akan berhenti di tengah jalan. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memulai dan sukses dalam usaha restoran.

1. Menu Masakan
Menu masakan adalah salah satu yang faktor terpenting dalam suatu bisnis restoran, sebab menu ini yang akan menentukan segalanya. Jadi apabila Anda ingin membuka sebuah usaha restoran, maka alangkah lebih baik Anda pikirkan menu makanan apa yang kira-kira paling laris dan populer di daerah Anda. Anda juga dapat memilih menu makanan yang tidak ada di daerah Anda, sehingga restoran Anda akan menjadi satu-satunya dan terlihat paling langka.

2. Persiapan Bahan Baku
Bahan baku dapat didapatkan dengan bekerja sama dengan supplier sayuran dan sembako atau bisa langsung belanja di pasar tradisional ataupun modern. Anda perlu memastikan kualitasnya bagus sebab akan berpengaruh pada rasa makanan.

3. Survey Pasar
Untuk dapat mengetahui kebutuhan pelanggan, survey pasar perlu dilakukan. Survey yang dilakukan antara lain harga pasaran, pesaing terdekat, dan lain-lain. Dengan demikian, Anda akan mempunyai gambaran dan perbandingan untuk merencanakan style usaha Anda.

4. Ciri Khas
Sebuah restoran pun perlu mempunyai ciri khas supaya para pembeli tidak sulit untuk menemukannya dan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Contohnya Anda bisa menggunakan nama unik, tempat yang unik atau rasa yang unik pada makanan yang Anda jual.

5. Lokasi Restoran
Lokasi adalah salah satu hal penentu kesuksesan suatu bisnis restoran. Jadi bila Anda ingin membuka sebuah bisnis restoran sebaiknya Anda pikirkan lokasi yang tepat dan strategis untuk bisnis Anda. Yang pasti pilihlah tempat yang ramai akan pengunjung. Dengan berlokasi di tempat yang ramai maka kemungkinan besar restoran Anda akan ramai pula.

6. Pelayanan
Pelayanan juga merupakan salah satu faktor paling penting dalam kesuksesan suatu bisnis restoran, sebab percuma saja bila pembeli ramai tapi pelayanan yang Anda berikan tidak memadai. Hal ini akan bisa menyebabkan restoran Anda tidak laku dan akhirnya gulung tikar.

Jadi jika Anda ingin berhasil dalam menjalankan usaha restoran mini, sebaiknya Anda memberikan pelayanan yang maksimal pada pelanggan Anda. Supaya pelanggan dapat merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama di restoran Anda, coba sediakan free WiFi atau pelayanan menyenangkan lain bila budget Anda mencukupi.

Demikian penjelasan mengenai potensi usaha restoran dan tips suksesnya. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan bisnis.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru