Cara Membuat Martabak Manis yang Lezat dan Laris

Cara Membuat Martabak Manis

Tahukah Anda bahwa panganan sejenis kue dadar atau yang biasa disebut martabak manis ini memiliki banyak nama? Kue yang biasa dijajakan di pinggir jalan ini disebut juga apam pulau pinang, martabak bangka, terang bulan, kue bulan, kue bandung, dan apam pinang. Namun, cara membuat martabak manis cukup mudah dan bahannya tak seramai namanya sama seperti cara membuat olahan roti tawar yang lezat.

Beberapa kota menyebut kue ini sebagai terang bulan atau kue bulan bukan tanpa alasan. Bentuknya yang mirip seperti bulan lah yang menyebabkan orang-orang menyebutnya begitu. Salah satu kota yang menyebut kue ini terang bulan atau kue bulan adalah Yogyakarta dan sebagian besar kota-kota di Indonesia bagian Timur.

Martabak merupakan kue yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Anda bisa menemukan kue ini dengan mudah di seluruh penjuru kota di Indonesia. Alasan utama martabak begitu banyak digandrungi berbagai kalangan tentunya karena cita rasanya yang nikmat. Selain itu, harganya pun cukup terjangkau.

Kue ini terbuat dari campuran soda kue, tepung terigu, air, santan, ragi, dan telur ayam untuk adonan kuenya. Sedangkan untuk isi, biasanya akan diberi taburan biji wijen, parutan keju, cokelat butir, gula butir, dan kacang tanah yang dicacah. Selain itu, martabak manis juga akan diolesi dengan mentega dan disiram dengan susu kental manis. Nikmat sekali, bukan?

Asal Usul Martabak Manis Indonesia

Nama asli martabak manis adalah Hok Lo Pan. Arti dari nama tersebut adalah kue orang Hok lo. Tahukah Anda mengapa martabak manis memiliki nama asli yang berarti kue orang Hok Lo? Hal ini karena martabak manis merupakan kue yang diciptakan warga keturunan Tionghoa (Hakka dan Khek).

Kue ini merupakan makanan khas Bangka Belitung. Maka dari itu, beberapa kota di Indonesia ada yang menyebut martabak manis sebagai  Martabak Bangka.

Cara Membuat Martabak Manis Coklat

Pada mulanya, Hok Lo Pan hanya menggunakan wijen sangrai dan gula sebagai taburan. Namun, saat ini Anda dapat menikmati martabak manis dengan berbagai macam topping sesuai selera Anda. Bahkan, saat ini Anda juga dapat menikmati martabak manis dengan berbagai macam topping unik di dalam satu porsi.

Jenis topping martabak manis pun bermacam-macam seiring berjalannya waktu. Tidak seperti dulu yang hanya dengan taburan klasik seperti keju, kacang, dan cokelat. Sekarang, Anda bisa menikmati martabak manis dengan taburan berbagai macam rasa yang unik seperti green tea, red velvet, oreo cheese, dan blueberry.

Banyaknya variasi nama martabak manis ini disebabkan oleh beberapa hal dan memiliki versi cerita masing-masing. Contohnya di Semarang, makanan ini dikenal dan disebut sebagai Kue Bandung. Asal mula kue ini disebut Kue Bandung adalah dari cerita Keluarga Cen. Keluarga Cen merupakan orang Bangka yang tinggal di Semarang.

Singkat cerita, Keluarga Cen ini menjual martabak manis di Jalan Gajah Mada. Mereka berjualan tepat di sebelah seorang Hakka yang berjualan Mie Bandung. Nama Hakka tersebut adalah Moi Yan. Mie Bandung daganganya sangat laris di zaman tersebut. Biar sama-sama laris, maka Keluarga Cen pun menyebut martabak manis buatannya sebagai Kue Bandung.

Makanan khas yang berasal dari Bangka Belitung ini juga memiliki suatu keunikan atau fakta yang menarik. Khususnya bagi orang-orang yang akan menikah atau sedang lamaran. Fakta menariknya adalah martabak manis sering dijadikan sebagai “alat diplomasi” saat menemui calon mertua.

