Cara Memotong Daging Kurban agar Empuk dan Tidak Bau

Cara potong dendeng sapi
 

Clearance Sale

 

Apa yang pertama kali Anda pikirkan saat mendengar kata daging?

Apa Anda memikirkan sebuah wadah yang berisi penuh daging bercampur dengan rempah-rempah lezat di bagian atasnya, atau Anda membayangkan tentang sebuah masakan khas atau icon kota Padang, atau Anda malah memikirkan tentang makanan daging yang bertekstur keras dan sangat sulit untuk disantap?

Di era ini terdapat banyak pengusaha makanan yang menyediakan aneka inovasi makanan olahan dari daging.
Umumnya mereka memakai banyak jenis daging, seperti: daging kelinci, daging kambing, daging ayam, ataupun daging sapi.

Memasak hidangan berjenis daging memang tergolong susah-susah gampang.
Tetapi Anda sebaiknya tidak sembarang dalam hal memasak daging.

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan, seperti: pemilihan bagian daging, cara memotong daging, teknik pembumbuan pada daging, hingga teknik menghidangkan daging.

Kesemua hal di atas amatlah diperlukan dalam membuat daging.
Terlebih mengenai hal pemotongan daging, karena ini akan sedikit banyak berperan pada rasa empuk dan kelezatan daging ketika sudah dihindangkan nanti.

Memotong daging agar lembut membutuhkan metode khusus. Berbeda varian daging akan beda juga tekniknya.

Nah, di tulisan kali ini kami akan menjabarkan kepada Anda, tentang cara memotong daging kelinci supaya lembut dan mudah dimasak.

Artikel ini kami jabarkan khusus untuk Anda dengan cara mengutip penjelasan koki-koki profesional yang telah berpengalaman dibidangnya.

Kami memilih metode ini guna menyampaikan materi pada dasarnya tentang cara memotong daging kelinci, karena memotong daging cukup mempraktekan beberapa cara.

Berikut merupakan penjabaran perihal teknik memotong daging kelinci supaya tidak alot dan mudah dimasak.

Cara Memotong Daging Ala Ivan Anggri

Ivan Anggri, adalah pemilik restoran favorit di DKI Jakarta.

Ivan Anggri menjelaskan, “Yang terpenting perihal teknik memotong daging ialah memotong daging kelinci dengan cara melawan alur urat dari daging tersebut.

Umumnya secara mudah kita akan dapat mengenali serat panjang tanda jalur urat. Kemudian kita sayat dengan cara potong melawan jalur urat, tapi ingat jangan sampai dipotong merintang.”

Baca juga  Berikut Cara Praktis Buat Es Buah Campur Susu

Ia menjelaskan, “daging berkualitas ekspor sekalipun kalau salah cara mengirisnya, maka masakannya bakal alot ketika disantap”.

Trik Memotong Daging Ala Vincen Bima

Sementara itu Vincen Bima seorang Chef berpangkat Diamond di hotel Cinada, menerangkan perihal trik mengiris daging kelinci.
Vincen Bima menerangkan, “Yang paling pertama ialah membersihkan daging dari serat yang ada pada daging. Kemudian baru kita boleh mengiris dagingnya.”

Vincen Bima “Selanjutnya, Selaput keras yang menempel pada daging harus dihilangkan. Lalu potong menyamping secara berlawanan terhadap serat dagingnya.”

Vincen Bima menambahkan, “Menyayat searah alur serat membuat daging alot ketika selesai dimasak.
Berbeda ketika dipotong berlawanan dengan arah serat. saat dimakan daging bakal terasa empuk karena serat daging akan gampang terurai.”

Sebagai informasi pelengkap Bima menjelaskan, “Beberapa item daging tersusun oleh lebih dari satu otot daging. Misal terbentuk dari lima otot daging.
Oleh karna itu tiap bagian otot mesti dipisahkan terlebih dahulu searah setiap selaput otot. Selanjutnya daging dipotong melintang searah jalur serat daging.” tutup Bima.

Demikianlah tips dan cara memotong daging kelinci supaya tidak alot dan tidak menyulitkan ketika dimasak.

Meskipun demikian, teknik penyayatan daging hanyalah salah satu bagian untuk menghidangkan daging yang lembut dan nikmat dimakan.

Masih ada beberapa faktor krusial lainnya, diantaranya: meletakan daging di dalam cairan cuka, metode pemasakan daging, bumbu-bumbu yang digunakan, dan masih banyak bagian penting semisalnya untuk memasak daging yang tidak alot dan enak dimakan.

  Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares