Cookpad Indonesia – Awal Perjalanan Hingga Sukses Mendunia

Cookpad Indonesia

Indonesia, beragam budaya dan orang-orang banyak ada disini. Selain budaya nya, anda juga bisa menemukan beragam kuliner nusantara di Indonesia. Disetiap daerah pasti memiliki kuliner nya sendiri-sendiri. Jika kamu berkunjung pada suatu daerah, pasti kamu akan menemukan kuliner masakan yang berbeda dengan tempat kamu tinggal.

Makanan di berbagai Indonesia memiliki rasa yang enak, selain enak juga ada yang memberi manfaat pada kesehatan. Tetapi, setiap kamu memakan masakan yang enak, pasti kamu terpikir untuk membuatnya sendiri. Lalu untuk membuatnya sendiri, anda membutuhkan resep. Dimana kita bisa menemukan resep masakan tersebut.

Nah, kali ini kami akan memberikan solusi dari masalah tersebut. Yaitu dengan memakai aplikasi CookPad. CookPad sendiri adalah tempat dimana anda akan bisa menemukan berbagai macam resep makanan. Dari yang baru sampai yang sudah lama (Tradisional) anda bisa temukan resep nya di CookPad.

Bagi anda penggemar masakan dan hobi dalam memasak makanan sendiri. Pasti sudah familiar dengan aplikasi yang satu ini. Setiap hari CookPad mengupdate resep-resep baru. Cookpad adalah layanan yang gratis, jadi anda tidak perlu khawatir harus membayar untuk menikmati layanan ini.

Unduh Cookpad Indonesia

Layanan Cookpad Indonesia sendiri adalah layanan yang diadaptasi dari aplikasi yang berada di jepang. Untuk penggunaan, aplikasi sangat mudah untuk digunakan. Cookpad sendiri mengusung warna oranye untuk menarik penggunanya yang ceria.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, anda bisa cari di Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS. Aplikasi Cookpad sudah diunduh sampai 108 ribu pengguna aktif nya. Selain masakan, Cookpad juga memberikan anda resep kue dari berbagai kategori.

Untuk menikmati layanan ini, anda hanya harus mengunduh dan login ke aplikasi ini. Login ke aplikasi ini biasanya menggunakan akun Facebook atau Email anda. Didalam aplikasi Cookpad, anda bisa mencari resep, menulis resep, menyimpan resep, berbagi resep dan foto masakan. Karena banyak orang yang merasa puas dengan aplikasi ini, itu menjadi keistimewaan aplikasi Cookpad sendiri.

Cara Install Cookpad

Untuk kalian yang penasaran dengan cara menikmati layanan Cookpad. Berikut adalah tahap-tahap-nya:

  1. Unduh Cookpad dan install kedalam smartphone anda.
  2. Buka aplikasi Cookpad yang sudah anda install dan login.
  3. Setelah berhasil login, anda langsung bisa mencari resep yang ingin anda cari.
  4. Otomatis anda akan diberikan hasil yang ingin anda cari.

Mudah kan cara penggunaan nya? Menurut penulis sendiri, penggunaan aplikasi Cookpad termasuk mudah, karena hanya dengan login sehabis itu anda bisa mencari resep yang anda mau sesuka hati. Setelah tau apa itu aplikasi Cookpad dan cara menggunakannya, bagaimana kita sekarang membahas kisah sukses Soegianto? Sang pendiri Cookpad Indonesia. Untuk anda yang sudah penasaran, berikut adalah penjelasannya.

Awal Perjalanan

Cookpad Indonesia
kontan.co.id

Awal perjalanan karir dari sang pendiri Cookpad, yang adalah seorang pria kelahiran Jakarta, 20 Februari 1981 ini dimulai sebagai technopreneur tahun 2010. Dalam perjalanan nya itu, dia memutuskan berhentu dan mendirikan E-Commerce nya sendiri, yaitu Sedapur.com.

Bagi yang ingin tahu, Sedapur.com adalah E-Commerce yang memiliki konsep serupa dengan Tokopedia, yaitu menyediakan lapak untuk ibu-ibu yang ingin menjual masakan mereka di E-Commerce tersebut. Dalam membangun Sedapur.com, pastinya dia tidak sendiri. Dia membangun Sedapur.com dengan empat orang lain, termasuk kakaknya, Soetrisno Widjaya.

Selama pembuatan mereka memang memilih pendanaan secara sokongan, yang terkumpul sampai sekitar Rp 700juta. Selama pendanaan, kakaknya menyetor modal yang paling besar, yaitu sekitar Rp 300juta. Sementara sisanya menyetor Rp 100juta per orang.

Setelah itu, Soegianto menyewa sebuah kantor, membuat PT, merekrut pegawai, membuat website dan juga membuat iklan di koran. Karena semua hal tersebut, pengeluaran yang keluar sangatlah boros dan akhirnya pada tahun 2012, dana habis. Saat itu pekerja yang ada tinggal satu petugas administrasi dan seorang partner,” sebut Soegi.

Dan pada juli 2013, setelah tak beroperasi lagi, Sedapur.com resmi di tutup. Walaupun gagal, Sedapur.com sudah memenangkan beberapa lomba. Yaitu Nokia Entrepreunuer Fellowship dan Indonesia ICT Award (Inaicta). Karena memenangkan lomba itu, Sedapur.com mendapatkan uang hadiah dan cair setahun kemudian. Pada akhirnya berdirilah dapurmasak, yang dibuat menggunakan uang hadiah.

Bangkit Kembali

Tutupnya Sedapur.com adalah pembelajaran untuk mengembangkan dapurmasak. Dapurmasak hanya membuat platform berbagi resep makanan secara online dan bukan untuk menjualnya. UGC (User Generate Contact) adalah konsep yang dipakai Dapurmasak, dimana user menulis sendiri, dan bisa membagikan ke para pembaca atau user lain.

Karena uang nya masih terbatas, Dapurmasak lebih hemat, dan Mitra yang tersisa juga tinggal sang kakak seorang. Soegi memulai startup keduanya ini dengan ditambahi hadiah dari daily social, dan memulainya dari garasi rumahnya.

Baca juga  Makanan Khas Sulawesi - 9 yang Paling Populer

Bertemu Sang Idola

Pada tanggal Februari 2012, sang sosok idola yang menjadi panutan, Akimitsu Sano, datang ke Indonesia. Pria yang di idolakan Soegianto, ternyata adalah pendiri Cookpad. Cookpad sendiri adalah perusahaan yang menyediakan platform yang sama di Jepang. Bagi Soegianto, pertemuan nya dengan panutan nya itu meninggalkan pesan yang mendalam.

Karena pada saat itu, Soegi sempat menunjukkan konsep Dapurmasak pada Aki Sano. Disaat itu pun Aki Sano tahu, kalau Soegi mencontek Cookpad versi international nya. Karena hal itu pun akhirnya memberi pengetahuan ke Soegianto, bahwa visi Cookpad ternyata sejalan dengan Dapurmasak, yaitu “Memasak tidak cuma menyenangkan, tapi memasak juga secara tidak langsung akan membantu para petani”.

Disaat Soegi mendengar kisah Aki yang tidak mudah untuk menggapai kesuksesan nya sekarang, Soegi pun makin yakin dengan jalan yang dia pilih. Jalan Aki yang sulit ternyata lantaran dia sulit untuk meyakinkan orang membiasakan memasak sendiri, untuk membiayai karyawan, selama tujuh tahun, Aki Sano harus bekerja keras.

Bergabung dengan Cookpad

Cookpad Indonesia
blog.cookpad.id

Setelah Soegianto sharing dengan Aki tentang masalah Dapurmasak, dia pun berencana untuk mendapat bimbingan secara langsung dan pendanaan dari Aki Sano. Karena itu, dia pun akhirnya mengirim ke Aki Sano, walaupun email yang dia kirim tidak dibalas oleh Aki.

Tetapi walau tidak dibalas, Soegi tetap membiarkan investor yang tidak memiliki visi yang sama dengan dia, masuk kedalam perusahaan yang dia dirikan. Dalam pengembangan start-up yang dia jalankan, ada dua pilihan.

Pilihan pertama, adalah menunggu pertumbuhan trafik tanpa ada pendanaan dari pihak luar perusahaan. Disaat seperti ini, pendiri perusahaan bisa belajar sendiri tanpa adanya guru dan berpotensi untuk gagal atau bisa saja sukses. Atau memilih pilihan kedua, yaitu dengan mencari pendanaan dari luar, dan biasanya akan mendapat guru pembimbing, yang tidak sesuai dengan visi misi sang pendiri start-up.

Tapi diluar itu semua, Soegianto tetap ingin mendapat perhatian dari sang panutan, Aki Sano, yang menurut dia adalah orang yang memiliki visi dan misi yang sama. Disaat jawaban tidak kunjung datang ditambah lagi desakan sang kakak yang sempat membuat stress “Rambut saya sampai rontok”, ingat Soegi.

Tetapi semua kesabaran dan keteguhan hatinya memberikan sesuatu yang manis. Pada agustus 2013, email yang dikirim Soegianto akhirnya dibalas oleh Aki Sano. Disaat itu juga Aki Sano memberikan pertanyaan, apa yang kamu butuhkan: coach atau investasi? Dan Soegianto pun memberikan jawaban “Dua-duanya”.

Setelah semua jerih payah itu, akhirnya Dapurmasak mendapatkan investasi dari sang Panutan. Pada saat itu, Aki Sano sempat ragu, apakah orang Indonesia mau memasak. Itu dikarenakan dia pernah ke warung dan membeli masakan, dia bisa membeli masakan dengan harga kurang dari US$ 1.

Sebuah keajaiban pun datang ke Dapurmasak, pada Lebaran 2013, dimana Dapurmasak kebanjiran pengunjung. Saking banyaknya, akhirnya server sempat down. Dengan banjirnya pengunjung ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa warga Indonesia masih mau repot memasak sendiri.

Lalu pada bulan Oktober 2013, akhirnya Dapurmasak dibeli oleh perusahaan Cookpad. Namanya pun juga dirubah menjadi Cookpad Indonesia. Walaupun begitu, Soegianto tetap menjadi CEO dengan 11 orang tim lokal.

“Sama visi dengan padangan berbeda. So let’s join them fully,” Tutur Soegi. Disaat sudah bergabung dengan Cookpad, trafik di Dapurmasak meningkat menjadi berkisar 250.000 per bulan. Sekarang ini, Cookpad sudah memiliki 8,3juta unique user dengan 100juta page view tiap bulan, dengan 100.000 resep yang terdaftar didalamnya.

Cookpad akhirnya menargetkan, harus mempunyai 10juta pengguna unik per bulan nya. Walaupun pengunjung meningkat, Cookpad tidak membiayai bisnisnya dari iklan berbayar. “Kami menerapkan model yang lain, yakni premium subscriber yang bisa mengakses fitur search resep terbaik dengan cepat,” kata Soegi.

Dan pada bulan mei lalu, akhirnya Cookpad meluncurkan fitur barunya. Yaitu fitur premium subscriber yang bisa dinikmati dengan harga Rp 39.000 per bulan. Di Jepang sendiri, jumlah subscriber premium nya mencapai 1 juta pengguna.

Untuk kamu yang ingin tahu Profil Lengkap Soegianto Widjaya, berikut adalah penjelasannya:

Pengalaman:

  • Junior Consultant PT INTELLYSIS TRIPRATAMA Agustus 2003 – Februari 2004 (7 bulan).
  • Oracle Functional Consultant PT. Sigma Solusi Integrasi Maret 2004 – Desember 2005 (1 tahun
  • Senior Consultant PT. Sigma Cipta Caraka Desember 2005 – September 2010 (4 tahun 10 bulan).
  • 10 bulan).
  • Senior Consultant PT. Value Quest September 2010 – Desember 2010 (4 bulan)
  • Co-Founder Sedapur.com (PT. Selaras Digital Sempurna September 2010 – Juli 2013 (2 tahun 11 bulan).
  • Founder DapurMasak.com (DapurMasak.com Maret 2013 – April 2014 (1 tahun 2 bulan).
  • CEO Cookpad Indonesia (Cookpad Indonesia April 2014 – Saat ini (2 tahun 7 bulan).
  • Gelar Kehormatan dan Penghargaan
  • 1st Winner of Nokia Fellowship 2011 (Nokia and British Council Juni 2011)
  • 1st winner of INAICTA 2011 in category E-Business Service (Indonesian Ministry of Information Comunication and Technology September 2012)
  • 1st winner of INAICTA 2012 in category Best Start-up (Indonesian Ministry of Information Communication and Technology September 2012).
  • 1st Winner of Best Startup 2012 DailySocial, Kompas.com dan SemutApi Oktober 2012).
Baca juga  Makanan Khas Jawa Barat yang Wajib Anda Coba dan Cicipi

Disaat semua keberhasilan itu, apakah kamu mau tahu apa berita menarik lainnya dari aplikasi Cookpad ini? Yaitu adalah, Cookpada bisa mempunyai 1 juta pengunjung unik per bulan nya. Bagaimana, menarik bukan? Jika anda tertarik dengan penjelasan nya, berikut adalah berita nya:

Pada akhir November lalu, Cookpad Indonesia mengumumkan bahwa milestone menembus satu juta pengunjung unik dalam sebulan. Angka pengunjung tersebut, ternyata lebih besar dibanding dengan angka pengunjung Dapurmasak yang dibeli oleh Coopada pada bulan April lalu.

Sekarang, Cookpad Indonesia mencatat sudah mempunyai hampri 9000 resep yang tersimpan dan bisa dikakses oleh pengguna Cookpad. Pertumbuhan pengguna yang disebutkan tersebut masih secara organic, menurut CEO Cookpad Indonesia, Soegianto. “Sebenarnya dalam waktu 8 bulan ini kita benar-benar bekerja keras untuk mencapai 1 juta pengunjung unik dengan menekankan kepada solusi yang riil terhadap problem user, istilahnya natural growth tanpa iklan. Hanya dengan menyelesaikan masalah user.”

Dengan pencapaian yang sudah dicapai sampai sekarang ini, Cookpad Indonesia pun mengklaim situs nya User Generated Content (UGC) nomor satu di Indonesia saat ini untuk berbagi pengalaman memasak di Indonesia.

Dalam persnya, dia pun menyatakan, “Visi kami adalah untuk menyebarkan semangat memasak yang menyenangkan ke seluruh Indonesia. Untuk mencapai visi tersebut, kami bekerja keras untuk meningkatkan pengalaman pengguna, terutama bagi pengguna kami yang mengakses dari smartphone web, agar juga memiliki akses untuk menulis atau mencari resep dengan mudah.”

Aplikasi Mobile untuk Android dan iOS, adalah pengembangan aplikasi yang ingin dikejar Cookpad Indonesia saat ini. Soegianto juga mengaku bahwa pengunjung yang mengunjungi Coopad melalui aplikasi mobile sudah sangat banyak, sampai 70%. Soegianto juga menyebutkan bahwa dia akan melakukan pengembangan terhadap kedua platform untuk memenuhi kebutuhan para pengguna nya.

Soegianto juga sempat menambahkan, “Di tahun 2015, kita tetap fokus untuk meningkatkan pengalaman penulis resep untuk memakai platform kita. Prinsip kita ingin yang paling Easy, Simple and Beautiful untuk menulis resep. Kita terus mengingat pengguna kita itu ibu-ibu rumah tangga di seluruh Indonesia, sebagian besar dari mereka adalah pengguna pertama Internet yang mengenal Facebook lebih dulu dari email.”

Dari cerita diatas, kita bisa simpulkan bahwa sesuatu yang kita mulai dengan kerja keras dan susah payah akan menghasilkan sesuatu yang berbuah manis pada akhirnya. Jika anda mengerjakan sesuatu dan tidak bekerja keras, pasti nantinya tidak akan sesuai dengan keinginan anda.

Maka dari itu, kita harus bekerja keras dalam kehidupan ini untuk mencapai satu tujuan yang kita inginkan. Janganlah anda malas dalam mengerjakan sesuatu yang benar-benar anda inginkan, bisa jadi itu dapat memberi anda buah kesuksesan yang nikmat.

Penulis sendiri menanggapi, bahwa apa yang dilakukan oleh Soegianto CEO Dapurmasak, adalah sesuatu yang dapat menjadi contoh baik dikehidupan kita. Seperti saat kita kecil, pasti kita pernah memiliki cita-cita bukan? Disaat dewasa, pasti anda memiliki tujuan hidup yang jelas bukan? Maka dari itu, dengan belajar dari kisah sukses Soegianto, yang pernah jatuh namun bisa bangkit kembali. Ternyata kita bisa memenuhi keinginan kita untuk sukses jika dibarengi dengan kerja keras dan usaha yang banyak.

Tapi semua itu tidak akan berhasil, tanpa adanya keluarga dan partner yang mendukung anda sepenuhnya, dengan adanya dukungan tersebut, anda bisa sampai diatas dan meraih keberhasilan. Maka dari itu, jangan pernah meremehkan yang namanya dukungan. Sebuah dukungan kecil dapat memberikan perubahan yang besar.

Demikian lah, artikel tentang Cookpad Indonesia. Semoga dengan artikel ini, dapat memberikan anda motivasi dan manfaat untuk anda. Terima kasih untuk membaca.

 Pesan Sekarang Di Ramesia Mesin  

Customer Ramesia

 

Pin It on Pinterest

Shares