Pasti Anda bertanya-tanya kenapa harus martabak manis dan apa alasannya, bukan? Hal ini karena martabak manis dianggap makanan yang tepat untuk diberikan kepada calon mertua. Selain itu, tampilannya juga terlihat eksklusif dan menunjukkan strata sosial seseorang meskipun harganya cukup terjangkau.

Mood kebanyakan orang jika diberikan makanan yang mereka sukai juga biasanya akan meningkat. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada raut wajah mereka. Yang awalnya biasa saja, berubah menjadi bahagia. Pada akhirnya, sang calon mertua pun dianggap akan dapat luluh dengan sendirinya.

Kebanyakan orang melakukan hal tersebut karena mendapatkan inspirasi dari menonton film. Pada film-film tersebut digambarkan kebiasaan yang ada pada masyarakat saat berkunjung ke rumah calon mertua seperti makanan apa yang mereka bawa.

Selain itu, ada juga inspirasi lainnya yang menyebabkan orang-orang membawa kue ini saat berkunjung ke rumah calon mertua. Sudah rahasia umum bahwa untuk memenangkan hati mertua adalah dengan membawa buah tangan yang disukainya.

Dalam hal ini, martabak manis dianggap sebagai camilan berkelas yang disukai para calon mertua. Namun, hal ini tentu tidak berguna bila mertua tidak memiliki asumsi yang sama dengan Anda.

Cara Membuat Martabak Manis Klasik

5 Topping Klasik Martabak Manis dan Turunannya

Saat ini, martabak memiliki variasi bentuk maupun topping yang semakin beragam. Umumnya, martabak manis dijajakan di tempat-tempat sederhana seperti di kios sederhana ataupun gerobak di pinggir jalan. Namun seiring berjalannya waktu, kini martabak manis juga banyak dijual di tempat-tempat yang khas anak muda atau yang biasa disebut kekinian.

Baca juga  Cara Membuat Kopi Latte Dengan Mudah

Gerai-gerai martabak manis masa kini banyak yang berada pada lokasi yang strategis, misalnya di pusat kota atau di foodcourt. Beberapa pedagang bahkan ada yang berkreasi dengan membuat gerai martabaknya dari kontainer bekas. Selain itu, gerai-gerai tersebut juga dihias dan dicat dengan grafis yang menarik sehingga membuatnya tampak modern.

Selain berinovasi dari segi tempat berdagang dan gerai, para pedagang martabak manis ini juga berinovasi dari segi bentuk. Beberapa tahun belakangan, ada suatu bentuk martabak manis yang sedang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namanya adalah martabak pizza.

Bentuk martabak manis baru disebut martabak pizza karena menyerupai adonan bundar martabak yang disajikan dalam bentuk potongan juring seperti potongan pizza. Istimewanya lagi, di setiap potongan martabak manis tersebut, ditaburi topping yang berbeda-beda. Biasanya Anda dapat memilih 4, 8, atau 16 variasi topping.

Taburannya pun beragam, mulai dari keju, Nutella, Kit Kat, green tea, red velvet, meses, dan masih banyak lagi yang lainnya. Walaupun sekarang banyak sekali dihadirkan topping premium martabak manis, tapi martabak dengan topping klasik juga masih memiliki penggemar dan disukai oleh masyarakat Indonesia.

Topping-topping klasik berikut ini biasanya selalu tersedia di penjual martabak manis mana pun.

  • Cokelat

Tahukah Anda jika cokelat terkenal sebagai makanan jiwa? Makanan ini sangat cocok bagi orang yang sedang galau. Cokelat disebut sebagai makanan jiwa karena mampu menyembuhkan segala sesuatu yang menganggu pikiran jika Anda mengonsumsinya.

Cita rasa cokelat pada martabak manis biasanya didapat dari taburan meses. Topping ini hampir selalu ada di setiap pedagang martabak manis klasik maupun modern. Namun saat ini, Anda dapat memperoleh cita rasa cokelat pada martabak manis dengan topping premium seperti olesan selai Ovomaltine atau Nutella.

Selain selai, Anda juga bisa mendapatkan cita rasa cokelat pada martabak manis dengan topping cincangan cokelat premium seperti Cadburry, Toblerone, Ferrero Rocher, dan Hershey’s. Bagi Anda penyuka makanan manis, tentunya Anda akan sangat menikmati legitnya cokelat dalam martabak.

  • Kacang

Kacang juga merupakan salah satu jenis taburan klasik pada martabak manis. Jenis kacang yang paling umum digunakan adalah kacang tanah. Taburan kacang tanah cincang pada martabak manis tentunya akan mampu menambahkan kerenyahan martabak manis saat digigit.

Pada umumnya, kacang tanah cincang tidak dijadikan topping satu-satunya pada martabak manis. Biasanya, kacang tanah cincang tersebut akan dipadukan dengan cokelat maupun keju. Bahkan, ada juga beberapa pedagang yang memadukannya dengan mete.

  • Keju

Jika Anda bukan penyuka makanan yang terlalu manis, Anda dapat menambahkan keju sebagai salah satu topping martabak manis Anda. Penambahan keju parut tentunya mampu menetralisir rasa pada martabak manis Anda dan menambahkan rasa gurih yang sedikit asin.

Biasanya para pedagang menggunakan keju batangan atau keju Cheddar sebagai topping. Namun, ada juga beberapa pedagang yang menggunakan keju mozarella sebagai topping martabak manis.

Cara Membuat Martabak Manis Keju

  • Wijen

Jika Anda ingin membuat martabak manis Anda terasa krenyes saat digigit, Anda bisa menambahkan wijen sebagai topping. Taburan wijen biasanya hanya dijadikan sebagai pelengkap atau tambahan topping cokelat, sama seperti topping kacang.

  • Ketan Hitam

Tak semua pedagang martabak manis menjual martabak dengan topping ketan hitam. Biasanya martabak yang satu ini dijual pada gerobak yang terpisah. Selain itu, martabak ketan hitam juga biasanya dijual dalam kondisi siap makan dan sudah terbungkus. Isi dari martabak ini biasanya adalah kelapa parut, gula pasir, dan ketan hitam masak.

4 Fakta Martabak Manis yang Belum Diketahui Orang

Walaupun memiliki banyak penggemar dari seluruh penjuru kota di Indonesia dan dijual hampir di berbagai tempat. Namun, ada beberapa fakta martabak manis yang tidak semua orang maupun penggemarnya tahu. Dibalik kelegitan rasanya yang membuat siapa pun jatuh cinta, martabak manis menyimpan banyak fakta yang belum diketahui. Berikut fakta-faktanya.

1. Topping apapun cocok dan bisa diaplikasikan pada martabak manis

Jika Anda bertanya-tanya apa penyebab martabak manis dapat berevolusi menjadi makanan kekinian, maka inilah jawabannya. Adonan martabak yang tak terlalu manis maupun gurih merupakan “tempat” yang pas untuk diberi taburan berbagai macam bahan makanan.

Hampir segala jenis makanan dengan berbagai rasa cocok digunakan sebagai taburan martabak manis. Sebut saja buah-buahan, cokelat, keju, wafer, selai, kacang-kacangan, dan lain-lain. Bahan-bahan tersebut terbukti cocok digunakan sebagai topping martabak manis dan sudah memiliki tempat di hati penggemarnya masing-masing.

2. Toko martabak manis yang enak buka pada malam hari

Pernahkan Anda bertanya mengapa jarang ada toko martabak manis yang buka pada siang hari? Apakah Anda tahu alasannya? Beberapa orang mengatakan jika martabak manis lebih nikmat disantap saat malam hari karena itu jarang pedagang yang buka pada siang hari.

Baca juga  Peluang Bisnis Makanan Anak-anak

Namun, ada juga orang yang mengatakan jika hanya pada malam hari mereka dapat membuka lapak untuk berjualan martabak manis. Hal ini karena tempat tersebut digunakan untuk berjualan hal lainnya pada siang hari. Nah, menurut Anda alasan manakah yang paling logis?

3. Martabak manis memiliki banyak nama berbeda di setiap kota

Di Bandung, makanan yang satu ini dikenal sebagai kue terang bulan. Namun, di Semarang, kue ini malah disebut sebagai Kue Bandung. Alasannya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya mengenai Keluarga Cen. Di kota lainnya lagi, martabak manis memiliki nama yang berbeda pula seperti di Pontianak namanya Apam Pinang.

