Bagaimana Cara Membuat Belgian Waffle yang Enak dan Lumer di Mulut

Indonesia merupakan wilayah yang sangat subur, tidak hanya subur bagi tanahnya, namun juga subur untuk segala macam bisnis kuliner yang ada di dalamnya, oleh karena itu sering kita melihat betapa cepatnya suatu usaha kuliner di negeri ini yang berkembang dengan cepat.

Sejalan dengan perkembangan jaman dan modernisasi yang menyentuh semua bagian terutama kuliner, kita temukan adanya berbagai macam jenis masakan Eropa yang masuk ke tanah air.

Bukan hanya dengan mudah bisa kita temukan di cafe atau hotel berbintang, berbagai macam kuliner tersebut bahkan sudah cukup populer di semua lapisan penduduk Indoensia. Salah satu makanan yang sangat terkenal dan diterima dengan baik oleh lidah kita adalah waffle.

Ada berbagai ragam cara membuat waffle dan variasi recipe waffle yang biasanya kita kenal ternyata juga sangat populer di Belgia, misalnya resep blue waffle, vans waffle, waffle pandan, waffle nCC dan lain sebagainya. Selain resep diatas kita juga sering mendengar tentang waffle A&W, waffle tango dan berbagai variasi kue waffle siap saji lainnya.

Waffle adalah roti yang dibentuk dari adonan tepung yang dimasak dalam cetakan waffle bermotif untuk memberikan ukuran, bentuk, karakteristik dan kesan dipermukaannya.

Sejarah Waffle pertama kali berasal dari benua Eropa tepatnya berasal dari wilayah Belgia, Perancis, Belanda, Skandinavia, dan Amerika Serikat. Di Nusantara ini kue Waffle mulai digemari karena teksturnya yang lembut dan bentuknya yang unik, ditambah dengan isi toppingnya yang sangat beragam memberikan kesan tersendiri.

Bisa jadi jika dirasakan tekstur dari Waffle dan Pancake hampir serupa disebabkan bahannya juga sama, namun bedanya kalo Pancake memiliki bentuk oval atau bulat dan penampilan yang mulus serta tidak ada isi topping, sehingga untuk memakannya harus menambahkan saus selai atau sirup sebagai penyajiannya, sedangkan Waffle jika diperhatikan berdasarkan tekstur itu beragam, salah satunya Waffle Iron yang mempunyai tekstur bulat-bulat kecil berjejer-jejer menyambung membentuk lingkaran dan setiap bulatannya ada isi topping yang dapat dikondisikan dengan kenginginan kita, contohnya isi kismis, keju, kacang, coklat, dll.

Cara penghidangan Waffle tidak memerlukan saus selai atau sirup akan tetapi apabila anda menginginkan untuk disiram sirup ataupun lelehan coklat, atau ice cream atau bahan topping lainnya hal itu tidaklah menjadi masalah. Waffle sangat lezat apabila di dihidangkan ketika hangat dan dihidangkan bersamaan dengan segelas kopi nikmat. Waffle dapat dijadikan cemilan sehat sehari-hari tanpa efek samping yang berbahaya untuk tubuh.

Waffle pun bisa dijadikan sebagai bekal jajan si kecil saat sekolah atau main, saat bersantai berwisata, dan cocok juga dihidangkan sebagai menu untuk tamu anda di berbagai acara. Biasanya isi topping Waffle yang paling disukai adalah choco chip dan keju atau kismis.

Berikut kami akan menyajikan resep membuat Waffle secara terperinci. Berikut adalah cara membuat Waffle nikmat namun tetap murah dan terjangkau. Pahami baik-baik resep berikut, siapa tau apabila hasil masakan anda sangat nikmat, bisa anda jadikan sebagai peluang bisnis pribadi di rumah, apalagi saat ini sedang trend usaha Waffle dengan metode Franchise sehingga menjadi lebih mudah dalam berwiraswasta. Mari kita mempelajari cara membuat Waffle berikut ini.

Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Belgian Waffle :

  1. 1 3/4 gram tepung terigu
  2. 1 sdm baking powder
  3. 1/4 sdt garam
  4. 2 butir kuning telur
  5. 1 3/4 gelas susu
  6. 1/2 cangkir minyak goreng
  7. 2 butir putih telur

Cara Membuat Belgian Waffle :

  1. Aduk tepung bersama dengan baking powder, serta garam di dalam wadah. Buatlah lubang di tengah campuran tepung tadi.
  2. campurkan kuning telur ke dalam mangkuk yang lain, kemudian tuangkan susu dan minyak.
  3. Setelah itu masukkan campuran kuning telur sekaligus ke dalam campuran tepung tadi. Aduk sampai adonan basah dan kental.
  4. Bagian penting selanjutnya ialah kocok putih telur kedalam wadah lainnya sampai berubah menjadi kaku dan lembut.
  5. masukan putih telur dengan adonan campuran tepung dan kuning telur, namun perlu diingat jangan overmix.
  6. Campurkan sekitar satu cangkir adonan ke alat pencetak waffle, tunggu sampai matang, angkat dan hidangkan dengan menggunakan mapple syrup, madu, es cream atau buah sesuai dengan selera anda.

Tips Lezat Penyajian Belgian Waffle :

  1. Sajikan dalam keadaan hangat agar terasa lebih nikmat.
  2. Konsumsi Waffle ditemani dengan secangkir kopi panas atau ice cream lezat.

Itulah cara yang dapat anda praktekan untuk menciptakan Waffle yang nikmat dan bergizi namun dengan biaya yang terjangkau dan murah.

Apabila anda ingin segera mempraktekan langkah-langkah di atas maka cara awal yang bisa anda lakukan adalah dengan mencari terlebih dahulu alat pembuat waffle.

Pastikan anda mencari alat pencetak Waffle dari produsen yang terpercaya, karena kualitas mesin yang anda beli akan sangat mempengaruhi kualitas Waffle yang anda hasilkan.

Jika saat ini anda masih bingung dalam mencari alat pencetak Waffle yang bagus maka anda bisa membelinya di toko web terpercaya seperti ramesia.com.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru