Cara Membuat Popcorn Beraneka Rasa dan Warna

cara membuat jagung popcorn sendiri

Cara Membuat Popcorn – Buat kamu yang suka nonton film di bioskop, tentu sudah nggak asing dengan makanan ringan yang satu ini, popcorn. Makanan yang berasal dari jagung ini nama kerennya adalah berondong jagung. Jadi, buat kamu pecinta makanan olahan dari jagung, popcorn ini pasti tidak luput dari salah satu favorit kamu.

Popcorn sebenarnya adalah biji jagung yang dimasak sampai meletup. Ketika biji jagung dipanaskan, biji tersebut akan meletus dan bisa mengeluarkan bunyi seperti tembakan senapan karena jagung yang meletus tersebut mengenai dinding panci yang terbuat dari logam.

Pembuat popcorn pertama kali adalah orang Indian, pembuatannya sudah dimulai dari 55 abad yang lalu. Menurut penilitian dari para arkeolog, ditemukan biji jagung untuk popcorn yang umurnya ternyata lebih dari 1000 tahun di Utah, Amerika Serikat. Bahkan, ketika biji tersebut dipanaskan, masih bisa masak dan meledak menjadi popcorn.

Ada kepercayaan di masyarakat Indian kuno bahwa di dalam biji jagung yang dibuat menjadi popcorn ada hantunya. Kalau biji jagung dipanaskan, maka hantu akan keluar dengan meledakkan kurungannya. Ada-ada saja ya kepercayaan orang jama dulu itu.

Padahal, yang sebenarnya, di dalam jagung terdapat air, jadi ketika biji jagung dipanaskan sampai dengan suhu sektitar 200 derajat celsius, air akan mendidih dan berusaha keluar dari cangkang biji jagung. Biji yang melunak, akan membengkak kemudian meledak.

Dengan penjelasan di atas, tentu ada yang berpikir kalau semua jagung bisa dijadikan popcorn. Padahal tidak semua jenis jagung, cuma jagung yang mengandung 14% air saja.

Bahan Membuat Popcorn

Sebelum membuat popcorn tentu terlebih dahulu kita akan menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Seperti penjelasan sebelumnya, kita membutuhkan jagung khusus popcorn sebagai bahan utama. Selain jagung, kita juga butuh minyak, mentega, atau margarin, tinggal pilih salah satu saja. Tapi sedikit saja ya jumlahnya, cuma untuk menumis biji jagungnya saja kok.

Sebenarnya cukup dua bahan tersebut saja untuk bisa membuat popcorn. Tapi, jika kamu ingin memberikan rasa lainnya, tinggal menambahkan perasa. Bisa kamu tambahkan gula, garam, atau perasa makanan lainnya.

Jenis Jagung untuk Popcorn

Untuk membuat popcorn, kita tidak dapat menggunakan sembarang jenis jagung, ada jagung khusus yang memang untuk membuat popcorn. Jagung khusus tersebut adalah yang memiliki nama latin Zea mays saccharata. Jika dilihat dari penampakannya, jagung ini mirip seperti jagung biasanya, tetapi ukurannya relatif lebih kecil dan memiliki kulit yang lebih keras serta di dalam dalam biji terdapat tepung.

Jadi, kalau kita akan membuat popcorn dengan menggunakan jagung biasa, malah akan membuat marning. Salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari jagung juga. Tetapi, marning ini tidak meletup ketika dimasak, bentuknya mirip seperti biji jagung sebelum dimasak.

Cara Membuat Popcorn Caramel

cara membuat popcorn ala xxi
ramesia.com

Kamu yang suka pergi ke bioskop tentu tidak asing dengan jenis popcorn yang satu ini, popcorn caramel. Popcorn yang dilapisi dengan caramel, rasanya manis dan khas. Cocok banget buat nemenin nonton film di bioskop.

Tapi, berhubung yang dibioskop itu harganya mahal atau kamu jarang ke bioskop, lebih baik kita coba buat sendiri. Kalau kamu cari-cari resep popcorn caramel dari tempat asalanya, biasanya menggunakan bahan seperti mentega, corn syrup, brown sugar, ekstrak vanila, dan garam. Beberapa resep ada juga yang dicampur antara brown sugar dan gula pasir. Bahkan ada yang menambahkan baking soda setelah adonan caramelnya diangkat dari atas kompor.

Kalau kita menggunakan resep dari bule-bule di sana, mungkin akan sulit mencari di dapur. Nah, mending sekarang kita bikin resep yang bahan-bahannya mudah dicari di dapur sendiri.

Sebelum memasak, kita siapkan peralatan untuk memasakna terlebih dahulu ya. Pertama adalah panci besar untuk memasak popcorn, lalu panci anti lengket untuk membuat caramel, panci untuk mencampur popcorn dan caramel, kertas roti.

Bahan Popcorn

  • 1/2 up jagung khusus popcorn
  • 1/4 cup minyak goreng
  • Bahan Caramel
  • 1 cup gula pasir
  • 125 gram unsalted butter atau mentega yang rasanya tidak asin
  • 1/4 sendok teh garam

Cara Membuat Popcorn

  1. Panaskan minyak di dalam panci menggunakan api sedang sampai benar-benar panas. Kamu bisa mengetas apakah sudah panas atau belum dengan memasukkan satu atau dua jagung, jika sudah meletup, artinya minyak sudah siap.
  2. Masukan jagung lalu dengan segera tutup pancinya.
  3. Goyang-goyangkan panci agar panas merata dan jagung tidak menjadi gosong.
  4. Jika sudah tidak ada jagung yang letup lagi, berarti semua sudah meletup dan menjadi popcorn.
  5. Tuang ke wadah lainnya dan buang jagung yang gagal meletup ya, kemudian sisihkan popcornnya.

Cara Membuat Caramel

  1. Siapkan panci anti lengket, masukkan mentega, gula, dan garam, panaskan menggunakan api sedang.
  2. Sambil dimasak, aduk terus sampai mentega meleleh dan gula larut tercampur dengan mentega dengan rata.
  3. Diamkan sampai mendidih dan jangan diaduk.
  4. Masak sampai berwarna coklat keemasan, maksimal 10 menit saja, jangan melebihi 10 menit karena caramel bisa jadi gosong dan rasanya menjadi pahit.
  5. Setelah caramel jadi, segera tuang ke atas popcorn yang sudah dibuat sebelumnya.
  6. Aduk dengan cepat sampai rata sebelum caramel mengeras.
  7. Setelah caramel merata, tuang ke wadah datar yang permukaanya sudah dilapisi kertas roti, diamkan sampai dingin dan mengering.
  8. Jika sudah dingin, pisahkan popcorn yang menempel.
  9. Popcorn caramel sudah siap disantap sambil nonton film di rumah.
Baca juga  Cara Membuat Popcorn Ala xxi Di Rumah Kamu

Agar popcorn tidak melempem, simpan di wadah yang tertutup rapat dan kedap udara ya. Tapi kayaknya nggak bakal awet deh, sekali masak dan jadi, pasti langsung habis tuh popcornnya.

Cara Membuat Popcorn Agar Manis

Popcorn dengan rasa yang manis menjadi salah satu jenis popcorn paling digemari. Dengan rasa yang manis dan tekstur renyahnya, tentu akan membuat orang yang memakannya tidak akan berhenti sampai habis.

Walaupun pada umumnya popcorn dimakan ketika kita sedang menonton film di bioskop, tetapi tidak ada salahnya juga membawa popcorn sebagai camilan ketika berlibur, menemani saat belajar, atau ketika sedang berkumpul bersama keluarga.

Untuk membuat popcorn manis, bahan yang dibutuhkan tidaklah sulit, cukup jagung popcorn, mentega, dan perasa manis saja.

Kita akan mencoba membuat popcorn manis warna-warni yang akan dikombinasikan dengan rasa gurih dari mentega. Siapkan bahan-bahan berikut ini ya.

Bahan

  • 1 sendok makan mentega
  • 1 sendok makan minyak kanola
  • 1/4 cup sirup jagung atau corn syrup
  • 1/4 sendok makan pewarna makanan cair, pilih sesua dengan selera
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/3 cup jagung popcorn

Cara Membuat Popcorn Manis

  1. Masak mentega, minyak, sirup jagung, dan garam menggunakan panci besar.
  2. Lelehkan semua bahan sambil diaduk sampai semuanya tercampur rata.
  3. Tambahkan 1/4 sendok teh pewarna makanan cair, lalu aduk lagi sampai rata.
  4. Masukkan 1/3 cup jagung popcorn ke dalam panci, aduk sampai semua permukaan biji jagung terlapisi dengan campuran sirup jagung tadi. Masak dengan api sedang, dan jangan lupa tutup pancinya lalu goyang-goyangkan sampai semua jagung berubah menjadi popcorn.

Membuat Popcorn Manis Menggunakan Microwave

Selain menggunakan panci, kita juga bisa membuat popcorn memakai microwave lho.

  1. Masukkan campuran sirup yang sudah dibuat dan jagung popcorn ke dalam wadah tertutup tahan microwave.
  2. Panaskan di dalam microwave dengan pengaturan panas yang paling tinggi selama 3-4 menit, atau sampai sudah tidak meletup lagi.

Jika kamu menggunakan microwave, usahakan jangan menggunakan mangkuk plastik, walaupun plastik itu tahan terhadap microwave. Hal ini karena sirup jagung akan menjadi sangat panas dan dapat merusak mangkuk plastik yang kita gunakan. Sebaiknya gunakan wadah berbahan kaca yang bisa menahan panas lebih tinggi.

Setelah popcorn matang dengan sempurna, pindahkan popcorn ke atas loyang agar cepat dingin. Tapi, sebelumnya alasi dulu loyang dengan kertas roti agar popcorn tidak lengket.

Baru setelah dingin, masukkan popcorn ke dalam wadah yang kedap udara agar kita bisa menikmatinya setiap saat.

Cara Membuat Popcorn Aneka Rasa

Sekarang kita akan mencoba membuat beberapa popcorn dengan beraneka macam rasa.

1. Popcorn Rasa Buah

Buat kamu yang menyukai rasa buah, saatnya kita mencoba untuk membuat popcorn rasa buah. Caranya tentu saja bukan dengan menggunakan buah asli, tetapi kita akan menambahkan bubuk minuman rasa buah ataupun bubuk puding instan tanpa gula.

Bahan

  • 8 gelas popcorn, atau kamu juga bisa membuatnya sendiri dari jagung popcorn tapi buat yang rasanya tawar ya
  • 1/4 cup sirup jagung
  • 1/4 cup mentega
  • 1/2 cup gula pasir
  • 100 gram bubuk agar atau bubuk minuman yang memiliki rasa buah tanpa pemanis

Cara Membuat

  1. Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 150 derajat celsius.
  2. Siapkan loyang yang sudah dilapisi dengan kertas roti.
  3. Tuangkan popcorn ke dalam mangkuk yang besar.
  4. Siapkan teflon atau panci anti lengket, panaskan mentega, gula, sirup, dan perasa buah menggunakan api sedang sampai mendidih.
  5. Kemudian tuangkan campuran gula dan perisa buah tadi ke atas popcorn, aduk sampai semua permukaan popcorn terlapisi.
  6. Setelah itu, ratakan popcorn di atas loyang, jangan sampai ada yang bertumpukan ya, usahakan hanya satu lapisan saja.
  7. Panggang popcorn dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya selama 10 menit. Tujuannya untuk membuat popcorn menjadi renyah dan gula berperisa buah menyatu dengan popcorn.
  8. Setelah selesai, keluarkan popcorn dan dinginkan.
  9. Popcorn rasa buah siap dinikamti.

2. Popcorn Asin Rasa Mentega

cara membuat popcorn aneka warna

Kalau sebelumnya untuk kamu penggemar rasa manis, sekarang giliran penyuka asin dan gurih. Popcorn rasa mentega ini selain memiliki rasa yang gurih juga warnanya akan berbeda-beda, membuat anak-anak akan suka sekali menghabiskannya.

Baca juga  Cara Membuat Mie Ayam yang Menggoda Lidah

Popcorn asin ini menjadi salah satu favorit karena memiliki rasa yang gurih dan asin. Apalagi jika memasaknya menggunakan mentega, akan ada aroma mentega yang sedap. Tapi, jika kamu tidak memiliki mentega, margarin pun bisa jadi pilihan yang bagus sebagai penggantinya.

Bahan

  • 1/3 cup jagung popcorn
  • 1 sendok makan mentega
  • Pewarna makanan yang cair
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Popcorn Rasa Mentega

  1. Lelehkan terlebih dahulu mentega dalam panci berukuran besar,
  2. Tambahkan pewarna makanan beberapa tetes saja. Pastikan pewarna yang digunakan khusus untuk makanan dan tidak memiliki rasa.
  3. Masukkan jagung popcorn ke dalam panci yang sudah ada menteganya, lalu aduk sampai merata. Gunakan api sedang sambil panci digoyang-goyang, jika sudah mulai melambat letupannya, api dimatikan.
  4. Tuangkan popcorn ke dalam mangkuk dan tambahkan garam secukupnya.
  5. Popcorn rasa mentega siap disajikan.