Keberagaman nama yang dimiliki oleh martabak manis ini terkadang membuat orang bingung dan salah paham. Namun itulah fakta uniknya yang belum banyak diketahui oleh orang-orang. Sehingga terkadang mereka bingung ketika berkunjung ke kota lain dan mendengar orang menyebut martabak manis dengan nama yang berbeda.

4. Faktor yang membuat martabak manis semakin enak

Biasanya, berapa potong martabak manis yang Anda nikmati ketika membelinya? Tentu tak cukup sepotong, bukan? Apakah Anda tahu apa alasan dibalik semua itu?

Alasan yang pertama adalah tekstur martabak manis yang berongga. Hal ini menyebabkan semua rasa topping dan mentega meresap hingga ke bagian terdalam martabak manis.

Kedua, semua bahan makanan berlemak seperti olesan mentega, susu, keju, dan topping lainnya membuat martabak manis makin kaya rasa. Ketiga, semakin banyak margarin, maka semakin mantap martabak manis tersebut. Walaupun teksturnya menjadi berminyak, justru disitulah letak kenikmatan martabak manis.

Cara Membuat Warung Martabak Manis

Resep Membuat Martabak Manis yang Enak dan Lezat

Apakah Anda jadi ingin menyantap martabak manis setelah membaca berbagai ulasan mengenai martabak manis di atas? Jika iya, bagaimana kalau Anda mencoba resep di bawah ini? Bahan-bahannya tidak terlalu banyak dan cara membuatnya juga cukup sederhana.

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan sebagai adonan adalah 500g tepung terigu, 150g gula, 10g susu bubuk, 1 butir telur, 5g soda kue, ½ sdt garam, 550ml air, dan 1 kuning telur. Sedangkan untuk topping, Anda pelu menyiapkan margarin secukupnya, 200g keju, 100g kacang tanah, 50g meses coklat, dan 100ml susu kental manis.

Selain bahan topping yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa menambahkan topping lainnya sesuai selera. Setalah menyiapkan semua bahan adonan dan topping, Anda dapat mulai membuat martabak manis.

Pertama, kocok air 250ml, gula, garam, dan 1 butir telur hingga adonan berbusa dan gula menjadi larut (bisa menggunakan mixer atau alat lainnya). Kedua, Tambahkan 300ml air, susu bubuk, tepung, dan soda kue ke dalam adonan. Lalu, aduk campuran menggunakan spatula hingga rata.

Setelah itu, diamkan adonan selama tiga puluh menit. Kemudian, tambahkan satu kuning telur, dan aduk kembali (bisa menggunakan mixer) selama kurang lebih lima menit hingga adonan menjadi rata.

Lalu, panaskan teflon dengan api kecil hingga mencapai suhu yang dirasa cukup dan tuangkan setengah bagian dari adonan martabak manis. Masak hingga adonan martabak manis mulai bersarang. Kemudian, taburi dengan gula pasir dan tutup dengan glass cover. Lanjutkan memasak hingga adonan menjadi matang.

Setelah adonan matang, angkat adonan martabak dan olesi dengan margarin. Taburi dengan berbagai topping yang telah disiapkan seperti meses, parutan keju, kacang tanah cincang, dan susu kental manis. Setelah itu, potong menjadi dua bagian dan tumpukkan kedua potongan tersebut.

Cara Membuat Martabak Manis

Terakhir, potong martabak manis menjadi potongan yang lebih kecil. Martabak manis buatan rumah Anda siap dinikmati. Anda dapat menikmatinya dengan ditemani teh hangat. Rasanya akan semakin nikmat jika disantap saat suhu dingin. Resep ini dapat disajikan untuk empat porsi. Jadi, Anda dapat menggunakan resep ini sebagai resep camilan keluarga.

Jika Anda malas membuat martabak manis, Anda dapat membelinya di kios-kios terdekat maupun memesannya melalui layanan online. Namun, martabak manis buatan rumah tentunya akan lebih menyenangkan jika dinikmati bersama keluarga. Cara membuat martabak manis pun tidak terlalu sulit. Jadi, apakah Anda ada rencana untuk membuatnya akhir pekan ini? Klik link berikut untuk membaca resep martabak telur yang gurih dan lezat.

 

 Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares