Coffee Decanter

Penghangat Teh - Kopi & Decanter

Menikmati waktu santai di sela rapat yang penat sambil menikmati secangkir kopi panas akan memanjakan dan menambah semangat para peserta rapat. Untuk mendapatkan kopi panas yang berkualitas, Anda memerlukan coffee decanter yang berkualitas pula. Lalu, seperti apa decanter  yang berkualitas tersebut?

Apa Itu Coffee Decanter?

Ketika Anda menikmati sarapan di sebuah hotel atau hanya sekedar melepas penat di saat coffee break, Anda mungkin menemui sebuah teko terbuat dari kaca yang diletakkan pada suatu tatakan datar yang berfungsi untuk memanaskan kopi atau teh yang ada di dalamnya. Teko pemanas itulah yang dikenal dengan coffee decanter.

Decanter  atau yang biasa disebut dengan coffee warmer  dapat memudahkan Anda untuk menikmati secangkir kopi panas tanpa harus merebusnya kembali hanya agar kopi menjadi panas.

Decanter ini berbentuk seperti teko. Bagian bawahnya terbuat dari stainless steel yang mudah menghantarkan panas. Teko ini akan diletakkan pada sebuah tatakan yang biasanya terbuat dari keramik atau konduktor lainnya yang terhubung dengan aliran listrik sehingga menghasilkan energi panas. DECANTER

Perbedaan Coffee Decanter dengan Ceret

Seringkali orang salah ketika membedakan coffee decanter dengan ceret hanya karena mereka memiliki bentuk yang cukup mirip dan berfungsi sama. Terlebih lagi coffee decanter selalu berada di atas tatakan yang sekilas jika diperhatikan memang mirip kompor.

Muncul suatu pertanyaan, apakah coffee decanter dan ceret memang sama? Ataukah mereka adalah dua hal yang berbeda? Jika memang benar mereka berbeda, apakah yang membedakan mereka? Untuk mengetahui perbedaan coffee decanter dan ceret, mari kita simak ulasannya berikut ini.

  1. Fungsi

Jika ditinjau dari segi fungsi, memang benar baik ceret maupun coffee decanter sama-sama digunakan untuk memanaskan air. Akan tetapi, cara memanaskannya berbeda dengan media yang berbeda pula.

Ceret memanaskan air dengan menggunakan nyala api dari kompor. Air yang dipanaskan pun akan mencapai titik didihnya hingga menghasilkan uap panas. Air ini sangat panas hingga manusia biasa tidak akan sanggup untuk meminumnya secara langsung. Bahkan air yang mendidih tersebut dapat melukai kulit jika terjadi kontak secara langsung.

Di sisi lain, coffee decanter hanya digunakan untuk menghangatkan air yang biasanya berupa kopi atau teh yang terdapat di dalamnya. Tugasnya hanya menghangatkan, bukan mendidihkannya sehingga kopi yang dituang dari dalam decanter  aman untuk diminum secara langsung, bahkan memberikan efek hangat yang nyaman.

  1. Bahan Pembuat dan Bentuknya

Jika ditinjau dari segi bahan dan bentuk, tentu Anda akan dapat dengan mudah membedakan ceret dan coffee decanter. Kembali ke tujuan utama ceret yaitu untuk mendidihkan air, maka bahan yang digunakan untuk membuat ceret pastilah bahan yang mudah menghantarkan panas serta tahan terhadap panas seperti alumunium, baja, atau stainless steel.

Bentuk dan desain ceret tidak terlalu bervariasi. Bentuknya cenderung sama yaitu bulat dan gemuk dengan gagang yang terbuat dari plastik atau kayu sebagai isolator yang meredam panas ketika Anda mengangkatnya. Ceret juga memiliki mulut yang berleher panjang yang digunakan untuk menuang air.

Baca juga  Blender Blendtec Indonesia

Pada beberapa ceret, Anda dapat menemukan peluit yang menyumbat bagian mulut ceret. Peluit ini akan menghasilkan siulan yang nyaring ketika air sudah mendidih. Hal ini karena uap panas yang terjebak di antara dua pelat penyusun peluit membentuk pusaran kecil yang dapat menggetarkan udara di sekitarnya.

Lain halnya dengan coffee decanter. Alat ini memiliki postur yang lebih kecil daripada ceret. Karena fungsi decanter yang hanya untuk menghangatkan kopi atau teh yang ada di dalamnya, coffee decanter ini biasanya terbuat dari kaca dengan bagian bawah yang terbuat dari stainless steel yang mampu menghantarkan panas dari pelat dengan baik.

Coffee decanter memiliki gagang plastik yang dapat meredam panas dan tidak memiliki mulut dengan leher yang panjang seperti yang biasa ditemukan pada ceret. Decanter juga tidak dilengkapi dengan peluit karena memang kopi atau teh yang di dalamnya tidak untuk didihkan, melainkan hanya dihangatkan.

Karena coffee decanter  ditempatkan pada tatakan yang diletakkan di atas meja, teko pemanas ini biasanya memiliki desain yang lebih artistik daripada ceret. Hal ini karena selain untuk menghangatkan kopi, coffee decanter  ini juga biasa digunakan untuk “pemanis” meja makan.

Mesin Kopi DecanterDecanter Kopi

Cara Terbaik Membersihkan Coffee Decanter

Coffee decanter  biasanya memiliki desain yang cantik dan elegan dengan kaca yang bening yang sedap dipandang mata. Akan tetapi, decanter yang telah digunakan berkali-kali biasanya meninggalkan noda kopi atau teh yang membandel. Noda ini biasanya tidak dapat dibersihkan dengan mudah menggunakan sabun cuci piring biasa.

Namun, bukan berarti menghilangkan noda tersebut merupakan hal yang mustahil. Berikut beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi noda kopi atau teh yang membandel.

  • Air panas dan baking soda. Selain untuk membuat kue, baking soda juga telah lama digunakan sebagai pembersih dan bahkan untuk menyamarkan jerawat pada wajah. Namun kali ini, baking soda akan kita pergunakan untuk membersihkan noda bekas kopi. Caranya, pertama-tama, campur baking soda dengan air panas yang ada dalam decanter. Biarkan larutan air dan baking soda tersebut berada di dalam teko selama satu malam. Setelah itu, gosok dengan sikat yang biasa digunakan untuk membersihkan botol. Lalu, bilas dengan air bersih. Apabila merendam teko selama satu malam dirasa terlalu lama, Anda dapat langsung menaburkan baking soda pada bagian dalam decanter, lalu gosok dengan sedikit air hangat.
  • Larutan cuka dan air. Selain menggunakan baking soda, Anda juga dapat menggunakan larutan cuka dan air untuk menghilangkan noda membandel tersebut. Caranya sangatlah mudah. Campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Kemudian, rendam coffee decanter selama 12 jam lalu bilas dengan air bersih. Kemudian, keringkan.
  • Cairan pembersih kaca. Cairan ini memang sangat ampuh untuk membersihkan noda dan kerak, begitu pula dengan noda yang ada pada coffee decanter. Anda hanya perlu mencelupkan serbet atau lap ke larutan tersebut lalu gosok permukaan decanter yang bernoda. Kemudian cuci dengan menggunakan sabun. Bilas hingga bersih, lalu keringkan.
Baca juga  Mesin Juice Extractor

Menyajikan Kopi dengan Decanter

Spesifikasi dan Harga Coffee Decanter Ramesia

Jika Anda memiliki usaha catering yang menyediakan kopi panas untuk coffee break atau seorang penikmat kopi yang ingin menjaga kopi agar tetap hangat ketika dinikmati, coffee decanter tentu menjadi hal yang harus Anda miliki. Dan kini, Anda bisa mendapatkannya di Ramesia Mesin.

Coffee decanter Ramesia Mesin memiliki desain yang modern dengan gagang hitam yang terbuat dari plastik, badan teko yang terbuat dari kaca bening dengan bagian bawah yang terbuat dari stainless steel.

Teko ini memiliki ukuran 160x170mm dengan berat 0,25 kg. Teko ini dibandrol dengan harga Rp100.000,00. Sedangkan Coffee Tea Warmer CM-0521 sebagai tatakannya dibandrol dengan harga Rp590.000,00.

Coffee decanter memang berbeda dengan ceret. Jika Anda hendak menjamu rekan untuk acara makan bersama di kantor, Anda akan membutuhkan coffee decanter untuk memuaskan tamu yang kebetulan adalah penikmat kopi. Untuk mendapatkan decanter berkualitas, segera lakukan pemesanan di Ramesia.

 
mesin es krim mini slimtech
Mesin Es Krim SlimTech Premium
   Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares