franchise minuman calmer

Hal yang Wajib Diperhatikan saat Akan Membuka Gerai Franchise Minuman

Saat ini, bisnis franchise minuman cukup banyak digeluti berbagai kalangan. Pasalnya, memang bisnis ini dinilai tidak sulit dan menjanjikan keuntungan yang cukup lumayan. Bahkan, tak menutup kemungkinan untuk Anda meraih keuntungan besar dari sini.

Hanya saja, membuka bisnis franchise ini sebaiknya tidak hanya asal saja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mulai membuka bisnis franchise minuman ini. Lalu, apa saja sebenarnya hal-hal tersebut? Simak lengkapnya melalui ulasan di bawah ini.

Perhatikan 5 Hal Ini Saat Membuka Franchise Minuman

Memperhatikan hal-hal ini sekaligus menjadi langkah awal agar bisnis yang dibuka nantinya dapat terus bertahan. Inilah beberapa di antaranya.

1.      Jenis Franchise yang Dipilih

franchise minuman terlaris 2019

Dalam membuka gerai franchise minuman, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah jenis waralaba yang akan dipilih. Saat ini, ada banyak merek atau jenis minuman yang siap untuk memberikan paket usaha waralabanya.

Setiap penyedia franchise memiliki spesifikasi minuman dan harga yang berbeda-beda. Hal inilah yang wajib menjadi perhatian saat akan membuka gerai minuman. Pasalnya, harus diakui jika tidak semua jenis franchise cocok untuk diterapkan di berbagai lingkungan.

Baiknya buatlah daftar merek franchise yang dinilai sesuai bujet dan juga sesuai kebutuhan. Nantinya, di antara daftar tersebut dapat dipilah lagi dengan mempertimbangkan beberapa hal lain yang akan dibahas di bawah ini.

2.      Peluang Target Pasar

franchise minuman unik

Pemilihan jenis franchise juga harus disesuaikan dengan target pasar yang ada. Pastikan kalau ada peluang target pasar untuk gerai yang akan dibuka. Bagaimana cara mengetahui peluang target pasar? Ada banyak cara untuk memastikannya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan survei. Buatlah sebuah survei kecil-kecilan untuk memastikan peluang pasar. Selain itu, ini juga dapat menjadi sarana yang baik untuk mengetahui kriteria minuman yang banyak digemari.

Dari sana, hadir beberapa hal yang dapat dijadikan patokan untuk mencari penyedia franchise yang tepat. Pemilihan merek ini dapat disesuaikan dengan peluang yang telah dianalisa sebelumnya.

3.      Kondisi Saingan

franchise minuman banjarmasin

Saat akan membuka gerai franchise minuman, jangan lupa pertimbangkan tentang kondisi saingan. Pasalnya, hal ini akan sangat berpengaruh pada hasil penjualan nantinya. Lihat apakah ada minuman serupa dengan yang akan dibuka di sekitar tempat tersebut.

Jika ada, tugas dari calon pemilik gerai adalah memastikan usahanya tetap memiliki peluang untung. Lalu, bagaimana jika ternyata tidak ada yang menjual minuman yang sama?

Kalau ternyata tidak ada yang menjual produk yang sama, periksa kembali berapa banyak gerai minuman yang ada di sekitar. Setelah itu pastikan mana yang paling laris dan bandingkan dengan produk yang akan dibuka. Kemudian, analisa apakah produk baru ini dapat bersaing atau tidak.

4.      Tempat Berjualan

franchise minuman coklat surabaya

Pertimbangan saat akan membuka gerai franchise untuk minuman juga datang dari tempat berjualan yang dipilih. Setiap tempat tentu memiliki potensi yang berbeda. Ini juga sekaligus dapat disesuaikan dengan target pasar.

Pastikan memilih lokasi gerai di tempat yang strategis. Lebih lanjut, nilai kesesuaian tempat ini dengan target pasar yang akan ditarget nantinya. Misalnya saja target pasar adalah siswa SD, tentu baiknya gerai dibuka di sekitar lingkungan sekolah.

Pemilihan tempat berjualan ini juga berkaitan dengan poin sebelumnya, yaitu kondisi saingan. Pahami kondisi saingan di tempat yang dipilih tersebut. Ini guna memastikan produk yang dibuka akan bertahan nantinya.

5.      Potensi Bertahan

franchise minuman calmer

Di samping keempat poin di atas, sebenarnya ada satu lagi yang wajib dipahami saat akan membuka usaha franchise minuman. Poin yang dimaksud di sini adalah potensi bertahan. Setiap orang tentunya ingin usaha yang dimilikinya dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama, bukan?

Untuk itulah sebaiknya dilakukan pendalaman terhadap hal ini, guna menentukan seberapa besar potensi lama bertahannya produk ini. Jadi nantinya, Anda dapat memiliki bisnis yang berusia lama serta terus menghasilkan keuntungan.

Tips agar Gerai Franchise Minuman Menjadi Laris Manis

Sebelumnya sudah lengkap dibahas mengenai hal-hal yang harus diperhatikan saat akan membuka usaha franchise minuman. Kelima hal di atas mungkin telah memberikan gambaran apa saja yang harus dilakukan agar bisnis franchise ini dapat terus bertahan.

Selain kelima hal di atas, harus juga diperhatikan beberapa hal yang mampu membuat bisnis minuman ini selalu padat pengunjung. Beberapa di antara hal tersebut akan disajikan lebih lanjut di sini.

1.      Promosi Menarik

franchise minuman di jakarta

Salah satu aspek penting dalam menawarkan produk adalah promosi. Sebuah produk bagus tanpa promosi yang menarik tentu tidak akan membuat pengguna atau pembeli tertarik. Hal ini justru akan membuat ‘kualitas’ produk tersebut tidak dapat ditunjukkan.

Untuk itu, pastikan Anda sudah menemukan metode promosi yang dinilai paling ampuh dan juga sesuai dengan target pasar. Promosi yang menarik ini dapat dilakukan melalui berbagai macam hal, seperti diskon, give away, serta beragam bentuk lainnya.

Harus diakui bahwa dengan metode promosi yang tepat, pelanggan akan datang dengan sendirinya. Tak ada salahnya mencoba beberapa metode promosi secara bergantian. Dengan begitu, Anda dapat mengerti metode promosi mana yang paling banyak menarik pelanggan.

2.      Rajin Hadiri Event

franchise minuman es

Kedua, untuk menarik banyak pelanggan sebaiknya rajin menyertakan gerai franchise minuman yang sedang dibangun ke dalam berbagai macam event yang ada. Biasanya, setiap kota memiliki event tertentu yang diadakan oleh masyarakat sekitar.

Hal ini menjadi salah satu media tepat untuk melakukan promosi. Melalui event tersebutlah gerai minuman ini diperkenalkan. Mulailah membuat daftar event mana yang memiliki ‘peluang’ untuk didatangi.

Dari daftar tersebut, jangan lupa catat perkembangan yang diperoleh setiap selesai menghadiri event. Selain berkontribusi sebagai stand penjual, bangun juga koneksi dengan pihak yang mengadakan event.

Hal ini diupayakan agar nantinya dapat dibangun kerja sama lebih lanjut jika ada event serupa.

3.      Bangun Kedekatan dengan Pembeli

gambar franchise minuman bubble

Tips ketiga adalah pastikan usaha franchise minuman yang dirintis juga membangun kedekatan dengan pembeli. Ada banyak kasus di mana kedekatan dengan penjual inilah yang seringkali membuat pengunjung betah dan kembali membeli di tempat yang sama.

Hadirnya kedekatan dengan pembeli tidak hanya melalui komunikasi langsung, namun juga dapat memanfaatkan media sosial. Buatlah sebuah akun media sosial untuk gerai minuman tersebut. Dari sana, bangun interaksi dengan pembeli melalui promo tertentu maupun give away.

Lebih lanjut, hal ini sekaligus membuat pemilik usaha harus memperhatikan SOP untuk penjaga gerai nantinya. Buatlah sebuah SOP tentang cara memperlakukan pelanggan bagi penjaga gerai agar nantinya pembeli yang datang merasa nyaman dan tidak takut untuk kembali datang.

Peluang bisnis franchise minuman memang sedang berkembang akhir-akhir ini. Ada beragam merek dan jenis minuman yang kemudian menawarkan pembukaan gerai franchise untuk produknya. Namun, sebelum membuka gerai ingat untuk memperhatikan hal-hal di atas, ya.

   

Hubungi Kami

     

Promo Pelanggan baru