Mesin Popcorn

Jika kamu membuat popcor di rumah, tentu menggunakan panci dan kompor saja sudah cukup. Tapi, jika jiwa bisnis kamu keluar dan ingin memulai berbisnis popcorn, memakai panci pasti akan sangat tidak efisien.

Maka dari itu, sekarang ini sudah banyak mesin yang memudahkan para pelaku usaha di bidang kuliner, termasuk mesin popcorn. Mesin ini akan digunakan untuk membuat popcorn dengan lebih mudah dan cepat. Kamu cukup memasukkan bahan-bahan ke dalam mesin, baru kemudian nyalakan alatnya, dan secara otomatis akan memasak jagung menjadi popcorn yang enak.

Mesin popcorn ini akan membuat jagung menjadi popcorn dengan lebih cepat dan efisien. Panci yang digunakan dalam mesin ini sudah anti lengket dan energi yang dibutuhkan berasal dari listrik.

Mesin Popcorn Mini

Kalau kamu ingin memulai usaha ini dari kecil, mesin popcorn mini bisa jadi pilihan. Dengan ukuran yang lebih kecil dan tentu saja harga labih murah, kamu akan bisa memulai usaha dengan lebih cepat.

Mesin popcorn mini juga dapat kamu gunakan di rumah jika memang sering membuat popcorn. Dari pada memakai panci biasa, memakai mesin popcorn mini ini bisa sangat membantu dalam membuat popcorn di rumah. Kamu tidak akan ribet, popcorn pun akan jadi dengan lebih cepat.

Modal yang Dibutuhkan untuk Berjualan Popcorn

Dengan melihat banyaknya peminat yang ada, tidak ada salahnya kalau kita mencoba berjualan popcorn ini. Tapi, sebelum memulainya, tentu kita membutuhkan modal usaha. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan sebelum memulai usaha popcorn.

1. Gambaran Bisnis

Sebelum memulai usaha, terlebih dahulu kamu harus memunyai gambaran tentang usahamu itu. Kamu bisa membuat gambaran tentang bisnismu dengan fokus pada jenis popcorn yang akan dibuat, misalkan saja popcorn yang rendah lemak. Kamu juga bisa membuat gambaran secara umum mengenai varian popcorn, mulai dari rasa, pengemasan, sampai lokasi penjualan.

2. Perisiapan Peralatan

Alat-alat yang dibutuhkan juga perlu dipersiapkan untuk menjalankan usaha popcorn ini. Mulai dari mesin popcorn apa yang akan digunakan dan alat-alat pendukung lainnya,

Selain peralatan, kamu juga bias mengajukan perizinan ke Departemen Kesehatan Indonesia atau sekalian mencari sertifikat halal dari LPPOM.

3. Kemasan Produk

Jika kamu akan menjual popcorn, tentu saja membutuhkan kemasan yang menarik, apalagi kalau kamu jualannya online. Kemasan yang menarik tentu saja akan mengundang minat konsumen untuk membeli produk kamu.

Buat brand yang mudah diingat, gunakan jasa desain untuk membuat kemasan kamu menjadi semakin menarik. Jangan lupa, sertakan informasi mengenai komposisi dan kandungan gizi pada kemasan. Selain itu, masukkan juga berat produk, tanggal kadaluarsa, dan nomor izin dari pemerintah pada kemasan.

4. Promosikan Bisnis

Kalau produk sudah ada, sekarang tinggal kita promosikan. Kamu bisa menargetkan siapa saja pembeli yang kira-kira masuk ke dalam konsumen dari produkmu. Setelah itu, tinggal pilih, akan menggunakan promosi secara online atau offline. Atau, bisa juga dengan mencari reseller-reseller, sehingga produk kamu akan tersebar dengan luas.

Dengan berbagai resep yang ada dan peluang  bisnis menjanjikan, usaha popcorn ini bisa kamu lirit lho. Tinggal cari tempat yang strategis untuk berjualan, atau bisa juga memanfaatkan media online seperti market place dan media sosial untuk berjualan.

 Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares